Pengertian Tumblr : Sejarah, Fitur, Cara Buat Akun dan Tips

0
127

Tumblr merupakan salah satu layanan blogging yang sama seperti WordpPress atau Blogger namun formatnya jauh lebih sederhana. Selain itu, ada juga kesamaan antara Tumblr dengan jejaring sosial Twitter sebab pengguna nantinya bisa saling mengikuti.

Fitur yang ada pada Tumblr juga hampir serupa dengan Facebook sebab pengguna bisa saling menyukai serta posting konten foto, teks, audio serta video. Akan tetapi karena pada Tumblr pengguna bisa memperoleh ruang luas untuk menulis, mengatur konten serta tampilan, maka banyak yang mengelompokkan Tumblr ke layanan blogging dibandingkan jejaring sosial.

Sejarah Tumblr

Tumblr hadir sekitar 3 tahun sesudah Facebook resmi dirilis yakni bulan Februari 2007 oleh David Karp. Karp sendiri sudah lama tertarik dengan dunia tumblelogs yakni versi pendek dari blog dan mau membuat platform blogging sendiri. Sesudah beberapa waktu yakni tahun 2006, ia dan Marco Arment mulai mengerjakan proyek Tumblr tersebut.

Hanya sekitar 2 minggu, 75 ribu pengguna sudah berhasil didapatkan. Kemudian di tanggal 27 Januari 20016, Tumblr sudah berhasil mendapatkan 376.3 juta blog serta menerbitkan sekitar 128.3 miliar posting. Setiap bulannya, ada 555 juta pengunjung yang membaca serta berinteraksi di Tumblr tersebut.

Fitur Tumblr

Di dalam Tumblr ada beberapa fitur utama dan kebanyakan diperuntukkan bagi aktivitas blogging dan sisanya untuk mempermudah para pengguna supaya bisa berinteraksi serta berteman. Berikut beberapa fitur dari Tumblr yang bisa digunakan:

1. Blog

Blog menjadi fitur utama dan menjadi kekuatan dari Tumblr. Sama seperti Blohher dan WordPress, sesudah anda memiliki akun Tumblr, maka bisa dengan leluasa membuat blog dengan nama yang dikehendaki.

Terdapat 2 jenis blog pada Tumblr yakni blog primary atau utama yang dibuat pada saat mendaftar dan juga blog secondary atau blog tambahan yang dibuat pada saat telah menjadi anggota dan berguna untuk koleksi blog.

Tumblr juga memiliki fitur Group Blog yakni jenis blog yang didalamnya ada banyak pengguna. Namun, untuk fitur yang satu ini hanya dapat dipakai pada group secondary saja.

2. Dashboard

Dashboard adalah panel admin yang berguna untuk mempermudah pengguna ketika mengelola deskripsi blog, konten, logo dan juga desain. Dari panel tersebut, nantinya anda sebagai pengguna juga bisa mengakses beberapa menu lainnya yang tidak ditemukan pengunjung biasanya.

3. Post

Tumblr membuat pengguna bisa mempublikasikan banyak konten. Pertama adalah konten jenis teks atau tulisan dan bisa digunakan juga untuk menyisipkan gambar.

Pembuatan konten teks ini hampir sama dengan layanan blog yang lain yakni ditapilkan jendela editor lengkap dengan tools. Tidak hanya posting berbentuk teks, namun anda sebagai pengguna juga dapat menerbitkan konten audio, video, tautan serta kutipan.

4. Explore

Explore menjadi pembeda antara Tumblr dengan platform blogging yang lain. Fitur ini akan mempermudah pengguna untuk menemukan konten blog lain yang memang tengah hits.

Setiap konten nantinya akan dipisahkan atas dasar jenis postingan dan pengguna bisa melakukan reblog, mengikuti atau follow dan juga like atau menyukai berbagai blog tersebut.

5. Reblog

Fitur selanjutnya yang ada di Tumblr adalah reblog. Fitur ini bisa digunakan pengguna untuk menerbitkan kembali postingan blog lain yang disukai pada blog yang sedang dikelola.

6. Follow dan Like

Fitur selanjutnya yang membuat Tumblr berbeda dengan yang lain adalah Follow dan Like. Dengan fitur ini, para pengguna nantinya bisa terhubung dan follower juga akan mendapatkan pembaruan konten dari pengguna yang sudah diikuti.

Baca Juga :  Cara Melihat Alamat Email Sendiri di HP Android

7. Pesan dan Chat

Fitur berikutnya yang bisa anda gunakan pada Tumblr adalah pesan dan chat. Fitur ini nantinya bisa membuat platform blogging yang satu ini semakin lengkap. Fitur ini biasanya juga ada di beberapa platofrm lainnya seperti Blogger dan juga WordPress.

Cara Membuat Akun Tumblr

Untuk menggunakan Tumblr, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mengunjungi web resmi dari Tumblr di peramban web. Sedangkan untuk di perangkat seluler bisa tap di ikon aplikasi Tumblr dengan lambang T warna putih dan latar belakang warna biru tua.

Namun jika mau mengunduh aplikasi pada perangkat, maka juga bisa dilakukan untuk Android dan smartohone. Selanjutnya, ikuti beberapa tahap berikut ini supaya bisa menggunakan Tumblr:

1. Memasukkan Informasi Akun

Langkah berikutnya yang harus anda lakukan adalah memasukkan informasi akun. Ada beberapa kolom yang harus anda isi seperti berikut ini:

  • Email: Silahkan anda masukkan alamat email yang mau dipakai. Anda nantinya diharuskan untuk verifikasi alamat email sehingga harus dipastikan email tersebut bisa diakses.
  • Password: Selanjutnya, anda juga harus memasukkan kata sandi akun yang nantinya mau anda pakai.
  • Username: Username atau nama pengguna yang mau anda pakai juga harus dimasukkan.
  • Selanjutnya, silahkan anda klik Sign Up yang ada di bagian bawah halaman.
  • Sedangkan di aplikasi seluler, silahkan tap Next yang ada di sudut kanan atas layar.

2. Isi Data yang Lain

Selanjutnya, anda masih harus mengisi beberapa data lain yang dibutuhkan. Anda harus memasukkan usia anda dengan cara ketik usia di kolom teks yang ada pada bagian tengah halaman.

  • Tandai juga kotak “I Have Read” yang menandakan jika anda setuju dengan ketentuan penggunaan serta peraturan komunitas yang sudah ditetapkan Tumblr.
  • Namun jika anda menggunakan aplikasi seluler, maka langkah ini bisa dilewati.
  • Selanjutnya silahkan klik Next yang ada di bagian bawah kotak centang “I Have Read”. Sedangkan untuk perangkat seluler, silahkan tap Next di bagian kanan atas layar.

3. Selesaikan Pemeriksaan Spam

Langkah berikutnya yang harus anda lakukan adalah menyelesaikan pemeriksaan spam. Sentuh atau klik kotak centang “I’m not a robot” lalu ikuti perintah yang ditampilkan pada layar.

Umumnya anda harus memilih beberapa objek atau konten seperti contohnya mobil di rangkaian gambar yang berhubungan. Sesudah selesai, maka anda akan masuk ke langkah berikutnya secara otomatis. Jika anda menggunakan aplikasi seluler, maka langkah ini bisa dilewati.

Lanjutkan dengan memilih bidang yang anda minati. Klik setidaknya 5 kategori konten yang mau anda lihat pada halaman Tumblr lalu klik tombol Next di bagian kanan atas layar atau halaman.

4. Verifikasi Alamat Surel

Langkah berikutnya yang harus anda lakukan untuk membuat akun Tumblr adalah verifikasi alamat email. Berikut beberapa langkah yang harus dilakukan:

  • Silahkan buka kotak masuk alamat email yang sudah didaftarkan untuk akun Tumblr.
  • Lanjutkan dengan memilih pesan dengan subjek “Verify your email address” yang dikirim dari Tumblr.
  • Lanjutkan dengan memilih “This is me!” yang muncul pada bagian utama pesan.
  • Tandai kotak “I’m not a robot” kemudian selesaikan pemeriksaan spam yang lain dan klik Verify Email kemudian dan klik or, skip to your dashboard untuk penggunaan situs desktop.
Baca Juga :  Pengertian Syntax : Fungsi, Macam Jenis, dan Contohnya

Cara Berinteraksi Dengan Kiriman di Tumblr

1, Meninjau Dasbor atau Halaman Utama di Tumblr

Untuk meninjau dasbor atau halaman utama pada Tumblr, anda bisa menekan tombol Home yang bentuknya seperti rumah di halaman Tumblr atau pada bagian bawah layar di aplikasi seluler. Di halaman ini, nantinya anda dapat melihat seluruh konten dari blog anda serta blog yang anda ikuti.

Anda juga bisa mencari kiriman yang mau ditanggapi. Caranya adalah dengan menelusuri dasbor sampai anda menemukan kiriman yan disukai, dibagikan ulang atau reblog dan juga dikirim lewat pesan.

2. Menyukai Kiriman Pada Tumblr

Apabila ada konten yang anda sukai, maka anda dapat klik atu menyentuh ikon hati yang berada di bagian bawah kiriman untuk menyukai. Kiriman nantinya juga akan ditambah ke segmen Likes supaya bisa kembali anda lihat nantinya jika mau.

3. Membagikan Kiriman Kembali atau Reblog

Jika ingin menambahkan kiriman ke blog yang anda punya, maka anda bisa tap pada ikon panah berbentuk segi empat yang ada di bawah kiriman di samping kiri tombol Like. Sesudah itu, silahkan klik Reblog untuk desktop atau Post.

Nantinya anda bisa menambah komentar di kiriman sebelum diunggah kembali ke blog. Untuk menambah komentar, anda bisa klik pada kolom teks di bawah kiriman kemudian tambahkan dengan komentar.

4. Kiriman Konten Pada Pesan Langsung

Anda juga bisa meneruskan kiriman ke pengguna lainnya dengan cara klik ikon pesawat kertas yang ada pada bagian bawah kiriman. Sedangkan untuk memasukkan nama pengguna penerima pesan bisa dilakukan pada kolom teks di bagian atas jendela pesan dan klik lagi ikon pesawat kertas tersebut.

Sama seperti ketika anda mengirimkan kembali kiriman, anda juga bisa menambahkan komentar di pesan dengan cara klik kolom teks di bawah kiriman kemudian masukkan teks sebelum dikirimkan.

5. Mengikuti Akun Pembuat Kiriman

Untuk mengikuti akun pembuat kiriman atau posting, anda bisa klik pada foto profil pengguna tersebut lalu pilih Follow untuk ditambahkan ke dalam daftar mengikuti atau Following. Nantinya, konten dari pengguna yang anda kirimkan akan tampil pada dasbor.

Jika mau mengikuti pengguna tertentu, maka bisa dicari dengan klik kolom teks di bagian atas dasbor atau untuk seluler bisa klik ikon kaca pembesar. Kemudian, masukkan nama penggunanya dari menu drop down kemudian klik Follow.

Cara Membuat Kiriman Pada Tumblr

Untuk membuat kiriman atau postingan, anda bisa klik halaman Posts untuk membuat kiriman atau juga bisa membuat di dasbor. Jika dilihat secara teknis, anda juga bisa membuat kirimannya di banyak halaman pada Tumblr.

1. Menentukan Jenis Kiriman

Di situs desktop, anda dapat melihat 7 pilihan kiriman yang ditandai dengan warna berbeda pada bagian atas halaman. Sedangkan di aplikasi seluler, anda harus tap pada ikon pensil di bawah halaman lebih dulu. Ketujuh jenis kiriman tersebut adalah:

  • Text: Hanya kiriman teks saja.
  • Photo: Hanya kiriman foto dan kemungkinan disertai juga dengan teks.
  • Quote: Hanya kiriman berupa kutipan lengkap dengan sumbernya.
  • Link: Kiriman yang memiliki format dengan tautan tertentu contohnya www.google.com yang bisa dibuka dengan cara akses situs lain.
  • Chat: Kiriman dengan format percakapan dua orang atau lebih.
  • Audio: Kiriman berbentuk rekaman audio contohnya podcast atau musik.
  • Video: Kiriman berbentuk video.
  • GIF: Hanya tersedia untuk aplikasi seluler yang berguna untuk mengirimkan foto dinamik atau animasi.
Baca Juga :  Pengertian Komunikasi : Karakteristik, Tujuan, Fungsi, Syarat dan Jenisnya

2. Membuat Kiriman

Untuk proses pembuatan kiriman akan berbeda tergantung dari jenis kiriman yang dipilih. Berikut beberapa jenis kiriman yang bisa anda buat:

  • Text: Masukkan judul di kolom Title lalu ketik teks kiriman di kolom Your text here.
  • Photo: Tentukan pilihan pengunggahan foto kemudian pilih foto serta masukkan keterangan. Sedangkan di aplikasi seluler, anda harus mengizinkan aplikasi untuk mengakses kamera dan juga galeri foto.
  • Quote: Masukkan kutipan di kolom Quote lalu masukkan sumber kutipan di kolom Source.
  • Link: Masukkan judul di tautan untuk aplikasi seluler kemudian cantumkan alamat web tautan dan tambahkan dengan keterangan untuk aplikasi seluler.
  • Chat: Ketika nama penerima yang mau diikuti dengan titik dua. Contohnya Ibu: kemudian masukkan dialog, buat garus baru dan ulangi kembali proses yang sama.
  • Audio: Masukkan nama klip audio atau lagu kemudian pilih berkas audio dan tambahkan dengan keterangan.
  • Video: Tentukan video yang mau diunggah, pilih video kemudian alihkan This is my original Work untuk situs desktop dan tambahkan keterangan.
  • GIF: Pilih video yang mau anda ubah menjadi animasi GIF kemudian tap tombol Next. Tambahkan juga dengan teks lalu tap tombol Next dan tap kembali tombol Next.

3. Mengunggah Konten

Untuk mengunggah konten, silahkan anda klik di tombol Post pada bagian bawah atau sudut kanan atas kiriman supaya bisa ditambahkan ke dalam blog. Nantinya kiriman anda akan muncul di dashboard pribadi dan juga dashboard followers.

Anda juga bisa menyimpan draf kiriman supaya bisa diselesaikan nanti yakni di segmen Drafts dan jangan pilih Post. Berikut cara untuk menyimpan draft yang bisa anda lakukan:

  • Untuk desktop: Klik pada tombol gambar Android7expandmore.png di bagian samping Post kemudian pilih Save as Draft dan klik Save Draft di bagian kanan bawah kiriman. Anda juga dapat menemukan draf di situs Tumblr desktop dengan cara klik tab Drafts di halaman Posts.
  • Untuk aplikasi seluler, sentuh ikon roda gigi di sudut kanan atas kiriman kemudian tap Save as Draft di menu drop down serta pilih Save as Draft di bagian kanan atas layar.

4. Menjadwalkan Pengunggahan Post

Dengan menggunakan fitur ini, nantinya anda dapat mengunggah konten pada saat sedang tidak akses akun Tumblr. Berikut tahap demi tahap yang bisa anda gunakan untuk mengatur pengunggahan post:

  • Desktop: Klik pada tombol gambar Android7expandmore.png di bagian samping tombol Post kemudian klik Schedule. Sesudah itu, ketik waktu yang anda mau dan klik Schedule.
  • Aplikasi seluler: Untuk aplikasi seluler, silahkan anda klik pada ikon roda gigi di atas kiriman kemudian tap Schedule dan pilih waktu lalu tap Schedule.

5. Meninjau Kiriman yang Sudah Diunggah

Untuk meninjau kiriman yang sudah anda unggah di Tumblr, anda bisa kembali ke Posts untuk melihat seluruh kiriman yang telah anda buat serta unggah. Nantinya, anda bisa menghapus kiriman di halaman tersebut dengan cara tap pada ikon roda gigi di bagian kiriman kemudian klik Delete ketika diminta.

Tips

Sesudah anda selesai membuat akun Tumblr, maka anda juga bisa mengubah tema dan menambah halaman ke blog supaya bisa dimodifikasi tampilan blognya. Penandaan kiriman menjadi cara termudah untuk memastikan jika pengguna yang tidak mengikuti anda juga dapat melihat konten yang sudah anda unggah tersebut.

Gratis Unduh Aplikasi Smartphone Tumblr

Free Download Tumblr Last Update VersionOfficial Download Link
Tumblr for AndroidGoogle Play Store
Tumblr for iOSApple App Store

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here