Home Unduh Browser Download Vivaldi 32 / 64-bit (Terbaru 2022) Windows

Download Vivaldi 32 / 64-bit (Terbaru 2022) Windows

0
Vivaldi

Vivaldi adalah browser atau peramban web gratis yang dikembangkan Vivaldi Technologies, perusahaan yang didirikan Jon Stephenson von Tetzghener serta Tatsuki Tomita.

Ini adalah peramban yang ditujukan untuk pengguna Opera yang tidak suka transisi dari Presto ke Blink yang mengakibatkan hilangnya fitur populer dalam peramban tersebut.

Vivaldi ditujukan untuk menghidupkan kembali fitur populer Opera 12 serta memperkenalkan fitur inovatif terbaru. Ini merupakan browser yang dimutakhirkan setiap minggu dalam bentuk Snapshots dan sudah mendapatkan ketenaran sejak versi pratayang teknis.

Di tanggal 3 November 2015, Vivaldi Technologies merilis versi beta pertama serta mengumumkan jika versi pratayang teknis sudah diunduh lebih dari 2 juta kali.

Baca Juga : Pengertian Browser – Sejarah, Fungsi, Cara Kerja, Fitur, Contoh

Sejarah Vivaldi

Vivaldi dimulai sebagai suatu situs web komunitas virtual yang mengganti My Opera yang dinonaktifkan Opera Software di bulan Maret 2014.

Jon Stephenson von Tetzchner tidak senang dengan keputusan tersebut sebab ia meyakini jika komunitas tersebut bisa menentukan apa yang seharusnya menjadi bagian dari Opera.

Ia lalu membangun Komunitas Vivaldi yakni komunitas virtual yang fokus untuk menyediakan forum diskusi, layanan blog serta beberapa layanan web praktis untuk pengguna terdaftar sebagai pengganti My Opera.

Di tanggal 27 Januari 2015, Vivaldi Technologies merilis versi pratayang teknis dari peramban Vivaldi. Nama ini diambil dari komposer Italia yakni Antonio Vivaldi yang menurutnya lebih gampang dipahami dan diingat.

Dalam perkembangannya, Vivaldi sudah tersedia dalam 41 bahasa serta menerbitkan banyak versi. Berikut adalah perkembangan seri Vivaldi selengkapnya:

Browser Vivaldi berjalan pada Mac, Windows serta Linux. Apabila pengguna mau mengunduh  untuk sistem operasi yang berbeda dengan yang dijalankan, maka ada beberapa yang bisa dipilih dai daftar berikut:

  • Windows
  • Vivaldi 1.0 32 bit vivaldi 1.0 64 bit. (percobaan).
  • Linux
  • Vivaldi 1.0 32 bit DEB.
  • Vivaldi 1.0 64 bit DEB.
  • Vivaldi 1.0 32 bit RPM.
  • Vivaldi 1.0 64 bit RPM
  • Mac
  • Vivaldi 1.0(OS X 10.7+).
  • Vivaldi dan Adobe Flash

Untuk Ubuntu 14.04 keatas serta Linux Mint 17 via terminal, berikut daftarnya:

  • sudo apt-get install pepperflashplugin-nonfree
  • Vivaldi dan H.264 di Ubuntu dan Linux Mint

Baca Juga : Download Google Chrome 32 / 64-bit

Fitur Vivaldi

1. Desain dan Kustomisasi

Vivaldi punya antarmuka pengguna yang minimalis dengan ikon serta fonta dasar serta suatu skema warna yang bisa diubah-ubah menurut latar belakang serta desain halaman web yang sedang dikunjungi.

Browser ini juga memberi izin pada pengguna untuk menyesuaikan penampilan elemen antarmuka pengguna. Contohnya seperti warna latar belakang, penempatan baris halaman serta tab serta halaman awal.

Jon von Tetzchner berpendapat jika kecepatan serta kustomisasi Vivaldi yang unik serta luas adalah bagian yang besar sebagai cara Vivaldi melayani penggunanya.

2. Manajemen Tab

Ini merupakan fitur yang memberikan kendali penuh pada pengguna untuk mengelompokkan serta menampilkan tab browser pada Vivaldi. Tab Stacks atau manajemen tab ini memungkinkan pengguna untuk mengelompokkan tab browser supaya tidak bingung dan tetap teratur ketika membuka beberapa tab.

3. Customization

Fitur selanjutnya yang ada di Vivaldi adalah customization. Pengguna bisa membuat alur kerja unik milik sendiri dengan gerakan, pintasan serta perilaku yang bisa disesuaikan dan tidak bisa ditemukan di browser lain. Bisa dikatakan jika Vivaldi beradaptasi dengan pengguna bukan sebaliknya. Berikut adalah beberapa fitur cutomization yang bisa digunakan:

  • Feel At Home

Ini bisa digunakan untuk mengubah tampilan serta nuansa browser. Dengan memakai fitur ini, maka halaman depan bisa disesuaikan sepenuhnya.

  • Extensions Work Tool

Vivaldi juga menyediakan fungsionalitas bawaan sebanyak mungkin. Meski begitu, pengguna juga bisa menyempurnakan banyak hal lain memakai fitur bernama extensions work tool ini.

Unduh Juga : Download Chromium untuk Windows

4. User Interface

Tema bisa dipilih untuk disesuaikan sehingga bisa memberikan tampilan unik pada browser. Selain itu, pengguna juga bisa membuat jadwal untuk mengubah tema browser sepanjang hari.

  • Add Any Site to Your Bar

Panel ini bisa dipakai untuk mempermudah pemeriksaan aplikasi obrolan, umpan sosial serta situs berita favorit pengguna. Bahkan, pengguna juga bisa membuka panel tertentu memakai pintasan khusus.

  • An Adaptive Interface

Vivaldi menyesuaikan dengan pengguna dan juga menyesuaikan dengan situs yang sedang dikunjungi pengguna, Antarmuka bisa menggunakan warna utama dari situs web yang sedang dilihat kemudian dipakai sebagai warna aksen.

  • Take a Position on Toolbar

Ini bisa dipakai untuk menyesuaikan penempatan serta tampilan bilah alamat, bilah bookmark serta bilah status di Vivaldi. Letakkan pada bagian atas atau bawah layar, sesuaikan ukurannya dengan zoom antarmuka pengguna atau juga bisa disembuyikan seluruhnya.

  • Content Come First

Pakai fitur ini untuk fokus pada beberapa hal yang penting khususnya konten. Dengan begitu, pengguna bisa lebih menikmati saat membaca dengan ukuran font serta skema warna yang juga bisa disesuaikan.

  • Tools by Your Side

Panel Vivaldi membuat alat bantu jauh lebih mudah untuk dijangkau pada bilah samping. Unduhan, riwayat, bookmark serta catatan nantinya akan berada pada layar terpisah dengan jendela utama pengguna.

5. Navigation

Agar bisa mendapatkan apa yang sedang dicari dengan lebih cepat, maka opsi Pencarian bisa dikonfigurasi sepenuhnya termasuk pintasan khusus serta pengelola Bookmark yang sesuai dengan pengguna.

Baca Juga : Download Brave 32 / 64-bit

Kelebihan Vivaldi

1. Memiliki Fitur Dasar Chromium

Vivaldi masih menjadi browser berbasis Chromium. Dengan begitu, Vivaldi masih mengandalkan antarmuka pengguna minimalis yang bisa meningkatkan kinerja dan kecepatan.

Sama seperti browser berbasis Chromium lain seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera, Microsoft Edge dan Brave, Vivaldi juga kompitabel dengan teknologi serta standar web yang sudah ada.

2. Ketersediaan Alat dan Fitur Produktivitas

Serupa dengan nilai jual multi fitur dari Opera, browser Vivaldi juga dilengkapi dengan beberapa alat produktivitas yang bisa diaktifkan di dalam aplikasi.

Ini termasuk klien dan alat kontak dengan database terintegrasi, kalender yang bisa disesuaikan untuk manajemen tugas, pembaca feed berita serta penerjemah bawaan.

Beberapa alat ini sudah diposisikan sebagai alternatif layanan gratis dari perusahaan teknologi seperti Microsoft dan Google. Selain itu, Vivaldi juga punya alat tambahan berguna lainnya seperti anotasi halaman web, penambahan catatan ke bookmark serta menumpuk tab.

3. Antarmuka Pengguna yang Mudah dan Bisa Disesuaikan

Kelebihan lain dari Vivaldi adalah kemampuan menyesuaikan antarmuka penggunanya. Pengguna nantinya bisa menyesuaikan elemen seperti penempatan bilah alamat, posisi tab, halaman awal serta tema keseluruhan.

Aksen dan warna sorot juga bisa dimodifikasi. Gerakan mouse serta pintasan keyboard juga bisa diubah sesuai dengan preferensi pengguna. Apabila dibandingkan dengan peramban utama serta peramban berbasis Chromium lain yang berkembang, tercatat jika Vivaldi mempunyai penyesuaian terbanyak yang dapat disesuaikan secara default.

Selain itu, masih ada beberapa kelebihan yang dimiliki Vivaldi lainnya, seperti:

  • Lebih nyaman dengan antarmuka yang sepenuhnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.
  • Sistem keamanan yang jauh lebih baik.
  • Banyak fungsi yang bisa memudahkan pengguna untuk menemukan halaman yang sudah dibuka sebelumnya.

Baca Juga : Download Mozilla Firefox 32 / 64-bit

Kekurangan Vivaldi

  • Antarmuka bisa dikatakan ketinggalan jaman.
  • Kurang sering digunakan orang di seluruh dunia.

Download Vivaldi Browser

Unduh Vivaldi Versi Terbaru v5.1.2567.57

Vivaldi v5.1.2567.57 64bit (Offline Installer) / 77MBGoogle Drive
Vivaldi v5.1.2567.57 32bit (Offline Installer) / 74MBGoogle Drive
Vivaldi All Version (Offline Installer)Official Link

Unduh Vivaldi Versi Lama v5.0.2497.32

Vivaldi v5.0.2497.32 64bit (Offline Installer) / 76MBGoogle Drive
Vivaldi v5.0.2497.32 32bit (Offline Installer) / 72MBGoogle Drive
Vivaldi MacOS (Offline Installer) / 193MBGoogle Drive
Vivaldi Linux (Offline Installer / StandAlone) Official Link
Sumber Referensi

https://id.wikipedia.org/wiki/Vivaldi_(peramban_web)
https://hosteko.com/blog/mengenal-lebih-jauh-tentang-browser-vivaldi
https://en.wikipedia.org/wiki/Vivaldi_(web_browser)
https://www.lifewire.com/vivaldi-browser-4176789
https://www.computerhope.com/jargon/v/vivaldi.htm

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version