Pengertian VK : Sejarah, Fitur, Bahasa, Cara Daftar, Kelebihan dan Kekurangan

0
124
VK

Di era yang serba canggih sekarang ini, teknologi ikut berkembang pesat sehingga ada banyak hal baru yang diciptakan seperti VK. VK ini merupakan media sosial yang berguna untuk menggantikan surat serta sebagai wadah berinteraksi jarak jauh.

Pengertian VK

VK atau Vkontakte merupakan proyek Rusia yang menawarkan konten gratis berbahasa Rusia. Meski ada skandal didalamnya, namun website ini masih populer di Rusia bahkan penggunanya lebih banyak dari Twitter dan juga Facebook.

Pavel Durov adalah seorang fiolog berusia 2 tahun lulusan Universitas Negeri Saint Petersburg yang kemudian meluncurkan VK di bulan Oktober tahun 2006.

Hanya dalam hitungan tahun saja, Durov berhasil membuat VK sukses melebihi Odnoklassniki dan menjadi situs populer di Rusia hingga sekarang. VK sudah digunakan oleh 280 juta orang sehingga masuk ke urutan kelima website yang paling banyak dikunjungi di dunia.

Sama seperti jejaring sosial media yang lain, VK bisa digunakan untuk mengirim pesan umum atau pribadi antar pengguna, membuat grup, peristiwa dan halaman publik, berbagi serta tag audio, gambar dan video serta bermain game dengan basis browser.

Sejarah VK

Pavel Durov merupakan pendiri VK di tanggal 10 Oktober 2010 bertepatan dengan hari ulangtahunnya. Namun untuk pengujian betanya sudah dilakukan pada bulan September 2006. Pada awalnya, penggunaan VK hanya sebatas untuk universitas dan diundang secara eksklusif.

Di bulan Februari 2007, VK mengalami perkembangan pesat dan sudah digunakan lebih dari 100 ribu pengguna serta diakui sebagai pemain terbesar urutan kedua dalam jejaring sosial Rusia.

Namun, VK kemudian menjadi sasaran dari serangan DdoS yang sangat parah sehingga menyebabkan VK offline untuk sementara waktu.

Situs Web VK

Seperti jejaring sosial pada umumnya, fungsi utama dari situs VK dilakukan dengan pesan pribadi serta saling berbagi foto, pembaruan status serta tautan dengan teman lainnya.

Di VK, terdapat juga alat yang bisa digunakan untuk mengelola komunikasi online serta halaman selebriti. Dengan VK, pengguna bisa mencari, mengungah serta mengalirkan konten media contohnya seperti musik serta video.

VK juga memiliki mesin pencari yang canggih sehingga query kompleks bisa menemukan teman baru dan mencari berita memakai waktu yang nyata.

Fitur VK

Sama seperti jejaring sosial lainnya, fungsi utama dari VK adalah untuk berbagi pesan pribadi dan juga foto, update status serta hubungan dengan teman. Pada VK juga ada alat yang bisa mengelola komunitas online serta halaman selebriti.

Para pengguna bisa upload, mencari serta konten media streaming seperti musik dan juga video. VK juga punya mesin pencari yang canggih sehingga Query yang kompleks bisa membantu anda menemukan teman dan mencari berita real time. Berikut adalah beberapa fitur dan fungsi dari VK selengkapnya:

1. SMS

Fungsi pertama dari VK adalah pesan pribadi antara 2 kelompok dengan jumlah hingga 30 orang. Nantinya, alamat email juga bisa digunakan sebagai penerimanya. Dalam setiap pesan nantinya bisa diisi sampai 10 lampiran seperti dokumen, file media, peta dan dokumen.

2. News

Ketika menggunakan VK, anda juga bisa posting pada dinding profll milik orang lain yang beisi peta, file media dan juga dokumen. Sedangkan untuk beberapa lampiran preview akan secara otomatis diatur pada tata letak majalah gaya.

Baca Juga :  Pengertian Troubleshooting : Definisi, Jenis, dan Cara Kerjanya

Untuk feed berita bisa diatur menjadi semua berita atau default dan juga mode yang paling menarik. VK mempunyai mesin berita rekomendasi, dunia pencarian real time serta pencarian individual untuk komentar serta postig pada dindinng pengguna yang sudah ditentukan.

3. Pengguna

Pada VK terdiri dari 2 jenis pengguna. Sedangkan halaman publik merupakan alat untuk menyiarkan berita yang berorientasi pada bisnis dan selebriti, sedangkan untuk desentralisasi lebih kepada diskusi board dan juga artikel seperti wiki. Sedangkan perbedaan utama dari keduanya adalah pada pengaturan defaultnya.

4. Tombol Like

Sama seperti sosial media yang lain, VK juga memiliki tombol untuk komentar, posting, media serta situs eksternal namun cara beroperasinya berbeda dengan Facebook. Konten yang dilike tidak secara otomatis bisa masuk ke dinding pengguna, akan tetapi disimpan pada favorit. Anda nantinya harus menekan tombol Berbagi dengan teman atau tombol untuk berbagi item pada wall atau mengirimnya lewat pesan ke teman secara pribadi.

5. Privasi

Anda sebagai pengguna juga bisa mengontrol ketersediaan konten ada jaringan dan juga pada internet. Pengaturan selimut serta privasi granular berguna untuk halaman serta konten individu.

6. Sinkronisasi Dengan Jejaring Sosial yang Lain

Semua berita yang diterbitkan dalam wall VK juga akan ditampilkan pada Facebook atau Twitter. Namun untuk beberapa berita tertentu mungkin tidak akan dipublikasikan sebelum menekan logo yang ada di sebelah tombol Send.

Sesudah melakukan editing, maka postingan tersebut tidak akan berubah ketika dipublikasikan pada Facebook dan juga Twitter begitu pun sebaliknya. Akan tetapi ketika berita di VK dihapus, maka juga akan menghapus berita yang ada di jejaring sosial media lainnya.

7. SMS

Dengan menggunakan aplikasi ini, nantinya para pengguna juga bisa saling menerima serta membalas pesan pribadi. Selain itu, penngguna juga bisa berkomentar pada berita pengguna lain dengan menggunakan SMS.

8. Musik

Pengguna mempunyai akses ke file audio yang sudah diunggah pengguna lainnya. Pengguna juga bisa mengunggah file audio milik sendiri, membuat daftar putar sendiri serta berbagi audio dengan orang lain. Caranya adalah dengan melampirkan pesan serta kiriman dinding. Namun harus diingat jika file audio yang diunggah tidak boleh sampai melanggar undang undang hak cipta.

Bahasa yang Digunakan VK

Di bulan Mei tahun 2018 yang lalu, VK sudah menyediakan 86 bahasa. Sedangkan untuk iklannya sendiri masih versi Ukraina dan Rusia. Pengguna yang memakai bahasa Rusia nantinya bisa memilih versi Rusia standar serta dua tambahan lainnya yakni versi Soviet serta versi Pra Revolusi.

Selain tweak bahasa contohnya telegram untuk pesan serta kawan untuk teman, dalam versi ini juga mempunyai cap yang bertulis lulus senser server. Sementara untuk versi pra revolusioner memakai ortografi Rusia bergaya lama dan keduanya terbebas dari iklan.

Start Fellows

Di tahun 2011, Pavel Durov serta Yuri Milner menciptakan Start Fellows yakni program hibah untuk mendukung beberapa proyek dalam bidang teknologi. Di tahun 2014, VK kemudian mengambil alih program Start Fellows serta mengubahnya menjadi lebih sistematis.

Hibah tersebut diberikan untuk 3 perusahaan setiap bulannya serta termasuk ke dalam proyek VK bersama dengan 25 ribu rubel per bulan untuk iklan pada platform VK tersebut. Pemenang dari hibah tersebut diantaranya adalah aplikasi penjadwalan, layanan streaming seluler, akademi HTML, LiveCamDroid dan sebagainya.

Baca Juga :  Pengertian Kaskus : Sejarah, Fitur, Forum, Cara Buat Akun, Kelebihan dan Kekurangan

VK kemudian meluncurkan kembali proyek ini di tahun 2017 namun proyek aktif hanya dengan model pendapatan yang bisa mengajukan aplikasi saja. Sebanyak 327 aplikasi hibah sudah diterima, namun hanya sebanyak 67 saja yang berhasil lolos pada tahap seleksi awal. Sementara total kumpulan hadiahnya adalah 2.5 juta rubel.

Cara Membuat Akun VK

1. Masuk ke Laman VK

Untuk membuat akun VK, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah masuk ke laman resmi VK lewat peramban web yang anda inginkan. Anda bisa memakai segala jenis peramban seperti tablet, ponsel atau komputer. Nantinya, halaman pembuka VK akan ditampilkan sesudah anda masuk ke situs resminya.

2. Mengisi Formulir Pendaftaran

Langkah berikutnya yang harus anda lakukan adalah mengisi formulir pendaftaran. Terdapat dua cara mengisi formulir pendaftaran yang bisa dipilih yakni memakai nama serta nomor telepon dan juga memakai akun Facebook yang anda miliki.

Apapun metode yang anda pilih, anda tetap harus mengisi formulir di segmen First time on VK?. Sesudah itu bisa dilanjutkan ke Continue registration untuk memakai nama atau Facebook jika anda ingin memakai informasi yang ada pada akun Facebook. Jika memang mau memakai akun Facebook, maka silahkan ikuti petunjuk yang ada pada layar supaya bisa masuk ke akun Facebook ketika diminta.

3. Masukkan Nomor Telepon

Langkah selanjutnya adalah memasukkan nomor telepon yang diperlukan untuk verifikasi akun anda. Silahkan pilih kode negara pada segmen Country. Masukkan nomor telepon anda tanpa kode negara di kolom dan klik Get Code agar bisa memperoleh kode verifikasi yang akan dikirim lewat SMS.

Kedua metode pendaftarannya sama sama butuh nomor telepon valid untuk verifikasi dan langkah ini tidak bisa dilewati.

4. Masukkan Kode Verifikasi

Silahkan masukkan kode verifikasi lalu klik Confirm. Kemungkinan anda harus menunggu selama beberapa menit untuk menerima kode lewat SMS. Sesudah nomor telepon selesai diverifikasi, maka anda akan diminta untuk membuat kata sandi akun.

5. Membuat Kata Sandi

Apabila anda membuat akun VK memakai akun Facebook, maka anda akan diminta untuk konfirmasi info log masuk ke Facebook supaya bisa menyelesaikan proses pembuatan akun VK. Namun jika anda mendaftar memakai nama serta nomor telepon, maka hanya perlu mengikuti pentunjuk yang ada di layar untuk membuat serta konfirmasi kata sandi yang baru.

6. Selesaikan Pembuatan Akun

Langkah terakhir yang harus anda lakukan adalah menyelesaikan proses pembuatan akun VK. Sesudah selesai membuat kata sandi, maka anda bisa masuk ke VK memakai semua jenis platform.

Apabila anda memakai akun Facebook, maka anda diminta mengimpor segala detaik pribadi agar prosesnya bisa selesai. Kemudian jika mau memakai ponsel atau tablet untuk akses VK, maka anda harus mengunduh aplikasi resminya lebih dulu di App Store untuk iPad dan iPhone atau di Google Play Store untuk android.

Kelebihan dan Kekurangan VK

Sama seperti sosial media yang lain, VK juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang bisa dijadikan bahan pertimbangan sebelum memutuskan untuk menggunakan sosial media yang satu ini. Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari VK:

Kelebihan VK

  • Ketika menggunakan VK, anda bisa memakai jalur SMS ketika ingin posting serta membalas pesan.
  • Disediakan fitur musik yang bisa dimanfaatkan pengguna bisa mendengarkan musik offline.
  • Terdapat fitur video sehingga pengguna bisa melihat banyak jenis film dan video kesukaan dari para pengguna VK yang lain. Ini bisa dilakukan memakai fitur Search.
Baca Juga :  Pengertian API : Cara Kerja, Contoh, dan Komponen Terlengkap

Kekurangan VK

  • Karena buatan Rusia, maka kebanyakan penggunanya juga memakai bahasa Rusia. Dengan begitu, beberapa video dan juga film juga ikut memakai dubber Rusia.

Apakah VK Hanya Tiruan Facebook atau Sebuah Proyek yang Orisinal?

Sama halnya seperti Facebook, pada awalnya VK adalah proyek yang hanya diperuntukkan bagi mahasiswa saja. Durov mulai mengembangkan secara online databasenya untuk mengumpulkan kunsi jawaban ujian sehingga membuat situs untuk mahasiswa pada kampusnya.

Dulu VK memiliki nama student.ru dan pengembang memutuskan untuk semakin memperluas kategori pengguna serta mengganti namanya menjadi Vkontakte. Mesia sosial yang satu ini dianggap mencontoh dari Facebook.

Bahkan Facebook Rusia juga tidak menyembunyikan fakta jika VK merupakan tiruan. Desain dari VK hampir serupa dengan desain Facebook. Durov mengakui jika saat ia mulai mengembangkan VK, ia memang belajar dari pengalaman Zuckerberg. Akan tetapi ia juga menekankan jika proyek yang ia miliki tersebut bersifat independen dan jauh lebih lebih lengkap.

VK Menyediakan Konten Gratis Untuk Kaum Muda

Meski pada awalnya VK terlihat seperti tiruan dari Facebook terutama dari segi visual, akan tetapi dari segi fungsinya jauh lebih kompleks dan otonom menurut Maxim Kornev seorang profesor di Fakultas Teknologi di Humaniora.

Kornev juga percaya jika konten gratis tidak selalu ilegal sudah menjadi rahasia utama dari dominasi VK khususnya pada beberapa tahun awal peluncuran. Semuanya dapat diakses gratis dari sebuah sumber seperti film, musik bahkan sampai pornografi yang tidak bisa ditemukan pada Odnoklassniki dan Facebook.

Yury Sinodov pendiri dari Roem.ru juga mengatakan jika vk mendapatkan keuntungan dari target para penggunanya yang lebih menyasar pada pelajar sekolah menengah atas dan mahasiswa.

Ia mengatakan jika akan jauh lebih mudah menarik minat kaum muda memakai proyek internet. Sedangkan pesaing contohnya seperti Odnoklassniki lebih menyasar pada generasi yang lebih tua. Inilah sebabnya VK berhasil melebihi popularitas dari Odnoklassniki.

Keberhasilan dari VK juga disebabkan karena buruknya performa dari Facebook beberapa tahun pertama sejak kemunculannya dalam versi bahasa Rusia pada tahun 2008. Ketika itu, Facebook sangat lamban serta tidak nyaman digunakan pada ponsel. Sedangkan VK jauh lebih cepat sehingga lebih banyak digunakan.

VK Sesudah Kepergian Durov

Pavel Durov kemudian mengundurkan diri di tahun 2014. Ia berkata jika keputusannya untuk menjual saham dan mengundurkan diri tersebut terjadi karena dorongan permintaan Badan Keamanan Rusia atau FSB yang meminta VK untuk menyerahkan informasi pribadi penggunanya yang berhubungan dengan demonstrasi Maidan di Ukraina tahun 2014.

Durob kemudian memutuskan untuk meninggalkan Rusia serta lebih berkonsentrasi dalam mengerjakan proyek layanan pesan instan yakni Telegram. Kepemimpinan VK yang baru kemudian mulai menerapkan kebijakan yang jauh lebih ketat berkaitan dengan konten bajakan.

Ada banyak rekaman video serta audio ilegal yang kemudian akhirnya dihapus. Selain itu disaat yang bersamaan, VK juga berusaha untuk mempertahankan dominasi pada pasar Rusia. Di tahun 2015, VK kemudian meluncurkan aplikasi bernama Napster yang serupa dengan Instagram.

Platform tersebut kemudian berkembang dan terus mengikuti tren yang sedang terjadi di dunia. Aplikasi ini kemudian juga memperkenalkan penyebaran video, mentransfer uang erta merencanakan perilisan aplikasi pesan instan sendiri.

Pada saat Durov menjabat menjadi direktur umum, VK merupakan proyek yang inovatif dan tidak lepas dari semangat kebebasan. Akan tetapi sekarang, VK lebih memposisikan dirinya menjadi organisasi terhormat dan bermain sesuai dengan peraturan sekaligus berjalan mengikuti tren dibandingkan menciptakan tren sendiri.

Gratis Unduh Aplikasi Smartphone VK

Free Download VK Last Update VersionOfficial Download Link
VK For AndroidGoogle Play Store
VK For iOSApple App Store

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here