Yahoo Mail : Pengertian, Sejarah, Fitur, Manfaat, Kelebihan dan Kekurangan

Salam Kenal

Artikel Pilihan

Yahoo Mail merupakan salah satu layanan email tertua sebelum adanya Gmail. Layanan ini adalah pengiriman pesan yang dirilis tahun 1994, sementara Gmail baru dirilis pada tahun 1998. Kegunaan utama dari Yahoo Mail adalah untuk saling mengirim pesan berbentuk teks, gambar dan juga video.

Pengertian Yahoo Mail

Yahoo Mail adalah salah satu dari sekian banyak layanan email yang terbilang sudah lama dan banyak dikenal orang. Bahkan, Yahoo Mail sudah ada sebelum Gmail dari Google.

Pertama kalinya, Yahoo Mail dirilis di tahun 1994, sedangkan Gmail baru mulai dikenal di tahun 1998. Namun, Google Mail sudah lebih banyak digunakan sejak tahun 2000 sebab pengguna sudah mengenal Yahoo Mail lebih dulu.

Yahoo juga memiliki layanan Yahoo Messenger yang merupakan program pengiriman pesan instan yang terkenal pada masa itu. Pertama kali dirilis di tahun 1998, namanya masih disebut dengan Yahoo Pager. Aplikasi tersebut bisa diunduh gratis untuk semua pengguna yang sudah punya Yahoo ID.

Dengan Yahoo ID, maka pengguna bisa langsung memperoleh notifikasi jika ada email masuk lewat layanan Yahoo Messenger. Aplikasi ini memberi penawaran fasilitas koneksi PC to PC, PC to phone, PC to PC service, file transfer, webcam hosting, text message service dan chat rooms.

Sejarah Yahoo Mail

Pada awal pemakaian domain .com, hampir seluruh orang sudah mengetahui Yahoo serta Yahoo Mail. Perusahaan ini berasal dari California, Amerika Serikat dan menjadi mesin telusur nomor satu di sekitar tahun 2000 termasuk Indonesia.

Valuasi yang diterima Yahoo bahkan dapat mencapai USD 125 M atau sekitar 1.75 Triliun. Akan tetapi semenjak Gmaildari perusahaan Google hadir, maka secara perlahan popularitas Yahoo Mail juga semakin menurun.

Ditambah lagi ketika itu, perangkat android juga masih dikerjakan Google. Dengan begitu, banyak orang yang harus memakai akun Gmail agar bisa memakai android. Namun, ada juga banyak momen penting di sepanjang sejarah kesuksesan Yahoo. Berikut adalah beberapa sejarah Ymail terpenting yang harus diketahui:

1. Tahun 1994

Di tahun 1994, 2 orang mahasiswa asal Stanford University yakni David Filo dan Jerry Yang memiliki ide untuk menyusun indeks alat kurator untuk ribuan website yang ada di internet. Mereka berdua akhirnya berhasil membuat mesin telusur Yahoo dan dilanjutkan dengan menyewa banyak karyawan untuk memproses permintaan data indeks dari berbagai website.

2. Tahun 1996

Yahoo mulai go public sekaligus juga dirilis untuk umum. Yahoo sendiri sempat mengajukan penawaran saham perdana pada Bursa NASDAQ. Pada awalnya, saham dijual dengan nilai USD 24.5 per lembar yang kemudian meningkat 154 persen dan stabil di angka 33 Dollar Amerika.

Ini merupakan momentum Yahoo yang sangat berharga karena untuk pertama kalinya terlibat pada bursa saham. Yahoo juga berhasil menarik perhatian banyak investor yang memang pada saat itu sangat terkait dengan berbagai hal yang berhubungan dengan internet.

3. Tahun 2000

Tahun 2000 menjadi momen puncak dari Yahoo sebab sahamnya yang tercatat sangat tinggi yakni pada tanggal 3 Januari tahun 2000. Ketika itu, saham Yahoo meningkat menjadi USD 475 per lembar meski momen tersebut hanya bertahan selama beberapa bulan sebagai dampak aksi terorisme di Amerika.

4. Tahun 2005

Saat ini media sosial yang populer Instagram, menengok kebelakang pada tahun 2005 Yahoo mengakuisisi Flickr yakni penyedia video dan foto yang didirikan Ludicorp satu tahun sebelumnya. Sesudah itu di bulan Maret 2005, Yahoo mengambil alih Flickr yang ketika itu sedang populer.

5. Tahun 2007

Karena gelombang keuangan yang sedang buruk di bawah pimpinan Terry Semel, Jerry Yang kemudian mengambil alih kepemimpinan perusahaan. Sementara Semel mengundurkan diri 2 tahun sesudahnya. Namun 5 tahun kemudian, Jerry Yang juga ikut mengundurkan diri dari dewan direksi Yahoo dan memutus kontrak kerja pada perusahaan yang didirikannya tersebut.

6. Tahun 2008

Pada tahun 2008, Yahoo menolak lamaran akuisisi dari software Microsoft yang ketika itu ditawar hingga USD 44.6 Miliar. Selain Microsoft dengan layanan email Outlook, Yahoo juga mempertimbangkan pilihan merger dengan perusahaan lain termasuk Google. Akan tetapi, akhirnya Yahoo memutuskan untuk menjalani perusahaannya sendiri.

7. Tahun 2012

Di tahun 2012, sesudah Carol Bartz tidak lagi menjabat, Yahoo merekrut mantan Presiden PayPal yakni Scott Thompson. Namun Thompson hanya menjabat sebentar sebab ia memalsukan gelar pada resume yang sebelumnya diajukan ke Yahoo. Sesudah 4 bulan menjabat, Thompson kemudian digantikan Marissa Mayer yakni mantan Vice President Google.

8. Tahun 2016

Di tahun 2016, Yahoo mengalami masalah keuangan yang buruk dan membuat cukup banyak karyawannya di-PHK. Yahoo memberikan laporan jika kerugian yang mereka alami memiliki jumlah sekitar 4.4 Miliar Dollar Amerika pada kuartal terakhir.

9. Tahun 2017

Di tahun 2017, Yahoo secara resmi dibeli Verizon dengan harga 4.83 Miliar Dollar Amerika yang setara dengan 63 Triliun Rupiah. Saat itu, Verizon memegang kedudukan kuat untuk membalikkan peruntungan Yahoo yang tambah terpuruk. Pada tahun ini, Marissa masih tetap menjabat CEO Yahoo namun dibawah naungan Verizon.

Kelebihan Yahoo Mail

Sebetulnya, Yahoo Mail sudah ada lebih dulu dibandingkan Gmail yakni di tahun 1997. Sedangkan Gmail baru ada sekitar 4 tahun sesudahnya. Berbeda dengan layanan email lain, Yahoo Mail memiliki beberapa kelebihan tersendiri dan berikut beberapa diantaranya:

  • Tidak hanya bisa digunakan untuk menerima serta mengirim email namun juga untuk mencari info serta berita terbaru tanpa harus keluar lebih dulu dari Yahoo Mail. Hal ini berbeda dengan Google yang membuat pengguna harus lebih dulu keluar dari Gmail supaya bisa memperoleh berita terbaru.
  • Memungkinkan pengguna untuk mengunduh banyak jenis file yang terlampir secara sekaligus. Semua file tersebut nantinya juga bisa dijadikan file yang telah terkompresi.
  • Ketika mengirim email dari Yahoo Mail, pengguna juga dapat melampirkan data atau file berukuran sampai 25 MB.
  • Apabila komputer mati tiba tiba ketika sedang menulis email, maka email yang sudah ditulis tersebut akan disimpan pada draft secara otomatis. Nantinya email tersebut bisa diakses kembali ketika membuka Yahoo Mail di HP atau komputer.

Kekurangan Yahoo Mail

Hal pertama yang menjadi kekurangan dari Yahoo Mail adalah tidak bisa menampung semua pengguna Yahoo di dunia atas dasar regional, hobi dan juga aktivitas lain. Yahoo juga hanya menyediakan emoticon yang bisa bergerak dalam jumlah terbatas. Dengan begitu, pengguna tidak terlalu bisa mengekspresikan perasaan ketika sedang chatting.

Produk Yahoo Mail

Sebenarnya Yahoo Mail tidak hanya memiliki produk berupa email namun juga ada beberapa produk lainnya. Berikut adalah beberapa produk Yahoo Mail yang bisa anda gunakan:

1. Yahoo News

Sebetulnya, Yahoo termasuk dalam situs direktori berita terbesar di internet. Disini, anda bisa menemukan banyak hasil kurasi berita tidak hanya dari Indonesia namun juga dari seluruh dunia. Selain itu, topiknya juga sangat luas dari mulai berita politik, hiburan, olahraga sampai ekonomi.

2. Flickr

Flickr sudah sejak lama terkenal jauh sebelum situs penyedia stock image lain di internet. Flickr adalah penyedia stok gambar besar di dunia sama seperti Photobucket, ImageShack serta Unsplash. Kelebihan dari Flickr adalah memiliki tampilan sederhana sehingga mudah untuk digunakan.

3. Yahoo Answer

Untuk bertanya dan mengetahui jawaban dari segala soal, maka bisa memakai Yahoo Answer. Ini adalah perpaduan dari mesin telusur seperti Google dan forum tanya jawab seperti Quora dan Reddit.

Fitur Terbaru Yahoo Mail

1. Memiliki Tampilan yang Baru

Tampilan Yahoo Mail sekarang sudah diganti karena mempertimbangkan ukuran layar ponsel yang lebih tinggi. Untuk itu, tampilan terbaru Yahoo Mail membuat pengguna bisa mengakses Yahoo hanya dengan satu tangan dengan bilah navigasi baru yang diletakkan di bagian layar bawah.

2. File dan Foto di Satu Tempat

Yahoo Mail juga sudah punya view yang membuat pengguna bisa mengakses serta navigasi lebih mudah ketika membuka lampiran surat, berkas penting, dokumen perjalanan dan juga foto yang dikirim pengguna lainnya.

3. Tema

Pada versi Yahoo terbaru, sekarang sudah dibekali dengan banyak tema yakni sekitar 14 tema dalam mode gelap serta terang yang bisa digunakan pengguna.

4. Manajemen Email Berlangganan

Untuk pengguna yang memakai layanan email berlangganan, maka Ymail memberi tampilan baru untuk mempermudah mencari email berlangganan. Tampilan baru ini juga memudahkan pengguna untuk berhenti langganan newsletter yakni dengan sekali tekan tanpa harus keluar dari aplikasi.

5. Aksesibilitas

Untuk pengguna yang memiliki gangguan penglihatan, maka Yahoo Mail juga sudah mendukung pembaca layar seperti Talkback di android atau VoiceOver di iOS. Layanan ini membuatpengguna bisa merubah ukuran teks atau tingkat kontras layar.

Cara Mendaftar Akun Yahoo Mail di Android

Yahoo Mail bisa memberi banyak kemudahan untuk pengguna dengan cara menyediakan aplikasi yang bisa diunduh pada mobile. Berikut adalah tahap demi tahap langkah daftar Yahoo Mail yang bisa dilakukan pada handphone android:

  • Sesudah mengunduh di Play Store, silahkan buka aplikasi Yahoo Mail tersebut.
  • Klik pada icon atau gambar kotak surat yang ada di layar.
  • Lanjutkan dengan memilih Daftar untuk Account Baru.
  • Lengkapi form registrasi yang disediakan kemudian klik tombol Lanjutkan.
  • Pilih Kirimi Saya Kunci Akun Via SMS dan anda akan menerima SMS verifikasi dari Yahoo.
  • Silahkan masukkan kode verifikasi pada kolom yang sudah disediakan kemudian klik Verifikasi.

Tips Menggunakan Yahoo Mail

1. Tips Memilih Nama Alamat Yahoo Mail

Ketika ingin memakai Yahoo Mail, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Contohnya ketika memilih nama alamat email yang ingin dipakai. Sebaiknya, pilih nama email yang belum pernah digunakan orang lain.

2. Tips Membuat Kata Sandi

Jika ingin membuat akun Yahoo Mail, maka hal yang paling penting untuk diperhatikan adalah soal keamanan. Anda sebagai pengguna sebaiknya membuat kata sandi Yahoo Mail yang sangat kuat.

Di tahapan ini, sebaiknya anda tidak asal saat membuat password. Jika anda membuat kata sandi yang lemah, maka bisa memudahkan hacker untuk membobol akun email yang anda punya. Jika email anda mudah dibobol, maka nantinya bisa memicu kejahatan cyber yang lain seperti pencurian informasi pribadi dan pencurian data bank.

Jika akun Yahoo Mail sudah berhasil dibuat, maka anda sudah bisa memakai akun Yahoo tersebut. Baik itu untuk mengirim email, membaca berita serta untuk kebutuhan lainnya sudah bisa dilakukan hanya dengan menggunakan akun email Yahoo Mail.

Hal yang Harus Dilakukan Jika Lupa Password

Salah satu masalah yang biasanya terjadi di Yahoo Mail adalah masalah lupa password. Jika ini yang terjadi, maka ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memulihkan akun.

Di Yahoo Mail disediakan dua cara untuk memulihkan akun yakni memakai nomor ponsel dan juga alamat email alternatif. Dari antara kedua cara ini bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan anda.

Panduan Ketika Memakai Yahoo Mail

  • Cara login: Yahoo Mail bisa anda akses lewat web. Anda nantinya hanya perlu mengisi kolom alamat email serta kata sandi kemudian klik login.
  • Membuat akun: Sebelum log in ke Yahoo Mail, maka anda harus mempunyai akun dengan cara create account atau sign up di situs resmi login.yahoo.com. Anda akan diminta mengisi data seperti nama depan dan belakang, nomor telepon, alamat email yang dikehendaki serta tanggal lahir. Sesudah semua data lengkap, maka Yahoo Mail akan mengirim kode verifikasi ke nomor telepon yang sudah terdaftar tersebut. Dengan begitu, pengguna bisa mengakses akun Yahoo Mail.
  • Apabila akun bermasalah: Jika akun yang anda miliki bermasalah, maka bisa memasukkan nama email alternatif atau nomor telepon yang sudah terdaftar. Jika akun sudah bisa diakses kembali, maka sangat disarankan untuk mengganti kata sandi dengan yang lebih kuat.

Fakta Menarik Yahoo Mail

Sudah menjadi rahasia umum jika saingan terbesar Yahoo adalah Google. Selain Marissa Mayer yang dulu bekerja di Google dan pindah ke Yahoo, sebenarnya masih banyak fakta menarik dari Yahoo dan juga penting untuk diketahui.

Yahoo sudah lebih dulu dibuat sebelum Google yakni di tahun 1994. Yahoo ditemukan oleh mahasiswa Stanford University yakni Jerry Yang dan juga David Felo. Pada awalnya, mereka berdua membuat Yahoo hanya sebagai direktori di internet.

Sebelum menjadi Yahoo, layanan ini memiliki nama Jerry and Dave’s Guide to the World Wide Web. Akan tetapi karena untuk kepentingan bisnis, akhirnya namanya diubah menjadi Yahoo yang merupakan singkatan dari Yet Another Hieratchical Officious Oracle.

Ketika dirilis ke publik pada tahun 1996, Yahoo menjadi perilisan terbesar untuk kelas startup di masanya. Sebetulnya ketika itu, Yahoo adalah mesin telusur yang paling banyak dipakai sebelum akhirnya Google mengambil alih posisi Top Search Engine pada tahun 1998.

NetMarketShare mencatat jika Yahoo sebagai Search Engine hanya bisa memegang market share sebanyak 2.2 persen dari pasar global. Sedangkan Google ada pada peringkat 70.09 persen serta Microsoft dan Bing yang memperoleh 13.13 persen.

Di tahun 2013 yang lalu, Tumblr yang diblokir oleh pemerintah Indonesia juga sudah diakuisisi Yahoo untuk meningkatkan target dari audiens muda.

Apabila anda memang tertarik dengan kantor Yahoo dan kehidupan pekerja di Yahoo, maka anda juga bisa melihat salah satu video viral yang memperlihatkan Joe Jitsukawa yakni salah satu orang yang bekerja di Yahoo.

Sebagai salah satu platform email, Yahoo Mail memang dijadikan andalan Yahoo untuk memberi pengalaman pengguna dalam mengirim dan menerima email dengan lebih efisien dan mudah. Hal paling baru lainnya, bahkan Yahoo Mail juga sudah menyediakan kapasitas penyimpanan email sampai 1 TB untuk setiap penggunanya.

Sumber Referensi

https://computer.howstuffworks.com/e-mail-messaging/yahoo-mail.htm
https://techmonitor.ai/what-is/what-is-ymail-4947529
https://www.lifewire.com/yahoo-mail-4781440
http://www.differencebetween.net/technology/internet/difference-between-yahoo-mail-and-gmail/

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending

Artikel Serupa

Download Gratis