Pengertian Tata Surya : Pembentukan, Susunan dan Teori

Tata Surya

Tata surya adalah susunan dari beberapa benda langit yang berputar mengelilingi pusatnya yakni matahari. Sedangkan tata surya yang menjadi tempat kita adalah tata surya bimasakti. Sistem tata surya sendiri terdiri dari 8 planet dengan orbit berbentuk elips, komet, satelit alami, asteroid serta meteorid. Seluruh planet ini akan terus mengelilingi matahari dengan revolusi serta lalulintas yang … Read more

Cahaya Tampak – Pengertian, Gelombang dan Contoh Macam Spektrum

Definisi Cahaya Tampak Adalah Pengertian, Gelombang dan Contoh Macam Spektrum

Cahaya atau “cahaya tampak” mengacu pada wilayah spektrum elektromagnetik yang terlihat – yaitu, rentang panjang gelombang yang memicu kecerahan dan persepsi warna pada manusia. Spektrum Cahaya Tampak adalah segmen spektrum elektromagnetik yang dapat dilihat oleh mata manusia. Lebih sederhana, rentang panjang gelombang ini disebut cahaya tampak atau dalam bahasa inggris disebut “Visible Light“. Biasanya, mata … Read more

Sinar Gamma – Pengertian, Sejarah, Kegunaan dan Bahaya

Sinar Gamma Adalah Pengertian, Sejarah, Kegunaan dan Bahaya

Sinar gamma memiliki panjang gelombang terpendek dan energi tinggi dari semua gelombang lain yang terdapat pada spektrum elektromagnetik. Sinar gamma diproduksi oleh objek paling energik dan terpanas di alam semesta, contohnya seperti ledakan supernova, bintang neutron dan pulsar serta daerah yang terdapat di sekitar lubang hitam. Di planet Bumi, gelombang gamma dihasilkan oleh sebuah ledakan … Read more

Sinar X – Pengertian, Radiasi dan Contoh Kegunaan

Definisi Sinar X Adalah Pengertian, Radiasi dan Contoh Kegunaan

Sinar-X merupakan jenis radiasi elektromagnetik yang dikenal karena kemampuannya untuk melihat menembus kulit manusia dan menampakan gambar tulang didalamnya. Kemajuan teknologi telah menghasilkan sinar X-ray yang lebih kuat dan terfokus serta aplikasi yang lebih besar dari gelombang cahaya ini, mulai dari pencitraan sel biologis yang sangat kecil hingga membunuh sel kanker. Ketika mendengarkan radio, menonton … Read more

Sinar Ultraviolet – Pengertian, Macam, Contoh Dampak dan Manfaat

Pengertian Definisi Sinar Cahaya Ultraviolet Adalah Pengertian, Macam, Contoh Dampak dan Manfaat

Sinar ultraviolet (UV) yang dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai Ultraungu memiliki panjang gelombang yang lebih pendek daripada cahaya tampak. Meskipun gelombang Ultraviolet (ultraungu) tidak terlihat oleh mata manusia, beberapa hewan seperti serangga, contohnya lebah, dapat melihatnya. Fenomena ini mirip dengan bagaimana seekor anjing dapat mendengar suara peluit di luar jangkauan pendengaran manusia. Hal ini membuktikan … Read more

Inframerah – Pengertian, Sejarah, Manfaat, Kegunaan dan Contoh Fungsi

Sejarah Penemuan Inframerah - Sir Frederick William Herschel

Apa itu Gelombang Inframerah ? sinar infrared yang dalam bahasa indonesia lebih dikenal sebagai inframerah (cahaya inframerah) merupakan bagian dari spektrum elektromagnetik. Kita sering menemukan gelombang Inframerah setiap hari dalam kehidupan; mata manusia tidak dapat melihatnya, tetapi manusia dapat mendeteksinya sebagai panas. Remote televisi menggunakan gelombang cahaya tepat di luar spektrum cahaya terlihat —salah satu … Read more

Gelombang Mikro – Pengertian, Macam Jenis dan Contoh Manfaat

Definisi Gelombang Mikro Adalah Pengertian, Macam Jenis dan Contoh Manfaat

Elektromagnetik memiliki peran penting yang saat ini dimanfaatkan oleh manusia dalam berbagai bidang teknologi seperti komunikasi informasi dan medis. Gelombang mikro adalah gelombang elektromagnetik yang dapat digunakan untuk memasak dengan menggunakan alat yanhg juga disebut microwave. Gelombang mikro pada dasarnya merupakan gelombang radio frekuensi sangat tinggi, dan dibuat oleh berbagai jenis pemancar. Di ponsel, gelombang … Read more

Gelombang Radio – Pengertian, Jenis, Fungsi dan Contoh

Definisi Gelombang Radio Adalah Pengertian, Jenis, Fungsi dan Contoh

Ada banyak jenis macam gelombang yang dibedakan dalam spektrum elektromagnetik. Gelombang tersebut antara lain gelombang radio; gelombang mikro; inframerah (IR) atau radiasi panas; cahaya tampak; ultraviolet; sinar-x; dan sinar gamma. Daftar gelombang tersebut merupakan dalam urutan peningkatan energi, juga penurunan panjang gelombang. Gelombang radio termasuk gelombang elektromagnetik, yang memiliki gelombang paling lanjang diantara gelombang lainnya … Read more

Gelombang Elektromagnetik – Pengertian, Macam Spektrum dan Contoh Manfaat

Pengertian

Radiasi elektromagnetik (EM) adalah energi yang ada di sekitar kita dan memiliki banyak bentuk, seperti gelombang radio, gelombang mikro, sinar-X, dan sinar gamma. Sinar matahari juga merupakan bentuk energi EM, tetapi cahaya yang dapat dilihat manusia hanya sebagian kecil dari spektrum EM dari rentang panjang gelombang elektromagnetik yang luas. Baca Juga : Pengertian Bluetooth – Macam … Read more

Pengertian Korosi – Penyebab, Proses dan Cara Mencegah

Korosi

Korosi merupakan kehancuran atau kerusakan material karena reaksi kimia yang ada di sekitar lingkungannya. Sedangkan jika dilihat secara umum, korosi bisa dibedakan menjadi korosi basah serta korosi kering. Korosi bisa terjadi karena faktor metalurgi, kimia fisika, elektrokimia serta termodinamika. Korosi bisa digolongan menjadi 8 yakni korosi umum, korosi selektif, korosi batas butir, korosi erosi, korosi … Read more