Pengertian Protein – Fungsi, Struktur, Sifat, Unsur dan Jenis

Protein

Protein merupakan senyawa organik kompleks berbobot molekul tinggi yakni polimer dari monomer asam amino. Molekul protein mengandung hidrogen, karbon, oksigen, nitrogen dan terkadang juga mengandung fosfor dan sulfur. Pengertian Protein Protein merupakan bentuk dari polimerisasi peptida. Sedangkan peptida adalah polimerisasi dari asam amino yang berbeda. Untuk itu, bisa dikatakan jika protein merupakan sebuah kopolimer. Ikatan … Read more

Pengertian Mineral : Sifat Fisik dan Contoh Macam Jenis

Mineral

Mineral merupakan benda padat homogen yang ada di dalam dan terbentuk secara organik. Mineral memiliki komposisi kimia di batas tertentu dan memiliki atom yang tersusun dengan teratur. Mineralogi merupakan ilmu yang mempelajari tentang mineral dari mulai pengenalan karakteristik fisik, pengelompokkan, komposisi kimia hingga proses pembentukannya. Pengertian Mineral Secara Umum Di dalam ilmu geologi, mineral disebut … Read more

Pengertian Nutrisi : Jenis, Contoh, dan Fungsi

Nutrisi

Nutrisi adalah substansi organik yang ada dan diperlukan organisme. Gunanya adalah untuk menormalkan sistem tubuh, membantu pertumbuhan tubuh dan juga untuk menjaga kesehatan. Di dalam tubuh makhluk hidup ada banyak organ yang saling bekerja sama antara satu organ dengan yang lainnya. Ketika ada salah satu bagian organ yang sakit, maka bisa membuat organ lainnya terkena … Read more

Pengertian Limbah : Karakteristik, Jenis, Pengelompokan, Dampak, Pengolahan dan Karakteristik

Limbah

Limbah merupakan buangan hasil proses produksi industri atau domestik. Ketika ada masyarakat bermukim, maka akan ada banyak jenis limbah yang dihasilkan. Contohnya seperti air kakus atau black water, sampah serta air buangan dari banyak aktivitas domestik yang lain. Limbah padat atau biasa disebut dengan sampah sering tidak disukai sebab tidak ada nilai ekonomis. Jika dilihat … Read more

Pengertian Organisme : Ciri-ciri, Jenis Jenis, Klasifikasi dan Perkembangan

Organisme

Kata organisme diambil dari bahasa Yunani yakni Organismos atau Organon yang memiliki arti menerapkan, instrumen, alat, kekhawatiran atau organ akal. Untuk pertama kalinya, kata organisme ini muncul di tahun 1703 dalam Oxford English Dictionary. Pengertian Organisme Organisme langsung berkaitan dengan istilah organisasi. Istilah organisme secara luas diartikan dengan perakitan molekul yang berguna secara menyeluruh lebih … Read more

Pengertian Fitoplankton : Manfaat, Dampak, Klasifikasi, Reproduksi dan Laju Pertumbuhan

1 Pengertian Fitoplankton Manfaat, Dampak, Klasifikasi, Reproduksi dan Laju Pertumbuhan

Pengertian Fitoplankton Mengenal lebih dekat apa itu fitoplankton Fitoplankton diambil dari bahasa yunani yaitu ‘phyton’ artinya tumbuhan dan ‘plankton’ artinya pengembara. Makna plankton mengacu pada organisme yang bergerak mengambang di air dengan mengandalkan arus yang membawanya sehingga plankton disebut sebagai pengambara atau drifter. Fitoplankton memiliki klorofil untuk fotosintesis, ini merupakan salah satu ciri yang tidak … Read more

Pengertian Sains : Definisi, Tujuan, Ciri-ciri, Batasan dan Hakikat

Pengertian Sains Kata sains awal mulanya berasal dari bahasa latin yaitu ‘Scientia’ yang memililki arti sebagai pengetahuan. Sementara dalam bahasa inggris dikenal dari kata ‘Science’. Berdasarkan hal itulah kini muncul kata sains yang sudah masuk di dalam kamus bahasa Indonesia. Seperti yang kita ketahui bahwa sains memiliki arti yang sangatlah luas, sehingga pengertiannya juga menjadi … Read more

Pengertian Biologi : Sejarah, Cabang Ilmu dan Manfaatnya

Pengertian Biologi Biologi merupakan suatu studi mengenai kehidupan makhluk hidup, termasuk di dalamnya asal, fungsi, struktur, pertumbuhan, penyebaran hingga evolusinya. Biologi berasal dari bahasa Yunani yaitu dari kata ‘Bios’ yang memiliki arti kehidupan dan ‘Logos’ yang memiliki arti ilmu. Sederhananya, Biologi merupakan salah satu ilmu yang mempelajari tentang kehidupan dari makhluk hidup. Sejarah Biologi Istilah … Read more

Pengertian Zooplankton : Klasifikasi, Adaptasi, Reproduksi dan Peran Dalam Ekosistem Perairan

Zooplankton: Pengertian, Klasifikasi, Adaptasi, Reproduksi dan Perannya Dalam Ekosistem Perairan

Pengertian Zooplankton Zooplankton berasal dari dua akar kata yaitu “zoo” artinya hewan dan “plankton” artinya pengembara. Istilah Plankton mengacu pada organisme laut, sangat halus beurukuran sentimeter sampai ukuran mikron. Plankton secara pasif bergerak mengambang di air laut sehingga disebut juga pengembara atau drifter. Zooplankton adalah plankton bersifat hewani, bergerak mengambang mengikuti arus baik di laut, … Read more

Pengertian Zoologi : Sejarah, Tujuan, Spesialisasi , Klasifikasi dan Contoh

Pengertian Zoologi Apa Itu Zoologi? Zoologi berasal dari bahasa Yunani yaitu ‘Zoion’ atau ‘Zoon’ yang memiliki arti hewan dan ‘Logos’ yang memiliki arti ilmu. Sehingga bisa disimpulkan bahwa definisi atau pengertian dari Zoologi adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang hewan. Mulai dari evolusi, perkembangan embrio, perilaku, distribusi ekologinya, hingga proses klasifikasi hewan tersebut. Zoologi merupakan … Read more