Aplikasi untuk Cek Traffic Website dengan Tools Analytics Gratis

Traffic website adalah salah satu faktor penting yang menentukan kesuksesan sebuah website. Dengan mengetahui jumlah, sumber, dan perilaku pengunjung website, kita bisa mengoptimalkan strategi pemasaran dan konten yang sesuai dengan target audiens. Namun, bagaimana cara cek traffic website dengan mudah dan akurat? Salah satu caranya adalah dengan menggunakan tools analytics gratis yang tersedia di internet. Berikut ini adalah beberapa tools analytics gratis yang bisa kamu gunakan untuk cek traffic website.

1. SimilarWeb

SimilarWeb adalah tools analytics gratis yang bisa kamu gunakan untuk cek traffic website milik kamu sendiri atau milik kompetitor. Tools ini bisa memberikan informasi tentang jumlah kunjungan, durasi rata-rata kunjungan, bounce rate, halaman per kunjungan, sumber traffic (organik, berbayar, sosial media, referral), negara asal pengunjung, kategori industri, kata kunci organik dan berbayar, situs referensi, situs sejenis, dan lain-lain. SimilarWeb juga memiliki fitur perbandingan antara dua atau lebih website untuk melihat performa masing-masing website.

SimilarWeb
SimilarWeb

a. Fitur Utama SimilarWeb

SimilarWeb adalah sebuah platform analitik web yang menyediakan wawasan mendalam tentang lalu lintas digital, perilaku pengguna, dan performa pesaing di seluruh platform online. Berikut ini adalah beberapa fitur utama SimilarWeb:

  1. Analisis Lalu Lintas Situs Web: SimilarWeb memberikan informasi rinci tentang lalu lintas situs web, termasuk jumlah pengunjung, tampilan halaman, durasi kunjungan, dan tingkat bounce. Kita dapat membandingkan kinerja situs web Kita dengan pesaing dan memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang seberapa populer situs web Kita dalam suatu industri atau kategori.
  2. Sumber Lalu Lintas: Kita dapat melihat sumber lalu lintas situs web, termasuk lalu lintas organik (dari mesin pencari), langsung (pengunjung yang memasukkan URL langsung ke browser), referral (pengunjung yang datang dari tautan di situs web lain), dan sosial (pengunjung yang datang melalui platform media sosial). Ini membantu Kita memahami dari mana pengunjung situs web Kita berasal dan bagaimana mereka menemukan situs Kita.
  3. Analisis Pesaing: SimilarWeb memungkinkan Kita menganalisis kinerja pesaing Kita secara digital. Kita dapat melihat lalu lintas situs web pesaing, sumber lalu lintas, kata kunci yang digunakan pengunjung untuk menemukan pesaing, dan bahkan melihat situs web yang direkomendasikan oleh pengunjung yang juga mengunjungi pesaing Kita. Informasi ini membantu Kita mempelajari strategi pesaing dan mengidentifikasi peluang atau ancaman.
  4. Segmentasi Demografi dan Minat Pengguna: Kita dapat melihat demografi pengunjung situs web, termasuk lokasi geografis, usia, jenis kelamin, minat, dan pengeluaran belanja online. Ini membantu Kita memahami audiens target Kita dengan lebih baik dan membuat strategi pemasaran yang lebih efektif.
  5. Pemantauan Perubahan dan Tren: SimilarWeb memungkinkan Kita melacak perubahan dalam lalu lintas situs web, peringkat, dan tren industri. Kita dapat melihat bagaimana kinerja situs web Kita berkembang dari waktu ke waktu, serta melacak tren dan perubahan yang mempengaruhi industri atau pasar yang relevan bagi bisnis Kita.
  6. Pembandingan Industri: SimilarWeb menyediakan pembandingan kinerja industri yang memungkinkan Kita membandingkan lalu lintas, tingkat bounce, waktu kunjungan, dan metrik lainnya antara situs web Kita dan pesaing dalam industri yang sama. Ini membantu Kita mengevaluasi sejauh mana Kita mengungguli atau tertinggal dari pesaing di pasar yang sama.

SimilarWeb menawarkan beragam fitur yang membantu Kita memahami lalu lintas digital, perilaku pengguna, dan performa pesaing. Dengan wawasan ini, Kita dapat mengambil keputusan strategis yang lebih baik untuk mengoptimalkan kinerja online bisnis Kita.

b. Kelebihan dan Kekurangan SimilarWeb

Berikut ini adalah tabel yang memperlihatkan beberapa kelebihan dan kekurangan SimilarWeb:

Kelebihan SimilarWebKekurangan SimilarWeb
Memberikan wawasan mendalam tentang lalu lintas situs web, sumber lalu lintas, dan perilaku pengguna.Data SimilarWeb didasarkan pada metode perhitungan dan estimasi, sehingga mungkin tidak selalu 100% akurat.
Menyediakan analisis pesaing yang komprehensif, termasuk informasi tentang lalu lintas situs web, kata kunci, dan rekomendasi situs yang terkait.Tidak memberikan data yang spesifik tentang konversi dan tujuan situs web.
Segmentasi demografis dan minat pengguna membantu memahami audiens target dengan lebih baik.Beberapa fitur dan laporan yang lebih mendalam hanya tersedia pada paket berlangganan yang lebih mahal.
Memantau perubahan dan tren dalam lalu lintas situs web, peringkat, dan industri secara keseluruhan.Tidak memberikan data historis yang panjang, sehingga tidak dapat memberikan gambaran yang lengkap tentang perubahan jangka panjang.
Pembandingan industri membantu dalam mengevaluasi posisi relatif dengan pesaing di pasar yang sama.Beberapa fitur analitik yang lebih kompleks mungkin memerlukan pemahaman teknis yang lebih mendalam.

Perlu diingat bahwa tabel di atas hanya memberikan gambaran umum tentang kelebihan dan kekurangan SimilarWeb. Setiap pengguna mungkin memiliki pengalaman yang berbeda tergantung pada kebutuhan dan harapan mereka terhadap alat ini. Sebelum memutuskan menggunakan SimilarWeb, disarankan untuk menjelajahi fitur lengkap yang ditawarkan dan mempertimbangkan apakah alat ini sesuai dengan kebutuhan bisnis atau proyek Kita.

c. Cara Menggunakan SimilarWeb

SimilarWeb adalah alat analisis web yang dapat membantu kita mengetahui traffic web dari situs web mana pun. Berikut adalah cara menggunakan SimilarWeb untuk cek traffic web:

  1. Kunjungi situs web SimilarWeb di similarweb.com.
  2. Masukkan URL situs web yang ingin kita cek traffic web-nya di kotak pencarian di bagian atas halaman.
  3. Klik tombol “Search” atau tekan Enter.
  4. Kita akan melihat laporan traffic web dari situs web tersebut, termasuk jumlah kunjungan, durasi kunjungan, tingkat pentalan, sumber traffic, negara asal pengunjung, dan lain-lain.
  5. Kita dapat memilih periode waktu yang ingin dilihat, mulai dari 1 bulan hingga 6 bulan terakhir.
  6. Kita juga dapat membandingkan traffic web dari situs web tersebut dengan situs web lain yang sejenis atau bersaing dengan menggunakan fitur “Compare” di bagian kanan atas halaman.

2. Ubersuggest

Ubersuggest adalah tools analytics gratis yang fokus pada aspek SEO (Search Engine Optimization). Tools ini bisa memberikan informasi tentang peringkat organik sebuah website di mesin pencari Google berdasarkan kata kunci tertentu. Selain itu, Ubersuggest juga bisa memberikan informasi tentang jumlah kunjungan organik per bulan, domain authority (DA), page authority (PA), backlink (jumlah dan kualitas), kata kunci organik dan berbayar yang digunakan oleh website tersebut atau kompetitornya, ide konten yang populer dan viral di media sosial, dan lain-lain.

Ubersuggest
Ubersuggest

a. Fitur Utama Ubersuggest

Ubersuggest adalah alat SEO (Search Engine Optimization) yang digunakan untuk melakukan riset kata kunci, analisis pesaing, dan pemantauan kinerja situs web. Alat ini membantu profesional pemasaran digital dan ahli SEO untuk mengembangkan strategi yang efektif dalam meningkatkan visibilitas situs web mereka di mesin pencari. Berikut ini adalah beberapa fitur utama Ubersuggest:

  1. Riset Kata Kunci: Ubersuggest memungkinkan Kita mencari ide kata kunci dan melihat data terkait seperti volume pencarian bulanan, tingkat kesulitan SEO, tingkat klik (click-through rate), dan biaya per klik. Kita dapat melihat saran kata kunci yang relevan dan memilih kata kunci yang paling potensial untuk mengoptimalkan konten Kita.
  2. Analisis Pesaing: Ubersuggest memungkinkan Kita menganalisis pesaing Kita dalam hal kata kunci yang mereka peringkatkan, tautan balik (backlink) yang mereka miliki, dan kinerja organik mereka secara keseluruhan. Kita dapat mempelajari strategi pesaing dan mengidentifikasi peluang untuk meningkatkan posisi Kita di hasil pencarian.
  3. Pemantauan Peringkat: Kita dapat melacak peringkat kata kunci Kita sendiri serta pesaing Kita di mesin pencari utama. Ubersuggest memberikan pembaruan mingguan tentang peringkat Kita, perubahan peringkat, dan menunjukkan tren dalam jangka waktu tertentu.
  4. Audit Situs Web: Ubersuggest dapat melakukan audit situs web untuk mengidentifikasi masalah teknis, kesalahan crawl, dan saran optimasi. Kita akan mendapatkan laporan yang memberikan informasi tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja situs web Kita dan rekomendasi perbaikan.
  5. Ide Konten: Ubersuggest memberikan saran dan ide konten berdasarkan kata kunci yang relevan dan tren terbaru. Ini membantu Kita menghasilkan konten yang lebih baik dan memenuhi kebutuhan pencarian pengguna.
  6. Pelacakan Kembali: Ubersuggest melacak tautan balik yang mengarah ke situs web Kita, memberikan informasi tentang sumber tautan, peringkat domain yang memberikan tautan, dan faktor-faktor SEO terkait tautan balik.
  7. Pemantauan Lalu Lintas: Kita dapat memantau lalu lintas situs web Kita secara keseluruhan, melihat metrik seperti jumlah pengunjung, tampilan halaman, tingkat bounce, dan waktu rata-rata yang dihabiskan pengunjung di situs Kita.

Ubersuggest menyediakan fitur-fitur penting untuk memahami kinerja situs web Kita, riset kata kunci, dan analisis pesaing. Dengan informasi ini, Kita dapat mengembangkan strategi SEO yang lebih efektif dan meningkatkan posisi serta visibilitas situs web Kita di hasil pencarian.

b. Kelebihan dan Kekurangan Ubersuggest

Berikut ini adalah tabel yang memperlihatkan beberapa kelebihan dan kekurangan Ubersuggest:

Kelebihan UbersuggestKekurangan Ubersuggest
Menyediakan riset kata kunci yang mendalam, termasuk volume pencarian, tingkat kesulitan SEO, dan saran kata kunci.Beberapa fitur dan laporan yang lebih mendalam hanya tersedia pada paket berlangganan yang lebih mahal.
Menganalisis pesaing dengan memberikan informasi tentang kata kunci, lalu lintas situs web, dan tautan balik pesaing.Data Ubersuggest didasarkan pada estimasi dan sumber data yang terbatas, sehingga mungkin tidak selalu 100% akurat.
Memantau peringkat kata kunci Kita dan pesaing di mesin pencari utama.Fitur audit situs web mungkin tidak sekomprehensif seperti alat analitik web yang khusus untuk tujuan tersebut.
Memberikan ide dan saran konten berdasarkan kata kunci yang relevan dan tren terbaru.Tidak memberikan fitur segmentasi demografis dan minat pengguna.
Memantau tautan balik yang mengarah ke situs web Kita dan memberikan informasi tentang sumber tautan dan faktor-faktor SEO terkait.Tidak memberikan fitur pelacakan perilaku pengguna di situs web Kita secara langsung.
Antarmuka yang intuitif dan mudah digunakan, cocok untuk pengguna pemula dan ahli.Tidak memberikan data historis yang panjang, sehingga tidak dapat memberikan gambaran yang lengkap tentang perubahan jangka panjang.

Perlu diingat bahwa tabel di atas hanya memberikan gambaran umum tentang kelebihan dan kekurangan Ubersuggest. Setiap pengguna mungkin memiliki pengalaman yang berbeda tergantung pada kebutuhan dan harapan mereka terhadap alat ini. Sebelum memutuskan menggunakan Ubersuggest, disarankan untuk menjelajahi fitur lengkap yang ditawarkan dan mempertimbangkan apakah alat ini sesuai dengan kebutuhan bisnis atau proyek Kita.

c. Cara Menggunakan Ubersuggest

Ubersuggest adalah alat yang dapat membantu Kita untuk cek traffic web Kita dan pesaing Kita. Kita dapat menggunakan Ubersuggest dengan cara berikut:

  1. Masukkan nama domain atau kata kunci yang ingin Kita analisis di kotak pencarian.
  2. Pilih negara dan bahasa yang sesuai dengan target pasar Kita.
  3. Klik tombol “Cari”.
  4. Kita akan melihat laporan traffic web yang berisi data seperti jumlah kunjungan, sumber traffic, kata kunci organik, dan backlink.
  5. Kita dapat mengeksplorasi laporan lebih lanjut dengan mengklik tab yang berbeda atau menggunakan fitur filter dan pengurutan.
  6. Kita juga dapat membandingkan traffic web Kita dengan pesaing Kita dengan mengklik tombol “Tambahkan pesaing” dan memasukkan nama domain mereka.

Dengan Ubersuggest, Kita dapat cek traffic web Kita dan mengoptimalkannya untuk meningkatkan performa situs Kita.

3. Google Analytics

Google Analytics adalah tools analytics gratis yang paling populer dan lengkap. Tools ini bisa memberikan informasi detail tentang traffic website, seperti jumlah sesi, pengguna, tampilan halaman, bounce rate, durasi rata-rata sesi, sumber traffic, lokasi geografis, demografi, perilaku, konversi, dan lain-lain. Google Analytics juga bisa diintegrasikan dengan berbagai platform lainnya, seperti Google Ads, Google Search Console, Google Data Studio, dan lain-lain. Untuk menggunakan Google Analytics, kamu harus mendaftar terlebih dahulu dan memasang kode pelacakan di website kamu.

Google Analytic
Google Analytic – Site Kit Plugin

a. Fitur Utama Google Analytics

Google Analytics adalah platform analitik web yang populer yang disediakan oleh Google. Ini memberikan wawasan mendalam tentang lalu lintas dan perilaku pengguna di situs web Kita. Berikut ini adalah beberapa fitur utama Google Analytics:

  1. Analisis Lalu Lintas Situs Web: Google Analytics memberikan informasi rinci tentang lalu lintas situs web Kita, termasuk jumlah pengunjung, tampilan halaman, durasi kunjungan, dan tingkat bounce (tingkat pengunjung yang meninggalkan situs setelah melihat hanya satu halaman). Kita dapat melihat data ini secara keseluruhan atau terperinci untuk setiap halaman atau bagian situs web Kita.
  2. Sumber Lalu Lintas: Google Analytics melacak sumber lalu lintas situs web Kita, memberikan wawasan tentang bagaimana pengunjung menemukan situs Kita. Ini mencakup sumber organik (pencarian), langsung (pengunjung yang mengetik URL langsung ke browser), referral (pengunjung yang datang melalui tautan dari situs web lain), dan sosial (pengunjung yang datang melalui platform media sosial).
  3. Analisis Kata Kunci: Google Analytics dapat terintegrasi dengan Google Search Console untuk memberikan data tentang kata kunci yang digunakan pengunjung untuk menemukan situs Kita di hasil pencarian Google. Kita dapat melihat kata kunci yang paling banyak menghasilkan lalu lintas atau memberikan tingkat bounce tinggi.
  4. Segmentasi Pengguna: Kita dapat membuat segmen pengguna berdasarkan kriteria tertentu, seperti lokasi geografis, perangkat yang digunakan, lalu lintas organik atau berbayar, dan perilaku pengguna lainnya. Hal ini memungkinkan Kita untuk memahami kelompok pengguna tertentu dengan lebih baik dan mengoptimalkan pengalaman mereka di situs Kita.
  5. Konversi dan Tujuan: Kita dapat mengatur dan melacak tujuan dan konversi di Google Analytics. Ini bisa berupa pembelian produk, mengisi formulir, atau tindakan lain yang dianggap penting bagi kesuksesan situs web Kita. Kita dapat melihat jumlah konversi, laju konversi, dan jalur yang diambil pengguna untuk mencapai konversi.
  6. Visualisasi Data: Google Analytics menyajikan data dalam format visual yang mudah dipahami, seperti grafik, tabel, dan laporan. Ini memudahkan Kita untuk menganalisis dan menginterpretasikan data tanpa kesulitan.
  7. Pelacakan Perilaku Pengguna: Google Analytics memungkinkan Kita melacak perilaku pengguna di situs web Kita, termasuk halaman yang dikunjungi, tautan yang diklik, video yang ditonton, dan interaksi lainnya. Ini membantu Kita memahami preferensi dan minat pengguna serta mengevaluasi efektivitas konten dan desain situs Kita.

Google Analytics menyediakan berbagai fitur yang membantu Kita memahami dan mengoptimalkan kinerja situs web Kita. Dengan wawasan yang diberikan, Kita dapat mengambil keputusan berdasarkan data dan meningkatkan pengalaman pengguna serta hasil bisnis Kita secara keseluruhan.

b. Kelebihan dan Kekurangan Google Analytics

Berikut ini adalah tabel yang memperlihatkan beberapa kelebihan dan kekurangan Google Analytics:

Kelebihan Google AnalyticsKekurangan Google Analytics
Menyediakan wawasan mendalam tentang lalu lintas situs web, perilaku pengguna, dan konversi.Antarmuka yang kompleks dan membutuhkan pemahaman teknis yang lebih mendalam.
Menawarkan pelacakan data real-time untuk melihat aktivitas pengguna saat ini di situs web.Data yang dikumpulkan oleh Google Analytics menjadi terbatas jika pengguna menggunakan ad-blocker.
Memungkinkan pengukuran tujuan dan konversi dengan mengatur dan melacak kejadian kustom.Perlunya memasang kode pelacakan dan mengkonfigurasi pengaturan dengan benar untuk mendapatkan data yang akurat.
Menghasilkan laporan terperinci tentang lalu lintas situs web, sumber lalu lintas, demografi, dan minat pengguna.Tidak memberikan informasi tentang kata kunci organik yang digunakan oleh pengunjung.
Integrasi yang kuat dengan platform Google lainnya seperti Google Ads, Search Console, dan Data Studio.Data historis yang dikumpulkan dimulai dari saat kode pelacakan diterapkan, sehingga tidak memberikan gambaran penuh tentang sejarah situs web.
Mampu melacak dan menganalisis kinerja kampanye pemasaran digital melalui fitur pelacakan URL kustom.Pengaturan privasi dan kebijakan data pengguna dapat mempengaruhi pelacakan data pengguna dengan lebih ketat.

Perlu diingat bahwa tabel di atas hanya memberikan gambaran umum tentang kelebihan dan kekurangan Google Analytics. Setiap pengguna mungkin memiliki pengalaman yang berbeda tergantung pada kebutuhan dan harapan mereka terhadap platform ini. Sebelum memutuskan menggunakan Google Analytics, disarankan untuk memahami fitur lengkap yang ditawarkan dan mempertimbangkan apakah platform ini sesuai dengan kebutuhan bisnis atau proyek Kita.

c. Cara Menggunakan Google Analytics

Google Analytics adalah alat yang dapat membantu Kita untuk memantau dan menganalisis traffic web Kita. Berikut adalah cara menggunakan Google Analytics untuk cek traffic web:

  1. Buat akun Google Analytics dan masukkan informasi web Kita.
  2. Ikuti instruksi untuk memasang kode pelacakan Google Analytics di web Kita.
  3. Masuk ke akun Google Analytics Kita dan pilih web yang ingin Kita lihat traffic-nya.
  4. Di menu sebelah kiri, klik pada Laporan > Akuisisi > Ikhtisar untuk melihat sumber traffic web Kita.
  5. Kita juga dapat mengeksplorasi laporan lainnya untuk melihat metrik seperti jumlah pengunjung, lama kunjungan, tingkat pentalan, konversi, dan lain-lain.

4. Google Search Console

Google Search Console, sebelumnya dikenal sebagai Google Webmaster Tools, adalah platform gratis yang disediakan oleh Google untuk membantu pemilik situs web memahami dan mengelola kinerja situs mereka di hasil pencarian Google. Ini adalah alat yang sangat berharga bagi para ahli SEO, pengembang web, dan pemilik situs untuk memantau kesehatan situs mereka, mengoptimalkan tampilan hasil pencarian, dan memperoleh wawasan tentang bagaimana situs mereka ditampilkan di Google.

Search Console
Search Console

a. Fitur Utama Google Search Console

Google Search Console menawarkan sejumlah fitur yang berguna, di antaranya:

  1. Pengiriman dan Pemantauan Sitemap: Kita dapat mengirimkan sitemap situs web Kita ke Google Search Console, yang membantu Google mengindeks konten Kita dengan lebih baik. Kita juga dapat melacak berapa banyak halaman yang diindeks oleh Google.
  2. Pemantauan Kinerja Pencarian: Kita dapat melihat bagaimana situs web Kita tampil dalam hasil pencarian Google. Informasi ini mencakup jumlah tampilan halaman, jumlah klik, posisi rata-rata, dan tingkat klik (click-through rate) dari kata kunci tertentu.
  3. Analisis Kata Kunci: Kita dapat melihat kata kunci yang memicu tampilan situs web Kita di hasil pencarian Google. Informasi ini membantu Kita memahami kata kunci yang paling relevan dan menarik lalu lintas ke situs Kita.
  4. Pemantauan Kesalahan Crawl: Google Search Console memberi tahu Kita tentang masalah yang dihadapi Google saat mengindeks situs web Kita. Kita dapat melihat kesalahan crawl, tautan yang rusak, dan masalah teknis lainnya yang mungkin mempengaruhi keterlihatan dan indeksabilitas situs Kita.
  5. Pengiriman Pembaruan URL: Jika Kita melakukan perubahan signifikan pada situs web Kita, Kita dapat menggunakan fitur ini untuk memberi tahu Google agar memperbarui dan mengindeks ulang URL yang terkait dengan perubahan tersebut.
  6. Laporan Mobile-Friendly: Google Search Console memberikan laporan tentang sejauh mana situs web Kita dioptimalkan untuk pengalaman pengguna yang baik di perangkat seluler. Ini penting mengingat bahwa Google menggunakan indeks mobile-first, yang berarti versi seluler situs Kita menjadi faktor yang sangat penting dalam peringkat pencarian.

Melalui Google Search Console, Kita dapat mengakses berbagai alat dan data yang membantu Kita memahami cara Google melihat dan mengindeks situs web Kita. Dengan informasi ini, Kita dapat mengoptimalkan situs Kita untuk meningkatkan peringkat pencarian dan meningkatkan keterlihatan online.

b. Kelebihan dan Kekurangan Google Search Console

Berikut ini adalah tabel yang memperlihatkan beberapa kelebihan dan kekurangan Google Search Console:

Kelebihan Google Search ConsoleKekurangan Google Search Console
Memantau indeksasi situs web Kita oleh mesin pencari dan memberikan informasi tentang halaman yang diindeks.Tidak memberikan data lalu lintas situs web secara langsung, hanya fokus pada informasi indeksasi dan performa di mesin pencari.
Memberikan informasi tentang kata kunci yang memicu tampilan situs web Kita di hasil pencarian.Data yang ditampilkan tidak selalu 100% akurat dan bisa terlambat dalam pembaruan.
Memungkinkan pengajuan sitemap untuk membantu mesin pencari memahami struktur situs web Kita.Tidak memberikan data tentang kata kunci yang digunakan oleh pengunjung yang melihat situs web Kita.
Menyediakan laporan tentang tautan balik (backlink) yang mengarah ke situs web Kita, termasuk sumber dan jumlahnya.Terbatas pada data dan performa situs web yang terkait dengan mesin pencari Google, tidak mencakup mesin pencari lainnya.
Melacak dan memberikan laporan tentang masalah teknis yang mungkin mempengaruhi peringkat dan tampilan situs web Kita.Tidak memberikan analisis detail tentang perilaku pengguna dan penggunaan situs web.
Integrasi yang kuat dengan Google Analytics dan Google Ads untuk melacak dan menganalisis data dengan lebih komprehensif.Tidak memberikan data historis yang panjang, sehingga tidak dapat memberikan gambaran yang lengkap tentang perubahan jangka panjang.

Perlu diingat bahwa tabel di atas hanya memberikan gambaran umum tentang kelebihan dan kekurangan Google Search Console. Setiap pengguna mungkin memiliki pengalaman yang berbeda tergantung pada kebutuhan dan harapan mereka terhadap platform ini. Sebelum memutuskan menggunakan Google Search Console, disarankan untuk menjelajahi fitur lengkap yang ditawarkan dan mempertimbangkan apakah platform ini sesuai dengan kebutuhan bisnis atau proyek Kita.

c. Cara Menggunakan Google Search Console

Google Search Console adalah alat gratis yang dapat membantu Kita memantau dan meningkatkan performa situs web Kita di mesin pencari Google. Salah satu fitur yang berguna adalah laporan traffic web, yang menunjukkan berapa banyak orang yang mengunjungi situs Kita, dari mana mereka berasal, dan apa yang mereka cari. Berikut adalah cara menggunakan Google Search Console untuk cek traffic web:

  1. Masuk ke akun Google Search Console Kita dan pilih properti situs web yang ingin Kita lihat.
  2. Di menu sebelah kiri, klik pada Performance.
  3. Di bagian atas laporan, Kita dapat memilih rentang waktu yang ingin Kita lihat, misalnya 7 hari terakhir, 28 hari terakhir, atau kustom.
  4. Di bawah grafik, Kita dapat melihat data traffic web berdasarkan dimensi berbeda, seperti query, halaman, negara, perangkat, dan penampilan di hasil pencarian.
  5. Kita dapat mengklik pada setiap dimensi untuk melihat detail lebih lanjut, seperti klik, tayangan, CTR, dan posisi rata-rata.
  6. Kita juga dapat memfilter data berdasarkan dimensi tertentu, misalnya hanya menampilkan traffic dari negara tertentu atau perangkat tertentu.
  7. Kita dapat mengekspor data ke format CSV atau Google Sheets dengan mengklik pada ikon unduh di pojok kanan atas laporan.

5. Ahrefs

Ahrefs adalah sebuah perangkat lunak dan platform SEO (Search Engine Optimization) yang populer digunakan oleh para profesional pemasaran digital dan ahli SEO untuk menganalisis dan mengoptimalkan kinerja situs web di mesin pencari. Ahrefs menyediakan berbagai fitur dan alat yang membantu pengguna untuk melacak peringkat kata kunci, melakukan riset kata kunci, memantau tautan balik (backlink), menganalisis pesaing, serta melacak perkembangan dan perubahan yang terjadi pada situs web.

ahref
ahref

a. Fitur Utama Ahrefs

Beberapa fitur utama yang ditawarkan oleh Ahrefs meliputi:

  1. Analisis Kata Kunci: Ahrefs memungkinkan Kita untuk mencari kata kunci yang relevan, melihat volume pencarian, dan menganalisis tingkat kesulitan untuk bersaing dalam peringkat pencarian.
  2. Pemantauan Peringkat: Kita dapat melacak peringkat kata kunci Kita sendiri serta pesaing Kita dalam hasil mesin pencari, dan melihat perubahan peringkat dari waktu ke waktu.
  3. Pemantauan Tautan Balik: Ahrefs memungkinkan Kita untuk menganalisis tautan balik yang mengarah ke situs web Kita dan pesaing Kita, sehingga Kita dapat mengidentifikasi sumber tautan berkualitas dan mengoptimalkan strategi tautan balik Kita.
  4. Analisis Pesaing: Kita dapat menganalisis situs web pesaing Kita untuk melihat strategi SEO mereka, kata kunci yang mereka peringkatkan, dan tautan balik yang mereka miliki. Informasi ini dapat membantu Kita mengidentifikasi peluang dan mengembangkan strategi yang lebih baik.
  5. Pemantauan Perkembangan Situs Web: Ahrefs memantau perubahan yang terjadi pada situs web Kita, seperti pemutusan tautan, perubahan kata kunci, dan pemantauan kesehatan situs secara keseluruhan.

Ahrefs telah menjadi salah satu alat yang populer di kalangan profesional pemasaran digital dan SEO karena menyediakan data yang kaya dan akurat untuk membantu dalam strategi pengoptimalan mesin pencari.

b. Kelebihan dan Kekurangan Ahrefs

Berikut ini adalah tabel yang memperlihatkan beberapa kelebihan dan kekurangan Ahrefs:

Kelebihan AhrefsKekurangan Ahrefs
Memiliki database backlink yang sangat luas dan terus diperbarui, memberikan wawasan yang kaya tentang profil tautan situs web.Harga langganan Ahrefs bisa menjadi mahal, terutama untuk pengguna dengan anggaran terbatas.
Menyediakan analisis kompetitif yang mendalam, termasuk pemantauan pesaing, analisis backlink pesaing, dan pembandingan peringkat kata kunci.Penggunaan antarmuka Ahrefs yang kompleks mungkin membutuhkan waktu untuk mempelajarinya dan memahami fungsionalitasnya.
Menyediakan alat riset kata kunci yang kuat, termasuk volume pencarian, tingkat kesulitan, dan saran kata kunci terkait.Beberapa fitur yang lebih canggih dan rinci mungkin hanya tersedia pada paket berlangganan yang lebih mahal.
Memantau peringkat kata kunci situs web dan melacak perubahan peringkat dari waktu ke waktu.Tidak memberikan data lalu lintas situs web secara langsung, hanya fokus pada informasi tautan balik dan performa di mesin pencari.
Menyediakan alat analisis SEO yang komprehensif, termasuk audit situs web, analisis konten, dan pemantauan kesehatan situs.Meskipun diperbarui secara berkala, data Ahrefs mungkin tidak selalu 100% akurat dan mungkin tidak mencakup seluruh internet.
Memiliki antarmuka yang intuitif dan mudah digunakan, cocok untuk pengguna pemula dan ahli.Tidak memberikan data historis yang panjang, sehingga tidak dapat memberikan gambaran yang lengkap tentang perubahan jangka panjang.

Perlu diingat bahwa tabel di atas hanya memberikan gambaran umum tentang kelebihan dan kekurangan Ahrefs. Setiap pengguna mungkin memiliki pengalaman yang berbeda tergantung pada kebutuhan dan harapan mereka terhadap alat ini. Sebelum memutuskan menggunakan Ahrefs, disarankan untuk menjelajahi fitur lengkap yang ditawarkan dan mempertimbangkan apakah alat ini sesuai dengan kebutuhan bisnis atau proyek Kita.

c. Cara Menggunakan Ahrefs

Ahrefs adalah salah satu alat analisis web yang populer dan berguna untuk mengukur traffic web. Berikut adalah cara menggunakan Ahrefs untuk cek traffic web:

  1. Buka situs web Ahrefs dan masukkan URL situs web yang ingin Kita cek di kotak pencarian.
  2. Klik tombol “Site Explorer” dan tunggu hingga Ahrefs menampilkan data traffic web situs web tersebut.
  3. Lihat bagian “Overview” untuk melihat statistik traffic web seperti jumlah kunjungan, jumlah halaman per kunjungan, bounce rate, dan durasi kunjungan.
  4. Kita juga bisa melihat sumber traffic web seperti negara asal pengunjung, perangkat yang digunakan, dan saluran yang mengarahkan pengunjung ke situs web Kita.
  5. Jika Kita ingin melihat traffic web untuk halaman tertentu di situs web Kita, Kita bisa klik tab “Top Pages” dan pilih halaman yang ingin Kita analisis.

2 thoughts on “Aplikasi untuk Cek Traffic Website dengan Tools Analytics Gratis”

  1. mypassiveincome23

    Love The blog , Will give it a like and follow 🙂 May i leave a link to my website? please feel free to pop over to my website and leave a comment with your link to

    All the best and good luck with your blogging !!!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top