30 C
Semarang
Thursday, December 8, 2022

Cara Membuat Teks Paragraf Justify di WordPress Gutenberg

Adam Muiz
Adam Muizhttps://adammuiz.com/
The only thing I know is that on the other side of a decision, I'm there. And if I'm there, no matter what path I go, there'll always be something to love.

Artikel Pilihan

Jika kamu telah menggunakan editor Gutenberg pada versi WordPress terbaru, tentunya akan kesulitan dalam menemukan opsi teks ratakan. Karena pada wordpress versi terbaru dengan Gutenberg editor tidak ada opsi atau pintasan default untuk mengatur teks menjadi rata kanan kiri (justify). Tapi tidak perlu khawatir, karena dalam artikel ini, akan dibahas 2 cara sederhana (CSS dan plugin) di mana kita dapat menggunakan justify teks align di Gutenberg Editor.

Salah satu alasan yang diberikan oleh Tim WordPress menghilangkan opsi tersebut karena justify tidak benar-benar membantu keterbacaan konten dan hanya berguna dalam situasi tertentu. Mungkin bagi kita text align justify membantu membuat paragraph menjadi lebih rapi, tapi pada Sebagian kasus justru malah membuat spasi teks di paragraf menjadi kacau sebagaimana masalah yang sering ditemui saat kita menerapkan format rata kanan kiri.

Terlepas dari hal tersebut faktanya saya sendiri juga lebih suka dengan diterapkannya justify pada paragraf di artikel web saya karena terlihat lebih rapi. Selama ini juga belum terlihat adanya masalah yang ditimbulkan dari penggunaan justify di blog yang saya Kelola. Jangan sampai kalian tidak meng upgrade versi wordpress terbaru hanya karena tidak ada opsi teks justify di editornya. Ada banyak cara untuk menerapkan justify ataupun menambahkan menunya kedalam editor Gutenberg.

Sebenarnya ada banyak cara untuk bisa menggunakan justify di wordpress terbaru. Kali ini akan saya berikan dua metode termudah dan sederhana untuk menerapkan justify Kembali pada blog. Kamu bisa menggunakan salah satu dari dua metode yang akan saya sampaikan dibawah ini :

Metode 1: Gunakan CSS untuk meratakan teks

Metode 2: Gunakan plugin Gutenberg Page Building Toolkit

Kedua metode ini sangat mudah diterapkan, bahkan jika kita tidak tahu banyak tentang WordPress. Kamu dapat melihat detail tentang cara menggunakan kedua metode ini:

Metode 1: Custom CSS – Paragraf Otomatis Menggunakan Format Justify

Cara yang paling sederhana yaitu dengan menggunakan custom css untuk membuat semua paragraf menjadi format justify. Nantinya kita tidak perlu repot mengatur satu persatu dan menerapkan justify ke semua paragraf di artikel yang kita miliki. Cara ini sangat cocok bagi yang sudah memiliki banyak postingan dan tidak mau repot menerapkan paragraf menjadi justify dengan mengubahnya satu persatu secara manual. Caranya sangat sederhana yaitu sebagai berikut ini :

1. Pada Dashboard WP-Admin WordPress, Buka menu “Plugin” dan pilih Tambahkan Plugin Baru atau “Add New” – “Simple CSS” oleh Tom Usborne. Instal dan aktifkan plugin tersebut.

2. Pada Dasbor WordPress, pilih menu tampilan atau “Appearance” ( menu dengan simbol kuas cat)

3. Disana akan ada menu baru bernama  “Simple CSS” yang sudah kita instal dan aktifkan tadi. Klik Simple CSS kemudian ada kolom coding kosong. Selanjutnya kita hanya perlu menambahkan kode CSS di bawah ini pada kolom code dan jangan lupa klik tombol “Simpan CSS/Save CSS”.

.type-post
p {text-align: justify;
}

Metode 2: Menambahkan Opsi Justify dengan Plugin

Selain menggunakan CSS yang langsung mengubah semua paragraf menjadi format justify kita juga dapat menggunakan plugin bernama “Gutenberg Page Building Toolkit” yang memiliki fitur untuk menggunakan Text Align Justify. Plugin ini juga memberi kita banyak opsi lain untuk memformat teks selain fitur justify dan juga memberikan kontrol yang jauh lebih baik atas pemformatan konten WordPress dengan opsi seperti justify, highlight, underline, superskrip, subskrip, dll.

Kelebihan plugin ini adalah kita dapat melakukan format teks pada tingkat blok paragraf. Jadi jika kita hanya ingin menerapkan pada paragraf tertentu di posting blog dan bukan seluruh konten, maka plugin ini cocok untuk digunakan.  Berikut ini merupakan tutorial Langkah sederhananya :

1. Pada halaman Admin Dasbor WordPress, masuk kedalam menu “Plugin” dan tambahkan Plugin Baru “Add New” – Cari plugin bernama “Gutenberg Page Building Toolkit” kemudian pilih “Install Now” dan jangan lupa “Activate”.

2. Setelah plugin aktif sekarang kita bisa mencobanya. Klik blok mana pun di editor Gutenberg dan akan ada menu drop-down panah baru (Lihat gambar di bawah) di sini kita akan menemukan opsi untuk menggunakan Justify.

Nah itulah  tutorial cara mudah menggunakan kembali Justify di wordpress. Gimana menurut kamu ? jika kamu punya metode cara yang lebih simple menggunakan justify di wordpress silahkan tinggalkan komentar sehingga pembaca yang lain juga bisa tau. Diskusikan topik yang dibahas kali ini dikolom komentar.

Salam kenal dari Adam Muiz !
Support mencapai 10K Subscriber yuk
😁 Terimakasih
Follow Adam Muiz on WordPress.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending

Artikel Serupa

Download Gratis