Cara Mencegah Akun Pribadi di Hack

Adam Muiz
Adam Muizhttps://adammuiz.com/
The only thing I know is that on the other side of a decision, I'm there. And if I'm there, no matter what path I go, there'll always be something to love.

Salam Kenal

Artikel Pilihan

Sebelum terkena serangan hack pada akun pribadi kita seperti akun google ataupun media sosial kita perlu mengetahui langkah preventif untuk mencegahnya.

3 teman sudah menjadi korban hacking, sehingga akun instagramnya sempat diambilalih oleh pengguna tidak sah.

Salah satu kasus cukup unik yang dialami teman saya, yaitu awalnya komputernya kena ransomware dan file terenkripsi.

Hacker tersebut sempat mengambil alih akun media sosial, seperti IG dan Twitter teman saya pada saat itu.

Tapi untungnya akun tersebut sudah terambil alih oleh teman saya kembali.

Akun Hampir Kena Hack

Saya sendiri sempat mengalami hal yang sama, walaupun pada kasus saya akun belum sempat kena hack.

Kemarin siang saya mendapat kode verifikasi 2 langkah, yang mengartikan bahwa seseorang mencoba masuk ke akun yang saya miliki.

Hal ini membuat saya cukup terkejut, mengingat tidak ada satupun yang mengetahui password dan nomor hp yang gunakan.

Namun tidak heran jika saya menjadi sasaran hacker diluar sana, karena belakangan saya ini sering komentar di akun cryptocurrency.

Melihat fenomena “mudahnya akun sosial media yang terkena hack”, Saya sangat merekomendasikan kepada siapapun untuk mengatifkan fitur verifikasi 2 langkah.

Cara ini cukup efektif, untuk menangkal dan mencegah akun diambil alih oleh orang lain.

Tips Mengamankan Data Pada Perangkat :

  1. Jangan pernah gunakan aplikasi atau software bajakan yang mungkin disisipi program untuk melihat atau mencuri data penting yang kita miliki pada perangkat.
  1. Buatlah password dengan kombinasi yang sangat kuat dan terdiri dari banyak karakter unik, hal ini dapat mencegah brute force attack yang mungkin menjadi salah satu metode hacker mengetahui password yang kita miliki.
  1. Aktifkan Verifikasi 2 langkah untuk mencegah pengambilalihan akun online, kita bisa menggunakan metode baik OTP SMS ataupun google authenticator, pastikan untuk menyimpan backup code untuk berjaga-jaga jika kita kehilangan akses pada sistem kemanan ini.
  1. Akses situs web yang terpercaya saja dan pastikan jika perlu berinteraksi seperti membuat akun dan login. Kita wajib menggunakan protokol https yang telah dilindungi SSL/TLS sehingga informasi kita di enkripsi.
  1. Jika kamu sedang berada di tempat umum, jangan asal konek wifi gratis yang tersedia di publik. Taukah kamu jika wifi dapat dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggungjawab untuk mencuri data kita. Caranya yaitu dengan membuat hotspot dan memasang aplikasi atau software sniffer seseorang dapat melihat data jaringan kita.

Itulah beberapa tips standar yang dapat kamu terapkan untuk mengamnkan data gadget, komuter dan akun online seperti media sosial.

Salam kenal dari Adam Muiz !
Support mencapai 1000 Subscriber yuk
😁 Terimakasih
Follow Adam Muiz on WordPress.com

2 COMMENTS

  1. makin hari, dunia digital makin bikin resah aja ya soal keamanan data. Udah kaya dunia sungguhan saja, tindak kriminal pun ikutan migrasi ke dunia digital.

    • Saya lihat memang saat ini perlu memberikan keamanan ekstra pada data digital 😀
      Soalnya sudah banyak kasus hacking yang banyak terjadi karena terlalu menyepelekan masalah kemanan ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending

Artikel Serupa

Download Gratis