Cara Melihat Spesifikasi Komputer di Windows

Adam Muiz
Adam Muizhttps://adammuiz.com/
The only thing I know is that on the other side of a decision, I'm there. And if I'm there, no matter what path I go, there'll always be something to love.

Salam Kenal

Artikel Pilihan

Dalam menjalankan sebuah perangkat lunak atau aplikasi sering kali terdapat Minimum System Requirements yang menjelaskan persayaratan minimal untuk bisa menggunakan software tersebut.

Minimum specifications umumnya juga tertera pada sebuah Game PC dimana sebelum membelinya lebih baik kita mengetahui apakah perangkat keras dan lunak kita dapat menjalankan game tersebut atau tidak.

Windows sendiri sebenarnya menyediakan sebuah program untuk mengetahui beberapa informasi penting seperti Versi Sistem Operasi, Prosesor/CPU, RAM, VGA yang dapat kita akses dengan menjalankan DirectX Diagnostic Tools atau “dxdiag”.

Terdapat banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk melihat spesifikasi pada PC atau laptop yang kita miliki yang biasanya memiliki fitur lebih lengkap dengan menampilkan secara detail baik tentang informasi hardware dan software yang digunakan.

Salah satu aplikasi yang berfungsi untuk mengecek system pada komputer yaitu Speccy yang dikembangkan oleh Piriform Software, developer yang juga menggembangkan software CCleaner dan Recuva.

Selain berguna untuk cek dan mengetahui informasi hardware yang kita gunakan, aplikasi Speccy ini juga menawarkan fitur tambahan seperti memantau suhu pada IC Prosesor, Suhu VGA-Card, dan HardDisk serta SSD.

Lengkapnya fitur yang dimiliki oleh software ini membuat saya merekomendasikannya untuk digunakan jika memang kebutuhanya untuk cek informasi perangkat keras pada komputer windows.

Cara Download dan Instal Speccy

  1. Kunjungi situs resmi di https://www.ccleaner.com/speccy
  2. Download Speccy
  3. Instal aplikasi yang sudah selesai di download tersebut
  4. Jalankan aplikasi

Sekarang dengan ini kamu bisa lihat dan tau tentang hardware yang kamu gunakan, serta dapat melakukan pemantauan suhu hardware apakah panas atau dingin saat sedang digunakan.

Apakah Komputer kamu cepat panas, kadang BSOD dan sering restart sendiri. Salah satu penyebabnya yaitu overheating pada processor. Ada banyak faktor yang mempengaruhi hal ini bisa terjadi. Untuk mengatasinya silahkan simak : Cara Menurunkan Suhu CPU

Kenalan dengan Adam yuk !
Mohon bantu saya mencapai 1000 Subscriber
😁 Terimakasih
Follow Adam Muiz on WordPress.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending

Artikel Serupa

Download Gratis