27.2 C
Semarang
Thursday, December 1, 2022

Pengertian WordPress – Sejarah, Fitur, Macam Jenis dan Contoh

Adam Muiz
Adam Muizhttps://adammuiz.com/
The only thing I know is that on the other side of a decision, I'm there. And if I'm there, no matter what path I go, there'll always be something to love.

Artikel Pilihan

Menurut sebuah statistik, sekitar 43,3% website dan blog yang ada di internet menggunakan wordpress sebagai sistem manajemen konten.

WordPress menjadi salah satu cara yang paling sederhana dan populer untuk digunakan dalam membangun sebuah situs web atau blog.

Ya, lebih dari satu dari empat situs web yang kamu kunjungi kemungkinan besar didukung oleh CMS WordPress.

Pada tingkat yang sedikit lebih teknis, WordPress merupakan sistem manajemen konten sumber terbuka yang dilisensikan di bawah GPLv2, yang berarti siapa pun dapat menggunakan atau memodifikasi perangkat lunak ini secara gratis.

Sistem manajemen konten pada dasarnya adalah alat yang memudahkan untuk mengelola aspek penting situs web – seperti konten – tanpa perlu mengetahui apa pun tentang pemrograman.

Jadi walaupun kamu bukan programmer yang paham cara mengelola mengelola database dan menguasai bahasa pemrograman seperti php dan javascript kamu tetap bisa dengan mudah membangun web dengan wordpress.

Intinya, WordPress membuat situs web mudah dipahami dan diakses oleh siapa saja bahkan oleh pengguna yang bukan pengembang web (web developer).

Apa Itu WordPress ?

WordPress adalah sistem manajemen konten (CMS) open-source yang dikembangkan oleh komunitas WordPress di seluruh dunia.

WordPress memungkinkan seseorang untuk dapat mempublikasikan konten tanpa harus memahami cara merancang dari kode untuk membangun sebuah situs web dan blog.

WordPress tersedia gratis bagi siapapun untuk diinstal, digunakan, dan dimodifikasinya secara bebas.

Pengertian WordPress

Pengertian WordPress

WordPress adalah sistem manajemen konten (CMS) sumber terbuka yang memudahkan untuk membuat dan mengelola situs web. WordPress yang juga disingkat WP adalah CMS paling populer di dunia.

Jutaan pemilik bisnis, blogger, dan penerbit (publisher) menggunakan WordPress setiap hari untuk mempertahankan keberadaan online mereka.

Secara umum wordpress merupakan “Sistem manajemen konten sumber terbuka yang ditulis dalam PHP” mungkin terdengar rumit, tetapi sebenarnya tidak.

CMS open-source WordPress sebagai bagian dari perangkat lunak yang dibuat hanya untuk memudahkan membuat dan mengedit situs web.

Untuk memulai, pengguna masuk ke dasbor, dan dari sana dapat membuat halaman baru, membuat posting blog, memperbarui tampilan visual situs web, dan banyak lagi.

Keuntungan utama menggunakan platform WordPress yaitu pengguna tidak memerlukan keterampilan pengkodean apa pun untuk menempatkan konten dan mempublikasikan secara online.

WordPress menggunakan database untuk menyimpan dan mengatur semua data situs, mulai dari konten di posting dan halaman hingga akun pengguna dan URL website.

WordPress melakukan semua pekerjaan rumit dalam menjalankan web. Inilah yang membuatnya menjadi alat yang cepat dan kuat untuk menerbitkan mengelola konten.

Terkait membuat halaman baru di situs atau posting blog, ada sedikit perbedaan antara editor konten WordPress dan pengolah dokumen desktop seperti di windows ms word ataupun linux libre office biasa.

Pada CMS WordPress format yang tersimpan bukan doc (dokumen). Mengetik teks, tambahkan gambar, klik “terbitkan” dan WordPress menghasilkan HTML yang diperlukan agar konten muncul secara online.

Hal terpenting yaitu WordPress gratis untuk digunakan: tidak ada biaya penyiapan atau biaya tahunan di luar hosting.

Dengan ribuan tema dan plugin yang tersedia, ini secara luas dianggap sebagai salah satu cara terbaik bagi bisnis untuk membuat situs web yang benar-benar bisa disesuaikan.

Sejarah WordPress

WordPress dibuat sebagai proyek mandiri sejak tahun 2003, yang berasal dari cabang proyek sebelumnya yang disebut b2/cafelog.

WordPress software open-source yang saat ini dibuat oleh kontributor komunitas yang sangat besar.

Siapa yang Membuat WordPress dan Sudah Berapa Lama?

Tetapi jika kita melacak asal-usul WordPress kembali ke akarnya, kreasi aslinya adalah kolaborasi antara Matt Mullenweg dan Mike Little.

Sejak itu, Matt Mullenweg sebagian besar telah menjadi wajah dari WordPress. Dan dia juga pendiri Automattic, yang merupakan perusahaan di balik layanan nirlaba WordPress.com.

Sejarah WordPress antara pendiriannya sebagai platform blog pada tahun 2003 dan sampai hari ini menjadi sejarah yang panjang.

Tapi yang terpenting, WordPress telah berkembang pesat berkat kontributor dan komunitasnya yang besar, berkembang menjadi solusi paling populer untuk membuat semua jenis situs web.

Fitur WordPress

Sebagai platform pembuatan situs web dan CMS terpopuler, WordPress menawarkan serangkaian fitur yang mengesankan. Berikut merupakan daftar fitur keren yang dimiliki oleh WordPress.

Fitur WordPress
  • SEO – Search Engine Optimization (SEO) dimulai pada tingkat teknis dan WordPress memberikan basis kode yang luar biasa untuk SEO. SEO memungkinkan konten situs web ditemukan melalui mesin pencari umum seperti Google atau Bing.
  • Kecepatan – WordPress adalah kerangka kerja situs web ramping yang secara terus-menerus berusaha untuk menghapus kode “mengembang” yang memperlambat kecepatan pemuatan situs web.
  • Mobile-friendly – Sebagian besar tema WordPress sekarang responsif atau ramah diakses menggunakan perangkat hp gadget mobile seluler smartphone android iphone tablet.
  • Pustaka file media – WordPress menyertakan pustaka media bawaan tempat pengguna dapat mengunggah dan menyematkan file media seperti gambar atau video ke halaman atau posting. Kita bahkan dapat melakukan pengeditan dasar pada gambar di dalam WordPress.
  • Antarmuka pengguna yang mudah digunakan – WordPress sangat mudah digunakan tanpa pengaturan yang rumit. Sebagaimana platform blogging lainnya seperti blogspot, jika kamu dapat menggunakannya, tentu kamu pasti juga bisa menggunakan wordpress.
  • Fitur Custom – Jika kamu berharap ada fitur baru, namun belum tersedia pada cms wordpress secara default maka kamu bisa menggunakan berbagai macam plugin yang dibuat oleh komunitas wordpress.
  • Baru di WordPress 5.0 – Editor Blok WordPress – WordPress 5.0 memperkenalkan Editor Blok baru, juga dikenal sebagai Editor WordPress Gutenberg. Editor baru mengubah cara mengedit halaman dan posting WordPress, yang sebelumnya masih menggunakan classic editor. Sekarang pengguna wp dapat mendesain dan mengatur konten dengan pendekatan “seret dan lepas” (drag and drop) yang lebih fleksibel.
  • Banyak pilihan Tema – Terdapat banyak tema / Template yang bisa dipilih dan digunakan secara gratis. Selain itu ada juga tema berbayar yang mungkin menawarkan tampilan serta fitur yang jaug lebih baik daripada tema versi gratis.
  • Upgrade WordPress 6.1 – Dengan hadirnya berbagai macam plugin yang sangat berguna seperti Elementor sehingga pengguna dapat mendesain web tanpa koding membuat wordpress semakin diminati.
  • Aktif Update – WordPress selalu beradaptasi dengan perubahan dan mau menyesuaikan dengan permintaan komunitasnya. WordPress secara rutin melakukan pembaruan sistem, sehingga membuat cms ini tetap relevan dari waktu ke waktu.

Berbagai fitur epik tersebut membuat wordpress menjadi cms yang paling banyak digunakan. Besarnya manfaat yang diperoleh dengan menggunakan cms wordpress membuatnya sering direkomendasikan untuk digunakan oleh webmaster.

Macam Jenis Web WordPress

Bertahun-tahun yang lalu, WordPress merupakan alat terbatas untuk membuat blog pribadi saja, daripada situs web yang lebih tradisional.

Namun seiring berjalannya waktu, wordpress mengalami banyak pembaruan (update) dengan beragam inovasi fitur yang berguna.

Saat ini, berkat perubahan (upgrade) pada kode inti, serta ekosistem plugin dan tema WordPress yang sangat besar, pengguna dapat membuat semua jenis situs web dengan WordPress.

Misalnya, WordPress tidak hanya mendukung banyak situs bisnis dan blog, tetapi juga cara paling populer untuk membuat toko eCommerce (online shop) dan masih banyak lagi.

Macam Jenis Web WordPress

Apa saja jenis tipe web yang dapat dibangun dengan menggunakan CMS WordPress ini :

Situs web bisnis

Banyak bisnis akan mendapat manfaat dari kehadiran online dalam bentuk situs web yang dijalankan. Jika bisnis membutuhkan situs web bagi pelanggan untuk mengenal tentang perusahaan dan apa yang ditawarkan, WordPress merupakan pilihan yang sangat baik. CMS tersebut memungkinkan untuk kita membuat fitur yang berguna dalam membuat pelanggan dapat menghubungi, meminta penawaran, menjadwalkan janji temu, dan banyak lagi.

Toko e-commerce

Situs web e-commerce memungkinkan untuk menjual barang atau jasa secara online dan mengumpulkan pembayaran melalui sistem yang telah dirancang. Dengan mudah kita dapat mengunduh dan menginstal plugin e-commerce untuk memperluas fungsionalitas default WordPress sehingga dapat kita memiliki toko online di situs web.

Blog

Blog adalah jenis situs web khusus yang ditujukan untuk berbagi pemikiran, foto, ulasan, tutorial, resep, dan banyak lagi. Blog biasanya menampilkan konten yang paling baru diterbitkan terlebih dahulu.

Portofolio & Resume

Pamerkan karya seni, keterampilan desain, dan lainnya dengan situs web portofolio yang dibuat di WordPress. Dengan hadirnya informasi kamu di internet, akan mempermudah orang lain untuk mengenal sehingga dapat meningkatkan peluang kerjasama yang menguntungkan.

Forum diskusi

Situs web forum dapat menjadi tempat yang bermanfaat bagi pengguna untuk mengajukan pertanyaan atau berbagi saran. Percaya atau tidak, banyak situs forum berjalan menggunakan CMS WordPress.

Situs keanggotaan (Komunitas)

Situs web keanggotaan memungkinkan untuk meletakkan konten di balik paywall atau login akun. Untuk mengakses halaman atau posting, pengguna harus login atau membayar konten. WordPress juga dapat menangani situs web keanggotaan dengan plugin tambahan.

Web Acara (Event)

Membuat situs yang dapat digunakan untuk menjadwalkan acara, CMS WordPress mampu memudahkan membagikan detail acara dan menjual tiket.

E-learning

Siswa dapat mengambil kursus online, melacak kemajuan mereka, mengunduh bahan pembelajaran, dan banyak lagi dari situs web e-learning. Dengan jenis plugin khusus yang disebut plugin WordPress LMS, kita dapat menawarkan kursus online dari situs web WordPress.

Web Pernikahan (Wedding)

Bagikan detail hari besar dengan situs web pernikahan yang dibuat menggunakan WordPress.

Masih banyak tipe website yang dapat kamu bangun dan kelola dengan menggunakan CMS WordPress dilengkapi dengan plugin tambahan.

WordPress.com vs. WordPress.org

WordPress.com vs. WordPress.org

Jika baru mengenal WordPress, ada beberapa hal penting yang perlu diketahui. Pertama, harus mengetahui perbedaan antara WordPress.com vs WordPress.org.

Perbedaan antara WordPress.com vs WordPress.org bisa sedikit membingungkan jika baru menggunakan WordPress.

WordPress.com

WordPress.com adalah versi WordPress yang dihosting, tempat dimana kita dapat membuat akun WordPress.com untuk membuat blog atau situs web gratis dan berbayar.

  • Secara default menggunakan subdomain situs web yang akan menyertakan kata “WordPress” atau “home.blog” pada url, seperti blogsaya.wordpress.com atau blogsaya.home.blog.
  • Upgrade berbayar mencakup domain kustom, integrasi Google Analytics, lebih banyak ruang penyimpanan, kemampuan untuk menambahkan plugin dan tema sendiri, dan banyak lagi.
  • WordPress.com dimiliki oleh Automattic, sebuah perusahaan yang didirikan oleh salah satu pencipta WordPress asli, Matt Mullenweg.

WordPress.org

WordPress.org adalah tempat dimana dapat mengunduh perangkat lunak WordPress untuk diinstal di server atau akun hosting web sendiri.

  • Perangkat lunak WordPress adalah open-source, jadi gratis untuk diunduh dan digunakan.
  • Untuk menggunakan WordPress versi WordPress.org sebagai pengelola website di internet, kita harus memiliki nama domain dan hosting web, yang dibeli dari perusahaan penyedia layanan pembelian domain dan hosting.
  • Sebagian besar web host menawarkan WordPress “quick install” atau instalasi WordPress untuk membantu memulai jika tidak ingin menginstal WordPress sendiri secara manual.
  • WordPress.org adalah yayasan nirlaba dari Automattic.
  • Kita dapat menggunakan dan mencoba WordPress secara gratis dengan menginstallnya di Server Lokal atau localhost menggunakan aplikasi web server apache XAMPP ataupun nginx WinNginx.

Jadi baik WordPress.com dan WordPress.org bisa kita gunakan secara gratis ataupun berbayar.

FAQ WordPress

Berikut ini merupakan pertanyaan dan jawaban yang sering diajukan terkait pembahasan mengenai WordPress atau WP.

FAQ WordPress

Apakah WordPress Gratis?

CMS WordPress sepenuhnya gratis untuk digunakan baik penggunaan komersial atau pribadi. Perangkat lunak ini tersedia tanpa biaya karena dijalankan sepenuhnya oleh sukarelawan yang berkontribusi pada proyek sumber terbuka.

Perangkat lunak open source tidak seperti produk nyata lainnya karena tidak ada perusahaan atau individu yang memiliki WordPress. Untuk alasan ini, sepenuhnya CMS WordPress bergantung pada sukarelawan dan komunitas untuk memelihara, mendukung, mengelola dan mengembangkannya.

Komunitas WordPress ada karena semua orang mulai dari pengembang pemula hingga desainer memberikan waktu dan energi mereka untuk menawarkan layanan mereka secara gratis kepada semua pengguna karena mereka percaya pada layanan berharga yang disediakan WordPress.

Apakah WordPress mudah digunakan?

WordPress memberdayakan pemilik bisnis, blogger, dan penerbit dengan kemampuan penuh untuk membangun, mempublikasi, dan mengelola konten mereka.

Dengan antarmuka yang sederhana, WordPress sangat cocok untuk pengguna yang lebih nyaman dengan pengolah kata daripada program FTP (protokol) dan halaman web yang dikodekan dengan tangan.

Kemudahan penggunaan hanyalah permulaan. Pengembang telah menerbitkan ribuan tema, plugin, dan widget WordPress yang memungkinkan membuat situs yang benar-benar bisa kita modif sepenuhnya.

WordPress memiliki antarmuka pengguna yang sederhana yang memudahkan siapa saja untuk membuat situs baru.

Apakah ahli IT atau seorang pemula yang gaptek, akan menemukan beberapa hambatan untuk memulai. Platform WordPress dirancang untuk menghilangkan tantangan yang dihadapi pemilik bisnis dan penulis dengan penerbitan web ini.

WordPress tidak hanya kuat tetapi penuh dengan opsi yang relevan untuk pemula dan juga para profesional.

Perangkat lunak ini tidak memerlukan pengetahuan komputer tingkat lanjut untuk sekedar menambah dan mengedit konten, dan tidak diperlukan unduhan karena dapat ditangani semuanya di dalam browser.

Hal terbaik dari semuanya, alih-alih menyewa jasa webmaster, kita dapat mengurus situs web sendiri walaupun bukan seorang ahli.

Bahkan juga dapat memberikan akses ke beberapa pengguna untuk mengelola situs web atau bagian konten jika lebih suka berbagi pekerjaan.

Apa itu Plugin WordPress?

Plugin WordPress adalah paket kode tambahan yang dapat diunggah ke situs web untuk menambahkan fitur, fungsionalitas, atau integrasi baru.

  • Plugin dapat ditambahkan melalui menu Plugin di dashboard WordPress.
  • Kita dapat menemukan plugin gratis yang tersedia di direktori Plugin WordPress.org.
  • Plugin juga dapat dikemas sebagai file zip yang bisa diupload melalui pengunggah menu Plugin di dashboard wp-admin WordPress.

Apa itu Template WordPress?

Tema WordPress menyediakan “kerangka” desain situs web. Sebagian besar tema WordPress menyediakan:

  • Desain keseluruhan (tampilan, nuansa, dan gaya) situs web [PHP, HTML, CSS, JavaScript]
  • Gaya font seluruh situs
  • Skema warna
  • Gaya untuk posting blog dan arsip blog
  • Tata letak halaman (atau templat)
  • Lokasi widget
  • Detail gaya tambahan
Sumber Referensi

https://ithemes.com/tutorials/what-is-wordpress/
https://www.namecheap.com/wordpress/what-is-wordpress/

Salam kenal dari Adam Muiz !
Support mencapai 10K Subscriber yuk
😁 Terimakasih
Follow Adam Muiz on WordPress.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending

Artikel Serupa

Download Gratis