Cara Menutup Paksa Aplikasi di Laptop Windows 11

Windows 11 adalah sistem operasi terbaru dari Microsoft yang dirilis pada tahun 2021. Dibandingkan dengan pendahulunya, Windows 10, Windows 11 memiliki antarmuka yang lebih modern dan fitur yang lebih canggih. Salah satu fitur yang ada di Windows 11 adalah kemampuan untuk menutup aplikasi secara paksa jika terjadi masalah atau aplikasi tidak merespons.

Menutup aplikasi secara paksa sebenarnya tidak disarankan, karena bisa menyebabkan data yang sedang dikerjakan hilang atau rusak. Namun, jika aplikasi tidak merespons dan tidak bisa ditutup dengan cara biasa, menutup aplikasi secara paksa bisa menjadi satu-satunya pilihan. Berikut adalah beberapa cara untuk menutup aplikasi paksa di Windows 11.

Gunakan tombol Alt + F4

Cara paling mudah untuk menutup aplikasi paksa di Windows 11 adalah dengan menggunakan tombol keyboard Alt + F4. Pertama-tama, pilih aplikasi yang ingin ditutup. Setelah itu, tekan tombol Alt + F4 secara bersamaan. Jika aplikasi merespons, jendela aplikasi akan ditutup dengan normal. Namun, jika aplikasi tidak merespons, maka jendela dialog “Shut down program?” akan muncul. Pilih “End process” untuk menutup aplikasi secara paksa.

Gunakan Task Manager

Jika aplikasi tidak merespons setelah menggunakan tombol Alt + F4, langkah selanjutnya adalah dengan menggunakan Task Manager. Task Manager adalah utilitas bawaan Windows yang memungkinkan Kamu untuk melihat dan mengelola proses yang berjalan di sistem. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Tekan tombol Ctrl + Shift + Esc untuk membuka Task Manager.
  2. Cari aplikasi yang ingin Kamu tutup di tab “Processes”. Jika Kamu tidak dapat menemukannya, Kamu mungkin perlu mengklik “More details” di bagian bawah jendela.
  3. Setelah menemukan aplikasi yang ingin Kamu tutup, pilih aplikasi tersebut dan klik tombol “End task” di bagian bawah jendela.

Log Out dari Windows

Selain menggunakan kombinasi keyboard diatas untuk membuka task manager kita juga bisa menggunakan kombinasi keyboard yang lainnya untuk keluar atau sign out dari windows. Setelah keluar dari windows maka secara otomatis aplikasi yang sedang berjalan akan berhenti semua. Untuk detail langkahnya silahkan ikuti cara dibawah ini :

  1. Tekan tombol Ctrl + Alt + Delete secara bersamaan.
  2. Pilih Sign Out untuk keluar.
  3. Pilih Force Close All App, maka semua aplikasi akan dihentikan secara paksa.
  4. Kita akan keluar dari user windows yang digunakan saat ini.
  5. Login atau masuk kembali ke windows dengan akun pengguna sebelumnya.

Setelah masuk kembali ke windows maka dapat dilihat bahwa semua aplikasi yang berjalan sebelumnya telah di close dan kondisi komputer atau laptop berjalan seperti saat kita restart atau menyalakan pc.

Gunakan Command Prompt

Jika aplikasi tidak merespons setelah menggunakan Task Manager, langkah selanjutnya adalah dengan menggunakan Command Prompt. Command Prompt adalah aplikasi bawaan Windows yang memungkinkan Kamu untuk berinteraksi dengan sistem operasi melalui baris perintah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Tekan tombol Windows + R untuk membuka jendela “Run”.
  2. Ketik “cmd” dan tekan Enter untuk membuka Command Prompt.
  3. Ketik “taskkill /f /im [nama_aplikasi]” dan tekan Enter. Ganti “[nama_aplikasi]” dengan nama aplikasi yang ingin Kamu tutup. Contohnya, jika Kamu ingin menutup aplikasi Google Chrome, ketik “taskkill /f /im chrome.exe”.
  4. Aplikasi akan ditutup secara paksa.

Gunakan PowerShell

Selain Command Prompt, Windows 11 juga memiliki aplikasi PowerShell yang bisa digunakan untuk menutup aplikasi paksa. PowerShell adalah aplikasi bawaan Windows yang lebih canggih daripada Command Prompt. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Tekan tombol Windows + R untuk membuka jendela “Run”
  2. Ketik “powershell” dan tekan Enter untuk membuka PowerShell.
  3. Ketik “Get-Process [nama_aplikasi] | Stop-Process -Force” dan tekan Enter. Ganti “[nama_aplikasi]” dengan nama aplikasi yang ingin Kamu tutup. Contohnya, jika Kamu ingin menutup aplikasi Google Chrome, ketik “Get-Process chrome | Stop-Process -Force”.
  4. Aplikasi akan ditutup secara paksa.

Gunakan aplikasi pihak ketiga

Selain menggunakan utilitas bawaan Windows seperti Task Manager, Command Prompt, dan PowerShell, Kamu juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menutup aplikasi paksa. Ada banyak aplikasi pihak ketiga yang tersedia, seperti Process Explorer, Advanced Task Manager, dan banyak lagi. Namun, pastikan untuk memilih aplikasi yang terpercaya dan aman sebelum mengunduh dan menginstalnya.

Kesimpulan

Menutup aplikasi secara paksa adalah tindakan terakhir yang harus diambil jika aplikasi tidak merespons dan tidak bisa ditutup dengan cara biasa. Ada beberapa cara untuk menutup aplikasi paksa di Windows 11, seperti menggunakan tombol Alt + F4, Task Manager, Command Prompt, PowerShell, dan aplikasi pihak ketiga. Namun, perlu diingat bahwa menutup aplikasi paksa dapat menyebabkan data yang sedang dikerjakan hilang atau rusak. Oleh karena itu, sebaiknya hindari menutup aplikasi paksa kecuali jika memang diperlukan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top