32 C
Semarang
Wednesday, June 29, 2022

Cara Beli Domain Tanpa Hosting – Dapat Promo Gratis

Adam Muiz
Adam Muizhttps://adammuiz.com/
The only thing I know is that on the other side of a decision, I'm there. And if I'm there, no matter what path I go, there'll always be something to love.

Artikel Pilihan

Salah satu hal yang diwajibkan dimiliki oleh seorang blogger adalah Domain. Apa itu Domain ? dan mengapa seorang Blogger wajib memilikinya ?

Menurut situs hostinger “Nama domain adalah alamat situs web yang setara dengan alamat fisik, berguna membantu pengguna menemukan situs dengan mudah daripada menggunakan alamat protokol internet (IP)”.

Terdapat dua alternatif jika kamu tidak ingin menggunakan Domain, pertama kamu bisa menggunakan alamat IP, tentu pilihan ini tidak dianjurkan karena pengguna akan kesulitan mengingat kumpulan angka daripada sebuah nama.

Alternatif ke dua yaitu dengan menggunakan sub domian, sebagai contoh masih setia menggunakan nama sub domain .blogspot.com ataupun .wordpress.com hal ini boleh saja.

Namun untuk menunjang branding dan supaya lebih profesional bukankah lebih baik menggunakan nama domain TLD sehingga mampu memberikan kesan bagi pengunjung web.

Digital branding merupakan sebuah usaha untuk menampilkan citra yang dimiliki pada audiens. Di era internet saat ini, digital branding sangatlah penting.

Baca Juga : Cara Membuat Blog Gratis di Google

Tempat Membeli Domain

Terdapat banyak tempat yang disebut sebagai domain dan hosting provider untuk membeli atau menyewa layanan domain beserta hosting server.

Beberapa orang mungkin menjual secara eceran dengan harga yang jauh lebih murah dengan memanfaatkan diskon yang mereka miliki.

Namun usahakan jangan membeli domain atau hosting dari seorang individu walaupun memiliki harga yang jauh lebih murah.

Belilah melalui penyedia hosting ataupun domain yang sudah terpercaya, baik provider lokal maupun luar negeri.

Memahami Nama Domain

Provider Hosting Domain Lokal

Salah satu mengapa kita perlu membeli domain melalui penyedia layanan hosting dan domain lokal yaitu karena kemudahan komunikasi.

Jika dibandingkan dari segi harga, sebenarnya sama saja walaupun harga yang diberikan provider luar terkadang nampak lebih murah.

Untuk mendapatkan harga lebih murah kamu bisa mecari promo dan diskon yang banyak disediakan dan dibagikan melalui media sosial provider di Instagram, Facebook, Twitter dll.

Selain mudahnya mendapat promo kita juga bisa berkomunikasi dengan lancar jika terjadi kendala dalam pembelian domain.

Daftar penyedia domain dan hosting lokal :

Provider Hosting Domain Luar Negeri

Terkadang terdapat promo menarik yang tersedia pada penyedia domain dan hosting bule, tentu ini dapat dimanfaatkan.

Umumnya terdapat dua metode pembayaran yang saya gunakan saat membeli dari layanan hosting dan domain luar negeri.

PayPal dapat digunakan sebagai transaksi pembelian, selain itu Visa dengan menggunakan Jenius Card kita juga bisa melakukan transaksi dengan e-commerce/merchant luar negri.

Walaupun demikian rate yang digunakan umumnya akan lebih mahal dan jika terjadi kendala kita perlu berkomunikasi menggunakan bahasa inggris untuk menghubungi customer services penyedia domain dan hosting luar negeri.

Baca Juga : Kartu Kredit Jenius Buat Belanja Online

Daftar penyedia domain dan hosting Luar Negeri :

Selain kedua pilihan diatas, saat kita menggunakan platform blogging seperti blogspot, wordpress, weebly, wix, dll mereka juga memberikan layanan tersendiri untuk pembelian domain.

Langkah Cara Membeli Domain

Untuk totorial pembelian ini saya akan memberikan contoh menggunakan Jagoan Hosting karena saya mendapatkan promo domain gratis.

Pada dasarnya dimanapun kamu membeli domain, sistem pembeliannya hampir sama dan tidak jauh berbeda.

1. Buka Website tempat dimana akan membeli Domain

2. Ketikan nama domain yang ingin kita beli dan pilih ekstensi. Pada tutorial ini saya akan membeli domain dengan nama : mastah dengan ekstensi : .store

1 Cara Beli Domain Tanpa Hosting - Dapat Promo Gratis

Note : Kamu bebas memilih nama domain dan ekstensi yang masih tersedia untuk digunakan pada website. Terdapat berbagai macam ekstensi domain seperti TLD : .com .net .org (ini termasuk gTLD), ccTLD (Country Code) .id .co.uk .in .jp

3. Setelah memilih nama dan ekstensi domain selanjutnya kita bisa melakukan pengecekan apakah domain tersebut masih tersedia untuk didaftarkan.

2 Cara Beli Domain Tanpa Hosting - Dapat Promo Gratis

Note : Jika domain tidak tersedia padahal domain tersebut tidak aktif terdapat dua kemungkinan, Domain tersebut dalam masa experied dimana pemilik sebelumnya tidak melakukan perpanjangan ataupun domain dalam setatus deleted yang berarti domain tersedia untuk dilelang dengan harga yang umumnya lebih mahal.

4. Jika domain tersedia kita bisa lanjut ke tahap check out untuk melakukan pembayaran. Pada halaman pembayaran kita juga akan diminta data informasi pembelian menggunakan identitas yang kita miliki.

3 Cara Beli Domain Tanpa Hosting - Dapat Promo Gratis

5. Pilih metode pembayaran dan lakukan transaksi pembelian, umumnya secara otomatis sistem akan mendeteksi jika kita sudah melakukan pembayaran.

4 Cara Beli Domain Tanpa Hosting - Dapat Promo Gratis

6. Jika domain sudah kita miliki maka kita bisa melakukan konfigurasi, biasanya setelah pembelian domain baru perlu waktu 24 jam untuk menyesuaikan waktu propragasi dengan Name Server yang baru dikonfigurasi.

Dengan domain baru yang kita miliki, selanjutnya bisa melakukan konfigurasi seperti menghubungkan domain ke platform blogging dengan alamat subdomain sebelumnya seperti blogspot.

Menggunakan domain untuk hosting yang kita miliki ataupun hosting pada penyedia yang berbeda.

Domain juga bisa kita gunakan untuk membuat alamat email custom seperti contoh [email protected] dengan provider mail hosting gratis seperti zoho.

Untuk tutorial menghubungkan domain ke hoting dan juga membuat custom mail akan saya bahas pada tutorial berikutnya.

Tutorial Video Cara Beli Domain

Jika kamu bingung dengan tutorial melalui tulisan artikel yang sudah dijelaskan secara detail diatas, silahkan simak konten video berikut ini supaya lebih mudah memahaminya.

Jika kamu merasa artikel ini bermanfaat silahkan bagikan di sosial media kamu sehingga orang lain juga bisa mendapatkan manfaatnya.

Jika mengalami kendala ataupun masalah dalam transaksi pembelian domain silahkan tinggalka komentar sehingga mungkin saya bisa membantu mengatasi dan memberikan solusi yang tepat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending

Artikel Serupa

Download Gratis