‚Äč
28 C
Semarang
Wednesday, December 8, 2021

Cara Index Website ke Google dengan Cepat

Adam Muizhttps://adammuiz.com/
The only thing I know is that on the other side of a decision, I'm there. And if I'm there, no matter what path I go, there'll always be something to love.

Artikel Pilihan

Sebelum membahas ke tutorial cara mempercepat proses pengindeksan Google, penting untuk memahami apa sebenarnya pengindeksan itu.

Apa itu indeks web?

Sederhananya indeks adalah daftar informasi. Jauh sebelum hadirnya Internet, indeks hadir dalam berbagai bentuk, seperti indeks alfabet di akhir buku.

Sebuah indeks web dibuat dari hasil database informasi di Internet.

Mesin pencari menggunakan database ini untuk menyimpan miliaran halaman informasi. Jadi ketika seseorang menggunakan mesin pencari, sebenarnya tidak benar-benar mencari semua yang ada di Internet.

Pengguna sedang mencari indeks mesin pencari dari halaman dan informasi yang disimpan saja.

Bot atau ‘spiders’ merayapi halaman baru secara online dan menyimpannya dalam indeks berdasarkan topik, relevansi, otoritas, dan lainnya.

Baca Juga : Cara Cek Web Terindex Google

Cara Index Web ke Google dengan Cepat

Berikut ini merupakan langkah langkah tutorial cara membuat web cepat terindeks oleh Google. Namun sebelum membahas step step nya pastikan web kita memenuhi beberapa kondisi tersebut.

  • Pengaturan Web dapat ditemukan Search Engine
  • Tidak menerapkan robots.txt yang menghalangi proses crawl bot
  • Tidak menggunakan Meta Tag yang mencegah Bot merayapi situs web

Setelah memahami kondisi dasar dimana hal yang membuat web dapat dirayapi oleh mesin pencarian, berikut ini merupakan cara untuk mempercepat proses index di Google :

  1. Buka Google Search Console (Google Webmaster Tools) dan kemudian daftarkan Web
  2. Verifikasi kepemilikian situs web
  3. Submit Sitemap di Google Search Console
Cara Agar Halaman Web Cepat Terindeks oleh Google

Tujuan dari mendaftarkan web dan memasukan sitemap atau peta situs sendiri di mesin pencarian Google yaitu untuk memberikan akses secara langsung kepada bot dalam merayapi situs yang kita kelola.

Sementara itu peta situs atau sitemap akan mempercepat proses pengindeksan mesin pencarian. Dengan adanya peta situs tersebut membuat setiap konten yang kita publish dan perbarui akan terdeteksi oleh bot google.

Tutorial diatas merupakan cara otomatis untuk membuat web cepat diindeks oleh Google. Selain itu ada juga cara manual yang berfungsi untuk mendaftarkan dan mendeteksi masalah pada halaman situs terkait proses pengindeksan.

Baca Juga :  Apa Itu Web Designer ? Pengertian, Tugas, Keahlian, Tools Software dan Tips

Cara Agar Halaman Web Cepat Terindeks oleh Google

Walaupun kita sudah mendaftarkan web kedalam Search Console ataupun Webmaster Tools namun tidak membuat halaman pada web kita terlepas dari masalah pengindeksan mesin pencarian.

Oleh karena itu cara manual berikut ini sangat efektif untuk digunakan dalam menganalisa dan mendaftarkan halaman web di Google.

1. Buka Search Console Google pada Web yang telah di Daftarkan

2. Pada kolom pencarian masukan halaman yang ingin di analisa dah di Indeks

3. Google secara otomatis akan menampilkan hasil analisa halaman tersebut, dan disitu kita juga bisa mengajukan pengindeksan secara manual

Cara Cek Halaman Website Terindeks Google Search Engine

4. Bot Google akan mencoba memasukan url halaman tersebut dalam antrean proses pengindeksan

5. Pada saat itu juga kita bisa melihat jika ada masalah pada halaman itu.

6. Jika permintaan proses pengindeksan telah disetujui maka kita tinggal menunggu proses antrean yang tidak begitu lama.

7. Secara otomatis halaman web yang kita daftarkan tersebut akan segera muncul di SERP Google.

Itulah tutorial Cara Index Website ke Google baik secara otomatis dan manual. Dengan menggunakan dua cara tersebut maka peluang membuat web kita lebih cepat tampil di halaman hasil penelusuran Google.

Selain itu kita juga bisa mendeteksi dan melakukan troubleshooting jika memang ada masalah yang ditemukan dalam proses pengindexan. Jika ada masalah kita tinggal memperbaikinya sesuai dengan solusi dan prosedur yang diberikan.

[Total: Rata-rata: ]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending

Artikel Serupa