31 C
Semarang
Monday, September 20, 2021

Cara Submit Sitemap di Webmaster Google Tools

Artikel Pilihan

Adam Muizhttps://adammuiz.com/
Terus belajar hal baru dikehidupan ini, berbagi ilmu apa yang kita miliki. Terus melangkah menuju ke sukesan, walau berjalan Selangkah demi langkah yang penting terus maju ke depan.

Bagi para pembuat konten kita tidak cukup hanya membagikan karya yang dimiliki kedalam platform mainstream saja. Untuk personal branding kita membutuhkan wadah khusus seperti blog untuk mempublikasikan konten kita sendiri. Dengan begitu orang tau kemana saat ingin melihat konten yang pernah kita buat.

Karena semua orang saat ini bisa mengakses internet, sehingga membuat jumlah pengguna sangat meningkat pesat. Para pelaku bisnis berbondong bondong memanfaatkan kesempatan ini untuk ikut juga berpartisipasi hadir di internet. Jika kamu salah satunya, tentu kamu mengharapkan traffic yang tinggi ada pada blogmu.

Salah satu sumber traffic utama pada sebuah website yaitu melalui mesin pencarian. Mesin pencarian memiliki fungsi saat seorang mengetikan sebuah kata kunci maka akan dicarikan halaman yang relefan sesuai dengan pencariannya. Pada dasarnya setiap situs web secara default memiliki pengaturan untuk mengijinkan bot dari mesin pencarian melakukan proses indexing.

Penyerapan pada sebuah web dilakukan bot search engine bertujuan untuk mencari konten yang dibutuhkan oleh banyak orang. Konten pada web tersebut kemudian akan difilter sesuai dengan algoritma yang diterapkan untuk nantinya ditentukan peringkat dimunculkannya pada mesin pencarian.

Baca Juga :  Cara Membuat Blog Gratis di Google

Terdapat sebuah cara manual untuk membuat bot mesin pencarian lebih mengenali website yang kita kelola, yaitu dengan cara mengirimkan sitemap. Dengan dikirimkannya sitemap maka bot mesin pencarian akan lebih mudah merayapi situs web kita dan melihat konten baru ataupun yang terupdate.

Search engine populer yang saat ini memiliki fitur untuk submit sitemap kedalam alat yang disebut webmaster tool ini antara lain Google, Yahoo, Bing dan Yandex. Selain membuat bot mengenali blog yang kita bangun disitu kita juga bisa melakukan monitoring terkait halaman yang mungkin bermasalah dan tidak bisa di akses oleh bot.

Baca Juga :  Membuat Website Saat Down Tetap Bisa di Akses dengan Cloudflare Always Online

Cara Submit Sitemap di Google Webmaster Tool

Untuk melakukan submit sitemap di Google Webmaster Tool caranya cukup singkat dan cepat. Berikut ini merupakan urutan langkah mendaftar di Webmaster Google Tool dan cara submit sitemap dengan mudah :

1. Sebelum menuju ke webmaster tool terlebih dulu perlu membuka web yang kita miliki untuk memastikan bahwa web aktif dan lokasi sitemap tepat. Umumnya situs web memiliki sitemap dengan lokasi ulr domainkamu.com/sitemap.xml

2. Setelah kita sudah memastikan lokasi sitemap dan web dalam kondisi aktif selanjutnta kunjungi Google Webmaster Tool

3. Setelah halaman terbuka pilih “Search Console”.

Cara Submit Sitemap di Google Webmaster Tool

4. Masukan Alamat Web yang akan kita daftarkan ke Google.

Langkah Memasukan Sitemap Blogspot di Google Search Console

5. Lakukan Verifikasi Web, Jika kamu menggunakan Blogspot dan menggunakan akun Gmail yang sama saat mendaftar webmaster tool maka secara otomatis Web akan terverifikasi. Jika yang kamu daftarkan web custom domain dengan self hosting cms wordpress maka kamu perlu melakukan verifikasi secara manual dengan beberapa pilhan metode verifikasi yang ada.

6. Setelah web terverifikasi dan bisa masuk kedalam Serach Console. Pilih menu Site Map yang adalam bahasa indonesia tertuliskan Peta Situs.

Baca Juga :  Pengertian Afiliasi : Sistem Kerja, Keuntungan, Macam Jenis dan Contoh

7. Masukan Url Sitemap yang web kita milik dan pilih kirimkan.

8. Jika sudah maka Crawler mesin pencari akan segera memproses melakukan perayapan di web tersebut yang mungkin berlangsung selama beberapa hari.

Itulah cara submit sitemap dengan sederhana di google webmaster tool. Setelah proses tersebut kita hanya tinggal menunggu bot untuk merayapi peta situs yang kita miliki. Sehingga jika ada update artikel terbaru pada web kita bot akan langsung mengetahui dan memasukannya kedalam list pencarian untuk ditentukan peringkatnya.

Baca Juga :  Google Search Engine : Pengertian, Sejarah, Fungsi Umum, Cara Kerja, Ranking dan Algoritma

Video Cara Submit Sitemap di Google

Jika kamu masih bingung dengan tutorial Cara Sumbit Sitemap di Google Webmaster Tool melalui penjelasan artikel diatas maka silahkan lihat video langkah daftar serach console berikut ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending

Artikel Serupa