Game Streamer : Pengertian, Karier, Ketrampilan, Tips, Gaji, Kelebihan dan kekurangan

0
76
1 Game Streamer Adalah Pengertian, Karier, Ketrampilan, Tips, Gaji, Kelebihan dan kekurangan
Source : premiumbeat.com

Definisi Game Streamer

Apa Game Streamer Itu Profesi?

Berdasarkan informasi dari Hybrid.id menjelaskan bahwa game streamer merupakan seseorang yang merekam selama melakukan aktivitas permainan game, kemudian menayangkannya secara langsung lewat platform live streaming yang ada di internet untuk disaksikan oleh orang banyak. Sehingga unsur live tersebut menjadi pembeda yang sangat jelas antara streamer jika dibandingkan dengan content creator maupun youtuber.

Seorang content creator harus melakukan berbagai macam proses editing terlebih dahulu supaya konten yang dibuatnya akan menjadi lebih menarik. Sementara seorang streamer biasanya tidak perlu melakukan proses editing tersebut, sebab konten yang mereka sajikan memiliki sifat yang dilakukan dengan tayangan langsung saat itu juga.

Oleh karena itu game streamer biasanya tidak memerlukan keahlian canggih untuk proses editing video. Konten yang dibuat akan tinggal tayang langsung. Biasanya hal yang unik seperti live streaming ini menjadi daya tarik tersendiri untuk para penonton. Sebab mereka akan melihat jenis kontennya secara orisinil. Selain itu bentuk cara mengolah dan kreatifitas dalam konten tersebut menjadi suatu tantangan tersendiri bagi para game streamer.

Pertanyaan sebelumnya adalah apakah game streamer merupakan suatu profesi? Jika dilihat dengan perkembangan dunia digital yang semakin pesat saat ini sangat memungkinkan menjadikan hobi banyak orang tersebut menjadi sebuah profesi yang cukup menjanjikan. Profesi seorang game streamer saat ini tidak bisa dianggap remeh lagi. Terlebih lagi semakin banyak platform live streaming yang menjadi sebuah wadah media sekaligus menjanjikan sebuah perolehan hasil pendapatan dari aktivitas menyenangkan tersebut.

Selain YouTube, Facebook gaming serta Twicth juga memberikan sebuah ruang untuk melakukan berbagai macam kreasi untuk mencari suatu penghasilan dari hasil bermain game streaming. Terdengar enak dan nyaman bukan? Sekedar hobi bermain yang mendapatkan penghasilan yang cukup lumayan.

Ketrampilan Game Streamer

Keahlian Yang Diperlukan Oleh Game Streamer

Selain memiliki hobi untuk bermain game serta memiliki niat yang dalam dalam bidang tersebut. Keterampilan lain yang diperlukan untuk menjadi game streamer yaitu kamu harus menuntun permainan game milikmu agar terlihat menjadi menarik serta interaktif. Sehingga sangat banyak game streamer bisa berkomunikasi dengan orisinil dan memiliki ciri khasnya masing-masing ditambah dengan berbagai macam jokes yang terdengar lucu serta kreatif. Tentunya hal tersebut akan menarik perhatian dari para penontonnya.

2 Ketrampilan Game Streamer - Keahlian Yang Diperlukan Oleh Game Streamer
Source : theguardian.com

Namun tidak disarankan untuk selalu membuat jokes terus menerus selama permainan berlangsung. Kamu juga harus bergantian memberikan informasi-informasi yang membangun tentang game yang kamu mainkan, sehingga akan membuatmu bisa mempertahankan dan menambah jumlah penonton setiamu. Selain itu jika kamu memang memiliki hobi untuk bermain game, tentunya kamu sudah tidak asing lagi dengan istilah-istilah yang ada didalamnya seperti map, hero, tools dan istilah lain sebagainya yang bisa menjadi sumber informasimu.

Selanjutnya adalah tentang kepribadian. Sebagai seorang game streamer ada baiknya kamu perlu untuk menonjolkan ciri khas, keunikan, karakter maupun jalan hidup yang saat ini sedang kamu jalani. Jika karakter Ninja lebih dikenal dengan ciri khas serta berbagai macam komentarnya yang bersifat provokatif dan vulgar. Kamu bisa mengambil contoh dari figur karakter Shroud.

Karakter Shroud tidak hanya jago dalam memainkan permainannya, tetapi sikap dan sifatnya yang sederhana mendapat nilai tambah tersendiri dari orang-orang yang menjadi penonton setianya. Shroud mengenalkan karakternya sebagai seseorang yang jujur, sederhana serta senang membantu orang lain. Berdasarkan hal tersebut juga dia membuktikannya dengan cara seperti mendukung karakter streamer lainnya yang melakukan streaming live di Twitch untuk biaya pengobatan. Hal-hal seperti itu terbukti cukup berhasil untuk menarik perhatian para penonton lainnya.  

Baca Juga :  Pengertian File : Macam Jenis, dan Cara Pengelolaannya

Perlengkapan Game Streamer

3 Perlengkapan Game Streamer - Alat dan Persiapan Yang Diperlukan Oleh Game Streamer
Source : premiumbeat.com

Alat dan Persiapan Yang Diperlukan Oleh Game Streamer

1. Komputer PC atau laptop

Komputer atau laptop tentunya merupakan salah satu peralatan dasar yang harus dimiliki oleh game streamer.  Hal ini karena laptop atau komputer nantinya akan berfungsi untk menggabungkan video game yang kamu punya saat live streaming dan selanjutnya akan ditayangkan pada media broadcast. Selain itu laptop atau komputer juga berfungsi untuk memberi efek dan merekan video yang kamu punya. Adapun spesifikasi laptop atau komputer yang kamu punya haruslah sesuai atau cocok dengan pekerjaan game streamer seperti memiliki minimal RAM 8GB, Hardisk dengan minimal 1T, Intel Core i3 (dengan minimal generasi ke-7) atau jenis Ryzen 1200 keatas, serta GPU minimal dengan seri 1050 (semakin bagus, maka akan semakin cepat juga proses renderingnya).

2. Mikrofon Kondenser

Mikrofon kondenser merupakan salah satu mikrofon yang memiliki teknologi membran sensitif dan mampu untuk menangkap suara dengan maksimal, kemudian akan diproduksi untuk dikeluarkan menjadi output suara yang lebih detail. Pada umumnya mikrofon ini memiliki fungsi untuk disambungkan dengan suatu perangkat power gain, akan tetapi saat ini ada beberapa jenis mikrofon kondenser yang lebih praktis, tanpa ada tambahan perangkat tersebut.

Mikrofon kondenser yang cocok untuk pemula sepertimu adalah Thronmax M4 dan M8 serta rexus yang memiliki kualitas tinggi dan bisa dibilang sangat praktis. Kedua produk tersebut bisa langsung terkoneksi pada laptop maupun komputermu. Perangkat ini juga bisa dikombinasikan dengan stand mic untuk menjadi salah satu stream set yang keren lho!

3. Captured Card

Capture Card merupakan suatu perangkat yang digunakan untuk menangkap gambar dari mesin game seperti komputer, Ps4, dan handphone secara langsung yang selanjutnya akan memproduksinya untuk ditampilkan dengan cara langsung di media boadcast. Jika kamu baru saja mulai menggeluti bidang game streamer maka capture card Rexus HD100 akan sangat membantumu karena sistem pengoperasiannya yang mudah. Sebab produk tersebut bisa menampilkan gambar output yang terlihat detail disertai dengan resolusi yang maksimal.

4. Kamera

Menjadi seorang game streamer juga mengharuskan kamu untuk memiliki sebuah kamera. Hal ini karena kamera merupakan salah satu perangkat alat yang sangat penting untuk mendapatkan gambar yang berkualitas supaya penonton bisa melihat ekspresi mukanya dengan sangat jelas. Jika kamu belum mampu untuk membeli perangkat yang satu ini karena harganya yang mahal, untuk opsi alternatif kamu bisa memilih untuk membeli webcam. 

5. Lampu dan Green Screen

Lampu ataupun pencahayaan merupakan salah satu faktor pendukung yang tidak bisa kamu lupakan jika ingin memberikan hasil video yang berkualitas untuk para penontonmu. Kamu setidaknya memerlukan tiga buah lampu dari arah depan, kiri, dan kanan supaya cahaya disekitarmu menjadi lebih merata. Jika kamu ingin mengirit biaya, kamu bisa mempertimbangkan untuk membeli ring light (suatu lampu neon dengan model lingkaran) untuk pencahayaan dari depan. Kalau bisa kamu juga harus mencari pencahayaan yang dilengkapi oleg pengatur intensitasnya atau dimmer.

3 3 Perlengkapan Game Streamer - Alat dan Persiapan Yang Diperlukan Oleh Game Streamer
Source : forbes.com

Sementara untuk green screen atau merupakan kain latar belakang yang berwarna hijau, adalah alat yang membantu untuk memudahkanmu melakukan proses penggabungan antara video ekspresi dan video game yang kamu mainkan.

Baca Juga :  Pengertian IDE : Manfaat, dan Contoh Fitur Terlengkap

6. Kursi Gaming

Perangkat yang satu ini tentunya sangat penting untuk memberikanmu sebuah kenyamanan ketika sedang melakukan proses live streaming. Dengan adanya kursi gaming, kamu juga akan meningkatkan kualitas dan nilaimu sebagai gamer sekaligus streamer. Kursi gaming Rexus merupakan salah satu pilihan yang bagus, karena telah digunakan oleh banyak gamer dan streamer terkenal lainnya. Kursi gaming tersebut akan memberikanmu kenyamanan maksimal selama memainkan game stream milikmu. Selain itu ada juga Kursi gaming tipe RGC101 New Model dan GGC103 The Legend yang bisa kamu pilih karena memiliki harga yang cukup terjangkau untuk seorang pemula.

7. Software Streaming

Software ini sendiri berfungsi untuk menggabungkan antara video yang memunculkan ekspresimu dengan video yang tengah kamu mainkan. Software ini juga akan memberikan berbagai macam efek yang bisa kamu gunakan untuk memberikan output streaming yang lebih menarik untuk ditonton. Ada banyak jenis software streaming yang bisa menjadi pilihanmu seperti OBS, Raptr, FFSplit, Game Show, MagixYouCast dan masih banyak lagi yang lainnya. Tergantung dari kenyamanan para streamer untuk menggunakannya. Namun, dari berbagai macam nama software yang telah disebutkan diatas software OBS merupakan salah satu yang paling banyak digunakan para game streamer sebab sangat mudah untuk mengoperasikannya, menawarkan cukup banyak macam efek, serta kompatible dengan banyak platform.

8. Headset Gaming

Menjadi seorang game streamer tentunya tidak lepas dari headset gaming. Sesuai fungsinya bahwa headset gaming merupakan suatu alat untuk mendengarkan sekaligus menerima suara. Hal ini dikarenakan didalam headset gaming ada mikrofon dan speaker sekaligus. Headset gaming biasanya berfungsi untuk memberikan suatu kesan atau tanda bahwa kamu adalah seorang gamer. Bisa dikatakan bahwa salah satu perangkat seperti headset gaming menjadi semacam identitas untuk seseorang yang memiliki pekerjaan sebagai gamer. Adapun beberapa jenis headset gaming yang bisa menjadi referensi untukmu yang ingin menjadi seorang game streamer yaitu seperti Rexus tipe HX20, HX25, dan HX8. Produk-produk tersebut dilengkapi dengan LED RGB, membuat headset gaming tersebut akan menambah kesanmu menjadi seorang game streamer yang terlihat profesional. 

Tips Menjadi Game Streamer

4 Tips Menjadi Game Streamer
Source : wired.com
  1. Pembawaan Streamer
  2. Memilih Game
  3. Memilih Layanan Streaming
  4. Perlengkapan Tempur
  5. Gabung Dengan Komunitas Streaming
  6. Tes Hasil Streaming
  7. Jangan Ada Dead Air
  8. Musik Sebagai Penyelamat Stream
  9. Mengisi Profil Stream
  10. Konsisten Dan Sabar
  11. Jangan Lupa Promosi

Kelebihan dan Kekurangan Menjadi Streamer

5 Kelebihan dan Kekurangan Menjadi Streamer - Bagaimanakah Suka Duka Menjadi Streamer
Source : istockphoto.com

Bagaimanakah Suka Duka Menjadi Streamer ?

Profesi yang semakin banyak diminati ini tentunya sering kali dianggap remeh oleh kebanyakan orang. Sangat wajar jika terdapat sisi kesulitan dari pekerjaan sebagai game streamer. Suka saat menjadi game streamer yaitu ketika banyaknya penonton yang meninggalkan berbagai komentar yang bersifat support dan positif untuk mereka. Dukanya yaitu sebaliknya ketika mereka mendapatkan berbagai macam komentar yang bersifat toxic dan negatif, bahkan tidak jarang banyak game streamer yang mendapatkan komentar yang menjurus sebagai bentuk pelecehan yang dirasa salah lapak. Akan tetapi meskipun seperti itu seorang game streaming dituntut tidak boleh baper atau bawa perasaan terhadap berbagai macam komentar yang diberikan oleh para netizen. Serba salah bukan? Salah satu sisi yang paling kelam dalam sunia game streamer yaitu pernah terjadi insiden meninggal dunia oleh pelakunya.

Baca Juga :  Pengertian Blogger : Profesi, Keuntungan, Penghasilan, Keahlian dan Tips

Sebagai contoh yang dilansir dari New York Times pada Maret 2017 lalu, Brian ‘PoshHybrid’ Vigneault melakukan konten streaming maraton selama 24 jam penuh untuk menggalang dana dalam rangka Make a Wish Foundation. Tujuan streaming dari PoshHybrid dikatakan tidak dapat tercapai dan terhenti pada durasi ke 22 jam. Setelah itu streamer tersebut mulai menghilang dari platform stream, barulah dia ditemukan telah meninggal dunia oleh kepolisian setempatnya. Tentu hal ini menjadi contoh yang tidak boleh diikuti, meskipun game streamer telah memiliki tantangannya sendiri, tentunya pekerjaan tersebut tidak akan sampai menyebabkan suatu kematian jika dilakukan dengan sesuai kadarnya saja.

Pendapatan Game Streamer

Berapa Banyakah Gaji yang Bisa didapat dari Seorang Game Streamer ?

Industri eSport dan video game semakin mengalami pertumbuhan yang terbilang cukup pesat. Sehingga hal tersebut memunculkan suatu profesi yang baru dan tentunya sangat menarik bagi seorang game streamer.  Game live streaming sendiri telah menjadi salah satu kategori hiburan yang memiliki segmen penonton yang cukup loyal. Wired.com sendiri pun memprediksi, platform live streaming nantinya akan mampu untuk berkembang menjadi suatu alternatif yang baru didalam bidang commercial entertainment. Hal ini dikarenakan tingginya nilai dari pendapatan yang dihasilkannya dari kegiatan menyiarkan alur permainan suatu video game. StreamLabs memberikan pernyataan bahwa angka dari tipping volume atau dikenal sebagai besaran tips hadiah dari penonton yang didapatkan dari kegiatan game streaming pada kuartal keempat 2018 telah meningkat sebesar 36 persen dibandingkan kuartal keempat pada tahun 2017.  

6 Pendapatan Game Streamer - Berapa Banyakah Gaji yang Bisa didapat dari Seorang Game Streamer
Source : exporthub.co

Game streamer biasanya akan memiliki kewajiban yang terafiliasi dengan platform streaming tertentu. Ada game streamer yang memiliki kewajiban untuk melakukan live streaming dengan minimal memiliki 20 video atau sebanyak 20 kali per bulannya ditambah dengan durasi waktu selama tiga jam setiap melakukan streaming atau video. Tentunya perhitungan angka ini memiliki tolak ukur yang kurang lebih hampir untuk mendekati durasi waktu kerja orang kantoran dari hari senin hingga jumat. Perbedaannya hanyalah kewajiban tersebut bisa kamu lakukan dengan waktu yang terbilang cukup fleksibel.

Misalnya kamu bisa untuk tidak melakukan streaming pada hari senin, akan tetapi kamu harus melakukan streaming selama empat hingga enam jam pada keesokan harinya. Sehingga seorang game streamer harus dengan cermat mengatur waktu dan tidak memaksakan diri melakukan streaming yang berlebihan untuk menjaga kesehatannya juga. 

Menurut informasi dari platform Game.ly, game streamer yang dikontrak oleh mereka memiliki kewajiban untuk melakukan streaming dengan durasi 80 hingga 100 jam per bulan yang berarti tiga hingga tiga setengah jam per harinya. Selain itu platform Game.ly juga memiliki ketentuan yang harus dipenuhi oleh para streamernya. Seperti memastikan konten yang dibuat bersifat interaktif, tidak boleh berbicara atau menyinggung tentang SARA, merokok selama live streaming hingga harus memberikan aura yang positif kepada para penontonnya.

Lalu bagaimana dengan pendapatannya? Seorang streamer lokal memberikan gambaran penghasilan yang bisa didapatkannya dalam sebulan yaitu sekitar Rp 21 Juta, akan tetapi jumlah tersebut belum termasuk dalam pendapatan yang bersih sebab masih harus dipotong oleh biaya agensi sebesar 30%, jadi kira-kira pendapatan yang diterimanya sekitar Rp 14 Juta. Sangat lumayan bukan? Sementara untuk luar negeri, seorang streamer internasional bisa mendapatkan berkali-kali lipat dari yang streamer lokal dapatkan tentunya. 

Source Reference Artikel:

https://hybrid.co.id/post/menjadi-game-streamer-bukan-sekadar-main-game-bersenang-senang-lalu-dapat-uang
https://www.indotelko.com/read/1592631650/begini-livegame
https://arenalte.com/berita/industri/tertarik-jadi-game-streamer-ini-5-alasan-profesi-ini-menarik-dijalankan/
https://duniagames.co.id/discover/article/ingin-jadi-game-streamer-sukses-pastikan-kamu-mengikuti-tips-ini
https://blog.trakteer.id/jadi-game-streamer-mulai-dari-mana-ckflzq49y00wvpds1bdtmcmx2

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here