31 C
Semarang
Monday, September 20, 2021

Pengertian Instagram : Sejarah, Fitur, Kelebihan, Cara Menggunakan, Fungsi dan Cara Download

Artikel Pilihan

Instagram merupakan aplikasi media sosial yang berbasis Android untuk pengguna smartphone, Blackberry, iOS untuk iPhone, Windows Phone serta PC atau komputer. Meski Instagram juga dipakai untuk berbagi video dan foto, akan tetapi prinsipnya berbeda dengan aplikasi media sosial yang lain sebab lebih mengutamakan pemakaian kata atau status.

Sama seperti aplikasi media sosial lain, anda bisa menemukan banyak orang baru dengan cara follow akun tersebut. Dengan semakin banyak pengikut, maka menandakan anda juga semakin banyak memiliki teman. Interaksi nantinya bisa dilakukan dengan Like atau suka dan komentar ke postingan atau teman. Selain itu, anda juga bisa mengirim pesan langsung atau Direct Messages [DM]. Ditambah lagi, ada juga InstaStory yang terkenal untuk saling berbagi kegiatan secara langsung atau video live.

Pengertian Instagram

Jika secara sederhana, arti dari Instagram merupakan aplikasi mobile berbasis iOS, Windows dan juga Android. Aplikasi ini membuat pengguna bisa mengedit, membidik dan juga posting video serta foto ke halaman utama di Instagram dan juga jejaring sosial yang lainnya.

Foto dan video yang dibagikan tersebut nantinya akan muncul pada feed pengguna lain yang sudah menjadi pengikut atau follower anda. Untuk sistem pertemanan yang ada di Instagram sendiri memakai istilah following serta follower. Following mengartikan anda sedang mengikut pengguna lain dan followers berarti pengguna lain yang sudah mengikuti anda.

Nantinya, semua pengguna bisa berinteraksi dengan memberi komentar serta respon suka pada foto yang dibagikan tersebut. Pada awalnya, Instagram dikembangkan startup Burbn, Inc oleh Kevin Systrom serta Mike Krieger yang berhasil membuat Instagram menjadi raksasa jejaring sosial sukses sehingga Facebook membelinya dengan jarga 1 miliar Dollar pada 9 April 2012.

Sejarah Instagram

Pada awalnya, aplikasi ini memiliki nama Burbn dari perusahaan Burbn Inc tahun 2010 dari 2 orang CEO bernama Mike Krieger dan juga Kevin Systrom. Ini merupakan perusahaan startup yang secara khusus bergerak dalam bidang pengembangan aplikasi ponsel. Pada awalnya, ini adalah aplikasi yang hanya dipakai untuk iPhone dengan banyak fitur, namun fitur tersebut dikurangi Keduanya untuk berbagi aplikasi, preferensi dan juga komentar dan menjadi awal pembentukan Instagram.

Kemudian di tahun 2012, Facebook secara resmi sudah mengambil alih manajemen dari Instagram dan logo Instagram sendiri sudah diubah dengan penampilan yang lebih elegan seperti sekarang ini.

Fitur Instagram

Pada Instagram, ada beberapa fitur yang bisa digunakan dan berikut beberapa diantaranya:

1. Kamera

Salah satu fitur unggulan yang membuat Instagram sangat digemari adalah fitur kamera. Fitur kamera tidak hanya bisa dipakai untuk mengunggah foto dari galeri namun juga untuk merekam atau membidik momen pada aplikasi tersebut lalu bisa diedit, ditambahkan caption dan juga dibagikan.

2. Editor

Fitur selanjutnya yang juga banyak dipakai adalah Editor yang bisa digunakan untuk edit foto di kamera perangkat. Akan ada 10 tool editor tingkat lanjut yang bisa dipakai untuk mengatur kontras, pencahayaan dan juga saturasi dengan sangat mudah.

Untuk update terbaru, foto tidak lagi harus berbentuk kotak namun juga sudah diberikan pilihan portrait serta landscape. Dengan begitu, anda bisa lebih bebas membagikan foto dari segala sudut tangkapan lensa yang jauh lebih besar.

3. Tag Serta Hashtag

Seperti kebanyak sosial media, pada Instagram juga terdapat tag dan hashtag. Ini berguna untuk menandai teman atau juga bisa dipakai untuk mengelompokkan foto pada satu label.

4. Caption

Caption memiliki fungsi sama seperti deskripsi yang bisa dipakai pengguna untuk memberi beberapa kata tentang foto yang sudah diunggah tersebut selain juga menambahkan hashtag.

Kelebihan Fitur Pada Instagram

Sebenarnya, peningkatan Instagram terbaru tidak jauh berbeda fungsinya dengan yang awal ditawarkan Instagram. Berikut adalah beberapa kelebihan fitur pada Instagram yang bisa digunakan:

1. Untuk Berbagi Video dan Foto

Kelebihan dari fitur yang ada dalam Instagram pertama adalah saling berbagi video dan foto. Foto yang nantinya diunggah bisa dilihat lewat Galeri Foto atau juga bisa langsung dari fitur kamera standar yang ada di Instagram. Anda sebagai pengguna bisa menambah teks dan juga filter untuk foto. Ditambah lagi, anda juga bisa menandai pengguna lain yang ada pada foto tersebut.

Foto yang akan diunggah juga bisa diedit memakai filter atau efek yang disediakan Instagram. Untuk versi awal ada 15 efek foto yang bisa digunakan ditambah dengan 15 filter yang juga bisa digunakan.

Baca Juga :  Peer to Peer Cisco Packet Tracer
Baca Juga :  Search Engine : Pengertian, Sejarah, Cara Kerja dan Contoh Macam Jenis

2. Like dan Komentar

Untuk video dan foto yang diunngah, anda sebagai pengguna bisa meninggalkan like dan juga komentar. Instagram mempunyai fungsi yang hampir sama seperti Facebook sehingga dijadikan penanda jika ada pengguna lain yang sudah menyukai foto yang diunggah tersebut.

Untuk panjang serta jumlah like foto Instagram akan menjadi faktor khusus yang berpengaruh pada popularitas foto tersebut. Selain itu, jumlah pengikut juga menjadi elemen yang penting supaya foto bisa terkenal dan akan secara otomatis pindah ke halaman populernya sendiri.

3. Explore

Di bulan Juni tahun 2012 yang lalu, Instagram sudah memperkenalkan fitur Explore atau Jelajahi yakni tab pada aplikasi yang menampilkan berbagai foto populer, pencarian dan foto yang diambil pada lokasi selanjutnya. Di Juni tahun 2015 kemudian tab ini diperbarui sehingga bisa menunjukkan tag serta lokasi yang sedang trend, konten serta kemampuan untuk mencari lokasi.

Kemudian di bulan April, Instagram kembali menambah saluran Video yang Anda Sukai ke dalam tab dan juga saluran Acara di bulan Agustus untuk menampilkan permainan, video konser, olahraga dan juga acara langsung yang lainnya.

4. Instagram Story

Instagram Story diluncurkan di bulan Agustus tahun 2016. Dengan fitur ini, maka pengguna bisa mengambil foto serta video, menambah lapisan dan efek lalu menambahkan ke flash Instagram. Konten yang nantinya diunggah ke Instagram akan langsung menghilang dalam waktu 24 jam yang serupa dengan fitur dalam Snapchat. Namun, fitur Instagram ini sudah berkembang yakni dengan menambah stiker serta efek dari foto dan video yang sudah diunggah ke dalam Instagram Story.

Di bulan November, Instagram juga menambah fitur video langsung ke Instagram atau ke Instagram Stories sehingga pengguna bisa menyiarkan langsung dan video akan langsung menghilang jika memang video sudah berhenti.

5. IGTV

Di Instagram juga terdapat IGTV yakni fitur Video Vertikal yang diluncurkan di bulan Juni 2018. Fitur ini ada pada aplikasi Instagram serta pada situs web Instagram sehingga bisa dipakai untuk unggahan yang panjang sampai 10 menit  berukuran sampai 650 MB. Untuk pengguna yang diedit serta populer maka bisa mengunggah video sampai 60 menit dengan ukuran sampai 64 GB. Fitur ini nantinya akan secara otomatis memulai video ketika dimulai.

Cara Menggunakan Instagram

Untuk menggunakan Instagram, terlebih dulu anda harus mendownloadnya di App Store jika memakai iOS atau Google Play Store jika memakai android. Sesudah diunduh, jalankan aplikasi dengan mendaftarkan akun menggunakan email valid atau juga bisa memakai akun Facebook supaya lebih mudah.

  • Silahkan klik Login jika memakai akun Facebook dan ketika jendela popup muncul, silahkan ketik email serta sandi Facebook yang anda miliki.
  • Jika sudah bisa masuk, silahkan lengkapi profilnya yakni dengan Tap pada menu ikon Kaca Pembesar lalu ketik nama pengguna yang mau dipakai.
  • Lanjutkan dengan klik profil pengguna yang mau anda jadikan teman lalu tap Follow agar bisa menjadi follower pengguna tersebut.
  • Apabila siap posting foto pertama, silahkan tap pada ikon kamera di bagian tengah menu.
  • Kemudian, silahkan pilih satu dari 3 pilihan yang disediakan yakni video, photo dan juga galery.

Fungsi Instagram

Jika dilihat secara umum, Instagram dianggap hanya untuk saling berinteraksi sosial, berbagi video dan foto serta untuk meningkatkan popularitas dengan memperbanuak teman dan pengikut. Meski benar, namun sebenarnya Instagram bisa digunakan untuk berbagai fungsi yang lainnya. Berikut adalah beberapa fungsi dari Instagram yang bisa digunakan:

1. Untuk Saling Berinteraksi Antar Pengguna

Fungsi pertama dari Instagram adalah supaya bisa saling berinteraksi antar pengguna. Nantinya, anda bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk saling berbagi video atau foto dan juga saling mengirim pesan. Terdapat juga fitur perekaman langsung atau biasa disebut dengan InstaStory yang sangat terkenal sehingga anda bisa saling berbagi secara langsung lewat video sambil berinteraksi dengan teman yang menyaksikan.

2. Mendapat Rekomendasi Tempat Liburan

Fungsi selanjutnya dari Instagram adalah supaya bisa mendapatkan rekomendasi tempat liburan. Video dan foto yang dibagikan di Instagram biasanya sangat indah sehingga bisa memberikan informasi tambahan dan ide untuk liburan. Untuk pengguna Instagram, karena bisa mendapat rekomendasi tempat wisata yang bagus tanpa harus browsing di internet.

3. Mencari Serta Berbagi Informasi

Tentunya, ada banyak pengguna Instagram dan ada sebagian yang merupakan akun non pribadi atau pribadi dengan keahlian atau informasi tertentu. Contohnya seperti informasi tutorial, misterius, kesehatan, tujuan wisata dan lain sebagainya. Untuk tutorial, anda bisa melihatnya lewat video meski memang waktunya yang terbatas.

4. Untuk Sarana Pemasaran

Sekarang ini, ada banyak penjual produk atau layanan dan pelaku bisnis yang memakai pemasaran online atau biasa disebut dengan advertising. Tidak hanya pada web resmi, namun anda juga bisa memakai media sosial untuk media pemasaran yang bisa menjelaskan dengan baik berbagai produk yang anda tawarkan.

Baca Juga :  Search Engine : Pengertian, Sejarah, Cara Kerja dan Contoh Macam Jenis

5. Untuk Media Hiburan

Instagram juga bisa dimanfaatkan sebagai media untuk menemukan banyak macam hiburan yang menyenangkan sekaligus seru. Bisa dikatakan jika sekarang ini Instagram sudah berubah menjadi media entertaining yang menyesuaikan dengan perubahan dan perkembangan kehidupan sosial sekarang ini. Comic, akun meme, dagelan sampai animator sudah banyak tersedia di Instagram.

Baca Juga :  Pengertian Konten : Macam Jenis, Syarat, Etika, Cara Membuat dan Contoh

Bahkan untuk perusahaan TV, media digital sampai artis juga sudah melirik Instagram sebagai media hiburan dan popularitasnya juga ikut meningkat.

6. Untuk Mencari Inspirasi dan Berbagai Ide Kreatif

Selain bisa dipakai sebagai media hiburan, Instagram juga bisa digunakan untuk menemukan banyak ide kreatif sekaligus inspiratif baik itu untuk produktivitas atau untuk kebutuhan yang lain. Contohnya jika anda memerlukan ide baru mengenai dekorasi ruangan atau rumah, maka ada begitu banyak contoh yang bisa ditemukan di Instagram. Belum lagi untuk membuat konten IG, editing video, desain grafis, setup komputer dan masih banyak lagi semuanya bisa anda dapatkan dengan mudah pada explore Instagram.

7. Untuk Menjadi Influencer

Menjadi seorang influencer sebenarnya tidak hanya bisa dilakukan artis dan orang tertentu namun semua orang kini juga bisa menjadi influencer. Untuk itu, anda bisa memanfaatkan Instagram untuk menjadi influencer khususnya jika anda memiliki skill serta daya tarik yang tidak dipunyai pengguna lainnya.

Instagram bisa dijadikan plaform sosial media yang bisa membentuk influencer. Jika anda menjadi seorang influencer, maka nantinya bisa memperoleh pemasukkan baik itu berbentuk endorse, review dari penjualan produk, menjual produk sendiri dan lain sebagainya.

8. Untuk Berbisnis Secara Online

Manfaat berikutnya dari Instagram adalah sebagai media berbisnis secara online. Pengguna Instagram akan terus meningkat dari tahun ke tahun sehingga bisa dijadikan peluang yang baru untuk bisnis online. Selain itu, pemakaian Facebook Ads juga sudah terinegrasi dengan Instagram yang juga bisa dijadikan strategi baru untuk Internet Marketer untuk menjual produk secara cepat dan juga efisien.

Cara Download Instagram Untuk Laptop

Bisa dikatakan jika Instagram saat ini menjadi salah satu media sosial yang sangat disukai khususnya untuk bagian video dan foto. Dengan Instagram, maka pengguna bisa menikmati berbagai fotir yang sudah disediakan sehingga bisa saling bersosialisasi. Sekarang ini, anda juga bisa mendownload Instagram di laptop atau PC dengan cara yang mudah dan berikut tahapan yang harus dilakukan:

  • Buka menu start kemudian cari aplikasi Store.
  • Nantinya akan muncul kotak pencarian pada bagian sudut kanan atas kemudian silahkan ketik Instagram.
  • Sesudah itu, silahkan anda install serta tunggu hingga proses downloadnya selesai kemudian jalankan.
  • Sesudah aplikasi bisa terinstall, maka anda akan diminta untuk memasukkan username serta password supaya anda bisa login. Umumnya, aplikasi untuk laptop atau PC ini hanya bisa didownload untuk Windoes 10.

Cara Menggunakan Instagram di Laptop Memakai Emulator Box

Sebetulnya, ada begitu banyak emulator yang bisa anda download, namun biasanya emulator cukup berat meski menyediakan banyak fitur yang bagus namun kurang performance serta butuh video graphic memadai sehingga bisa dikatakan kurang tepat untuk notebook atau laptop low end yang memiliki spesifikasi rendah.

Ada beberapa contoh emulator yang bisa anda gunakan seperti Memu, Nox dan juga Koplayer. Berikut ini adalah beberapa panduan yang bisa digunakan untuk emulator Nox mengingat performanya yang baik:

  • Silahkan download emulator Nox pada website resminya.
  • Sesudah download selesai dilakukan, maka ikuti instalasi serta setujui semua ketentuan yang sudah ditetapkan.
  • Silahkan tunggu hingga proses instalasinya selesai yang biasanya membutuhkan waktu antra 10 hingga 15 menit tergantung dari spec PC yang anda miliki.
  • Sesudah proses instalasi selesai serta masuk ke tampilan awal android Nox, lau masuk ke Play Store.
  • Nantinya anda akan diberikan pilihan untuk membuat akun yang baru atau memakai akun yang sudah ada.
  • Sesudah melakukan persetujuan serta beberapa ketentuan yang ada di Play Store, silahkan cari kemudian ketik Instagram pada kotak pencarian Play Store.
  • Cari Instagram pada Kotak Pencarian seperti yang biasa dilakukan ketika menggunakan gadget pada umumnya.
  • Sesudah itu silahkan install dan tunggu hingga proses downloadnya selesai.
  • Sesudah selesai, silahkan buka aplikasinya dan Instagram sudah bisa anda pakai.
  • Anda nantinya bisa login memakai akun yang telah ada atau memakai akun baru. Jika memakai Facebook untuk masuk, maka terlebih dulu harus mendownloadnya kemudian login di Play Store.

Gratis Unduh Aplikasi Smartphone Instagram

Free Download Instagram Last Update VersionOfficial Download Link
Instagram for AndroidGoogle Play Store
Instagram for iOSApple App Store

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending

Artikel Serupa