Pengertian Twitter : Sejarah, Manfaat, Jenis Iklan, Fungsi Hastag dan Contoh Tips Marketing

0
24

Hadirnya Twitter sekarang ini sudah membuktikan jika teknologi terus maju di seluruh dunia. Twitter adalah salah satu media sosial yang banyak digunakan untuk saling berkomunikasi lewat internet. Twitter berguna untuk jaringan informasi yang bisa memuat sampai 140 karakter untuk setiap tweet. Sedangkan manfaat yang bisa didapatkan juga sangat banyak tergantung dari kebutuhan.

Contohnya, Twitter bisa dipakai untuk sumber berita paling baru dan juga memberi informasi yang lebih banyak tentang segala hal yang anda suka. Untuk itu, jika anda punya akun Twitter namun tidak bisa dimanfaatkan maksimal, maka akan sangat disayangkan.

Sejarah Twitter

Pada awalnya, Twitter didirikan oleh beberapa orang yakni Boz Stone, Jack Dorsey, Noah Glass dan juga Evan Williams tanggal 21 Maret tahun 2006 yang lalu di San Fransisco, America Serikat. 

Pertama kalinya, Twitter diperkenalkan Jack Dorsey di acara diskusi yang dibuat Odeo yakni perusahaan podcast. Jack Dorsey sendiri merupakan mahasiswa sarjana Universitas New York yang memberikan ide tentang penggunaan layanan pesan singkat untuk komunikasi pada kelompok kecil sehingga bisa terjadi interaksi.

Jack Dorsey adalah seorang karyawan Odeo, sementara Biz Stone serta Evan Williams berasal dari Google. Awalnya, Twitter dipakai untuk layanan internal karyawan Odeo serta versi lengkapnya kemudian dirilis untuk publik di tanggal 15 Juli 2006.

Kemudian pada akhir tahun 2006, mereka mendirikan perusahaan bernama Obvious Corp sebagai perusahaan mandiri pada bulan April 2007 memakai nama Twitter, Inc. Sedangkan nama kode singkat asli adalah Twtrr yakni gagasan dari Evan Williams yang terinspirasi dari Flickr serta kode singkat SMS Amerika yang jumlahnya 5 digit.

Pada awalnya, developer memberi angka 10958 untuk kode singkat layanan Twitter. Akan tetapi kembali diubah menjadi 40404 supaya bisa lebih mudah diingat. Project tersebut mulai dikerjakan pada tanggal 21 Maret yakni pada saat Jack Dorsey mempublikasikan pesan singkat Twitter untuk pertama kalinya di jam 9:50 PM PST.

Ketika itu, pesan singkat memang populer contohnya seperti AOL Instant Messenger. Karena itulah, Jack Dorsey ingin menggabungkan ide awalnya untuk membentuk layanan pesan singkat atau instan sebagai asal mula dari Twitter. Konsep awal Twitter ini adalah sistem yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim pesan yang bisa dibaca semua temannya.

Sesudah melewati beberapa kali revisi, barulah Twitter bisa dijadikan layanan jejaring sosial yang memiliki fitur posting pesan singkat atau status serta beberapa fitur yang menarik lainnya.

Kemudian, Twitter mulai populer di tahun 2007 bertepatan dengan diadakannya festival musik populer bernama South by Southwest. Ketika acara tersebut berlangsung, maka penggunaan Twitter ikut meningkat sampai 40 ribu tweets per hari yakni 20 ribu tweets per hari pada awalnya dan menjadi 60 ribu tweets per hari.

Manfaat Twitter

1. Sebagai Media Komunikasi

Sama seperti media sosial yang lain, Twitter adalah media untuk berkomunikasi sehingga penggunanya bisa saling berinteraksi. Dengan menggunakan Twitter, maka nantinya anda bisa mengirim pesan untuk pengguna lainnya secara terbuka atau personal.

Twitter bisa menghubungkan pengguna satu dengan yang lain di seluruh dunia kapan saja dan di mana saja asalkan masih ada akses internetnya.

2. Untuk Saling Berbagi Pendapat, Informasi dan Berita

Kegunaan lainnya dari Twitter adalah untuk saling berbagi pendapat, informasi dan juga berita pada pengguna lain dengan cara membuat tweet. Anda bisa membuat sebuah tulisan kemudian klik pada tombol Tweet  untuk posting tulisan tersebut. Anda juga bisa berbagi informasi dari akun pengguna lainnya dengan cara retweet tulisan pengguna lain.

Baca Juga :  Pengertian Instagram : Sejarah, Fitur, Kelebihan, Cara Menggunakan, Fungsi dan Cara Download

3. Untuk Saling Berbagi Informasi

Ada banyak akun motivasi yang bisa ditemukan berisi kata bijak serta pembangkit semangat hidup di Twitter. Bahkan, anda juga bisa follow supaya bisa selalu melihat postingan terbaru di timeline.

Anda juga bisa memberikan komentar, menyukai dan juga retweet informasi tersebut. Biasanya, kata motivasi yang sering dibaca nantinya bisa memberi energi positif baik untuk aktivitas atau psikologis.

4. Sebagai Media Bisnis

Twitter juga bisa dijadikan sebagai media bisnis baik itu untuk promosi atau pemesanan karena bisa menjangkau para followers anda. Nantinya, anda hanya perlu menulis sebuah tweet tentang bisnis yang anda punya kemudian dibagikan pada publik.

Jika ini dilakukan, maka nantinya banyak orang yang mengenal bisnis anda dan akan mengomentari atau menghubungi anda jika memang berminat. Bahkan, pengguna bisa meretweet sehingga informasi tentang bisnis yang anda miliki bisa menjangkau pengguna lebih banyak lagi.

5. Untuk Menggerakkan dan Mempengaruhi Massa

Kegunaan dari Twitter yang selanjutnya adalah untuk menggerakkan dan mempengaruhi massa. Anda nantinya bisa mengajak orang untuk mengikuti pandangan atau ajakan yang anda punya.

Bisa dikatakan jika Twitter bisa anda pakai untuk menggerakkan massa dengan cara membuat tweet yang isinya berbentuk kata persuasif atau ajakan yang memiliki tujuan tertentu. Contohnya ajakan untuk memilih calon presiden satu atau dua.

6. Sebagai Media Hiburan

Sebetulnya Twitter sama seperti media sosial lain karena bisa dijadikan hiburan ketika anda memiliki waktu senggang. Di Twitter, anda bisa menemukan banyak cerita lucu atau menarik, video serta foto yang bisa menghibur. Ditambah lagi, akan ada banyak informasi yang menarik sehingga bisa dimanfaatkan untuk mengisi waktu luang anda.

7. Untuk Memperdalam Kemampuan Menulis

Manfaat berikutnya dari Twitter adalah supaya anda nantinya bisa saling berbagi tulisan singkat untuk orang lain baik dalam bentuk informasi, cerita atau pandangan yang anda miliki pada suatu hal.

Hobi menulis anda nantinya juga akan mengasah kemampuan anda dalam menulis sehingga semakin baik. Ditambah lagi ketika anda menulis opini atau pandangan, maka pola berpikir kritis yang anda miliki juga semakin terasah dengan baik.

Jenis Iklan Twitter

Sama sepertu layanan advertising lainnya, Twitter Ads adalah salah satu fitur yang bisa anda pakai untuk memasang iklan pada platform Twitter. Dari situs resmi milik Twitter dikatakan jika iklan akan ditampilkan di timeline user dengan ikon “Promoted” atau dalam bahasa Indonesia “dipromosikan”. Kemungkinan besar anda juga sudah sering menemukan konten yang memiliki label iklan pada Twitter yang ditampilkan pada beranda.

Memasang iklan pada Twitter menjadi cara yang bagus untuk menampilkan tweet anda pada orang yang tidak mengikuti akun anda. Nantinya, anda bisa menjangkau pengguna baru terutama yang bukan followers akun anda sehingga bisa tertarik dengan iklan yang anda miliki.

Sebaiknya, buat konten iklan yang menarik dalam bentuk gambar, tulisan atau video sehingga akan ada banyak user yang mengambil tindakan. Ditambah lagi, harga untuk iklan di Twitter juga bisa dikatakan tidak terlalu mahal. Jika anda tertarik, berikut adalah beberapa jenis Twitter Ads yang bisa anda gunakan:

1. Promoted Tweets

Promoted tweets atau tweet promosi memiliki format yang hampir serupa dengan tweet biasa. Perbedaannya adalah anda sebagai pemasang iklan harus membayar ke Twitter supaya nantinya tweet bisa disematkan dengan ikon Promoted di bagian sudut kiri bawah.

Baca Juga :  Pengertian Syntax : Fungsi, Macam Jenis, dan Contohnya

Sama seperti tweet biasanya, tweet promosi juga bisa dikreasikan dalam bentuk format video berdurasi sekitar 60 detik. Selain tweet promosi juga bisa membuat target audiens yang dikehendaki pemasang iklan.

2. Promoted Accounts

Jenis iklan Twitter berikutnya yang bisa digunakan adalah promoted accounts. Apabila promoted tweets hanya berguna untuk promosi tweet, maka promoted account hanya digunakan untuk mengiklankan akun secara sekaligus.

Jenis Twitter Ads ini berguna untuk anda yang mau meningkatkan followers secara organik. Sama seperti tweet promosi, nantinya akun yang akan dipromosikan juga akan diberi label “promoted” pada bagian kiri bawah.

Namun jenis iklan Twitter ini juga akan menambah akun pengiklan dan juga tombol follow ketika muncul di beranda para penggunanya. Selain itu jika anda memanfaatkan promoted accounts, maka akun anda akan masuk ke dalam akun yang disarankan untuk difollow pengguna yang sudah ditargetkan.

3. Promoted Trends

Anda yang sudah sering menggunakan Twitter tentu telah mengetahui tombol trending topic Twitter yang didalamnya ada daftar yang sedang trending secara real time. Jenis Twitter Ads yang satu ini bisa digunakan untuk mempromosikan tweet trending lewat Twitter supaya bisa semakin banyak dilihat orang.

Pengguna nantinya bisa langsung berinteraksi dengan jenis iklan tersebut saat membuka tab trending topic pada Twitter baik lewat aplikasi atau desktop. Salah satu tampilan promoted trends nantinya akan disertai dengan “promoted” pada bagian kiri bawah sama seperti kedua jenis iklan yang sebelumnya.

4. Automated Ads

Jika anda tidak yakin dengan iklan yang mau dibuat di Twitter, maka bisa membuat mode promosi Twitter atau Twitter Promote Mode. Secara otomatis mode ini akan mempromosikan tweet serta brand yang anda miliki sesuai dengan target audiens yang juga tepat. Dengan mode ini, nantinya anda tidak harus susah menyiapkan kampanye untuk iklan.

Hashtag Pada Twitter

Penggunaaan hashtag atau tanda pagar [#] pertama kalinya digunakan Chris Messina yakni seorang web marketing secialist Twitter. Pemakaian hashtag ini pertama kalinya digunakan saat musim panas tahun 2007.

Messina menyarankan pemakaian hashtag ini untuk penanda tweets yang berkaitan dengan satu topik. Dimulai sejak itu, pemakaian hashtag semakin luas dan tidak hanya dipakai untuk Twitter namun juga untuk banyak platform media sosial yang lain.

1. Pengertian Hashtag Twitter

Hashtag merupakan frasa kata kunci yang dieja tanpa menggunakan spasi yakni diletakkan di bagian depan. Contohnya seperti #bayi dan #OutfitOfTheDay. Hashtag tersebut mengikat percakapan publik dari seluruh pengguna berbeda ke satu aliran.

Anda nantinya bisa menemukannya dengan cara mencari kata kunci, klik hashtag atau memakai tools. Supaya hashtag itu bisa tampil di semua penelusuran postingan, maka hashtag harus memiliki sifat publik.

2. Cara Kerja Hashtag Twitter

Hashtag Twitter menghubungkan percakapan dari banyak pengguna menjadi suatu kumpulan. Apabila pengguna Twitter yang tidak saling terhubung memakai hashtag yang sama, maka tweet akan tampil di kumpulan yang sama juga.

Hashtag populer nantinya akan ditampilkan di laman trending Twitter dan anda bisa mencari hashtag yang spesifik pada kolom pencarian.

Hasil dari pencarian hashtag nantinya akan ditampilkan dalam beberapa kolom, seperti:

  • Top: Kumpulan tweet memakai hashtag yang paling banyak berinteraksi dan umumnya tweet dari brand atau prang yang memang berpengaruh dan punya banyak pengikut.
  • Latest: Kumpulan tweet terbaru dari seluruh orang yang membuat tweet memakai hashtag tersebut.
  • People: Daftar akun Twitter paling atas untuk diikuti berhubungan dengan hashtag tersebut.
  • Photos: Kumpulan foto yang ditambahkan dalam tweet yang memakai hashtag tersebut.
  • Videos: Kumpulan tweet memakai hashtag tersebut yang punya video didalamnya.
Baca Juga :  Pengertian Enkripsi : Arti, Mekanisme, Manfaat, dan Contoh Terlengkap

Kegunaan Hashtag Pada Twitter

Pemakaian hashtag di Twitter sekarang ini punya peranan penting termasuk untuk social media marketing. Berikut adalah beberapa kegunaan dari hashtag:

1. Untuk Menghasilkan Engagement Dengan Followers

Dengan menambah hashtag di postingan menandakan anda ikut ada percakapan yang ada pada platform media sosial yakni Twitter. Nantinya, post tersebut bisa terlihat di dalam percakapan. Hal ini bisa mengarah ke keterlibatan yang lebih besar termasuk keterlibatan media sosial bran yang anda miliki lewat share, like, komentar dan juga followers yang baru.

2. Kesempatan Membangun Brand

Dengan membuat hashtag khusus untuk brand, maka sangat efektif untuk promosi bisnis sekaligus mendorong percakapan para penggunanya.

3. Untuk Memperlihatkan Dukungan Pada Masalah Sosial

Memakai hashtag yang berhubungan dengan masalah di luar brand menjadi cara yang bagus untuk ikut terlibat di dalam masalah sosial yang sedang dibicarakan followers. Dengan begitu, minat followers dengan brand yang anda miliki bisa semakin bertambah.

4. Menambah Konteks di Post Media Sosial

Di Twitter anda memang tidak punya banyak ruang untuk menuliskan teks. Anda hanya punya 280 karakter untuk setiap satu postingan tweet. Meski begitu, postingan di Twitter tetap bisa efektif sama seperti Instagram, Facebook dan berbagai platform lainnya. Ini disebabkan sedikit teks lebih baik asalkan isinya bisa berbobot.

Memakai hashtag menjadi cara untuk mengontekskan yang sedang anda bicarakan tanpa perlu memakai banyak karakter. Anda nantinya juga bisa mengelompokkan beberapa postingan dengan konteks sama pada satu hashtag saja.

5. Membantu Target Audiens Untuk Menemukan Brand

Hashtag di Twitter maupun media sosial lainnya seperti LinkedIn dan Instagram bisa digunakan untuk mengikuti hashtag yang dibuat oleh pengguna lainnya. Dengan memakai hashtag yang populer, maka brand anda bisa lebih mudah ditemukan para pengguna lainnya.

Contohnya jika anda memakai #Food di post, maka orang yang sedang mengikuti hashtag tersebut juga akan melihat postingan baru yang anda buat pada feed pengguna tersebut.

Tips Menggunakan Hashtag di Twitter

1. Perhatikan Influencer Serta Pesaing Pada Twitter

Untuk langkah awal, sebaiknya lakukan analisis kompetitif pada Twitter. Mulailah mengumpulkan informasi mengenai influencer serta pesaing yang relevan pada niche market yang anda miliki.

Kemudian, catat hashtag yang sering dipakai serta berapa banyak tagar yang dipakai pada postingan. Nantinya ini bisa membantu anda untuk mempelajari cara pesaing terlibat serta melihat kata kunci yang sering dipakai.

2. Cari Hashtag yang Relevan Dengan Brand Anda

Jika anda sudah mengerti mengenai hashtag yang efektif, maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah mempertimbangkan memakai tagar yang relevan.

Ini bisa dikatakan lebih spesifik dibandingkan dengan hashtag populer dan bisa membuat anda bisa terhubung dengan audiens yang lebih ditargetkan.

3. Analisis Hashtag yang Sudah Berhasil di Postingan Sebelumnya

Menganalisis hashtag yang sudah berhasil di postingan sebelumnya juga sangat penting dilakukan. Analisis posy mana saja yang terpopuler kemudian lihat apakah terdapat trend untuk hashtag yang anda pakai.

Apabila ada beberapa postingan terpopuler selalu menggunakan tagar yang sama, maka gunakan tagar tersebut untuk postingan berikutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here