26 C
Semarang
Saturday, November 26, 2022

Apa itu JDK? Pengertian Java Development Kit

Adam Muiz
Adam Muizhttps://adammuiz.com/
The only thing I know is that on the other side of a decision, I'm there. And if I'm there, no matter what path I go, there'll always be something to love.

Artikel Pilihan

JDK (Java Development Kit) adalah lingkungan pengembangan perangkat lunak lintas platform yang menawarkan kumpulan alat dan pustaka yang diperlukan untuk mengembangkan aplikasi dan applet perangkat lunak berbasis Java.

JDK merupakan paket inti yang digunakan di Java, bersama dengan JVM (Java Virtual Machine) dan JRE (Java Runtime Environment).

Pemula sering bingung dengan JRE dan JDK, jika hanya tertarik menjalankan program Java di perangkat, maka dapat dengan mudah melakukannya menggunakan Java Runtime Environment.

Namun, jika ingin mengembangkan aplikasi perangkat lunak berbasis Java maka selain menggunakan JRE mungkin memerlukan beberapa alat tambahan yang diperlukan, yang disebut JDK.

Pengertian JDK

Java Development Kit (JDK) adalah salah satu dari tiga paket teknologi inti yang digunakan dalam pemrograman Java, bersama dengan JVM (Java Virtual Machine) dan JRE (Java Runtime Environment).

Penting untuk membedakan antara ketiga teknologi ini, serta memahami bagaimana mereka terhubung:

  1. JVM adalah komponen platform Java yang mengeksekusi program.
  2. JRE adalah bagian pada disk dari Java yang membuat JVM.
  3. JDK memungkinkan pengembang untuk membuat program Java yang dapat dieksekusi dan dijalankan oleh JVM dan JRE.

Pengembang atau Developer yang baru mengenal Java sering bingung antara Java Development Kit dan Java Runtime Environment.

Perbedaannya yaitu bahwa JDK adalah paket alat untuk mengembangkan perangkat lunak berbasis Java, sedangkan JRE adalah paket alat untuk menjalankan kode Java.

JRE dapat digunakan sebagai komponen mandiri untuk menjalankan program Java, tetapi juga merupakan bagian dari JDK. JDK membutuhkan JRE karena menjalankan program Java adalah bagian dari pengembangannya.

JDK & Kompiler Java

Selain JRE, yang merupakan lingkungan yang digunakan untuk menjalankan aplikasi Java, setiap JDK berisi compiler Java. Compiler (Kompilator) adalah program perangkat lunak yang mampu mengambil file .java mentah–yang berupa teks biasa–dan mengubahnya menjadi file .class yang dapat dieksekusi.

Isi JDK

JDK memiliki Java Virtual Machine (JVM) personal dan beberapa sumber daya lain yang diperlukan untuk pengembangan Aplikasi Java.

JDK berisi:

  • Java Runtime Environmen (JRE),
  • An interpreter/loader (Java),
  • Compiler/Kompiler (javac),
  • Archiver atau Pengarsip (jar) dan banyak lagi.

Java Runtime Environment pada JDK biasanya disebut Private Runtime karena terpisah dari JRE biasa dan memiliki konten tambahan. Runtime pada JDK berisi JVM dan semua libraries kelas yang ada di lingkungan produksi, serta libraries tambahan yang berguna untuk pengembang, misalnya, libraries internasionalisasi dan libraries IDL.

JDK Paling Populer:

  • Oracle JDK: JDK paling populer dan distributor utama Java11,
  • OpenJDK: Siap digunakan: JDK 15, JDK 14, dan JMC,
  • Azul Systems Zing: JDK yang efisien dan latensi rendah untuk os Linux,
  • Sistem Azul: merek Zulu berbasis untuk Linux, Windows, Mac OS X,
  • IBM J9 JDK: untuk AIX, Linux, Windows, dan banyak OS lainnya,
  • Amazon Corretto: opsi terbaru dengan build OpenJDK tanpa biaya dan dukungan jangka panjang.

Memulai Menggunakan JDK

Saat mengunduh JDK, pengguna harus memilih versi Java yang ingin digunakan. Java 8 adalah versi yang paling umum digunakan, tetapi pada saat penulisan ini Java 11 adalah rilis dukungan jangka panjang (LTS).

Paket JDK

Selain memilih versi Java, pengguna juga perlu memilih paket Java. Paket adalah Kit Pengembangan Java yang ditargetkan untuk berbagai jenis pengembangan. Paket yang tersedia adalah Java Enterprise Edition (Java EE), Java Standard Edition (Java SE), dan Java Mobile Edition (Java ME).

Pengembang pemula terkadang tidak yakin paket mana yang benar untuk proyek mereka. Umumnya, setiap versi JDK berisi Java SE. Jika ingin mengunduh Java EE atau Java ME, maka juga akan mendapatkan edisi standarnya.

Misalnya, Jave EE adalah platform standar dengan alat tambahan yang berguna untuk pengembangan aplikasi perusahaan seperti Enterprise JavaBeans atau dukungan untuk Pemetaan Relasional Objek.

Juga tidak sulit untuk beralih ke JDK lain di masa mendatang jika merasa perlu. Jangan terlalu khawatir tentang memilih versi Java dan paket JDK yang benar saat baru memulai.

Kompatibilitas Versi JDK

Karena JDK menyediakan kompiler untuk program Java, JDK yang digunakan menentukan versi Java yang dapat dikodekan. Misalnya, jika ingin menggunakan fitur pemrograman fungsional yang lebih baru yang ditemukan di Java 8 (seperti panah operator Lambda) , maka memerlukan setidaknya Java 8 JDK untuk kompilasi. Jika tidak, perintah javac akan menolak kode dengan kesalahan sintaks.

Sumber Referensi

https://www.infoworld.com/article/3296360/what-is-the-jdk-introduction-to-the-java-development-kit.html
https://www.geeksforgeeks.org/jdk-in-java/
https://www.techspot.com/downloads/5553-java-jdk.html

Salam kenal dari Adam Muiz !
Support mencapai 10K Subscriber yuk
😁 Terimakasih
Follow Adam Muiz on WordPress.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending

Artikel Serupa

Download Gratis