24.1 C
Semarang
Wednesday, January 26, 2022

Pengertian Perangkat Lunak : Sejarah, Fungsi, Jenis, Macam dan Contoh

Artikel Pilihan

Perangkat lunak tidak memiliki bentuk fisik yang berbeda dengan perangkat keras yang punya bentuk fisik. Perangkat lunak pada komputer berarti kumpulan data elektronik yang tersimpan dan dikendalikan perangkat komputer.

Data elektronik ini bisa berbentuk program atau onstruksi yang nantinya akan menjalankan perintah khusus. Untuk itu, dalam sebuah komputer atau laptop harus terinstall perangkat lunak supaya komputer atau laptop bisa dioperasikan.

Pengertian Perangkat Lunak

Perangkat lunak atau dalam bahasa Inggris disebut dengan software merupakan kumpulan berbagai perintah yang akan dieksekusi mesin komputer untuk melakukan tugasnya. Perangkat lunak adalah catatan untuk mesin komputer supata bisa menyimpan perintah, dokumen atau arsip penting lainnya.

Perangkat lunak adalah data elektronik yang tersimpan oleh komputer dalam bentuk program atau instruksi yang dijalankan memakai perintah atau catatan yang dibutuhkan komputer untuk melakukan tugas yang dijalankan.

Pengolahan di perangkat lunak membutuhkan beberapa hal seperti program, sistem operasi serta data. Perangkat lunak akan mengatur sedemikian rupa sehingga bisa dimengerti mesin komputer.

Sejarah Perangkat Lunak

Perangkat lunak merupakan istilah umum untuk data yang diformat serta disimpan secara digital. Ini termasuk dokumentasi, program komputer dan informasi sehingga bisa dibaca serta ditulis komputer atau bisa disebut sebagai bagian sistem komputer yang tidak memiliki wujud.

  • Era pioner: Perangkat lunak adalah satu kesatuan dengan perangkat lunak.
  • Era stabil: Perangkat lunak bisa menjalankan beberapa fungsi, melayani banyak pengguna dan sistem basis data yang memisahkan program dengan data mulai dikenal.
  • Era mikro: Perangkat lunak dibedakan menjadi 2 yakni perangkat lunak sistem untuk mengatasi masalah internal dan perangkat lunak aplikasi yang dipakai untuk kebutuhan tertentu.
  • Era modern: Masukkan berbentuk suara serta gambar mulai dikenal serta perangkat lunak komputer berdasarkan distribusinya yang dibedakan menjadi beberapa jenis. Diantaranya adalah software berbayar dan software gratis.

Fungsi Perangkat Lunak

  • Untuk mengidentifikasi program.
  • Untuk menyiapkan aplikasi program sehingga tata kerja semua perangkat komputer bisa terkontrol.
  • Untuk mengatur serta membuat pekerjaan jadi lebih efisien.
  • Untuk sarana interaksi penghubung pengguna dengan perangkat keras.
  • Untuk menerjemahkan perintah perangkat lunak lainnya ke bahasa mesin sehingga bisa dimengerti komputer.

Jenis Perangkat Lunak

1. Perangkat Lunak Berbayar

Perangkat lunak berbayar dikembangkan oleh komputer dan bisa digunakan. Namun untuk bisa menggunakan fitur serta update terbaru, maka pengguna harus membayar dengan harga tertentu.

Walau sudah membeli, namun pengguna tetap tidak akan mendapat lisensi untuk membuat copy dan disebarluaskan ke pengguna komputer lain. Beberapa produk perangkat lunak berbayar diantaranya adalah Corel Draw, Adobe Photosoft, Microsoft Windows, Microsoft Office dan sebagainya.

2. Freeware

Ini merupakan perangkat lunak bersifat gratis dan bisa dipakai tanpa batasan waktu. Umumnya developer membuat perangkat lunak jenis ini untuk komunitas tertentu dengan hak cipta yang tetap dipertahankan untuk melakukan pengembangan lanjutan. Beberapa contoh produk dari freeware diantaranya adalah Mozilla Firefox, Google Chrome dan sebagainya.

3. Free Software

Pada awalnya, pengguna harus membeli perangkat lunak jenis ini. Akan tetapi, pengguna bisa dengan bebas menggandakan, memodifikasi dan mendistribusikan. Yang dimaksud dengan gratis disini adalah pada beberapa komponen tersebut sehingga berbeda dengan freeware.

4. Shareware

Shareware adalah perangkat lunak yang juga bisa dipakai secara gratis namun dengan batas waktu untuk penggunaannya. Shareware adalah program khusus yang didistribusikan sebagai software versi demonstrasi atau evaluasi.

Pengembang akan membatasi fungsi dan fitur yang bisa dipakai oleh pengguna. Sedangkan batas waktu pemakaiannya contohnya seperti hanya 1 bulan. Jika mau menggunakan seluruh fitur, maka pengguna harus membelinya lebih dulu.

5. Malware

Malware adalah perangkat lunak yang dianggap sebagai perusak sehingga bisa berbahaya ketika disalahgunakan. Tujuan dari dibuatnya perangkat lunak ini adalah untuk menyusup dan bahkan merusak sistem jaringan komputer tanpa izin pemiliknya.

Istilah malware sudah biasa digunakan untuk penamaan perangkat lunak yang mengganggu perangkat komputer. Contohnya seperti adware, spyware, virus komputer dan lainnya.

6. Open Source Software

Perangkat lunak ini bersifat terbuka sehingga bisa diakses secara gratis. Seperti namanya, kode sumbernya terbuka sehingga dapat dipelajari dan dimodifikasi supaya fungsinya bisa ditingkatkan. Perangkat lunak ini juga bisa disebarluaskan oleh pengguna dan biasanya dikelola komunitas tertentu.

Walau bersifat terbuka, namun tetap harus dipakai sesuai ketentuan serta etika yang sudah ditentukan. Contoh dari perangkat lunak ini adalah Linux yang berguna sama seperti Microsoft Windows.

Macam-macam Perangkat Lunak

1. Sistem Operasi atau Operating System

Sistem operasi adalah program untuk mengendalikan sistem kerja mendasar sehingga bisa mengatur kerja media input, output, memori, tabel pengkodean, penjadwalan prosesor dan sebagainya.

Sistem operasi perangkat lunak bertugas untuk mengatur semua proses, menerjemahkan masukkan, mengelola pemakaian memori, mengatur proses internal serta memberi keluaran ke peralatan yang sesuai.

2. Program Aplikasi atau Application Programs

Program aplikasi merupakan perangkat lunak yang dirancang khusus untuk keperluan tertentu. Contohnya seperti program pengolahan data, mengelola lembar kerja, desain grafis, program presentasi dan sebagainya.

3. Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman atau perangkat lunak bahasa merupakan program yang dipakai untuk menerjemahkan instruksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman ke bahasa mesin memakai aturan tertentu agar bisa diterima komputer.

Bahasa pemrograman berguna untuk konversi arsitektur seta algoritma rancangan manusia ke format yang dijalankan komputer. Contohnya seperti COBOL, BASIC, Pascal, FOTRAN, C++ dan sebagainya.

4. Program Bantu atau Utility

Ini adalah perangkat lunak yang berguna sebagai aplikasi pembantu kegiatan yang berhubungan dengan komputer. Contohnya seperti copy data, format disket, kompres file dan sebagainya.

Contoh Perangkat Lunak

1. Software System

Ada beberapa perangkat lunak yang bisa dipakai untuk sistem operasi komputer. Contohnya seperti Mac, Linux dan juga Windows. Sistem operasi Windows lebih banyak dipakai sebab lebih terjangkau dibandingkan dengan Mac.

2. Software Browser

Saat sedang mencari informasi tertentu, maka umumnya akan dilakukan memakai bantuan situs pencari. Beberapa contoh perangkat lunak tersebut adalah Internet Explorer, Opera Mini, Mozilla Firefox, Chrome dan lainnya.

Dilihat dari banyaknya pengguna, Chrome menempati posisi yang paling tinggi. Ini disebabkan karena tampilan Chrome lebih rapi sehingga lebih nyaman untuk dipakai.

3. Microsoft Office

Perangkat lunak ini berguna untuk menunjang urusan perkantoran. Contohnya seperti akuntansi, mengetik dokumen, media presentasi dan sebagainya. Contoh dari perangkat lunak ini diantaranya adalah Excel, Microsoft Word, Outlook, Powerpoint, Publisher dan lainnya.

4. Paint Software

Perangkat lunak ini berguna untuk mengolah desain atau gambar. Pengguna nantinya bisa membuat pola atau memanipulasi gambar tertentu, editing dan lainnya. Contoh dari perangkat lunak ini adalah Adobe Photoshop, Corel Draw, Paint dan sebagainya.

5. Software Antivirus

Serangan virus bisa terjadi di semua komputer terutama jika sering digunakan untuk berselancar di dunia maya, mengunduh file dan lainnya. Untuk itulah, komputer perlu sistem perlindungan supaya tidak mudah diserang virus. Contoh dari perangkat lunak ini adalah Norton, AVG, Smadav dan lainnya.

Sumber Referensi

https://kamus.tokopedia.com/p/perangkat-lunak/
https://id.wikipedia.org/wiki/Perangkat_lunak
https://tirto.id/perangkat-lunak-komputer-pengertian-jenis-fungsi-dan-contohnya-gaxc
https://www.advernesia.com/blog/komputer/apa-itu-software-atau-perangkat-lunak-komputer/
https://salamadian.com/pengertian-perangkat-lunak-software/
https://www.gurupendidikan.co.id/perangkat-lunak-komputer/

[Total: Rata-rata: ]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending

Artikel Serupa