Kenapa Bosan Bikin Ngantuk ? Begini Solusinya

Adam Muiz
Adam Muizhttps://adammuiz.com/
The only thing I know is that on the other side of a decision, I'm there. And if I'm there, no matter what path I go, there'll always be something to love.

Artikel Pilihan

Tidur nyenyak ataupun tidak saat malam, seringkali tidak memberikan efek saat mengantuk karena bosan. Sains dapat menjelaskan alasan kenapa ini bisa terjadi.

Diterbitkan di jurnal Nature Communications, tim peneliti Jepang dan Cina melakukan penelitian untuk menentukan mengapa orang mengantuk saat bosan, menurut laporan Reader’s Digest.

Alasan Kenapa Tetap Ngantuk Walaupun Kebutuhan Fisik Sudah Terpenuhi

Kebutuhan fisik berupa tidur nyenyak yang cukup serta mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat tidak dapat mencegah rasa kantuk saat bosan.

Ternyata, nucleus accumbens bagian otak yang memengaruhi motivasi dan kesenangan, juga berefek pada kantuk seseorang.

Jika wilayah ini tidak dirangsang, otak akan mengirimkan sinyal untuk tertidur.

Neuron ini sangat kuat sehingga kita tidak dapat melihat perbedaan antara tidur yang disebabkan oleh kebosanan dan tidur biasa yang dikenal sebagai tidur gelombang lambat.

Yo Oishi, penulis utama studi tersebut, menjelaskan bahwa “adenosin somnogen klasik adalah kandidat kuat untuk membangkitkan efek tidur di nucleus accumbens”.

Adenosin mewakili keadaan kekurangan energi dan menginduksi tidur melalui reseptor adenosin.

Minum Kopi Tapi Masih Tetap Ngantuk ? Begini Solusinya

Untuk mengatasi rasa lelah dan kantuk biasanya orang menyarankan minum kopi, yang tidak selalu membantu.

“Ketika kopi saja tidak cukup untuk membuat Anda tetap terjaga selama pertemuan yang membosankan, saya sarankan untuk bangun dan berdiri, atau lebih baik lagi, berjalan bolak-balik di belakang ruangan. Jika seseorang bertanya mengapa Anda melakukan itu ? Anda selalu dapat beralasan seperti tentang punggung pegal,” Patricia Salber, MD, pendiri The Doctor Weighs In merekomendasikan.

Pergi ke luar untuk mendapatkan sinar matahari dan udara segar “akan meningkatkan kadar orexin, neuropeptida yang membantu Anda tetap terjaga. Setelah 10 hingga 15 menit, Anda dapat kembali masuk dan menyelesaikan rapat dengan perasaan jauh lebih terjaga.”

Jennifer Stagg merekomendasikan mempertimbangkan alternatif untuk kafein, dengan mengatakan bahwa “daripada beralih ke kafein, formula elektrolit gula rendah adalah pilihan saya untuk meningkatkan energi, dan tetap terhidrasi secara optimal adalah penting untuk energi, jadi pastikan kebutuhan air sepanjang hari tetap ideal.”

Salam kenal dari Adam Muiz !
Support mencapai 10K Subscriber yuk
😁 Terimakasih
Follow Adam Muiz on WordPress.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending

Artikel Serupa

Download Gratis