Situs Website Freelancer di Indonesia dan Luar Negeri

Artikel Pilihan

Menjadi freelancer mungkin bisa jadi pilihan ideal bagi kamu yang memiliki keterampilan di bidang tertentu, tapi masih kesulitan memperoleh penghasilan tambahan. Perlu diketahui bahwa peluang untuk menjadi freelancer kini semakin terbuka.

Beruntungnya lagi, pada zaman serba digital seperti sekarang, informasi lowongan kerja freelance bisa dikatakan sangat mudah untuk didapat. Kehadiran beragam situs atau website freelancer di Indonesia dan luar negeri akan membantu kamu untuk mendapat pekerjaan atau proyek yang sesuai.

Tapi, sebelum membahas tentang itu, ada baiknya ketahui dahulu bidang apa sajakah yang cocok dengan pekerjaan freelance. Agar kamu bisa melihat sebesar apa peluangmu pada pekerjaan ini.

Pekerjaan Freelance Paling Dicari

Beberapa bidang pekerjaan freelance yang populer adalah desain, digital marketing dan penulisan. Untuk lebih lengkapnya, simak daftar pekerjaan freelance paling dicari berikut ini.

2 Pekerjaan Freelance Paling Dicari - Penulis Konten Artikel Website Blog

1. Konsultan Bisnis

Tugas utama konsultan bisnis umumnya mengumpulkan dan menganalisis data dan informasi mengenai suatu masalah bisnis. Pekerjaan tersebut bisa dilakukan dari mana saja sehingga ideal untuk bekerja dengan sistem freelance.

2. Pengisi Suara (Narator)

Dalam dunia freelancing, peluang kerja pengisi suara atau narator sangat terbuka lebar. Pembuatan konten-konten video untuk e-learning, tutorial dan audiobook sangat membutuhkan jasa pengisi suara. Apalagi pekerjaan ini juga bisa dilakukan dari mana saja.

3. Data Entry

Pekerjaan ini sekilas tidak memerlukan keahlian khusus. Tapi hanya orang dengan ketelitian dan ketekunan tinggi yang ideal mengerjakannya. Contoh tugas entry data yakni menginput dan memposting data produk yang jumlahnya mencapai ribuan item ke toko online atau marketplace.

4. Desainer Grafis

Freelance desain grafis menjadi salah satu bidang pekerjaan paling dicari, karena memang banyak industri yang membutuhkan keahlian desain grafis. Semisal pembuatan tampilan website, desain kemasan produk, logo, brosur, poster dan lain sebagainya.

5. Digital Marketing

Di era digital, pemasaran (marketing) produk turut berlaku serba online. Digital marketer freelance umumnya dibutuhkan untuk mengatur strategi pemasaran secara online.

6. Penulis Konten

Website kini seakan menjadi barang yang wajib dimiliki oleh tiap perusahaan. Tak hanya sampai di situ, untuk “menghidupkan” website tentunya diperlukan konten-konten yang berkualitas. Di posisi inilah tenaga penulis dibutuhkan untuk menulis artikel konten website.

2 Pekerjaan Freelance Paling Dicari

7. Ahli SEO

Masih berhubungan dengan website, Seperti diketahui, keterampilan teknik SEO sangat dibutuhkan untuk meningkatkan performa halaman website. Para pengelola web rela membutuhkan seorang yang ahli SEO demi tujuan tersebut. Tugas ahli SEO biasanya bersentuhan dengan analisa algoritma mesin pencari guna dan perilaku pengguna internet guna menentukan strategi optimasi website termasuk konten-kontennya.

8. Programmer

Pemrograman merupakan keahlian yang dibutuhkan oleh banyak industri saat ini. Orang yang memiliki keahlian dalam bahasa pemrograman tentu memiliki prospek karir yang cerah. Tak terkecuali di dunia freelancing. Pengembang (developer) web dan aplikasi mobile yang jumlahnya kian banyak, pasti akan membutuhkan tenaga ahli pemrograman (programmer).

9. Perencana Keuangan

Perencanaan keuangan umumnya bertugas memberikan pandangan tentang perencanaan dan solusi atas permasalahan yang berkaitan dengan finansial. Pekerjaan ini cocok dengan sistem kerja freelance, apalagi konsultasi dan asistensi bisa dilakukan secara online (remote).

10. Manajer investasi

Manajer investasi sekilas mirip dengan perencana keuangan. Hanya saja, manajer investasi lebih fokus pada bidang investasi. Investasi menjadi salah satu bidang yang sedang tren belakangan ini. Tenaga Manajer investasi sangat dibutuhkan karena bidang investasi memang memerlukan keahlian khusus.

11. Influencer

Jasa influencer saat ini sedang banyak dibutuhkan untuk memperkenalkan brand atau produk melalui saluran-saluran sosial media. Pekerjaan ini fleksibel dan cocok dilakukan secara freelance karena dapat dikerjakan dari mana saja.

Jika dipahami lebih mendalam, hampir semua bidang pekerjaan bisa dilakukan dengan sistem freelance. Mengenai peluang, tentunya akan bergantung pada kreativitas dan strategi si pekerja dalam “menjual” kemampuannya. Termasuk tingkat kebutuhan penyedia kerja.

Cara Menjadi Freelancer Profesional

Meski pekerjaan freelance bisa dilakukan secara menyambi atau sampingan, bukan berarti tidak diperlukan keseriusan di dalamnya. Masalahnya, dalam dunia kerja apapun pemberi kerja dan pekerja terikat komitmen yang didasari sebuah profesionalitas.

3 Cara Menjadi Freelancer Profesional

Jika kamu tidak mampu menjadi freelancer yang profesional, maka peluangmu untuk gagal juga akan terbuka lebar. Jadi ada baiknya kamu mencoba beberapa cara menjadi freelancer profesional berikut ini.

1. Membangun Citra Personal

Cara pertama yang perlu kamu lakukan adalah membangun citra personal. Menggeluti dunia freelancing nyaris sama dengan memasarkan produk atau jasa. Membangun citra (brand) produk atau jasa diperlukan untuk menarik kepercayaan calon pembeli.

Dalam pekerjaan freelance, yang kamu jual adalah skill, kemampuan dan etos kerja. Komunikasi yang baik, profesionalitas, konsisten dan konsekuen adalah beberapa hal yang diperlukan untuk membangun citramu di mata penyedia kerja (klien), sehingga mereka meyakini bahwa sosokmu masuk dalam daftar kriteria yang mereka butuhkan.

2. Buat Portofolio Berkualitas

Langkah ini juga dibutuhkan untuk mendukung poin sebelumnya. Portofolio adalah wujud nyata hasil kerja atau kemampuanmu dalam bidang tertentu. Portofolio wajib kamu miliki bukan hanya untuk menarik minat calon klien, tapi memperbesar peluang untuk mendapat pekerjaan yang sesuai dengan bidang yang kamu kuasai.

3. Mempromosikan Kemampuan Ke Khalayak Luas

Selain dua poin sebelumnya, selanjutnya kamu juga perlu mempromosikan kemampuanmu ke khalayak luas. Caranya bisa dimulai melalui sosial media pribadi atau mendaftar sebagai member di website freelancer. Presentasikan kemampuan dengan percaya diri di saluran-saluran tersebut guna menarik perhatian calon klien yang sewaktu-waktu bisa saja membutuhkannya

4. Mengelola Pekerjaan Dengan Baik

Kemampuan manajerial yang mumpuni sangat krusial dalam menekuni pekerjaan freelance. Yang betul-betul harus dipahami dalam pekerjaan ini adalah kamu mengelola sendiri semua detil yang berkaitan dengan pekerjaan atau proyek.

Mulai dari melobi klien, merancang teknis dan estimasi masa pengerjaan, menentukan tarif jasa hingga mencari proyek selanjutnya. Maka dari itu kamu perlu sebuah standar operasional agar semua hal tersebut dapat terkendali dengan lancar. Dan kamu juga harus disiplin menjalankan prosedur yang telah kamu buat secara konsisten dan konsekuen.

Daftar Website Freelancer

Setelah memahami cara menjadi freelancer profesional di atas, selanjutnya simak daftar website freelancer di Indonesia dan luar negeri yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

4 Daftar Website Freelancer

Beberapa dari daftar tersebut sebenarnya sempat kami ulas secara spesifik pada artikel sebelumnya. Sehingga pada artikel ini kami hanya menyajikannya secara singkat, namun dengan tambahan ulasan mengenai website freelancer luar negeri.

Website Freelancer di Indonesia

1. Projects.co.id

Projects.co.id termasuk situs freelancer terpopuler di Indonesia. Situs ini memuat banyak lowongan pekerjaan freelance mulai dari web developer, pemrograman, desain, multimedia, animasi, entri data, internet dan sosial media marketing, tulis-menulis, asisten virtual, guru private online dan jenis pekerjaan lainnya,

Kamu harus lebih dahulu mendaftar menjadi member agar dapat melamar atau mengajukan penawaran atas proyek yang di-publish di situs ini. Keunikan projects adalah member dapat mempromosikan jasa dan produk-produk digital seperti ebook dan lain-lain. Selain itu, anggota member juga dapat memanfaatkan fasilitas affiliate referral untuk mendapat komisi tambahan.

2. Sribulancer.com

Sribulancer juga situs yang menyediakan lowongan kerja bagi freelancer. Website ini mempertemukan penyedia kerja dan pekerja lepas. Pekerjaan freelance yang tersedia mencakup bidang desain, pemrograman, kepenulisan, penerjemah, entri data, bisnis dan pemasaran online hingga konsultan. Sama halnya dengan projects.co.id, kamu juga harus lebih dahulu mendaftar sebagai member agar dapat mengajukan lamaran dan penawaran di situs ini.

3. Sribu.com

Daftar selanjutnya tentu saja Sribu,com, Situs ini masih termasuk dalam manajemen yang sama dengan Sribulancer. Hanya saja, Sribu lebih fokus pada jenis pekerja desain grafis freelance. Di situs ini, pemilik proyek dapat membuka perekrutan freelancer dengan sistem kontes. Pemenang kontes tak hanya bakal mendapat cuan dari pemilik proyek tapi juga hadiah dari pengelola situs.

5 Website Freelancer di Indonesia

4. Freelancer.co.id

Freelancer.com memfasilitasi para klien untuk merekrut tenaga freelancer untuk membantu menyelesaikan proyeknya. Di situs ini, freelancer bisa mengajukan penawaran ke satu atau sekaligus beberapa proyek yang di-publish oleh klien.

freelancer.com menaruh perhatian besar terhadap validasi data identitas atau kredensial dari penyedia kerja dan pekerja demi keamanan bersama.

5. Fastwork.id

Fastwork.id tidak jauh berbeda dengan situs yang diulas di atas. Situs ini lebih banyak memfasilitasi para freelancer di bidang industri kreatif.

Dalam menyediakan lowongan pekerjaan freelance, fastwork.id menjalin kemitraan dengan berbagai usaha kecil menengah hingga pelaku bisnis startup.

Website Freelancer Luar Negeri

1. 99designs.com

Dari namanya sudah cukup memperjelas bahwa situs ini merupakan platform yang berfokus pada pekerjaan di bidang desain.

Situs yang berbasis di Australia ini mempertemukan klien dengan desainer freelance untuk proyek-proyek semisal, desain logo, website, t-shirt, brosur, iklan dan banyak lagi.

2. Upwork.com

Upwork.com memfasilitasi pekerjaan freelance untuk kategori desain, web developer, penulisan dan penerjemah hingga digital marketing. Platform akan cocok untuk kamu yang menyukai sistem pembayaran fleksibel. Upwork.com juga menyediakan fitur yang memungkinkan kamu bekerja sama dengan freelancer lain dalam menyelesaikan sebuah proyek.

3. Fiverr.com

Situs ini didirikan oleh Micha Kaufman dan Shai Wininger pada tahun 2010. Jika pada umumnya situs serupa lebih menampilkan lowongan kerja atau proyek, maka fiverr.com justru menampilkan daftar freelancer yang membutuhkan pekerjaan.

Pemilik proyek atau klien tinggal mencari, menyeleksi dan menentukan freelancer mana yang ingin direkrutnya. Dengan begitu, freelancer tidak perlu repot mengajukan lamaran. Hampir semua bidang pekerjaan freelance memiliki peluang yang sama di situs ini.

6 Website Freelancer Luar Negeri

4. Freelancer.com

Platform ini adalah versi internasional dari freelancer.co.id. Perlu diketahui, bahwa freelancer.com tersedia dalam beberapa versi mulai Inggris, Amerika, India dan banyak lagi. Di website ini, freelancer pemula dapat mengajukan penawaran proyek sebanyak 8 kali dalam waktu sebulan. Jika ingin mengajukan penawaran tanpa batas, maka freelancer harus membayar biaya member. Namun demikian, freelancer.com termasuk dalam website freelancer terpercaya karena menerapkan kebijakan validasi data dan rekening member. Jadi, kamu tidak perlu khawatir apabila hasil kerjamu berpotensi tidak dibayar.

5. Toptal.com

Platform yang didirikan oleh Taso Du Val dan Breanden Beneschott itu menerapkan seleksi ketat terhadap freelancer yang ingin menjadi member. Sebagian besar mengenali toptal.com sebagai website penyedia freelancer profesional yang betul-betul memiliki kualitas terbaik. Maka jangan heran pula apabila freelancer yang menjadi anggota toptal.com mendapat bayaran atas jasa dan tenaganya lebih besar ketimbang di platform lain.

Demikian ulasan mengenai website freelancer di Indonesia dan luar negeri yang memang sudah sangat populer saat ini. Selamat mencoba dan semoga membantu.

Salam kenal dari Adam Muiz !
Support mencapai 10K Subscriber yuk
😁 Terimakasih
Follow Adam Muiz on WordPress.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending

Artikel Serupa

Download Gratis