32 C
Semarang
Wednesday, December 8, 2021

Membuat Website Saat Down Tetap Bisa di Akses dengan Cloudflare Always Online

Adam Muizhttps://adammuiz.com/
The only thing I know is that on the other side of a decision, I'm there. And if I'm there, no matter what path I go, there'll always be something to love.

Artikel Pilihan

Menjadi seorang publisher di dunia online merupakan sebuah pekerjaan yang kompleks apabila tidak dilakukan dengan tim melainkan sendiri. Tidak hanya fokus untuk menjaga kualitas konten dan rajin mempublikasikannya di website, kita juga perlu memahami manajemen blog supaya situs web tetap berjalan dengan baik saat digunakan user.

Walaupun kita sudah berusaha semaksimal mungkin supaya sistem web selalu berjalan dengan baik, namun bisa saja terjadi masalah seperti down pada server yang kita gunakan. Oleh sebab itu untuk mengatasi hal ini terdapat beberapa cara sebagai solusinya, salah satunya yang akan kita bahas pada artikel kali ini yaitu dengan menggunakan fitur Cloudflare Always On.

Cloudflare Always On merupakan sebuah layanan yang dihadirkan oleh Cloudflare kepada pemilik situs, memungkinkan website tetap dapat diakses pengunjung walaupun server dalam kondisi offline. Cloudflare Always On akan memanfaatkan Internet Archive untuk membuat web tetap online saat ini dapat digunakan dalam fitur Cloudflare Beta.

Mengenal Cloudflare Always Online

Fitur Always Online Cloudflare sekarang terintegrasi dengan Internet Archive sehingga memungkinkan pengunjung dapat tetap mengakses sebagian situs web saat server down atau sedang bermasalah dan saat versi cache Cloudflare tidak tersedia.

Saat server website tidak dapat diakses, Always Online terlebih dulu memeriksa cache Cloudflare untuk versi situs web yang telah kadaluarsa. Ketika Cache web juga tidak ada, Cloudflare akan mengakses ke Internet Archive untuk mengambil dan melayani bagian statis dari situs web.

Saat mengaktifkan Cloudflare Always On dengan integrasi Arsip Internet, Cloudflare membagikan nama host dan daftar URL populer dengan arsip sehingga perayap Arsip Internet akan menyimpan halaman yang ingin diarsipkan. Saat mengirimkan target ke perayap, Cloudflare mengidentifikasi URL paling populer yang ditemukan di antara permintaan GET yang mengembalikan status kode respon HTTP 200 dalam 5 jam sebelumnya.

Baca Juga :  Pengertian Penulis (Writer) : Bidang Pekerjaan, Tugas, Tanggungjawab, Gaji dan Pendapatan

Hal yang perlu digaris bawahi bahwa Cloudflare tidak menyimpan salinan setiap halaman situs web, dan tidak dapat menyajikan konten dinamis saat server offline. Jika halaman yang diminta tidak ada dalam cache Cloudflare Always Online atau Internet Archive’s Wayback Machine, pengunjung akan tetap melihat tampilan halaman server sedang down atau offline.

Perayap Cloudflare mengidentifikasi sumber web untuk ditempatkan pada Always Online cache. Saat integrasi Internet Archive diaktifkan, Cloudflare akan memberi tahu Arsip Internet halaman yang harus dirayapi dan seberapa sering. Untuk memastikan stabilitas layanan, Cloudflare membatasi interval perayapan. Batas bervariasi menurut paket Cloudflare yang digunakan.

  • Free customers setiap 30 hari sekali.
  • Pro customers setiap 15 hari sekali.
  • Pelanggan bisnis setiap 7 hari sekali.
  • Enterprise customers setiap 5 hari sekali.

Note : Perayap Always Online mengabaikan robots.txt situs web.

Pengalaman Pengunjung Web

Saat integrasi Always Online dengan Internet Archive diaktifkan, pengunjung akan melihat pesan di bagian atas halaman web yang memberi tahu mereka bahwa yang tampil saat itu merupakan versi situs web yang diarsipkan. Pengunjung dapat mengklik tombol Refresh untuk memeriksa apakah Server Web Utama telah pulih dan konten dapat diakses.

Manfaat Cloudflare Saat Server Web Down - Pengalaman Pengunjung Web

Saat pengunjung meminta konten untuk situs web offline, Cloudflare mengembalikan kode status respons HTTP dalam kisaran 520–527, tergantung pada masalahnya. Kode status ini menunjukkan bahwa Server Web Utama tidak dapat dijangkau.

Ketika halaman yang diminta tidak ada dalam cache Always Online dan integrasi Arsip Internet diaktifkan, Cloudflare otomatis memeriksa arsip dan menyajikan versi halaman yang paling baru diarsipkan jika ada.

Pengguna web yang berinteraksi dengan bagian dinamis situs web, jika web toko online seperti keranjang belanja atau di blog seperti kotak komentar, akan tetap melihat halaman kesalahan yang disebabkan oleh server web asal offline karena sebagaimana yang telah dijelaskan bahwa halaman dinamis situs tidak diarsipkan.

Baca Juga :  Cara Membuat Anchor Text di Wordpress Gutenberg Editor

Cara Mengaktifkan Cloudflare Always On

Integrasi Always Online dengan Internet Archive merupakan fitur Beta dan secara default tidak diaktifkan saat kamu menambahkan domain di Cloudflare. Untuk mengaktifkan fitur ini, berikut ini merupakan langkah-langkah cara mengaktifkannya:

  1. Masuk ke akun Cloudflare.
  2. Pilih domain yang ingin mengaktifkan fitur Always Online dengan integrasi Arsip Internet.
  3. Pada halaman Dasbor Cloudflare Klik menu Caching.
  4. Pada menu Caching, pilih tab Configuration.
  5. Pada Tab Konfigurasi ini terdapat fitur Always Online, kemudian klik untuk On (mengaktifkan fitur)
  6. Setelah integrasi Arsip Internet tadi kita set On, pilih Update.

Namun jika kamu memilik menggunakan Cache Cloudflare Always Online tanpa integrasi Internet Archive, alihkan sakelar ke On dan jangan pilih Update.

Dengan mengaktifkan fitur ini secara otomatis meningkatkan kualitas SEO web yang kita kelola. Saat Server Website Utama Down dan tidak bisa diakses membuat biasanya membuat pengguna web yang mengunjungi situs kita akan langsung keluar dari web saat tidak menemukan konten yang mereka cari. Hal tersebut akan meningkatkan Bounce Rate pada situs kita yang akan mempengaruhi peringkat web di mesin pencarian nantinya. Oleh sebab itu penggunaan Cache Cloudflare dan Arsip Internet akan sangat berguna untuk menggantikan konten saat server web kita down sehingga pengunjung web tidak akan kecewa karena tidak bisa mengakses konten yang mereka inginkan.

Video Membuat Web Aktif Saat Down

[Total: Rata-rata: ]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending

Artikel Serupa