Pengertian Blogger : Profesi, Keuntungan, Penghasilan, Keahlian dan Tips

0
83
Pengertian Blogger Adalah Profesi, Keuntungan, Penghasilan, Keahlian dan Tips

Pengertian Blogger

Apa itu Blogger?

Secara umum definisi Blogger adalah seorang yang memiliki bidang dalam mempublikasikan sebuah tulisan kedalam suatu blog atau web. Blogger juga merupakan suatu profesi yang lebih dominan menggunakan kemampuan menulis. Sementara itu aktifitas menulis dan mempublikasikan artikel dalam blog disebut Blogging. Mereka juga dikenal sebagai penyedia konten serta cerita yang didalamnya tersirat pesan informasi yang berguna. Blogger merupakan salah satu profesi yang paling banyak diminati di era teknologi yang modern seperti saat ini. Peluang bisnis yang mendapatkan cukup banyak penghasilan jika ditekuni secara mendalam. Profesi blogger mengandalkan kegiatan dengan domain yang gratis hingga berbayar untuk menulis opini atau review cerita yang menarik perhatian para pembacanya.

Seorang blogger menawarkan sebuah pemikiran yang lebih kasual, ringan dan santai dalam prespektifnya. Banyak orang yang menjadikan beberapa blogger untuk mengambil keputusan sebagai referensinya, sebab pendapat blogger yang sering kali jujur dalam me-review suatu hal. Dengan penjelasan lain yang lebih sederhana blogger yaitu sebuah profesi yang membuat dan mengelola suatu blog yang memiliki isi mengenai kumpulan beberapa artikel yang disertai beberapa tema tertentu.

Tentunya juga kalian sudah tidak asing lagi dengan kata blog bukan? Blog adalah suatu aplikasi berbasis website yang didalamnya berisikan tulisan-tulisan yang menjadi sumber informasi, opini, iklan maupun sebuah hiburan bagi pembacanya. Seorang yang berprofesi sebagai blogger haruslah mempunyai wawasan yang luas dan juga memiliki perbendaharaan kata-kata yang banyak. Sebab pekerjaan mereka menuntut untuk mengembangkan blog agar dapat dinikmati dengan baik oleh masyarakat dari berbagai generasi.

Mengapa dari berbagai generasi? Karena sebuah konten dari suatu blog tentu saja haruslah mengikuti perkembangan zaman dari berbagai bidang seperti trend, politik, fashion, teknologi, berita dan masih banyak bidang yang lainnya lagi.

Blogger Profesional

Blogger Profesional

Apa yang dilakukan seorang blogger profesional ?

Tidak semua orang dapat melakukan profesi sebagai seorang blogger yang profesional. Sebab itu pekerjaan ini haruslah orang yang mengerti bidang dan pakar yang sudah lama menggelutinya. Seorang blogger sebelum memulai pekerjaannya haruslah mengerti tema akan informasi terbaru yang sedang trend dan banyak disukai oleh orang-orang. Sebab itu merupakan modal mereka untuk menulis suatu konten yang akan dimasukkannya dalam sebuah blog. Seorang blogger profesional juga harus memiliki sifat yang konsisten dalam mengupload artikel-artikel yang menarik juga memberikan ruang para pembacanya untuk memberikan komentar mereka pada kolom blog yang telah disediakan untuk mengetahui feedback dari mereka sebagai bentuk saran kepada pemilik blog tersebut. Fitur tersebut juga memberikan seorang blogger sebuah kemudahan untuk menanggapi pikiran setiap para pembaca blognya.

Keahlian Blogger

Keahlian yang diperlukan untuk menjadi blogger ?

Keahlian utama yang diperlukan untuk menjadi seorang blogger adalah tertarik dan juga mencintai topik blog yang akan kamu dalami sehingga nantinya pekerjaan tersebut menjadi lebih menyenangkan bukan malah menjadi sebuah beban untuknya. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, seorang blogger haruslah memiliki kemampuan pengetahuan yang sangat luas yang berkaitan dengan berbagai macam topik yang akan dibahasnya pada media blognya.

Sebagai seorang blogger juga harus memiliki kemampuan menulis yang menjadi modal awalnya untuk mengelola sebuah media blog. Penulisan kata dan kalimat, memperhatikan tanda baca, cara menyampaikan yang sistematis juga menarik, serta susunan tata bahasa yang digunakan juga sangat diperlukan. Hal ini sudah disinggung sebelumnya karena kebanyakan isi sebuah media blog adalah artikel tulisan-tulisan dalam bentuk review jujur dan opini dari seorang blogger terhadap suatu produk maupun jasa, oleh sebab itu harus menguasai keterampilan tersebut.

Skill untuk mengenal teknis cara blogging dan memiliki manajemen software yang baik tentunya tidak kalah penting, supaya nantinya tampilan media blog yang dikelola tampak menarik dan menjadi nilai plus dimata para pembaca maupun pengunjungnya. Oleh sebab itu sangat pentingnya kreativitas dalam sistem blogger.

Keahlian Blogger

Beberapa keterampilan penting untuk dimiliki oleh seorang blogger juga dapat dilihat dibawah ini:

a. Pengetahuan Tentang Konten Manajemen

Zaman dahulu blogging merupakan suatu pekerjaan sampingan yang cukup banyak diminati dan juga cukup untuk menghasilkan uang tambahan. Seorang blogger seharusnya tidak hanya sekedar menulis cerita maupun artikel dan mempublikasinnya pada media blog. Hal itu saja tidak akan cukup untuk mendapatkan banyak pengunjung. Sebagai bentuk untuk menyikapinya tentu saja seorang blogger harus memiliki strategi manajemen konten yang bagus dan tepat.

Penting untuk mengetahui bagaimana cara memulai konten untuk dipublikasikan serta mengetahui kapan waktu yang tepat dan cara untuk mempertimbangkan publikasi konten tertentu. Seorang blogger profesional sudah pasti mumpuni untuk mengatur strategi manajemen konten yang baik tersebut.

Baca Juga :  Pengertian Animator : Profesi, Gaji, Tugas, Skill, Sejarah Perkembangan dan Macam Jenis

Mereka sudah tahu bagaimana cara untuk mempublikasi sebuah konten yang akan memiliki peluang tinggi untuk dibaca oleh para pengunjung media blog mereka. Hal itu juga yang menjadi alasan seorang blogger profesional akan memiliki konten yang berurutan dan saling memiliki keterkaitan. Konten yang mereka ciptakan tidak bersifat masing-masing untuk berdiri sendiri akan tetapi saling terhubung menjadi satu kesatuan.

b. Pengetahuan Tentang Teknis Web

Blogger yang sudah profesional pastinya memiliki sebuah tim yang akan membantunya dalam proses pembuatan konten dan mengurusi berbagai masalah yang berhubungan dengan proses blogging. Namun, tidak sedikit juga blogger yang memilih untuk bekerja sendirian. Apalagi seorang blogger yang masih tergolong baru dalam dunia blogging.

Mereka akan mengerjakan semua urusan sendirian, termasuk untuk masalah teknis websitenya. Hal itu yang menyebabkan seorang blogger biasanya mempunyai pengetahuan dasar seperti programming tentang HTML mengenai mekanisme teknis website. Oleh sebab itu jika kamu ingin mulai menggeluti profesi ini secara mendalam, jangan ragu untuk coba mempelajari teknis dasar mekanisme website.

c. Pengetahuan Tentang Marketing Dan Bisnis

Pada umumnya blogger sebagai profesi dan digeluti secara serius akan membuat seseorang berpikir dengan mindset otak bisnis. Oleh sebab itu sangat penting untuk mengetahui tentang marketing dan bisnis untuk meraup keuntungan dalam bidang ini.

Kemampuan marketing dibutuhkan untuk memasarkan konten yang telah diciptakan. Konten yang telah dipasarkan akan dijangkau oleh banyak orang, sehingga akan ada banyak pengunjung dalam media blognya. Sumber pemasukan dari blogger cukup beragam, bukan hanya dari konten yang mereka buat. Ada yang berasal dari bentuk iklan yang terpasang pada media blog, proses penjualan produk mereka sendiri, hingga jasa untuk membantu membuat konten.

Tentu saja semua kegiatan sampingan tersebut hanya dapat dilakukan jika media blog yang dimiliki sudah memiliki nilai traffic yang terbilang cukup tinggi. Oleh karena itu sangat penting untuk membangun media blog secara konsisten.

d. Menyisihkan Waktu Luang

Seorang blogger tentunya haruslah memiliki waktu luang untuk mengelola blog yang dimilikinya. Tidak hanya fokus untuk mempercantik konten dan membuat konten yang bagus. Akan tetapi juga harus memiliki waktu luang agar dapat berinteraksi dengan antar blogger, melakukan riset online, mengumpulkan materi informasi dan masih banyak lagi. Selain itu berinteraksi dengan para pembaca juga menjadi nilai lebih blogger tersebut dimata para pengunjung. Blogger yang memiliki penghasil besar, pada awalnya tentu saja juga menghabiskan banyak waktu untuk mengelola blognya.

e. Komunikatif

Seorang blogger juga harus memiliki sifat yang komunikasi dan gampang untuk berkomunikasi. Terlebih lagi saat melakukan riset pada blog luar negeri dan sangat memungkinkan baginya untuk saling berinteraksi dengan blogger tersebut. Sehingga para blogger dituntut untuk bisa beradaptasi dengan baik.

Keuntungan Menjadi Blogger

Keuntungan Menjadi Blogger

Manfaat menulis blog untuk membangun karir sebagai blogger

Menulis blog sebagai pendukung karir juga pastinya memiliki berbagai macam manfaat. Bukan hanya untuk mengisi luang, menuangkan pikiran dan melampiaskan segala perasaan, namun contoh kecilnya yaitu dapat meraup keuntungan dari hasil konten publikasi dari media blog tersebut.

Selain itu menulis dengan konsisten sebuah blog dapat sangat memungkinkan bagi kamu untuk dilirik oleh seorang recruiter juga untuk menambah networking. Terlebih lagi jika kamu adalah seorang pelajar yang baru lulus atau freshgraduate dan bingung untuk mencari sebuah pekerjaan namun masih belum memiliki pengalaman, karena itu kamu bisa mempertimbangkan untuk memulai profesi ini.

a. Mengetahui Akan Perkembangan Teknologi

Seorang blogger merupakan seseorang yang sangat responsif jika dikaitkan dengan isu perkembangan teknologi. Terlebih lagi jika memiliki atau menulis seputar konten blog tentang teknologi. Mereka akan terbiasa menggunakan tekonologi kekinian misalnya seperti cloud storage, virtual private network, google drive maupun aplikasi yang sedang populer di apps store.

b. Media Untuk Menuangkan Pikiran

Manfaat blog yang lain yaitu sebagai media untuk menyalurkan berbagai bentuk kreatifitas yang tertampung dalam pikiran. Kamu bisa menuangkan berbagai isi pikiranmu dan menulis berbagai macam topik yang kamu minati. Walaupun kamu hanya berpikir bahwa tulisan tersebut hanya untuk mengeluarkan isi pikiran dan mengisi waktu luang saja, akan tetapi bisa jadi diluar sana ada orang yang membutuhkan informasi dari konten randommu tersebut.

c. Mempelajari Berbagai Macam Keterampilan Baru

Selain memiliki keterampilan untuk menulis, blogging membantu kamu untuk menemukan berbagai macam keterampilan yang baru. Misalnya dengan menjadi seorang blogger kamu juga akan mempelajari keterampilan mencari riset trend terbaru di berbagai macam sosial media, selain itu belajar tentang kemampuan marketing yang baik, dan cara melakukan strategi manajemen konten untuk publikasi media blogmu, kamu juga bisa mempelajari bahasa pemrograman seperti HTML, CSS juga SEO untuk meningkatkan pencarian media blog yang sedang kamu bangun dan masih banyak hal lagi.

Baca Juga :  Bounty Hunter : Pengertian, Manfaat, Pendapatan, Perbedaan Dengan Hacker dan Macam Jenis

d. Menarik Perhatian Dari Recruiter

Dari mempelajari berbagai macam keterampilan baru seorang blogger, tentunya akan meenarik perhatian dari seorang recruiter. Dengan melakukan proses blogging secara konsisten dan rutin menampilkan konten-konten yang menarik membuat online presence kamu dipastikan sudah cukup baik sehingga seorang recruiter dapat lebih mudah untuk menemukan keberadaanmu. Nilai tambahnya adalah saat proses rekrutmen dan mereka melihat konten blogmu cukup relevan dengan pekerjaan yang mereka cari. Seorang recruitmen bisa melihat value (nilai tambah) tersebut dari kamu dan sangat memungkinkan terpanggil untuk melakukan proses lanjutan yaitu kegiatan interview.

e. Ajang Penunjukan Bakat

Sudah diketahui sebelumnya bahwa media blog umumnya akan menjadi tempat menuangkan kreatifitas dan isi yang ada didalam pikiran seseorang. Hal ini membuat kamu tanpa sadar telah menunjukkan bakat yang dengan berbagai macam konten yang telah kamu buat.

Contoh kecilnya adalah jika kamu memiliki hobi seperti menulis dan traveling, kamu bisa menjadikan hal tersebut sebagai sebuah konten blog yang akan menjadi portofolio tulisan dalam blogmu, dimana temanya terkait traveling. Portofolio tersebut akan menjadi nilai tambah untuk proses rekrutmen kamu sebab kamu sudah sering menulis tentang konten travel.

f. Sarana Koneksi Pertemanan Yang Luas

Manfaat menjadi seorang blogger selanjutnya yaitu, kamu bisa membuka gerbang networking. Networking seperti apa yang bisa didapatkan oleh seorang blogger? Tentu saja banyak! Contohnya mengikuti acara seminar, acara kantor, mendapatkan koneksi orang di LinkedIn dan masih banyak lagi.

Dengan menjadi seorang blogger kamu sudah otomatis mengundang orang-orang yang memiliki minat suatu topik yang sama ke media blogmu hingga akhirnya dapat menjalin hubungan dengan berbagai pembaca blogmu. Oleh karena itu biasanya para blogger akan menambahkan informasi tentang dirinya seperti sosial media di beranda media blog tersebut untuk memudahkan pengunjung untuk menghubunginya.

g. Menambah Penghasilan

Sudah disinggung pertama kali, salah satu manfaat menjadi blogger yaitu untuk memiliki penghasilan tambahan. Sambil membangun karir, kamu juga bisa sembari membangun media blog yang kamu geluti perlahan. Kamu bisa mendapatkan pendapatan ekstra dengan mengaplikasikan keterampilan marketing yang telah kamu pelajari sebelumnya. Apalagi jika media blogmu semakin terkenal maka kesempatakan untuk bekerja sama dengan sebuah brand yang ingin membuat konten kolaborasi dan memasang iklan juga tidaklah mustahil. Lebih afdolnya lagi kamu juga bisa memiliki kesempatan untuk jalan-jalan sebagai bentuk bayaran konten yang dibuat pada media blogmu.

Penghasilan Blogger

Berapa penghasilan seorang blogger

Berapa penghasilan atau pendapatan seorang blogger ?

Penghasilan seorang blogger pada umumnya berasal dari iklan yang memiliki sifat advertiser (seperti Google dan Adsense) maupaun iklan untuk mempromosikan suatu produk atau jasa dari sebuah perusahaan pada kolom sidebar pada blog.

Ada juga penghasilan yang didapatkan dari bentuk kerjasama atau kolaborasi antar blogger dan seorang vendor, seperti pembuatan artikel untuk kegiatan sponsorship. Selain itu ada juga yang melalui event yang biasanya memiliki hadiah uang hingga jutaan rupiah. Event tersebut diadakan biasanya dalam rangka untuk saling unjuk bakat dan kreativitas antar individu maupun perusahaan yang menggeluti dunia blogging.

Karir seorang blogger tentunya juga akan mengalami kenaikan, jika blog yang dikelolanya ternyata dijadikan sebagai media rujukan informasi yang sering disukai dan digunakan oleh masyarakat. Biasanya hitungan pengunjung tersebutlah yang menjadi tolak ukur media blog yang berkembang dan sukses meraup banyak pembaca.

Bagi seorang blogger yang telah konsisten menggeluti bidang ini selama 2 hingga 3 tahun, maka memiliki rata-rata pendapatan dengan kisaran antara 3 hingga 5 juta. Berbeda dengan seorang blogger profesional yang terbilang sudah cukup lama dalam menggeluti dunia blogging, maka penghasilan yang didapatkannya juga berbeda. Penghasilannya bisa mencapai angka dikisaran puluhan hingga ratusan juta, ditambah lagi dengan sistem adsense, endorse iklan, dan guest post.

Tips Blogger

Tips menjadi seorang blogger

Apa saja trik dan tips menjadi seorang blogger ?

a. Menentukan topik yang tepat

Dalam menulis artikel kamu memang boleh menulis bacaan dengan judul apapun yang kamu suka. Tapi jika kamu ingin sebuah visitor ataupun traffic maka pilihlah topik atau judul artikel yang dicari oleh banyak pengguna Internet di luar sana. Kesalahan Blogger pemula biasanya sering menulis artikel dengan judul yang tidak ada peminatnya. Sehingga tentu saja artikel yang dipublikasikan mungkin hanya sebatas untuk dibaca diri sendiri saja.

b. Membuat media website blog yang profesional

Walaupun hanya sekedar hobi blogging tetaplah berusaha untuk membangun sebuah Blog ataupun Web yang profesional. Selain sebagai tempat menyalurkan ide dan karya tentu tetap harus menjaga kualitas blog yang dibangun. Jangan hanya membuat blog sekedarnya saja sekalipun cuma ingin membuat blog untuk dibaca diri sendiri tapi buatlah blog yang profesional sekalian. Dengan begitu selain menyalurkan hobi kamu juga bisa mempelajari banyak hal baru seputar teknik blogging. Jikapun suatu saat berharap ingin mendapatkan penghasilan dari aktivitas ngeblog maka kemampuan profesionalitas yang telah dimiliki akan memudahkan kita membuka jalan kesuksesan dalam hal Blogging.

Baca Juga :  Apa Itu Programmer ? Pengertian, Contoh Tugas, Macam Skill, Gaji dan Cara Belajar

c. Menguasai teknik menulis artikel untuk proses pengisian konten

Walaupun kita bisa mengisi blog dengan gambar dan juga tautan video namun umumnya konten utama pada blog yaitu berupa tulisan. Hal ini menjadi dasar utama kenapa seorang blogger setidaknya harus paham cara menulis yang benar. Hal dasar seperti penggunaan tanda baca, pemilihan kata yang mudah dipahami harus diketahui betul shingga orang lain yang membaca tulisan kita merasa puas dengan karya yang dipublikasikan pada blog tersebut.

d. Menguasai sedikit ilmu fotografi dasar

Konten utama sebuah blog pada dasarnya merupakan tulisan, namun saat ini blog akan kurang menarik tanpa adanya foto atau gambar yang menyertai konten terpublikasikan. Sekalipun kita bisa mengambil gambar yang terdapat di internet namun hal tersebut rawan untuk dilakukan kareana pada dasarnya banyak gambar di Internet yang dilindungi oleh hukum hak cipta. Guna hal tersebut menggunakan konten gambar berupa foto dari hasil jepretan kita sendiri akan sangat berguna untuk melengkapi konten yang kita publikasikan didalam blog.

e. Rajin memasarkan serta mengiklankan blog

Umumnya sebuah blog tidak serta merta bisa mendapatkan banyak traffic tanpa kita pasarkan atau iklankan. Hal yang dimaksudkan disini bukan berarti memasarkan atau mengiklankan blog dengan metode berbayar sehingga orang lain bisa menemukan blog kita. Cara gratis supaya blog kita muncul di halaman mesin pencarian maka perlu diterapkannya sebuah teknik blogging yaitu SEO (Search Engine Optimization). Langkahnya yaitu dengan mendaftarkan alamat domain web kita kedalam webmaster mesin pencarian yang banyak digunakan publik seperti Google, Bing, Yandex, Yahoo, AOL, Baidu, dll. Jika kamu belum puas dengan peningkatan blog yang lama dikenal dengan teknik SEO gratisan maka kamu bisa mencoba dengan teknik bermodal.

f. Memiliki niat etika kerja yang kuat

Hal yang jarang diperhatikan oleh blogger pemula yaitu niat ngeblog. Jika kita membidik pada target yang tinggi seperti mendapatkan penghasilan dari web dan blog yang dibangun maka harus berimabang dengan usaha yang dilakukan. Niat sangat dibutuhkan jika kita ingin sukses tepat pada tujuan yang diharapkan.

g. Memiliki kesabaran dalam menggeluti dunia blog

Dalam beberapa studi yang saya lakukan pada teman teman blogger yang sudah bisa memiliki penghasilan dari hasil blogging mereka umumnya mengatakan bahwa blog paling cepat bisa dipanen penghasilannya setelah 6-12 bulan membangun blog tersebut dengan sungguh sungguh. Banyak blogger pemula yang ingin belajar dan menghasilkah uang dari blog berharap untuk bisa mendapatkan penghasilan setelah berusaha hanya selama 1 bulan. Kesalahan ini perlu diperbaiki dengan cara meningkatkan kesabaran dan terus mengoptimalkan usaha jia benar benar ingin membangun blog profesional yang menghasilkan.

h. Selalu memiliki keinginan untuk belajar dan keingintahuan yang besar

Hal yang tidak kalah penting lainnya yaitu seorang blogger harus open minded. Salah satu ciri khas blogger sukses yaitu mau untuk belajar hal baru. Blogger profesional biasanya memiliki tingkat kesabaran yang tinggi, sepeti mempelajari pengetahuan baru dan juga menerapkan usahanya. Pembelajaran tips blogging sederhana bisanya diabaikan oleh blogger awam karena merasa sudah menerapkan hal tersebut tapi tidak sukses sukses juga. Padahal kesuksesan penerapan materi sederhana tips blogging harus dilakukan tahap demi tahap dengan jangka waktu yang tidak instan.

i. Aktif selalu dalam media sosial

Selain mengandalkan mesin pencarian sebagai sumber mencari traffic, media sosial juga bisa diandalkan. Walaupun menebar link ke sosial media bisa menghasilkan traffic namun cara ini seringkali tidak efektif digunakan karena lebih nampak seperti spam. Ambil beberapa paragraf menarik dari artikel yang dibuat untuk ditampilkan juga dalam posting di sosial media. Selain itu menggunakan gambar yang lebih menarik dan informatif akan lebih memberikan daya tarik bagi pengguna media sosial yang melihat posting tersebut.

j. Jangan berhenti untuk terus konsisten

Saran yang seringkali saya berikan pada blogger pemula yaitu untuk terus mempublikasikan konten berkualitas kedalam blognya secara konisten. Bahkan sering saya sampaikan jika seroang blogger bisa mempublikasi satu artikel dalam satu hari itu sudah termasuk sakti menurut saya. Seringkali kita tidak mengetahui posting mana yang akan mendatangkan traffic yang banyak kedalam blog, sehingga salah satu usaha sederhana yang penting untuk dilakukan yaitu konisten dalam membangun blog dan mempublikasikan konten berkualitas setiap hari.

Soruce Refrence Artikel :

https://fastwork.id/blog/
https://jobskarir.id/profesi/blogger/
https://www.blogodolar.com/syarat-menjadi-pengeblog-profesional/
https://solusidigital.co.id/tips-menjadi-blogger-profesional-ratusan-juta-bulan/
https://qwords.com/blog/keuntungan-menjadi-blogger/
https://warungwisata.com/5-karakter-blogger-profesional/
https://glints.com/id/lowongan/manfaat-blogging/#.YG70SugzaMo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here