31 C
Semarang
Monday, September 20, 2021

Cara Membuat Blog Gratis di Google

Artikel Pilihan

Adam Muizhttps://adammuiz.com/
Terus belajar hal baru dikehidupan ini, berbagi ilmu apa yang kita miliki. Terus melangkah menuju ke sukesan, walau berjalan Selangkah demi langkah yang penting terus maju ke depan.

Kemudahan akses informasi saat ini terjadi karena adanya internet. Internet membuat kita bisa terhubung satu sama lain dengan berkomunikasi melalui berbagai platform yang ada. Masyarakat terbantu mendapatkan informasi bermanfaat melalui web dan blog yang mempublikasikan konten berguna.

Seorang yang melakukan aktifitas blogging dan memposting konten di internet disebut juga sebagai publisher. Sebagaimana yang kita tahu bahwa pengetahuan hanya akan bermanfaat jika kita bagikan kepada orang lain untuk dimanfaatkan oleh generasi selanjutnya. Dengan menuliskan pengetahuan kita di blog membuat semua orang bisa mengakses dan mendapatkan manfaatnya.

Tidak cuma berupa tulisan, kita juga bisa mempublikasikan konten seperti gambar dan video pada sebuah website. Terbuktinya menfaat yang didapat dari membagikan informasi di dunia digital membuat pengguna internet dari tahun ke tahun terus meningkat pesat. Walaupun seseorang bisa menjadi seorang publisher dengan membuat website pribadi yang menggunakan modal untuk sewa server dan biaya membangunya, tetapi blog juga bisa dibuat dengan gratis.

Banyak platform yang berlomba lomba menyediakan layanan pembuatan blog gratis untuk menarik para calon publisher supaya menggunakannya. Platform seperti Blogspot, WordPress, Weebly dan lain sebagainya menyediakan layanan pembuatan blog gratis dengan menggunakan subdomain. Setelah itu jika publisher ingin lebih serius dalam mengembangkan blog yang dimiliki maka bisa menggunakan domain TLD seperti .com .net .org dll untuk membuat blognya nampak lebih profesional.

Blog Gratis VS Blog Berbayar

Terdapat dua jenis blog jika dibedakan dari biaya membangun dan mengembangkannya. Dua blog tersebut yaitu blog versi gratis dan berbayar, untuk lebih lanjut berikut ini penjelasan mengenai perbedaan antara blog gratis dan berbayar :

Blog Gratis

Blog gratis merupakan blog dimana untuk membuatnya tidak memerlukan biaya sepersenpun. Blog versi gratis sangat cocok digunakan oleh seorang yang baru pertama kali terjun di dunia blogging. Dengan menggunakan blog jenis ini maka blogger bisa mempelajari terlebih dulu fitur fitur yang terdapat pada sebuah blog.

Baca Juga :  Cara Membuat Teks Paragraf Justify di WordPress Gutenberg
Baca Juga :  Cara Membuat Blog di HP

Walaupun versi gratis umumnya memiliki batasan fitur fitur tertentu namun blog jenis ini tidak bisa dianggap lebih jelek daripada blog versi berbayar. Seperti kata pepatah “semua tergantung pilotnya” jika yang menggunakan blog versi gratis merupakan seorang yang paham dalam dunia blogging maka sangat memungkinkan bahwa blog yang dibangunya akan sukses. Sekalipun blog versi berbayar dengan istilah permium ataupun vip jika pemiliknya tidak paham cara mengembangkan website maka dapat dikalahkan dengan blog versi gratis dengan pemilik yang ahli.

Blog Berbayar

Blog berbayar merupakan blog yang membutuhkan biaya untuk membangun dan mengembangkannya. Harga yang harus dibayarkan untuk membangun web berbaya sangat bervariasi, tergantung dengan kebutuhan web yang diinginkan. Jika hanya ingin menggunakan TLD (nama web dengan ekstensi .com, .net, dll) maka biayanya akan jauh lebih murah daripada mendambah fitur lainnya. Blogger bisa menggunakan TLD dengan hosting yang masih gratis, seperti di wordpress.com, blogspot, weebly dll.

Biayanya bisa sangat mahal jika kamu ingin membuat website profesional dengan server yang mempuni. Server pada sebuah web juga terbagi menjadi banyak jenis, bisa menggunakan shared hosting, VPS dll. Setiap server memiliki harga berbeda tergantung pada kebutuhan server yang akan digunakan nantinya.

Itulah sedikit penjelasan mengenai perbedaan antara blog versi gratis dengan blog versi berbayar. Jadi kamu tidak harus membeli fitur premium untuk membuat blog yang bagus. Cukup gunakan blog gratis namun bagun dengan kualitas yang baik akan membuat blogmu menjadi populer nantinya.

Tutorial Membuat Blog Gratis di Blogspot

Salah satu platform untuk membuat blog gratis yang populer di kalangan blogger yaitu Blogspot. Blogspot memiliki kelebihan tersendiri terutama dalam hal kecepatan servernya yang tidak dapat dipungkiri lagi. Bagaimana tidak blogspot yang merupakan salah satu produk google tentu memiliki jaminan kualitas server yang terjamin. Berikut ini merupakan langkah langkah cara membuat blog gratis di Google :

Baca Juga :  Cara Membuat Blog Pribadi Gratis

1. Pastikan sudah memiliki email yang sudah terdaftar di Google.

2. Masuk akun google kemudian buka web Blogger.com pilih “Create Your Blog”.

3. Jika kamu sudah login ke akun Google, maka akan langsung diminta untuk menginput Judul Blog, tulis sesuai keinginanmu.

4. Selanjutnya menentukan alamat subdomain yang akan kamu gunakan.

5. Pada bagian terakhir inputkan nama yang akan kamu gunakan untuk akun Blogger nantinya, kemudian pilih tombol “Selesai”.

6. Blog otomatis akan dibuat dan kamu akan diarahkan ke halaman Dashboard Blogger.com, pada halaman ini kamu sudah siap untuk bisa membangun dan mengembangkan blog gratismu.

Ada banyak fitur yang terdapat dalam Dashboard blogger, membuat postingan, upload gambar, menautkan video, membuat halaman, memasang iklan, mengganti dan memodifikasi teman serta masih banyak fitur lainnya yang bisa kamu eksplor sendiri. Setelah membuat blog tersebut kamu bisa mengisinya dengan berbagai infomrasi konten yang kamu miliki.

Pengaturan default pada blogspot membuat konten kamu akan terindex kedalam mesin pencarian seperti google, bing, yahoo, dll. Dengan begitu jika konten yang kamu buat menarik dan menghasilkan banyak traffic pengunjung kamu bisa mendaftarkan adsense untuk mengajukan bekerjasama dengan pengiklan. Dengan adanya visitor diblog maka kamu bisa mendapatkan penghasilan dari iklan yang ditampilkan kedalam blogmu tersebut. Uang yang nantinya kamu dapatkan itu bisa kamu gunakan untuk mencoba blog berbayar jika kamu menginginkannya.

Baca Juga :  Pengertian Internet : Sejarah, Tujuan, Fungsi, Jenis, Cara Kerja dan Contoh Manfaat

Cara Membuat Blog Gratis di Google

Jika kamu kesulitan memahami tutorial diatas maka kamu bisa melihat langkah langkah pembuatan blog gratis di blogspot melalui video berikut ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending

Artikel Serupa