32 C
Semarang
Wednesday, October 27, 2021
HomeBisnisLowongan Freelance Online di Indonesia

Ternak Uang

Lowongan Freelance Online di Indonesia

Lowongan kerja freelance online menjadi opsi yang paling diminati oleh banyak tenaga kerja di Indonesia dalam beberapa waktu terakhir ini. Pandemi COVID-19 yang berdampak terhadap kondisi perekonomian memberi andil atas tren tersebut.

Virus yang mulai mewabah tahun 2019 itu, melumpuhkan berbagai sektor usaha dan industri. Perusahaan harus melakukan efisiensi demi memperpanjang nafas usaha lantaran kondisi keuangan yang tidak stabil.

Pemutusan hubungan kerja (PHK) menjadi salah satu langkah yang sulit untuk dielakan oleh penyedia kerja. Di sisi lain, angkatan kerja baru juga sukar mendapat posisi di lapangan kerja nyata karena sebagian perusahaan terpaksa mengambil kebijakan untuk menghentikan sementara perekrutan tenaga kerja.

Seiring dengan itu, aktivitas bisnis pun secara masif bergeser dan diperkirakan akan berpusat ke dunia digital. Maka cukup logis pula apabila tenaga kerja menggali peruntungan dari pekerjaan freelance online.

Terlebih pada era digital sekarang sudah sangat banyak website atau situs bursa lapangan kerja (job marketplace) freelance online.

Memilih Karir Freelance Online

Dunia kerja freelancing tentu akan menjadi pengalaman baru bagi para pencari kerja atau pekerja tetap yang ingin menyambi bahkan beralih profesi. Sebelum memutuskan untuk menekuni karir freelancer online ada baiknya mempertimbangkan beberapa hal berikut ;

Memilih Karir Freelance Online

1. Persaingan kerja semakin kompetitif

Peluang kerja freelancer online memang terbuka lebar. Hal ini ditandai dengan tingginya minat dan pertumbuhan jumlah website atau situs job marketplace yang menawarkan banyak lowongan kerja.

Tapi tren ini juga menunjukan bahwa masa depan pekerjaan freelance online akan semakin kompetitif.

Bagi para pencari kerja, persaingan yang kompetitif mungkin bukan hal asing. Tapi bagi pekerja tetap, patut mempertimbangkan hal ini sebelum memutuskan untuk beralih profesi.

Menyambi pekerjaan freelance online untuk mengetahui sejauh mana peluang dan potensi yang ditawarkannya juga bisa menjadi opsi yang bijak.

2. Atmosfer kerja yang berubah-ubah

Untuk menjalani karir baru tentu perlu pertimbangan yang matang. Sebelum memulai karir di dunia freelancing, pertimbangkan betul atmosfer kerja freelance online yang akan dihadapi.

Apakah pekerjaan ini akan ideal dengan cara bekerja Anda?. Atau kah lingkungan kerja freelance akan sesuai dengan yang Anda harapkan?

Atau yang lebih penting lagi, apakah Anda akan menikmati pekerjaan ini sehingga mampu untuk terus konsisten meniti karir di situ?

Seorang freelancer saat ini bisa saja mendapat proyek yang cocok dengan cara dia bekerja. Tapi dalam beberapa waktu ke depan, tidak menutup kemungkinan freelancer akan mendapat proyek dengan cara kerja yang berbeda.

Pekerjaan atau proyek freelance yang tersedia dan diperoleh tentunya akan berbeda. Mulai dari tingkat kesulitan, durasi pekerjaan, hingga tipikal pemilik (owner) proyek yang pastinya beragam.

3. Penghasilan tidak menentu

Setiap pekerjaan maupun usaha tentunya menawarkan penghasilan yang menggiurkan. Tapi yang perlu diingat bahwa tidak ada nilai yang pasti mengenai penghasilan dalam pekerjaan freelance online.

Imbalan atau upah yang didapat dari satu pekerjaan atau proyek ke proyek lainnya kemungkinan besar tidak selalu sama. Selain itu, tidak ada pula jaminan bahwa freelancer akan selalu mendapatkan proyek.

Bahkan yang paling mengkhawatirkan dan mungkin juga akan dialami freelancer adalah sama sekali tidak mendapat proyek dalam waktu lama.

Pekerjaan Freelance Online Yang Paling Dicari

Pada artikel sebelumnya, kami telah membahas tentang apa itu freelance online-offline, sampai kepada hal yang terkait dengan mekanisme, serta bidang-bidang pekerjaannya.

Pekerjaan Freelance Online Yang Paling Dicari

Nah, dalam artikel kali ini, kami ingin sedikit mengulas hasil survei PT. Sribu Digital Kreatif yang dilakukan pada awal-awal tahun 2020 lalu. Untuk diketahui, Sribu Digital Kreatif adalah perusahaan pengelola situs lowongan kerja freelance populer sribu.com. Seperti telah disinggung pada pembahasan sebelumya, situs ini berfokus pada pekerjaan freelance di bidang desain grafis.

Kembali ke hasil survei. Saat itu, CEO Sribu Ryan Gondokusumo di sebuah media online menerangkan ada tiga pekerjaan freelance yang paling banyak dicari oleh klien situsnya. Antara lain desain, pemasaran (marketing) online dan copywriting.

Survei tersebut dilakukan terhadap freelancer yang tergabung dalam platform Sribu dengan tujuan menjaga otentisitas dari freelancernya sendiri. Prosentase antara jumlah klien di tiap bidang pekerjaan dengan banyaknya perekrutan yakni, 62,7 persen pekerjaan di bidang desain, 41,5 persen marketing online dan 27,2 persen copywriting.

Dari segi rata-rata penghasilan per bulan, 61,8 persen freelancer berpenghasilan berkisar di angka Rp1 juta ke bawah. Sedangkan 18 persen freelancer lagi berpenghasilan di angka Rp1 sampai Rp3,5 juta dan 4,6 persen berpenghasilan di atas Rp10 juta.

Informasi ini mungkin sudah tidak terlalu relevan untuk kondisi saat ini, alih-alih mewakili gambaran faktual mengenai dunia freelancing. Apalagi ruang lingkup survei terbatas hanya pada klien dan freelancer di sribu.com yang diketahui sebagai situs lowongan kerja freelance dengan fokus utama pada pekerjaan di bidang desain.

Selain itu, sejatinya masih ada banyak platform online lain yang mirip dengan sribu.com di internet. Tapi dalam hemat kami, data ini minimal bisa semakin memperjelas gambaran mengenai bidang pekerjaan freelance yang memang sudah sangat populer sejak lama.

Ulasan selanjutnya akan membahas daftar situs atau website penyedia lowongan kerja freelance online yang sudah cukup populer di dunia maya.

Website Lowongan Kerja Freelance Online

Daftar situs di bawah ini bukan sekadar menyediakan lowongan pekerjaan freelance online, tapi juga sebagai situs yang memfasilitasi penyedia kerja atau klien untuk merekrut freelancer.

Website Lowongan Kerja Freelance Online

Daftar ini juga akan memberi gambaran mengenai bidang-bidang pekerjaan apa saja yang laku di dunia freelancing.

1. Freelancer.com

freelancer.com memfasilitasi para klien yang memerlukan tenaga freelancer untuk membantu menyelesaikan proyeknya. Di situs ini, freelancer bisa mengajukan penawaran ke satu atau sekaligus beberapa proyek yang di-publish oleh klien. Pemilik (owner) proyek atau klien selanjutnya akan menelusuri profil, keahlian, pengalaman atau portofolio yang dipresentasekan oleh freelancer untuk menentukan pilihan yang sesuai dengan kriteria perekrutannya.

Untuk dapat mengajukan penawaran melalui situs ini, freelancer harus terlebih dahulu memiliki akun. Freelancer bertatus free akun (member) akan mendapat kuota mengajukan penawaran dalam rentang waktu tertentu. Agar bisa mengajukan penawaran sebanyak-banyaknya maka freelancer perlu mendaftar akun berlangganan. Akun berbayar berarti juga akun yang direkomendasi oleh pengelola situs.

Member berbayar ini akan mendapat fasilitas tambahan di antaranya informasi mengenai proyek terbaru dan memperbesar peluangnya untuk terpilih sebagai pemenang proyek. Sebagai media yang mempertemukan pemberi kerja dengan pekerja, freelancer.com menaruh perhatian besar terhadap validasi data dari kedua pihak tersebut demi keamanan bersama.

Dengan demikian, sangat penting bagi freelancer untuk mencantumkan berbagai informasi mengenai profil pribadi, keahlian dan hal-hal yang berkaitan lainnya secara benar serta dapat dipertanggungjawabkan. Freelancer.com juga memfasilitasi para freelancer untuk menunjukan hasil kerja maupun kreatifitasnya untuk menarik minat pemberi kerja.

2. Fastwork.id

fastwork.id tidak jauh berbeda dengan situs yang diulas di atas. Situs ini lebih banyak memfasilitasi para freelancer di bidang industri kreatif.

Fastwork memberlakukan fee 17 persen dari nilai proyek yang dimenangkan freelancer sebagai biaya layanan. Jika pemberi kerja atau klien mengenakan pajak, maka jasa layanan akan dihitung hanya 97 persen dari yang diterima oleh freelancer.

Dalam menyediakan lowongan pekerjaan freelance, fastwork.id menjalin kemitraan dengan berbagai usaha kecil menengah hingga pelaku bisnis startup.

3. Sribulancer.com

Sribulancer juga situs yang menyediakan informasi lowongan kerja bagi freelancer. Website ini mempertemukan penyedia kerja dan pekerja lepas atau biasa disebut job marketplace populer di Indonesia.

Lowongan kerja freelance yang tersedia di situs ini mencakup bidang desain, pemrograman, kepenulisan, penterjemah, entri data, bisnis dan pemasaran online hingga konsultan.

Sribulancer menerapkan pembayaran upah atau jasa freelancer melalui transfer bank. Klien diharuskan mendepositkan dana proyek ke rekening bersama yang disediakan Sribulancer.

Jadi, freelancer baru bisa mencairkan pembayaran upah atas jasanya setelah mendapat proyek dan menyelesaikannya. Ada dua opsi mekanisme penarikan dana yang diterapkan oleh situs ini, antara lain penarikan kapan pun (every day payout) dan penarikan sesuai tanggal yang telah ditentukan (cut off).

Sistem sribulancer akan secara otomatis mentransferkan dana ke rekening freelancer dan mengenakan komisi 10 persen dari nilai proyek yang dimenangkan freelancer.

4. Sribu.com

Daftar selanjutnya tentu saja Sribu.com, Situs ini termasuk dalam manajemen yang sama dengan Sribulancer. Akan tetapi, Sribu lebih fokus pada lowongan kerja desain grafis freelance. Lowongan kerja freelance yang biasanya di-publish di situs ini mulai dari desain logo sampai desain interior.

Bagi pemilik proyek, dapat membuat perekrutan dengan sistem kontes melalui situs ini. Fasilitas ini akan menarik minat para freelancer untuk menawarkan karyanya dan tentunya portofolio. Pemenang kontes bukan hanya bakal dapet cuan dari pemilik tapi juga hadiah dari pengelola situs.

5. Projects.co.id

Projects.co.id sebenarnya bisa termasuk dalam daftar situs job marketplace yang terpopuler di Indonesia.

Di situs ini terdapat lowongan pekerjaan freelance online multi bidang, antara lain pemrograman, desain, multimedia, animasi, entri data, internet dan sosial media marketing, tulis-menulis, asisten virtual, guru private online dan pekerjaan-pekerjaan yang bisa dilakukan secara remote lainnya,

Cara melamar atau mengajukan penawaran pada setiap proyek dipublis pada situs ini relatif sama dengan daftar sebelumnya. Yang menjadi keunikan projects adalah member dapat menawarkan jasa dan produk-produk digital seperti ebook dan lain-lain.

Selain itu, projects.co.id menyediakan fasilitas affiliate referral yang dapat dimanfaatkan member untuk mendapat komisi dengan cara memberi rekomendasi link kepada member yang melakukan transaksi di situs.

6. Ruangguru.com

Selanjutnya adalah ruangguru.com. Ruangguru merupakan situs yang ideal bagi tenaga pendidik yang ingin mendapat tambahan penghasilan dengan cara mengajar secara online. Situs ini memang dikenal sebagai start up yang fokus pada bidang pendidikan.

Di situs ini freelancer akan menjadi guru lepas, yang mengelola kelas secara digital dan memberikan tugas maupun pembelajaran secara online. Freelancer juga bisa menggunakan materi ajar yang telah disiapkan oleh ruangguru atau guru lainnya.

Untuk diketahui, ruangguru telah menjalin kerjasama dengan lebih dari 80 persen pemerintahan daerah di Indonesia dalam menyediakan layanan pendidikan dengan Sistem Manajemen Pembelajaran atau Learning Management System (LMS).

Terlepas dari daftar tersebut, sebenarnya masih banyak lagi situs lowongan kerja freelance online yang tersedia di internet. Untuk situs job marketplace dengan jangkauan internasional masih ada Toptal, Fivver, upwork, 99design, serta iWriter.

Pembahasan sengaja difokuskan pada situs lowongan populer berbasis lokal karena memang cukup relevan bagi Anda yang meminati pekerjaan freelancer online.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Populer