31 C
Semarang
Monday, September 20, 2021

Cara Membuat Blog Pribadi Gratis

Artikel Pilihan

Adam Muizhttps://adammuiz.com/
Terus belajar hal baru dikehidupan ini, berbagi ilmu apa yang kita miliki. Terus melangkah menuju ke sukesan, walau berjalan Selangkah demi langkah yang penting terus maju ke depan.

Blog merupakan sebuah wadah dimana kita bisa mengekspresikan diri kita melalui sebuah konten. Adapun konten yang dapat dipublikasikan pada sebuah blog berbagai macam seperti tulisan artikel, foto ataupun gambar, hingga sebuah video. Dengan rajin memposting karya kita setiap hari di dalam blog maka lama kelamaan akan membuat orang lebih mengenal kita.

Banyak blog yang difungsikan sebagai idntitas diri yang dapat dikenal orang di internet. Dengan adanya blog personal maka kita tidak perlu panjang lebar menjelaskan dan mengenalkan diri kita pada orang lain terutama pengguna internet. Pada era pesatnya perkembangan teknologi saat ini, hampir semua orang bisa menggunakan internet. Tentu saja ini dapat dimanfaatkan bagi setiap orang untuk membangun personal brandingnya di dunia maya.

Jenis Blog Berdasarkan Visibilitas

Walaupun kita bisa mengunggah hasil karya kita ke dalam internet dengan menggunakan blog, tidak semua konten yang kita publish dapat ditemukan oleh orang lain. Terdapat tiga jenis blog berdasarkan pempublikasiannya, antara lain yaitu :

Blog Umum

Blog umum merupakan blog yang dapat ditemukan oleh orang lain di dalam mesin pencarian seperti Google, Yahoo. Bing, dll. Blog ini biasanya ditujukan untuk mengenalkan konten yang dimiliki kepada para pengguna internet. Semua blog dengan informasi bermanfaat yang bisa kamu temukan di internet merupakan blog umum.

Blog Privat

Blog privat merupakan blog yang hanya dapat dibuka oleh orang yang memiliki aksesnya saja. Blog ini umumnya berisi informasi yang lebih personal dan pemilikinya memiliki privasi untuk tidak membuat konten yang dimiliki dapat dilihat oleh semua orang. Alasanya beragam mulai dari konten yang baru setengah jadi ataupun mungkin pemilikinya hanya ingin membagikan informasi tersebut pada orang orang tertentu saja. Pada blog ini search engine tidak diijinkan untuk menampilkan konten yang ada untuk umum.

Baca Juga :  Terms and Conditions : Pengertian, Fungsi, Manfaat dan Contoh Cara Membuat
Baca Juga :  Apa Itu Disclaimer? Fungsi, Cara Membuat dan Contoh

Blog Rahasia

Blog rahasia merupakan blog yang aksesnya dibatasi untuk pemilik blog atau spesifik orang saja. Adapun penggunaannya bisa beragam, seperti merupakan backup dari blog aktif lainnya sehingga jika ada kehilangan data pemilik bisa menggunakan blog rahasia ini untuk mengembalikan data pada blog yang aktif. Para web desainer juga sering menggunakan blog rahasia untuk memodifikasi tampilan.

Buat kamu yang pertama kali terjun dalam dunia blogger maka sangat disarankan untuk membuat blog gratis terlebih dulu sebelum terjun ke teknik blogging yang lebih detail. Dengan blog gratis kamu bisa memanfaatkannya untuk belajar terlebih dulu. Banyak layanan web yang dapat kamu gunakan untuk membuat blog gratis. Beberapa platform penjedia layanan untuk membuat blog gratis diantaranya yaitu Blogger, WordPress, Weebly dll.

Cara Membuat Blog Pribadi Gratis di WordPress.com

1. Buka situs wordpress.com kemudian pilih tombol “Start New Website” untuk melakukan daftar akun baru.

2. Buat akun dengan menggunakan email yang aktif, disana nanti kamu diminta untuk membuat username dan juga password.

1 Cara Membuat Blog Pribadi Gratis di WordPress

3. Tulis nama domain yang ingin kamu gunakan dan pilih (Free) Select untuk membuat blog gratis dengan menggunakan sub domain wordpress.com

2 Cara Membuat Blog Pribadi Gratis di WordPress.com

4. Pada halaman Choose a plan, pilih “Start with a free site” untuk membuat blog dengan gratis.

3 Cara Membuat Blog Pribadi Gratis di WordPress.com

5. Setelah itu kamu akan diarahkan ke Dashboard Blog yang telah kamu buat, disana kamu bisa membuat posting artikel, gambar dan mempublikasikan kontenmu. Terdapat banyak pilihan tema gratis di sana yang bisa kamu gunakan.

Setelah selesai membuat blog, jangan lupa untuk melakukan Konfirmasi akun. Cara melakukan Konfirmasi akun yaitu dengan membuka email yang kamu daftarkan tadi, dan cari email yang dikirimkan oleh wordpress.com kemudian klik pada tombol link konfirmasi yang dikirimkan.

Baca Juga :  Cara Submit Sitemap di Webmaster Google Tools
Baca Juga :  Web Developer : Pengertian, Profesi, Macam Jenis, Gaji, Tugas, Skill dan Tips

Itulah cara membuat blog pribadi gratis terbaru menggunakan wordpress. Kamu bisa mengeksplor segala fitur yang ada di CMS wordpress tersebut setelah membuat blognya. Menggunakan blog versi gratis terlebih dulu membuat kita akan lebih siap jika berencana untuk menggunakan web versi berbayar nantinya. Jika kamu mengalami masalah dan kesulitan dalam membuat blog gratis ini, silahkan simak dan perhatikan video dibawah ini dengan seksama sehingga blog bisa berhasil dibuat.

Video Tutorial Cara Membuat Blog Gratis di WordPress.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending

Artikel Serupa