31 C
Semarang
Monday, September 20, 2021

Yandex Search Engine : Sejarah, Fungsi, Layanan, Kelebihan dan Kekurangan

Artikel Pilihan

Yandex Search Engine merupakan Google versi Rusia yang bisa memberikan data dan informasi yang ditampilkan dengan peringkat sama seperti mesin pencari lain seperti Yahoo, Google dan Bing. Yandex Search Engine mempunyai beberapa optimasi alat lokal unik meski memang tidak lebih bagus dari MOZ namun lebih bagus dari beberapa alat lainnya.

Jika anda sedang berada di Rusia atau Eropa dan harus menargetkan pencarian informasi area tersebut khususnya tentang SEO, maka Yandex Search Engine adalah jawaban terbaik.

Pengertian Yandex Search Engine

Yandex merupakan perusahaan teknologi serta layanan internet di Rusia. Ini adalah website atau situs web serta search engine atau mesin pencari terpopuler di Rusia.

Yandex Search Engine bekerja dengan cara memberi hasil pencarian relevan dan tentunya berguna untuk pengguna. Yandex juga akan meningkatkan algoritma teknologi tinggi yang bisa memastikan hasil yang didapat lebih bagus khususnya di wilayah Rusia.

Yandex N.V atau biasa disebut dengan Yandex merupakan sebuah perusahaan internet multinasional Rusia. Ini adalah perusahaan teknologi paling besar yang ada di Rusia yang memberikan banyak jenis layanan serta produk.

Yandex sangat dikenal sebab mempunyai mesin pencari atau search engine yang paling besar di Rusia. Selain itu, Yandex juga dikenal dalam banyak hal lain yang berhubungan dengan internet serta teknologi dengan lalu lintas pengunjung atau traffic yang mendekati atau bahkan melebihi Google menurut situs Computerhope.

Sejarah Yandex Search Engine

Pada awal penggunaan internet, para pengguna harus menavigasi ke file bersama tertentu supaya bisa memanfaatkan konektivitas dari web. Bahkan untuk mesin pencari pertama juga tidak mempunyai kemampuan bahasa alami yang dibutuhkan untuk menilai relevannsi hasilnya.

Sesudah internet dikatakan matang, mesin pencari juga semakin efektif ketika menyisir begitu banyak data sehingga bisa mengembalikan informasi berharga serta akurat yang terjadi hanya dalam hitungan detik saja.

Sedangkan untuk Yandex Search Engine sendiri awalnya merupakan program pencarian Rusia untuk MS DOS bernama Arkadia. Program ini ditulis oleh Arkady Voloh, Ilya Segalovich dan juga Arkady Borkovsky.

Lalu di tahun 1997, mereka bertiga meluncurkan mesin pencari bernama yandex.ru yang hingga sekarang tetap memberikan layanan pencarian dan lain sebagainya. Dari sebuah sumber dikatakan jika Yandex Search Engine pertama kali didirikan di Belanda yang diambil dari frasa Yet Another iNDEXer.

Perusahaan tersebut mempunyai IPO di tahun 2011 dan untuk sekarang ini diperdagangkan untuk publik di NASDAQ, Amerika Serikat memakai simbol ticker YNDX. Di tahun 2018, Yandex mempunyai pencapatan global hingga $1.85 Miliar. Perusahaan ini juga terus berkembang sampai sekarang yang diikuti dengan penambahan banyak fitur khususnya pada tahun 2020.

Fungsi Yandex Search Engine

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumny, Yandex Search Engine merupakan sebuah perusahaan teknologi yang dikenl akan rangkaian layanan yang menjangkau mesin pencari, analitik dan juga Artificial Intelligence atau disingkai AI. Semuanya ini dibangun untuk membantu pengguna dalam menavigasi dunia online dan juga offline. Berikut adalah beberapa fungsi dari Yandex Search Engine yang sebagian besar hampir sama dengan mesin pencari lainnya:

  • Pengguna bisa mengetik pencarian frasa. Caranya adalah dengan menekan enter lalu melihat halaman hasil pencarian dengan banyak tautan berwarna biru, deskripsi serta url.
  • Tergantung dari query pencarian atau permintaan, pengguna juga bisa melihat video, gambar atau jenis hasil pencarian yang lain.
  • Pengguna bisa mengetik banyak frasa pencarian dengan hasil yang umumnya cukup baik.
  • Jika pengguna tidak puas dengan hasil dari Yandex Search Engine, maka disediakan tombol untuk pencarian pada Google serta Bing pada setiap bagian bawah hasil pencarian.

Jenis Layanan Yandex Search Engine

Yandex Search Engine sudah terdaftar untuk publik pada NASDAQ mulai tahun 2011. Yandex semakin menjadi pilihan populer untuk yang mau berinvestasi pada perusahaan teknologi yang sedang berkembang. Yandex Search Engine ini memberi penawaran beberapa layanan atau service untuk yang berkecimpung pada dunia teknologi. Berikut adalah beberapa jenis layanan dari Yandex Search Engine yang bisa anda gunakan:

  • Yandex Connect: Ini adalah layanan B2B yang serupa dengan Google Apps.
  • Yandex Disk: Yandex Disk adalah penyimpanan cloud yang bisa digunakan oleh para pengguna.
  • Yandex DNS: Yandex DNS adalah DNS publik yang bisa digunakan secara gratis.
  • Yandex Mail: Sama seperti situs pencarian lain, Yandex juga menyediakan email namun bedanya dengan penyimpanan yang tanpa batas.
  • Yandex Images: Ini merupakan pencarian gambar dengan menggunakan keyword atau kata kunci serta file yang berbentuk image atau gambar.
  • Yandex Money: Yandex Money bisa digunakan para pengguna untuk melakukan pembayaran elektronik ke pengguna lainnya atau vendor.
  • Yandex Taxi: Yandex Taxi merupakan layanan untuk menghubungkan para pengguna dengan layanan taxi di Rusia.
  • Yandex Translate: Yandex Translate bisa digunakan pengguna untuk menerjemahkan teks secara online.
  • Yandex Video: Yandex Video bisa digunakan pengguna untuk mencari klip video serta film.
  • Yandex Browser: Yandex juga sudah menerbitkan browser web bernama Yandex Search Engine yang didasari di Chromium.
Baca Juga :  Situs Website Freelancer di Indonesia dan Luar Negeri
Baca Juga :  Pengertian Token : Macam Jenis, Penggunaan, dan Contohnya

Cara Memaksimalkan Pencarian dan SEO Yandex Search Engine

Apabila anda sebagai pengguna ingin memaksimalkan pencarian optimasi mesin pencarian dan SEO di Yandex Search Engine, maka harus dimulai dengan menambahkannya ke alat atau tools Yandex Webmaster. Ini merupakan sebuah layanan analytics gratis yang sudah disediakan Yandex. Hal ini membuat Yandex terlihat serupa seperti Bing Webmaster Tools serta Google Search Console.

Anda sebagai pengguna nantinya bisa memakai ini untuk mengunggah sitemap atau peta situs ke Yandex. Selain itu, ini juga bisa dipakai untuk melacak kinerja, melihat kesalahan crawl dan masih banyak lagi. Berikut adalah beberapa faktor penting untuk peringkat SEO Yandex yang harus diketahui untuk meningkatkan pencarian:

  • Keywords atau kata kunci: Sama dengan mesin pencari lain, anda diwajibkan untuk memasukkan kata kunci pada judul serta teks.
  • Search intent atau maksud dari pencarian: Sama halnya seperti Google, konten yang anda punya harus bisa memenuhi maksud dari orang yang sedang melakukan pencarian.
  • Kualitas konten: Konten harus berkualitas baik sehingga bisa menjawab permintaan dari pencarian orang dan ini menjadi hal yang sangat penting.
  • SEO On Page: Optimalkan tag judul, URL, deskripsi, tautan internal atau link dan lainnya yang masih terkait.
  • Meta tag keyword: Hal yang menarik dari Yandex adalah masih memakai tag meta kata kunci yang berguna untuk peringkat. Sementara Google tidak menggunakannya lagi.
  • Kecepatan situs: Situs yang bisa memuat peringkat lebih cepat nantinya akan lebih tinggi di Yandex.
  • Kegunaan seluler: Ini sangat penting supaya situs anda bisa berfungsi baik dan tetap terlihat bagus ketika dibuka pada perangkat seluler.
  • Penargetan geografis: Hasil pencarian pada Yandex bisa berbeda tergantung dari lokasi pencarinya.
  • Penalty di popup atau hukuman: Sama seperti Google, Yandex juga bisa menghukum situs yang mempunyai popup mengganggu dan menyesatkan.
  • Crawlability: Crawbility sangat penting supaya situs yang anda miliki tidak memblokir robot serta tidak disembunyikan lewat tag noindex.
  • Link: Tautan masuk atau biasa disebut dengan link juga sangat penting khususnya dalam hal faktor peringkat.

Perbedaan Yandex Search Engine dan Google Search Engine

Angka pangsa dari Yandex Search Engine bisa dikatakan relatif stabil. Yandex juga masih menjadi mesin pencari yang dominan khususnya di Rusia. Berikut adalah beberapa perbedaan antara Yandex Search Engine dan Google Search Engine yang penting untuk diketahui:

1. Yandex Search Engine Merupakan Sebuah Portal

Yandex Search Engine adalah tujuan media terbesar untuk seluruh wilayah Rusia. Untuk kebanyakan orang Rusia, yandex.ru merupakan tempat terbaik untuk mengawali hari hari mereka dan menjadi properti media online terbesar untuk seluruh wilayah Rusia.

2. Yandex Search Engine Jauh Lebih Baik Untuk Pencarian Berbahasa Rusia

Yandex Search Engine memang dibuat khusus untuk pasar Rusia sehingga lebih baik ketika digunakan untuk pencarian Rusia tertentu. Jika dilihat secara umum, Google tidak terlalu efektif untuk parsing atau memahami maksud dari pengguna serta ejaan pada pencarian yang tidak memakai bahasa Inggris. Sedangkan jika melakukan pencarian dalam bahasa Rusia, maka Google Search Engine juga semakin kurang baik digunakan.

3. Yandex Lebih Populer Untuk Penggunaan di Android

Google Search Engine bisa memakai sistem operasi smartphone berbasis seluler untuk meningkatkan penelusuran seluler. Ini disebabkan karena sifat penelusuran yang dimiliki Google sudah melekat di Android. Akan tetapi, hal ini tidak berlaku atau setidaknya tidak terlalu efektif ketika digunakan di negara Rusia.

4. Yandex Mempunyai Bahasa Rusia

Meski orang Rusia sangat peduli dengan merek atau brand Rusia, akan tetapi mereka tetap menyukai produk asing. Akan tetapi karena terjadi beberapa masalah, maka orang Rusia lebih menyukai menggunakan Yandex dan kurang percaya dengan Google.

5. Algoritma Yandex Bisa Memperhitungkan Spam

Algoritma yang dimiliki Yandex bisa memperhitungkan spam dengan lebih baik. Pasar online Rusia juga terkenal karena metode spam tautan langsung. Ini disebabkan karena ada banyak iklan agensi untuk menjual tautan dengan tujuan meningkatkan peringkat dari hasil pencarian.

Kelebihan Yandex Search Engine Untuk Android

1. Tampilan yang Responsif dan Kemudahan Navigasi

Yandex mengedepankan fitur Search Engine yang mempunyai tampilan serta nuansa menarik. Ini membuat para pengguna bisa memperoleh pengalaman browsing yang jauh lebih baik dibandingkan ketik memakai mesin pencarian lainnya. Anda sebagai pengguna bisa mengganti wallpaper dengan gambar sesuai keinginan.

Sementara untuk navigasi address bar ada di bagian bawah yang memudahkan pengguna untuk melakukan banyak hal hanya dengan satu tangan khususnya pada ponsel dengan ukuran layar 5 inch ke atas.

Baca Juga :  Google Search Engine : Pengertian, Sejarah, Fungsi Umum, Cara Kerja, Ranking dan Algoritma

2. Lebih Hemat Baterai dan Kuota

Jika anda melakukan browsing memakai Yandex, maka tidak perlu khawatir kuota akan habis sebab terdapat fitur yang berguna untuk menghemat kuota atau data. Sesudah fitur bernama Turbo Mode ini diaktifkan, maka setiap halaman yang diakses akan dikompres bersama dengan gambar yang ditampilkan.

Selain penghemat kuota, Yandex Search Engine juga memiliki penghemat baterai yang berbeda dengan search engine lainnya. Fitur Power Saving Mode ini bisa membantu para pengguna untuk menjelajahi internet tanpa khawatir baterai cepat habis.

Baca Juga :  Google Search Engine : Pengertian, Sejarah, Fungsi Umum, Cara Kerja, Ranking dan Algoritma

3. Menghilangkan Seluruh Iklan

Jika anda bosan dengan banyaknya iklan saat membuka sebuah website, maka dengan Yandex Search Engine semua iklan akan dihilangkan dan membuat tampilan website terlihat leih rapi.

Ada dua jenis penghilang iklan yang sudah disediakan Yandex Search Engine. Jenis pertama adalah Offensive Ad Blocking dan yang kedua adalah Intrusive Ad Blocking. Kedua pilihan ini bisa diaktifkan dalam waktu bersamaan supaya hasil yang diperoleh juga semakin baik.

4. Sudah Didukung Dengan Ekstensi Chrome

Karena Yandex Search Engine adalah peramban berbasis Chromium, maka semua ekstensi pada Chrome juga bisa dipasang di browser Yandex. Fitur seperti ini belum banyak dimiliki browser lainnya bahkan juga belum diterapkan Google Chrome pada Android.

Dengan menggunakan ekstensi tersebut, maka akan ada lebih banyak fitur tambahan sama halnya seperti komputer. Namun, sayangnya tidak seluruh ekstensi bisa berfungsi dengan baik sebab masih dipasang dalam kondisi beta.

5. Menyediakan Mode Penyamaran atau Incognito

Sama halnya seperti browser yang lain, Yandex Search Engine juga menyediakan mode penyamaran. Ini bisa membantu parapengguna untuk berkunjung ke website tanpa harus terdeteksi serta tidak disimpan di riwayat browsing.

Nantinya sesudah keluar dari mode penyamaran, maka pengguna seperti tidak pernah mengunjungi web yang baru diakses tersebut. Namun ketika memakai mode penyamaran, maka ekstensi yang sudah dipasang tidak bisa digunakan.

6. Keamanan Koneksi WiFi Lebih Terjamin

Sebenarnya, browser bernama Yandex Browser with Protect ini memang mengunggulkan fitur keamanan. Fungsionalitasnya adalah setiap jaringan WiFi tersambung pada ponsel, maka akan dipindai lebih dulu memakai sistem sebelum dihubungkan ke internet.

Dengan ini, sistem Yandex Search Engine bisa memeriksa apakah koneksi sudah benar benar aman atau tidak. Selain itu, status keamanannya juga akan ditampilkan pada layar ponsel.

7. Bisa Digunakan Untuk Mengakses Situs Secara Offline

Fitur yang dimiliki Yandex Search Engine ini hampir serupa dengan yang ada pada Chrome. Browser nantinya bisa menyimpan secara sesi terakhir secara otomatis pada saat sedang membuka website tersebut. Akan tetapi, ini hanya berlaku untuk satu halaman setiap satu website saja.

Contohnya ketika anda sedang membuka Facebook dan keluar dari browser. Kemudian anda ingin membuka kembali Yandex Search Engine namun tidak ada koneksi, maka halaman Facebook tersebut masih bisa dilihat dengan baik karena sebelumnya sudah tersimpan.

Kekurangan Yandex Search Engine

  • Ketika dijalankan terasa lebih berat dibandingkan search engine lainnya.
  • Navigasinya bisa dikatakan cukup sulit untuk pengguna yang bukan orang Rusia khususnya bagi yang baru pertama menggunakan search engine ini.
  • Tidak cocok untuk smartphone atau laptop dengan spesifikasi rendah.
  • Ada banyak konten yang didalamnya mengandung spam.
  • Untuk tampilan awalnya masih memakai bahasa Rusia.
  • Sering memberi traffic ghost untuk pemilik website.

Perbandingan Yandex Search Engine dan Google Search Engine

Yandex Search Engine yang merupakan perusahaan teknologi di Rusia ini tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan sama seperti search engine lainnya. Berikut adalah beberapa perbandingan dari Yandex Search Engine dan Google Search Engine:

1. Yandex Search Engine Lebih Bagus Dipakai Untuk Mencari Berita Berbahasa Rusia

Karena memang diciptakan secara khusus untuk pasar Rusia, maka kemampuannya untuk mencari berita dalam bahasa Rusia bisa dikatakan lebih baik dibandingkan Google Search Engine. Google Search Engine tidak terlalu efektif dipakai untuk mencari berita berbahasa Rusia sebab memakai ejaan bahasa Inggris.

2. Yandex Search Engine Lebih Populer Digunakan Pada Android

Google Search Engine adalah pemilik dari sistem operasi Android yang ada di smartphone sehingga kemampuannya bisa dikatakan mumpuni. Namun di Rusia, Google terbilang tidak terlalu efektif sebab kebanyakan pengguna lebih memilih memakai Yandex Search Engine.

3. Lebih Banyak Dipakai Orang Rusia Dibandingkan Google

Untuk orang Rusia lebih banyak menggunakan Yandex Search Engine dibandingkan Google Search Engine. Ini disebabkan karena ada beberapa masalah yang terjadi ketika mereka memakai Google Search Engine sehingga menurunkan rasa percaya mereka pada Google.

4. Algoritma Yandex Search Engine Bisa Memperhitungkan Spam

Yandex Search Engine punya algoritma yang bisa memperhitungkan spam lebih baik dibandingkan Google Search Engine. Ini disebabkan karena pasar online Rusia lebih terkenal dengan metode spam tautan langsung.

Sumber Referensi

https://rifqimulyawan.com/blog/pengertian-yandex/
https://jagad.id/yandex-pengertian-fungsi-macam-macam-kelebihan-dan-kelemahan/
https://cyberthreat.id/read/3770/Mengenal-Yandex-Sang-Raksasa-Mesin-Pencari-Asal-Rusia
https://jagad.id/yandex/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending

Artikel Serupa