‚Äč
28 C
Semarang
Wednesday, December 8, 2021

Pengertian Gadget : Sejarah, Jenis, Manfaat, Dampak Positif dan Negatif

Artikel Pilihan

Gadget atau biasa disebut dengan gawai merupakan alat komunikasi yang hadir karena kemajuan teknologi. Dunia teknologi yang berkembang pesat sekarang ini membuat gawai atau disebut dengan gadget juga ikut mengalami perkembangan yang pesat.

Contohnya seperti dulu hanya bisa mendengarkan musik lewat radio, namun sekarang ini sudah banyak gadget yang bisa digunakan untuk mendengarkan musik seperti MP3, ipod dan lain sebagainya.

Pengertian Gadget Secara Umum

Jika dilihat secara umum, pengertian dari gadget adalah perangkat elektronik yang memiliki ukuran kecil. Gadget memiliki fungsi khusus dan sangat praktis untuk dipakai. Sedangkan menurut pendapat lain, gadget merupakan alat elektronik berukuran kecil yang dapat dibawah bepergian dengan lebih mudah.

Gadget merupakan kata serapan yang diambil dari bahasa Inggris yang jika diartikan menjadi perangkat elektronik ukuran kecil dengan fungsi khusus dan pasti mengalami pembaharuan.

Gadget diidentikkan dengan unsur kebaruan yang menjadi pembeda dengan perangkat elektronik lain. Setiap hari akan ada gadget baru yang muncul dilengkapi dengan teknologi terbaru yang juga semakin canggih.

Sedangkan jika disebutkan dalam bahasa Indonesia dari gadget adalah gawai. Meski begitu, pemakaian kata gadget lebih banyak digunakan sekarang ini dibandingkan dengan gawai.

Gadget menjadi bukti dari perkembangan teknologi dan keberadaannya juga dianggap penting. Untuk itulah, hampir semua orang sekarang ini sudah memiliki gadget dengan fungsi yang beragam. Namun, fungsi utama dari gadget itu sendiri adalah sebagai media komunikasi.

Fungsi lain dari gadget adalah sebagai sarana mempermudah mendapatkan informasi. Dengan adanya gadget, maka manusia sekarang ini bisa dengan mudah mengakses internet untuk memperoleh informasi.

Pengertian Gadget Menurut Para Ahli

Selain pengertian umum diatas, beberapa orang ahli juga mengemukakan pendapatnya masing masing tentang pengertian dari gadget. Berikut adalah pengertian gadget menurut beberapa orang ahli:

1. Menurut Garini Dalam Rohman

Ia berpendapat jika gadget adalah perangkat elektronik berukuran kecil yang memiliki banyak fungsi. Gadget dalam hal ini smartphone disebut juga dengan telepon genggam yang sekarang ini sudah dilengkapi banyak fungsi dan fitur untuk mempermudah ketika digunakan.

2. Menurut Derry

Derry berpendapat jika gadget merupakan sebuah instrumen atau perangkat elektronik. Fungsi dan tujuan gadget menurut Derry sangat praktis untuk membantu kegiatan manusia.

3. Menurut Manumpil dkk

Menurut Manumpil dkk, gadget merupakan alat teknologi yang sekarang berkembang pesat dan memiliki banyak fungsi khususnya iPhone, smartphone dan juga Blackberry.

4. Menurut Wikipedia

Di Wikipedia berbahasa Inggris, gadget diartikan sebagai alat berukuran kecil seperti mesin dengan fungsi tertentu dan sering disebut sebagai sesuatu yang baru.

Sementara menurut Wikipedia berbahasa Indonesia menyebutkan jika gadget sama seperti gawai. Gawai sendiri merupakan piranti yang mempunyai fungsi praktis dan dirancang jauh lebih canggih dibandingkan dengan perangkat yang sudah diciptakan sebelumnya.

5. Menurut KBBI

Pengertian gadget menurut KBBI adalah peranti elektronik atau mekanik yang memiliki fungsi praktis. Gadget merupakan kata benda yang ditunjukkan memakai kode n atau noun. Ini mengartikan jika gadget merujuk pada suatu benda dan bukan dari fungsinya.

Gadget merupakan benda yang memiliki bentuk berupa piranti elektronik atau mekanis dengan fungsi praktis. Fungsi praktis yang dimaksud sangat bervariasi seperti komunikasi, media sosial, mendengarkan musik,melihat video dan lain sebagainya.

Sejarah Gadget

Sejarah gadget sendiri dibagi menjadi dua bagian yakni menurut asal usul namanya dan juga keberadaan gadget tersebut.

1. Sejarah Keberadaan Gadget

Awal kemunculan gadget sebenarnya tidak bisa dijelaskan secara menyeluruh. Ini disebabkan karena kata gadget bukanlah lambang dari sebuah barang atau benda namun klasifikasi dari banyak jenis komponen seperti handphone.

Untuk itulah jika berbicara tentang sejarah gadget, artinya sama seperti membahas tentang sejarah dari perangkat handphone. Awalnya, istilah handphone belum dikenal karena alat komunikasi ketika itu masih menggunakan perantara kabel atau menggunakan sinyal radio yakni handy talkie atau walkie talkie.

Ketika itu, perangkat telephone belum disebut gadget sepenuhnya karena penggunaannya masih tergolong sulit dengan bobot 35 pon. Kemudian di generasi pertama dan kedua, telepon dimodifikasi sehingga lebih ringan dan sudah menggunakan antena mini untuk menangkap sinyal radio.

Masuk ke generasi ketiga, sistem operasi pada handphone mulai diperkenalkan seperti android, symbian serta Java. Dari sejak itu, user internet mulai diperkenalkan dan fungsi handphone mulai serupa dengan PC. Sedangkan ketika masuk ke generasi keempat sampai sekarang, muncul istilah smartphone yang memakai teknologi sinyal 4G.

2. Asal Usul Istilah Gadget

Untuk asal usul istilah gadget terdiri dari beberapa pendapat dan berikut beberapa diantaranya:

  • Abad ke-19: Isilah gadget berasal dari lelucon di abad ke-19. Ini dibuktikan pada anekdot pemakaian kata gadget yang ada di Kamus Inggris Oxford. Ini adalah istilah yang digunakan untuk menyebut benda yang digunakan seseorang dengan daya ingat rendah yang muncul di tahun sekitar 1850.
  • Gadget = Sengketa
  • Beberapa sumbe mengatakan jika secara etimologi arti dari gadget adalah sengketa. Ini tercipta ketika ada 3 orang yang sedang membangun Patung Liberty di tahun 1886. Ketiga orang Perancis tersebut bernama Cie, Gauthier serta Gaget yang bersengketa tentang miniatur patung.
  • Kamus Oxford: Michael Quinion yakni penulis dari Inggris menulis tentang asal usul istilah gadget pada situs worldwidewords. Ia berpendapat jika gadget identik dengan alat mekanis kecil yang memiliki bentuk tidak jelas akan tetapi baru dan cerdas.
  • Gadget diambil dari bahasa Perancis: Ada pendapat lain yang masuk akal dan mengatakan jika istilah gadget berasal dari bahasa Perancis yakni gachette yang berarti melahirkan gagasan baru.
  • Tahun 1956: Hingga tahun ini, gadget terus diperbincangkan. Reyner Banham seorang kritikus arsitektur menulis dalam The Great Gizmo yang mengartikan jika gadget merupakan benda yang berkarakteristik unik, memiliki unit dengan kinerja tinggi serta berhubungan dengan biaya dan ukuran.
Baca Juga :  Pengertian Android : Sejarah, Perkembangan, Kelebihan dan Kekurangan

Jenis Gadget

Gadget terdiri dari banyak jenis dan masing masing memiliki fungsi yang berbeda. Berikut adalah beberapa jenis gadget yang biasa digunakan untuk kehidupan sehari-hari:

1. Handphone

Jenis gadget pertama adalah handphone yang sudah sangat banyak digunakan sekarang ini. Perkembangan handphone dari tahun ke tahun juga sangat pesat, namun yang paling banyak dipakai sekarang ini adalah smartphone. Umumnya, smartphone memakai sistem android, iOS serta Windowsphone.

2. Komputer dan Laptop

Komputer dan laptop menjadi jenis dari gadget berikutnya yang banyak digunakan sekarang ini. Umumnya, komputer dan laptop dipakai untuk kebutuhan pekerjaan dan juga sekolah. Ini adalah gadget yang memerlukan sistem supaya bisa dijalankan memakai Mac, Windows, Linux dan berbagai sistem lain.

3. Tablet dan iPad

Jenis gadget selanjutnya adalah tablet dan iPad. Ukuran tablet lebih besar jika dibandingkan dengan handphone. Kelebihannya adalah bisa menampilkan gambar lebih besar dan lebih jelas. Ketika menggunakan tablet dan iPad, banyak pengguna yang merasa lebih nyaman khususnya ketika dipakai untuk bermain game, menonton serta berbagai kegiatan lain.

4. Kamera Digital

Selain handphone, komputer dan laptop serta tablet dan iPad, ada lagi jenis gadget lainnya yakni kamera digital. Kegunaan utama dari gadget yang satu ini adalah untuk menangkap gambar dan juga video.

5. Headset dan Headphone

Headset dan headphone juga termasuk dalam jenis gadget yang biasa digunakan sekarang ini. Untuk kegunaan utama dari headset dan headphone adalah untuk mendengarkan musik dan suara ketika menonton video.

6. Televisi 3D

Jenis gadget berikutnya yang juga sudah mulai banyak digunakan sekarang ini adalah televisi 3D. Gadget ini memberikan gambar yang jauh lebih baik dibandingkan TV pada umumnya, tampilan lebih hidup dan menambah keseruan ketika bermain game. Bahkan, hampir semua produsen TV sekarang ini juga sudah menghadirkan teknologi 3D untuk produk TV yang ditawarkan.

7. Konsol

Gadget berikutnya adalah konsol yang sudah cukup banyak dikenal sekarang ini. Beberapa jenis konsol diantaranya adalah Xbox, Playstation, Nintendo dan sebagainya. Jenis permainanan yang ditawarkan gadget ini juga sangat beragam dengan tampilan grafis beresolusi tinggi.

Manfaat Gadget

Sebenarnya, fungsi utama dari gadget adalah untuk membantu manusia dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan dari contoh macam jenisnya, berikut adalah beberapa manfaat dari gadget untuk manusia:

  • Sebagai media komunikasi: Gadget berguna sebagai media komunikasi. Dengan adanya gadget, maka manusia bisa saling terhubungn serta berkomunikasi memakai perangkat komunikasi seperti smartwatch, smartphone, laptop dan sebagainya.
  • Untuk mengakses informasi: Tidak hanya sebagai media komunikasi, gadget juga berguna sebagai alat untuk mengakses informasi yang ada di internet.
  • Sebagai sarana hiburan: Gadget juga berfungsi sebagai sarana hiburan. Ada beberapa jenis gadget yang memang dibuat khusus untuk hiburan contohnya seperti iPod yang dipakai untuk mendengarkan musik serta smartphone untuk melihat video.
  • Untuk gaya hidup: Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, gadget merupakan bagian penting dari kehidupan manusia sekarang ini. Untuk itulah, gadget juga memiliki manfaat sebagai gaya hidup bagi penggunanya.
  • Sebagai cara menambah wawasan: Karena begitu banyak fungsi yang dimiliki gadget, maka gadget juga bisa digunakan untuk menambah wawasan.
  • Untuk mengakses internet: Fitur yang banyak digunakan dalam gadget adalah internet. Dengan gadget, semua orang bisa mencari dan mendownload informasi dari mulai video, tugas, musik dan sebagainya.
  • Mengasah keterampilan baru: Gadget bisa digunakan untuk mengasah keterampilan baru khususnya bagi anak anak. Jika berada di pengawasan yang baik, maka dengan menggunakan gadget anak bisa belajar keterampilan serta keahlian yang baru dari permainan serta tayangan yang diakses. Bahkan, anak juga bisa belajar bahasa asing lewat internet, video serta game yang dimainkan.
  • Meningkatkan kemampuan spasial dan visual: Manfaat gadget berikutnya adalah untuk meningkatkan kemampuan spasial dan visual. Dengan begitu banyak warna serta bentuk gambar, maka kemampuan visual bisa meningkat. Seseorang nantinya bisa membedakan bentuk dari gambar yang satu dengan yang lainnya sekaligus belajar warna untuk anak anak.
  • Menambah pengetahuan umum: Gadget juga bisa dijadikan sarana untuk menambah pengetahuan umum.
Baca Juga :  Topologi Star : Pengertian, Kelebihan, Kekurangan dan Contoh

Dampak Positif dan Negatif Gadget

1. Dampak Positif Gadget

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, gadget bisa memberikan banyak dampak positif untuk manusia. Berikut adalah beberapa dampak positif dari gadget untuk manusia:

  • Untuk menambah ilmu pengetahuan.
  • Untuk mempermudah komunikasi dengan orang lain.
  • Untuk memperluas jaringan pertemanan.
  • Untuk meningkatkan kreativitas anak.
  • Untuk melakukan akses ke luar negeri.
  • Untuk mencerdaskan manusia sebab perkembangan gadget yang membuat manusia bisa hidup lebih baik.

2. Dampak Negatif Gadget

Selain bisa memberikan banyak manfaat untuk manusia, gadget juga bisa memberikan dampak negatif jika digunakan secara tidak tepat. Berikut adalah beberapa dampak negatif gadget untuk manusia:

  • Merusak Kesehatan Mata

Dampak buruk gadget ketika digunakan terus menerus yang pertama adalah bisa merusak kesehatan mata. Ketika sedang menatap gadget dalam waktu yang cukup lama, maka bisa menyebabkan mata terasa kering.

Dampak yang lebih buruk lagi dari penggunaan gadget terlalu lama adalah menyebabkan infeksi mata serta peradangan. Jika hal ini terus terjadi, maka bisa mempengaruhi kesehatan mata untuk jangka panjang.

  • Mengganggu Pola Tidur

Penggunaan gadget terlalu berlebihan juga bisa mengganggu pola tidur seseorang. Ini disebabkan karena umumnya gadget akan memantulkan cahaya biru yang akan mengganggu produksi hormon melatonin yang berfungsi untuk membantu tidur. Jika pola tidur yang buruk terjadi pada remaja, maka bisa mengakibatkan konsentrasi serta pola pikir mereka juga ikut terganggu.

  • Mengubah Postur Tubuh

Selain berpengaruh pada pola tidur dan kesehatan mata, pemakaian gadget berlebihan juga bisa mengubah postur tubuh. Bahkan ada beberapa orang yang juga mengalami nyeri leher serta bahu akibat posisi kepala yang terlalu condong ke depan ketika menggunakan gadget.

Jika digunakan dalam jangka waktu yang lama, maka pemakai gadget bisa mengalami struktur tulang yang buruk seperti bungkuk dan sulit untuk dikembalikan seperti normal.

  • Mengurangi Aktivitas Fisik

Jika gadget digunakan terlalu berlebihan dan dalam jangka waktu yang lama, maka tentunya juga akan mengurangi aktivitas fisik. Ini disebabkan ketika menggunakan gadget sering dilakukan dalam keadaan duduk.

Jika ini terjadi terus menerus, maka juga bisa menyebabkan masalah kesehatan lain seperti diabetes, kanker serta kesehatan mental seperti depresi yang ikut meningkat.

  • Menyebabkan Masalah Kesehatan

Saat seseorang menggunakan gadget tanpa terkontrol, maka bisa menyebabkan masalah pada kesehatan tubuh. Tidak hanya kesehatan mata, namun masalah pada otak juga bisa terjadi.

Ini disebabkan karena radiasi yang dihasilkan dari gadget seperti ponsel ketika dipakai menelepon akan membuat kemampuan untuk mengingat bentuk abstrak bisa semakin berkurang. Selain itu, masih banyak juga masalah kesehatan lain yang bisa ditimbulkan akibat penggunaan gadget yang menghasilkan sinar biru tersebut.

Selain beberapa hal di atas, masih banyak dampak buruk yang bisa ditimbulkan karena penggunaan gadget terlalu berlebihan. Berikut beberapa diantaranya:

  • Membuat manusia menjadi pribadi yang tertutup.
  • Membuat seseorang mengalami gangguan tidur.
  • Membuat seseorang lebih suka menyendiri.
  • Menimbulkan perilaku kekerasan.
  • Mengurangi kreativitas seseorang.
  • Membuat seseorang terpapar radiasi.
  • Meningkatkan ancaman cyber bullying.
  • Membuka pintu masuk budaya barat.
  • Meningkatkan sifat egois dan sulit diatur.
  • Menyebabkan kecanduan gadget.

Cara Mengatasi Kecanduan Gadget

Sebenarnya, menggunakan gadget bukanlah hal yang salah. Namun jika sudah sampai kecanduan, maka ada berbagai hal buruk yang bisa terjadi baik dari kesehatan fisik atau mental seseorang. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kecanduan gadget:

  • Perbanyak sosialisasi: Cara pertama untuk mengatasi kecanduan gadget adalah dengan memperbanyak sosialisasi. Contohnya seperti traveling atau sekedar berkumpul dengan teman terdekat.
  • Matikan gadget 30 menit sebelum tidur: Cara kedua yang bisa dilakukan adalah mematikan gadget 30 menit sebelum tidur. Tidak hanya berguna untuk mengatasi kecanduan gadget, namun cara ini juga bisa membantu untuk tidur lebih cepat dan bangun lebih pagi.
  • Menghapus aplikasi penyebab kecanduan: Menghapus aplikasi yang menyebabkan kecanduan gadget juga bisa dilakukan. Contohnya jika kecanduan gadget disebabkan karena game, maka hapus game tersebut dari gadget.
  • Tetapkan batasan waktu penggunaan gadget: Cobalah untuk menetapkan batasan waktu untuk penggunaan gadget seperti smartphone. Contohnya ada saat saat tertentu gadget tidak boleh digunakan seperti ketika makan, berkumpul bersama teman atau keluarga dan sebagainya.
Sumber Referensi

https://www.yuksinau.id/pengertian-gadget/
https://www.jurnalponsel.com/pengertian-gadget/
https://www.computerhope.com/jargon/g/gadget.htm
https://www.nesabamedia.com/pengertian-gadget/
https://itkampus.com/pengertian-gadget/
https://www.jojonomic.com/blog/gawai-adalah/

[Total: Rata-rata: ]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending

Artikel Serupa