Pengertian Quora : Sejarah, Manfaat, Fitur, Kelebihan dan Kekurangan,

0
78
Quora

Quora merupakan situs untuk saling bertukar pengetahuan yang mulai didirikan pada bulan Juni 2009. Kemudian, Quora diluncurkan di tahap beta privat pada bulan Desember tahun 2009 yang lalu. Quora kemudian secara resmi mulai dibuka secara umum tanggal 21 Juni 2010.

Quora berguna untuk mengumpulkan segala pertanyaan serta jawaban untuk beberapa topik tertentu dan mempersilahkan para penggunanya untuk ikut berkolaborasi dengan cara memberikan suara dan memberi usul atas perbaikan jawaban. Quora sendiri memiliki beberapa pesaing yang cukup kuat seperti Yahoo! Answerm Reddit, Answerbag, LinkedIn serta Answer.com.

Pengertian Quora

Konsep dasar dari Quora adalah semua user bisa membuat postingan yang berbentuk pertanyaan kemudian menyampaikan pendapat mengenai topik dari user lain. User akan memperoleh jawaban dari pengguna lain layaknya forum tanya jawab.

Pada awal didirikan, konsep dari Quora sendiri sangat sederhana yakni mengumpulkan pertanyaan serta jawaban untuk topik tertentu. Selain itu, para pengguna lainnya juga bisa ikut memberi suara serta pendapat. Jawaban yang terlengkap nantinya bisa memperoleh kredit lebih atau upvote dan akan ditayangkan. Selain itu, jawaban yang sebelumnya sudah diberikan juga bisa diperbaiki kembali. Untuk konsep Quora sendiri hampir serupa dengan Reddit seperti memberi kolom pertanyaan dari sesama pengguna.

Sejarah Quora

Pada awalnya, Quora didirikan Adam D’Angelo seorang mantan chief technical officer Facebook. Ia kemudian keluar dari Facebook Januari 2010 lalu membuat Quora. Ia berkata jikamendapat inspirasi membuat Quora karena berpikir jika ada banyak situs questions and answers namun tidak terlalu baik.

Basis pengguna Quora kemudian mulai tumbuh dengan pesat pada Desember 2010. Sedangkan di bulan Maret 2010, Quora menerima modal yang berasal dari Benchmark Capital yang juga memberi nilai start up sebanyak 86 juta Dollar.

Quora Berbahasa Indonesia

Untuk Quora berbahasa Indonesia sendiri mulai diluncurkan di tanggal 30 Mei tahun 2018 yang lalu. Namun untuk tanggal dari jawaban di Quora yang digunakan sedikit terlambat karena harus melewati masa percobaan selama 2 bulan.

Saat itu, ada beberapa pengguna Quora yang memakai bahasa Inggris diundang dan mereka kemudian boleh mengundang 5 orang lainnya. Sedangkan pengguna yang tidak diundang namun ingin bergabung juga bisa mengirim email permohonan.

Kelebihan Quora

  • Pemakaian bahasa Indonesianya baik dan juga sopan.
  • Jawaban yang diberikan memuaskan berkat sistem kredensial yang membuat jawaban bisa lebih dipercaya.
  • Memiliki sistem fair judging yakni Dukung naik serta Dukung turun layaknya lika dan dislike di media sosial.
  • Tidak menyediakan jawaban cocoklogi atau informasi yang hanya sekedar hoax.

Kekurangan Quora

  • Tidak punya fitur blokir permintaan jawaban yang masuk. Ini menyebabkan terkadang jawaban yang diberikan tidak sesuai dengan pertanyaan meski memang jarang terjadi.
  • Tidak dapat memakai kolom tabel untuk jawaban pertanyaannya.
  • Push notification masuk tetap masuk meski sudah diatur menjadi mati di menu setting pages.

Manfaat Quora

Quora bisa diibaratkan layaknya jembatan penghubung yang mempertemukan antara seseorang yang ahli pada bidang tertentu dengan orang yang butuh jawaban langsung dari orang tersebut dari mulai pendapat hingga diskusi.

Ini semakin mencerminkan misi dari Quora yakni meningkatkan pengetahuan serta keakraban di antara para pengguna. Jika sebelumnya orang hanya ahli pada bidang masing masing, namun dengan Quora ada banyak pengguna yang bisa saling terhubung.

Pendiri Quora ini memiliki tujuan untuk saling menghubungkan banyak orang yang mumpuni dalam bisang berbeda dengan orang yang butuh jawaban dari pertanyaan yang diajukan. Semua orang nantinya bisa terhubung dan menyatukan pikiran mereka untuk pengetahuan. Berikut adalah beberapa manfaat dari Quora yang bisa dirasakan oleh penggunanya:

Baca Juga :  Pengertian Instagram : Sejarah, Fitur, Kelebihan, Cara Menggunakan, Fungsi dan Cara Download

1. Mendapatkan Jawaban Terbaik dari Pertanyaan yang Diajukan

Manfaat pertama dari Quora adalah untuk memperoleh jawaban terbaik dari pertanyaan yang anda ajukan. Ada kalanya kita punya pertanyaan yang belum tentu bisa dijawab oleh orang lain. Sedangkan mesin pencari tidak selalu bisa memberikan jawaban yang sesuai pada hasil pencarian organiknya.

Untuk itulah, Quora bisa dijadikan salah satu wadah yang tepat karena anda bisa mendapatkan jawaban yang tepat. Ditambah lagi, jawaban tersebut juga secara langsung diberikan oleh ahlinya sehingga lebih terpercaya. Ada juga banyak pola pikir dari para penjawab yang berbeda beda namun dengan inti yang sama. Bisa dikatakan jika ada banyak tambahan referensi jawaban terbaik serta sarat wawasan yang bisa anda peroleh.

2. Tempat Berbagi Ilmu

Di Quora ada begitu banyak orang yang berkecimpung atas dasar berbagi dengan sesama. Di Quora, anda bisa menemukan tokoh dunia sampai pakar dunia dari berbagai ilmu yang memiliki akun Quora. Tidak hanya berguna untuk menjawab pertanyaan dari para pengguna, namun ada juga interaksi yang lebih dekat mengenai banyak hal yang sebelumnya tidak diketahui masyarakat.

3. Bisa Mencari Jawaban yang Bebas dari Iklan

Terkadang, adanya iklan dari sebuah platform membuat penggunanya merasa malas. Iklan sendiri sebenarnya merupakan cara aplikasi memperoleh pendapatan yang besar dari sponsornya. Inilah sebabnya hampir seluruh startup disokong oleh sponsor.

Iklan memang menguntungkan bagi perusahaan, akan tetapi membuat para penggunanya merasa kurang nyaman. Sementara Quora lebih mengedepankan para user di platform tersebut dengan cara tidak menggunakan banyak iklan pada aplikasi tersebut dibandingkan dengan aplikasi yang lain.

Meski pendapatannya bisa dikatakan tidak terlalu besar, akan tetapi ini memang sudah menjadi prinsip Quora sejak didirikan. Pendiri Quora mau menjadikan Quora sebagai aplikasi bookmark untuk saling berbagi informasi berbentuk Q & A untuk sesama pengguna dan bukan untuk mencari keuntungan.

4. Wadah Memberikan Jawaban Terbaik

Quora berguna untuk memberikan jawaban yang terbaik dibandingkan sosial media bookmark yang lain. Bisa dikatakan jika Quora menjadi yang terdepan untuk memberi jawaban yang terbaik. Sifat Quora yang global membuatnya menjadi tolal ukur serta ditunjang juga dengan ahli yang juga mempunyai akun Quora.

5. Untuk Mempromosikan Kemampuan

Quora bisa dijadikan wadah untuk saling berbagi ilmu terutama pada bidang yang memang digeluti. Rating anda juga dapat naik di kalangan pengguna yang lain ketika mereka sudah mengetahui kemampuan spesial apa yang anda miliki.

Ini tentunya merupakan promosi yang bagus. Setiap jawaban terutama yang merupakan bidang anda akan memperoleh upvote yang paling baik. Jika memang anda ingin memiliki akun Quora, maka sebaiknya lengkapi juga biodaya pada profil akun karena juga menjadi bentuk promosi.

6. Menyediakan Topik yang Beragam

Quora merupakan platform yang menyediakan berbagai topik. Ada begitu banyak topik yang bisa anda pilih menyesuaikan dengan bidang dan minat yang anda miliki. Dengan begitu, topik dari hasil pencarian juga akan masuk di feed timeline anda.

Contohnya jika anda suka dengan blogging, maka anda bisa melakukan pencarian dengan kata kunci blogging dengan sangat mudah. Nantinya, akan ada banyak pertanyaan yang serupa dengan topik yang anda sukai. Semakin banyak topik yang anda ikuti, maka akan semakin banyak juga pengetahuan yang bisa anda dapatkan.

Baca Juga :  Yahoo Search Engine : Pengertian, Sejarah, Fitur, Layanan dan Tips Cara Menggunakan

7. Memberikan Inspirasi Untuk Pengguna Lainnya

Ada banyak jawaban yang diberikan yang merupakan hasil riset panjang atau pengalaman pribadi para ahli. Dengan tidak langsung, nantinya para pengguna bisa bertanya untuk memperoleh jawaban yang paling baik dan juga pengalaman yang dimiliki oleh ahli.

8. Untuk Mengajarkan Sopan Santun

Biasanya, kolom komentar berita sampai sosial media sekarang ini penuh dengan debat panjang yang tidak berakhir. Semua orang berusaha untuk terlihat pintar meski kenyataannya tidak demikian dan hanya membuat mereka terlihat seperti orang bodoh.

Sedangkan di Quora jauh lebih sopan ketika menyampaikan pendapat. Ini disebabkan karena diisi oleh kalangan yang profesional dan lebih mengendepankan sopan santun ketika mengemukakan pendapat.

Popularitas Quora di Indonesia

Bisa dikatakan jika Quora memang tidak terlalu populer di Indonesia. Bahkan, cukup banyak orang Indonesia yang tidak mengenal Quora dibandingkan dengan platform lain seperti Kaskus. Namun, platform Kaskus hanya diperuntukkan untuk orang Indonesia, sedangkan Quora berisi user global dari seluruh dunia. Selain itu, ada beberapa alasan lain mengapa Quora kurang begitu terkenal di Indonesia seperti berikut ini:

1. Menggunakan Bahasa Inggris

Alasan pertama mengapa Quora kurang begitu terkenal di Indonesia adalah karena memakai bahasa Inggris. Quora memang menawarkan interaksi serta diskusi antar pengguna terutama berbahasa Inggris yang membuat sebagian orang Indonesia tidak menggunakannya.

Ditambah lagi, beberapa pertanyaan juga dinilai berbobot berat serta susah dipahami. Faktor bahasa inilah yang menjadi diskusi pada Quora jadi terlihat berat dan tidak menarik.

2. Tidak Terlalu Banyak Menampilkan Gambar Serta Video

Di Quora juga tidak banyak ditampilkan video serta gambar. Pada platform ini lebih banyak didominasi dengan pertanyaan yang berasal dari pengguna lain dan dalam bahasa Inggris. Tentu saja, menjawab dan meminta pertanyaan jadi terasa sulit karena memakai bahasa Inggris. Para pengguna yang tidak mengerti kemudian memilih untuk sign out bahkan uninstall aplikasi ini.

Meski begitu, Quora sudah memiliki versi bahasa Indonesia mulai tahun 2018 yang lalu sehingga semakin mempermudah pengguna khususnya pengguna Indonesia. Dengan begitu, bahasa sudah tidak lagi menjadi masalah ketika anda ingin menggunakan aplikasi ini.

3. Sifatnya Terlalu Serius

Kebanyakan orang Indonesia lebih senang segala sesuatu yang bersifat bait news, asmara, humor dan juga gosip. Ini semua bukanlah target utama Quora karena lebih menyasar kepada pengguna yang profesional di bidangnya. Untuk itu, jangan pernah berharap anda bisa menemukan masalah seputar gosip paling baru di timeline Quora.

Inilah sebabnya banyak yang beranggapan Quora kurang menarik dan kaku karena konsepnya. Ini sangat berbanding terbalik dengan pengguna sosial Indonesia yang lebih senang konten ringan dan menyenangkan. Selain itu, pengguna sosial media di Indonesia senang eksis agar bisa mendapatkan perhatian yang semuanya tidak ada pada Quora.

4. Hanya Berisi Tulisan

Berbeda dengan kebanyakan sosial media sekarang ini, Quora hanya diisi dengan tulisan sebagai kekuatan utama untuk menarik para penggunanya. Quora hanya memberikan tulisan pertanyaan serta jawaban user yang mungkin untuk sebagian orang akan terasa kaku dan membosankan.

Sebenarnya, ada juga gambar dan video namun hanya sebagai penunjang atau penguat pembahasan yang panjang. Ini dianggap tidak terlalu menarik untuk sebagian pengguna khususnya orang Indonesia yang sudah akrab dengan sosial media berisi video dan gambar.

Inilah mengapa Quora lebih digemari kalangan profesional atau orang yang mau memecahkan masalah dari pertanyaan yang dimiliki. Sedangkan jawaban yang ada di Quora adalah jawaban masuk akal lengkap denga data dan faktanya.

Baca Juga :  Pengertian Tumblr : Sejarah, Fitur, Cara Buat Akun dan Tips

5. Materinya Terlalu Berat

Materi yang biasanya dibagikan oleh user memang seringkali berat. Selain itu, pengguna Quora juga memberikan jawaban yang berat juga sehingga sering tidak dimengerti sebagian orang sekaligus mengurangi minat para penggunanya.

6. Hanya Untuk yang Mengerti dan Mau Berpikir Lebih

Bisa dikatakan jika Quora diperuntukkan bagi mereka yang paham dan bisa berpikir lebih. Namun sayangnya, hal seperti ini kurang diminati pengguna sosial media. Biasanya, kebanyakan orang lebih suka materi ringan baik itu berupa infografis atau gambar. Atau juga bisa gambar yang pada bagian dalamnya juga disertai gambar supaya pembaca tidak lelah membacanya.

7. Terlihat Kurang Menjanjikan

Karena bentuk platform ini yang sederhana, maka dianggap tidak terlalu menjanjikan untuk kaum milenial. Inilah salah satu alasan mengapa kaum muda lebih memilih sosial media yang lain dan cukup digandrungi.

8. Kurang Populer Dibandingkan Sosial Media Lainnya

Quora juga tidak terlalu populer jika dibandingkan dengan sosial media lainnya. Ini disebabkan karena pengguna sosial media Indonesia berkisar antara usia 15 sampai 25 tahun. Sedangkan untuk pengguna Quora sendiri adalah kaum profesional serta yang senang dengan wawasan.

9. Jarang Berinovasi

Bisa dikatakan Quora lebih jarang berinovasi dibandingkan dengan media sosial yang lainnya. Contohnya seperti inovasi fitur berbagi video atau foto. Karena hanya segmen tertentu tersebut, maka hanya sebagian kecil orang juga yang senang menggunakan Quora dalam waktu yang cukup lama.

Quora terkesan lebih kaku dan serius sehingga konsepnya hampir sama seperti LinkedIn khususnya dalam hal penggunanya. LinkedIn diibaratkan seperti Facebook versi profesional yang lebih menekankan pada portfolio serta presentasi. Sementara Quora lebih berbentuk ke tempat diskusi mengenai sebuah hal tertentu.

Sayangnya, sosial media yang lebih disukai masyarakat Indonesia lebih kepada sosial media yang membahas mengenai masalah di luar pekerjaan atau seputar rutinitas harian. Pada kenyataannya, konsep dari Quora bertolak belakang dengan keinginan dari pengguna dalam negeri sehingga sangat wajar jika Quora tidak terlalu terkenal dibandingkan dengan sosial media yang lainnya.

Fitur Quora

Sebenarnya, platform Quora tetap menarik untuk digunakan tidak kalah dengan platform lainna. Ditambah lagi, bentuknya juga responsif serta tidak terlalu memakan tempat pada gadget. Kemudian, fitur yang ada pada Quora juga terbilang lengkap dan bisa membantu para penggunanya seperti beberapa fitur berikut ini:

1. Feed

Fitur feed adalah fitur yang menampilkan beberapa pertanyaan pada timeline Quora dari mulai yang terbaru hingga yang paling hits. Pengguna nantina bisa memilih topik yang sesuai dengan keinginan. Dengan begitu, seluruh pertanyaan yang berhubugan akan ditampilkan ketika scroll feed timeline.

2. Bookmarks

Ketika anda install aplikasi Quora, maka akan ada beberapa kata kunci pencarian yang dapat dipilih sesuai keinginan. Contohnya jika anda tertarik dengan blogging, maka bisa menambahkan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan blogging.

3. New Questions

Ini merupakan fitur yang menampilkan beberapa pertanyaan terbaru di timeline Quora dan anda bisa menjawab pertanyaan ini sesuai dengan kemampuan. Dengan fitur ini, anda bisa melihat banyak pertanyaan menarik sekaligus melatih kemampuan untuk menyampaikan pendapat.

4. Ask

Ask merupakan fitur dari Quora yang disediakan untuk seluruh pengguna Quora ketika mau bertanya akan sesuatu hal yang belum dipahami. Pertanyaan yang masuk nantinya akan disaring moderator menyesuaikan dengan tata tulis serta bahasa yang baik dan benar. Kemudian, pertanyaan akan dijawab para ahli dan anda bisa memilah jawaban yang paling baik dan juga layak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here