31 C
Semarang
Monday, September 20, 2021

Software Programming : Definisi, Manfaat, dan Contohnya

Artikel Pilihan

Sebagai seorang programmer, Anda tidak akan terlepas dari aktivitas menulis kode program. Karena perkembangan dunia digital, kini seluruh orang di dunia menggunakan software pemrograman atau software programming. Maraknya berbagai produk kekinian untuk membangun sebuah program mungkin dapat membuat Anda bingung dalam memilihnya.

Namun, Anda tidak perlu khawatir lagi karena penjelasan software programming: definisi, manfaat, dan contohnya akan membantu dalam mengenal produk yang ada. Yuk, simak pembahasan berikut ini.

Definisi Software Programming

Software programming atau software pemrograman adalah perangkat lunak yang menjadi sarana penulisan kode program (source code). Perangkat lunak ini merupakan salah satu bentuk text editor yang memiliki fitur lanjutan sebagai bentuk dukungan dalam aktivitas pemrograman.

Saat memilih software programming, Anda dapat mempertimbangkan berbagai hal. Mulai dari fitur, ketersediaan kolaborasi, konektivitas, harga, kapasitas memori, dan masih banyak lagi. Para perusahaan pengembang perangkat lunak pun terus dituntut untuk melakukan pembaruan atau inovasi sehingga tetap menjaga loyalitas para pelanggan atau programmer.

Kehadiran software programming berbasis desktop banyak dipilih karena berbagai alasan. Alasan pertama adalah tidak adanya tuntutan kebutuhan internet seperti editor kode versi online. Selain itu, Anda juga dapat langsung membuka file atau kode program yang sudah pernah dibuat secara cepat karena adanya riwayat aktivitas coding. Namun, terdapat kekurangan yang dapat dipertimbangkan yaitu kebutuhan memori perangkat lunak yang akan diinstal pada PC atau komputer.

Manfaat Software Programming

Dengan adanya software pemrograman, terdapat berbagai manfaat yang dapat diperoleh. Adapun manfaat dari perangkat lunak ini adalah sebagai berikut.

  • Mempercepat proses development. Karena di dalam software terdapat berbagai fitur yang membantu para programmer, seperti tools untuk debugging, simulator, hingga testing. Bahkan aktivitas deployment juga dapat dilakukan melalui terminal yang terhubung dengan software pemrograman khususnya jika deployment dengan bantuan pihak ketiga seperti Heroku.
  • Sebagai akses cepat ke Version Control. Kehadiran version control seperti GitLab menjadi hal wajib untuk perolehan berbagai format dan versi kode program. Dari terminal yang terhubung dengan software pemrograman, Anda dapat melakukan commit, push, dan pull secara langsung dari software pemrograman.
  • Menciptakan suasana penulisan kode yang lebih nyaman. Saat ini, hampir semua software pemrograman memuat teks atau kode program dalam berbagai warna. Anda pun bebas memilih mode untuk penulisan kode seperti mode normal atau light maupun mode gelap atau dark.

Contoh Software Programming

Saat ini, para inovator tengah berlomba-lomba dalam menghasilkan software programming berkualitas dan kekinian. Berikut ini merupakan contoh perangkat lunak untuk pemrograman dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Baca Juga :  Pengertian Script : Macam Jenis dan Contoh Terlengkap
Baca Juga :  Pengertian Quora : Sejarah, Manfaat, Fitur, Kelebihan dan Kekurangan,

Visual Studio Code

Visual Studio Code adalah salah satu aplikasi pemrograman favorit yang terkenal di kalangan para programmer. Aplikasi yang dikembangkan oleh Microsoft ini telah memiliki berbagai fitur untuk pengembangan secara all-in-one. Mulai dari debugging, highlight untuk syntax, penyelesaian kode secara otomatis atau cerdas, snippet, dan code refactoring. VS Code juga terhubung dengan GitLab sehingga Anda dapat melakukan migrasi kode secara efisien dan cepat. Di dalamnya, Anda juga dapat melakukan instalasi extension untuk berbagai bahasa pemrograman secara gratis.

Brackets

Jika ada berniat untuk mengembangkan web, maka Brackets menjadi platform pemrograman yang direkomendasikan. Perangkat lunak yang mengantongi lisensi dari MIT ini dirilis secara khusus untuk web development. Anda pun dapat memanfaatkan Brackets secara mudah karena tampilannya yang sederhana. Hal ini ditunjang dengan fitur kekinian seperti live preview, split screen, dan mode tanpa distraksi (no distraction) yang merealisasikan kerja secara lebih fokus.

Notepad++

Notepad++ adalah suatu software pemrograman bawaan pada Windows yang sederhana dan mudah digunakan. Aplikasi ini merupakan pengembangan lanjutan dari aplikasi teks editor Notepad. Di dalamnya, Anda dapat memanfaatkan plugin untuk fitur yang lebih canggih. Adapun contoh fitur yang diamaksud adalah auto completion serta memiliki ukuran file yang kecil sehingga tergolong “ringan”.

Sublime Text

Sublime Text adalah salah satu contoh software pemrograman yang fleksibel karena kompatibel dengan Windows, Mac, dan Linux. Namun, Anda akan dikenakan biaya lebih untuk menikmati fitur tambahan seperti plugin API, pengaksesan cepat menuju proyek lain (instant project switch), snippet yang fleksibel atau customizable, dan masih banyak lagi. Harga terbaru yang ditawarkan adalah 80 USD atau berkisar Rp 1,2 juta.

Baca Juga :  Pengertian IDE : Manfaat, dan Contoh Fitur Terlengkap
Baca Juga :  Pengertian VK : Sejarah, Fitur, Bahasa, Cara Daftar, Kelebihan dan Kekurangan

Atom

Atom merupakan perangkat lunak untuk menulis kode program yang dikembangkan oleh GitHub. Perangkat lunak ini juga kembali meluncurkan versi stable pada awal Maret lalu sebagai bukti pengembang yang terus berinovasi sejak pertama kali Atom dirilis pada tahun 2014. Aplikasi yang diluncurkan secara gratis dan open source ini telah terhubung dengan Git. Selain itu, Atom telah ditunjang dengan fitur kekinian seperti theme terang atau theme gelap, smart autocompletion, package open source, dan lain sebagainya.

Geany

Geany adalah suatu software pemrograman yang memiliki ukuran kecil atau “ringan” seperti Notepad++. Perangkat lunak ini telah hadir sejak 16 tahun lalu dengan tambahan fitur IDE dasar. Aplikasi ini mampu mendukung pemrograman untuk lebih dari 50 bahasa pemrograman, plugin, serta komunitas developer yang besar. Geany juga tersedia dalam lebih dari 40 bahasa untuk menjangkau lebih banyak programmer di seluruh belahan dunia.

Penjelasan mengenai software programming: definisi, manfaat, dan contohnya di atas dapat menjadi panduan bagi programmer dalam memilih suatu aplikasi pemrograman. Hal ini menyesuaikan dengan kebutuhan jenis program yang akan dikembangkan, keadaan komputer, hingga reputasi pengembang software. Selamat melakukan eksplorasi, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending

Artikel Serupa