Cara Mengecilkan Ukuran Foto Menjadi 200 KB

Adam Muiz
Adam Muizhttps://adammuiz.com/
The only thing I know is that on the other side of a decision, I'm there. And if I'm there, no matter what path I go, there'll always be something to love.

Salam Kenal

Artikel Pilihan

Di zaman digital saat ini dokumentasi lebih sering dilakukan dan disimpan dalam bentuk file. Dengan majunya perkembangan teknologi membuat kamera semakin canggih. Kualitas dan resolusi hasil foto menggunakan kamera saat ini menghasilkan konten yang lebih bagus dan jernih. Sejejar dengan kemajuan tersebut dengan peningkatkan resolusi dan kualitas yang dihasilkan maka tidak heran jika foto dan gambar saat ini memiliki ukuran penyimpanan yang cukup besar.

Saat kita ingin mengupload dokumen gambar di internet baik itu foto profil dan data penting lainnya seringkali diminta untuk mengirimkan gambar dengan ukuran yang sudah ditentukan. Biasanya pengelola website atau pengembang aplikasi memberikan batasan ukuran file yang dapat diupload untuk menghindari pembengkakan penyimpanan server yang digunakan.

Selain untuk aktifitas upload atau mengirimakn file seperti untuk melamar pekerjaan dan lain sebagainya, mengecilkan ukuran foto juga bisa digunakan untuk tujuan lain. Fungsi lain yaitu kita bisa lebih menghemat ruang penyimpanan diperangkat yang kita gunakan baik itu hp android, laptop ataupun komputer. Dengan mengecilkan ukuran file maka memungkinkan untuk bisa menyimpan file gambar lain yang mungkin juga penting untuk diarsipkan.

Terlepas dari apapun tujuan kita untuk mengkompress gambar baik untuk keperluan pekerjaan ataupun fotografi, terdapat banyak metode yang bisa digunakan untuk mengecilkan ukuran penyeimpanan sebuah foto. Salah satu metode yang paling efektif untuk compress foto yaitu dengan melakukan resize and compress. Dengan menggunakan metode ini kita memanfaatkan fitur menecilkan ukuran resolusi foto dan menyesuaikan kualitas gambarnya.

Tutorial Membuat Ukuran Foto Menjadi 200 KB

Salah satu aplikasi yang menyediakan fitur ini dan menawarkannya secara gratis kepada pengguna android yaitu Photo & Picture Resizer oleh pengembang Farluner Apps & Games. Dengan aplikasi ini kita mampu mengecilkan ukuran gambar bahkan mencampai sekitar 98% kompresitas.

1. Buka Play Store kemudian Download dan instal aplikasi Photo & Picture Resizer by Farluner Apps & Games.

1 Tutorial Langkah Tips Membuat Ukuran Foto dan Gambar Menjadi Kurang Dari 200 KB

2. Setelah terinstal, buka aplikasi tersebut yang pada saat pertama kali membuka maka akan ditampilkan Rencana Penggunaan Aplikasi, untuk menggunakan versi gratis pilih Continue With Ads. Kemudian pilih Allow untuk memberikan izin aplikasi mengakses ke media.

2 Tutorial Langkah Tips Membuat Ukuran Foto dan Gambar Menjadi Kurang Dari 200 KB

3. Pada halaman utama aplikasi pilih Select Photos, dan kemudian pilih gambar yang ingin kamu kecilkan ukuranya yang terdapat di Galeri. Selain mengambil gambar yang terdapat digaleri kamu juga bisa mengecilkan ukuran gambar yang terdapat di Cloud storage seperti Google Drive dengan akses internet.

3 Tutorial Langkah Tips Membuat Ukuran Foto dan Gambar Menjadi Kurang Dari 200 KB

4. Selanjutnya Pilih Resize untuk memasuki menu pengkompressan gambar. Kamu diminta untuk memilih Resolusi, pilih ukuran yang paling kecil untuk mengkompressnya dengan maksimal. Namun jika ingin tetap memiliki foto dengan resolusi HD maka kamu bisa memilih ukuran resolusi foto yang besar.

4 Tutorial Langkah Tips Membuat Ukuran Foto dan Gambar Menjadi Kurang Dari 200 KB

5. Setelah memilih resolusi maka secara otomatis proses pengecilan ukuran foto dilakukan. Hasilnya akan ditampilkan dengan detail perbandingan ukuran foto dengan sebelumnya, nama file dan letak direktori dimana foto hasil resize di simpan. Kamu dapat membagikannya langsung dan juga bisa menemukan hasil foto yang sudah di kecilkan tampil di galeri hp.

5 Tutorial Langkah Tips Membuat Ukuran Foto dan Gambar Menjadi Kurang Dari 200 KB

Itulah langkah lengkap cara memperkecil ukuran foto menjadi 200kb. Dengan ukuran yang jauh lebih kecil membuat ruang penyimpanan memori hp kita jadi lebih hemat. Selain itu saat kita mengirimkan file foto tersebut juga akan lebih mudah dan cepat karena ukurannya yang tidak besar. Walaupun foto terkompress menjadi ukuran yang sangat kecil bisa dilihat bahwa foto hasil kompres dan resize tersebut tidak menunjukan penurunan kualitas gambar. Foto masih memiliki kualitas yang bagus sama seperti sebelum kita melakukan proses compressing.

Video Memperkecil Ukuran Foto Menjadi 200 KB

Jika kamu belum paham dengan penjelasan artikel langkah cara mengecilkan ukuran foto menjadi 200 KB tersebut, silahkan simak video tutorial dibawah ini.

Salam kenal dari Adam Muiz !
Support mencapai 10K Subscriber yuk
😁 Terimakasih
Follow Adam Muiz on WordPress.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending

Artikel Serupa

Download Gratis