Pengertian Fokus – Manfaat dan Tips

Salam Kenal

Artikel Pilihan

Fokus serta konsentrasi adalah dua hal yang sulit untuk dikuasai. Namun, kebanyakan orang mau belajar untuk meningkatkan fokus serta konsentrasi tersebut.

Pengertian Fokus

Para ahli mengartikan fokus sebagai tindakan memusatkan aktivitas atau minat seseorang akan sesuatu hal. Fokus hanya bisa terjadi pada saat mengatakan ya untuk satu pilihan namun tidak untuk seluruh pilihan atau opsi yang lainnya.

Fokus tidak membutuhkan suatu hal yang permanen. Seseorang akan selalu punya pilihan untuk melakjukan sesuatu yang lain nanti namun fokus tetap mengharuskan akan satu hal.

Fokus merupakan kunci produktivitas, karena dengan mengatakan tidak untuk semua pilihan lain, maka akan membuka kemampuan untuk mencapai sesuatu hal yang difokuskan.

Fokus merupakan keterampilan berpikir yang membuat seseorang bisa memulai sesuatu tanpa penundaan. Sesudah itu, orang tersebut akan mempertahankan perhatian serta usahanya sampai tugas tersebut bisa selesai dilakukan.

Manfaat Fokus

Manfaat Fokus

Tetap fokus pada tugas utama bisa sangat berguna ketika seseorang sedang melakukan sesuatu. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa diperoleh saat melakukan sesuatu dengan fokus:

1. Untuk Membangun Momentum

Manfaat pertama dari melakukan sesuatu dengan fokus adalah untuk membangun momentum. Ketika tetap fokus saat sedang melakukan sesuatu, maka akan bisa menyelesaikannya dengan lebih efisien.

Kemampuan untuk menyelesaikan sesuatu nantinya bisa dilakukan dengan lebih cepat sehingga bisa memberikan motivasi untuk pindah ke tugas selanjutnya.

2. Untuk Meningkatkan Produktivitas

Semakin fokus saat mengerjakan tugas atau sesuatu, maka akan semakin banya juga pekerjaan yang bisa terselesaikan dengan baik. Mengurangi gangguan menjadi cara yang baik untuk tetap berada dalam zona ini sekaligus membiarkan otak memproses apa yang memang memerlukan perhatian anda.

3. Untuk Mengurangi Stres

Dengan tetap fokus melakukan sesuatu sekaligus meningkatkan produktivitas, maka ketegangan serta tekanan yang menumpuk juga bisa dikurangi. Ketika fokus pada satu tugas saja, maka akan lebih banyak hal yang bisa diperiksa dari daftar tugas serta mempunyai banyak waktu untuk jadwal kerja anda.

4. Menghasilkan Kualitas Kerja yang Lebih Baik

Kemampuan seseorang untuk fokus sangat berperan penting pada kesuksesan di lokasi kerja. Semakin banyak waktu serta konsentrasi yang bisa diberikan pada satu pekerjaan, maka akan semakin besar juga kualitas pekerjaan yang dihasilkan.

Tidak hanya bisa menyelesaikan tugas dengan lebih cepat, namun juga memastikan tidak ada kesalahan dalam tugas tersebut.

Tips Meningkatkan Fokus Dalam Kerja

1. Mengetahui Penyebab Tidak Fokus

Tips pertama yang bisa dilakukan untuk membantu meningkatkan fokus adalah dengan mengetahui berbagai hal yang bisa menyebabkan anda tidak fokus.

Contohnya tidak tahan melihat video di Youtube, melihat timeline di Twitter saat sedang kerja dan sebagainya. Untuk mengatasi hal ini, maka anda bisa saja menginstall extension atau aplikasi khusus lainnya untuk browser internet sehingga bisa memblokir beberapa situs pilihan dalam jangka waktu tertentu yang bisa ditentukan sendiri.

Beberapa contohnya aplikasinya adalah StayFocused serta Block and Focus yakni extension untuk Chrome, Self Control yakni aplikasi untuk pengguna Mac, Cold Tukrey yakni aplikasi untuk pengguna Windows dan sebagainya.

2. Coba Menyendiri

Salah satu tips berikutnya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan fokus adalah dengan mencoba menyendiri. Tujuannya adalah untuk menghindari serta mengabaikan gangguan yang terjadi di sekitar.

Contohnya bisa mengerjakan tugas di kamar, perpustakaan atau lokasi lain yang bisa mencegah konsentrasi terganggu. Cara lain yang bisa dilakukan adalah memasang headset dengan musik kesukaan sebagai pertanda untuk orang di sekitar jika anda tidak mau diganggu.

Namun hal yang harus diingat adalah tidak semua gangguan tersebut bersifat eksternal atau berasal dari orang lain. Bisa saja penyebab hilangnya fokus disebabkan karena rasa khawatir, letih, cemas serta motivasi kerja yang tidak baik. Jika ini yang terjadi, maka sebaiknya istirahat lebih dulu untuk meningkatkan fokus akan sesuatu yang mau

3. Fokus Hanya Dengan Satu Pekerjaan Saja

Terkadang, gagalnya fokus akan sesuatu bisa disebabkan karena orang tersebut multitasking. Meski terlihat efektif karena dapat mengerjakan beberapa hal sekaligus, namun sebenarnya kerja otak bisa berantakan sebab dipaksa fokus pada hal yang berbeda.

Akan ada dua ingatan yang bersaing di otak yakni ingatan pekerjaan pertama serta ingatan pekerjaan kedua. Ketika ini terjadi, maka kemungkinan sinyal pada otak akan bertabrakan dan menyebabkan otak memberi respon yang salah sehingga fokus teralihkan dan rentan melakukan kesalahan di antara kedua pekerjaan tersebut.

Jika memang harus melakukan lebih dari satu pekerjaaan secara besamaan, maka cobalah untuk mengatur prioritas yang mana yang lebih penting serta mendesak untuk diselesaikan dan mana yang dapat dikerjakan nanti karena deadline yang masih agak lama.

4. Pikirkan Masa Kini dan Bukan Masa Lalu atau Masa Depan

Konsentrasi serta cara fokus bekerja dapat menurun pada saat merenungkan kesalahan yang terjadi di masa lalu atau khawatir dengan goal dari proyek berikutnya.

Hal yang sebaiknya dilakukan adalah fokus dengan yang ada sekarang ini dan melatih pikiran untuk melihat apa yang ada di masa depan dan yang harus diselesaikan. Apabila sudah selesai, maka baru anda bisa memikirkan tentang hal yang lainnya.

5. Coba Tenangkan Pikiran

Salah satu cara terbaik untuk bisa meningkatkan konsentrasi serta fokus adalah dengan meditasi. Para periset menemukan jika rutin latihan meditasi yang dilakukan selama 8 minggu bisa membantu mempertajam otak serta ingatan khususnya bagi yang sudah berkonsentrasi.

Tidak hanya meditasi, namun teknik pernapasan juga efektif dilakukan untuk membantu memusatkan pikiran untuk beberapa hal yang sedang dituju.

6. Bekerja Pada Lokasi yang Tenang

Ketika bekerja sendiri di lokasi yang tenang, maka cenderung bisa menyelesaikan pekerjaan lebih banyak. Lingkungan kerja yang tenang akan memastikan seseorang bisa lebih fokus serta tidak terganggu dengan orang lain atau suara bising dari lokasi tempat bekerja.

7. Coba Meditasi

Meluangkan waktu untuk bernapas, bersantai serta meditasi sangat bagus dilakukan untuk meningkatkan kemampuan kognitif. Salah satu caranya adalah melakukan yoga yang baik untuk memperkuat kemampuan fokus saat sedang bekerja atau melakukan sesuatu.

8. Istirahat

Meluangkan waktu untuk diri sendiri menjadi cara yang baik untuk menghindari. Meski menyelesaikan tugas atau pekerjaan memang penting, namun memberikan waktu pada tubuh untuk bersantai dan memberikan waktu pada pikiran untuk mengisi ulang sangat penting untuk kesehatan mental.

Apabila memang terjebak dalam sebuah tugas, maka sebaiknya istirahat sebentar, supaya bisa mendapatkan perspektif yang baru.

Istirahat serta membiarkan otak untuk beristirahat nantinya bisa memberikan momentum yang dibutuhkan untuk bisa kembali bekerja.

9. Tidur Nyenyak

Meski terdengar sepele, namun tidur dengan nyenyak bisa sangat membantu untuk meningkatkan fokus. Tidur setidaknya 8 jam setiap malam sangat bagus untuk memastikan kondisi fisik tetap baik saat kembali bekerja sekaligus meningkatkan fokus.

Sumber Referensi

https://www.ruangperawat.com/blog/fokus/
https://id.wikipedia.org/wiki/Fokus
https://jamesclear.com/focus
https://learningworksforkids.com/skills/focus/
https://hellosehat.com/lansia/mental-lansia/cara-fokus-meningkatkan-konsentrasi/

Salam kenal dari Adam Muiz !
Support mencapai 10K Subscriber yuk
😁 Terimakasih
Follow Adam Muiz on WordPress.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending

Artikel Serupa

Download Gratis