24.9 C
Semarang
Wednesday, May 25, 2022

Download Microsoft Edge 32 / 64-bit (Terbaru 2022)

Artikel Pilihan

Microsoft Edge adalah browser dari Microsoft berdasarkan Chromium dengan kode Project Spartan yang rilis Januari 2020. Microsoft Edge merupakan bagian sekaligus pengganti Internet Explorer di Windows 10 sebagai peramban baku.

Baca Juga : Pengertian Browser – Sejarah, Fungsi, Cara Kerja, Fitur, Contoh

Apa Itu Microsoft Edge?

Microsoft Edge dirancang sebagai perambang web ringan dengan user interface yang sesuai standar web. Untuk selanjutnya, Microsoft Edge juga akan dijadikan peramban baku Windows 10 Phone dalam versi yang jauh lebih baik.

Sedangkan untuk sekarang, Microsoft Edge sudah tersedia untuk platform Android dan iOS. Spartan yang merupakan kode project Microsoft Edge pada awalnya tersedia untuk Windows 10 Pratayang Teknis Build 10049 di tanggal 20 Maret 2015.

Dalam versi ini, Spartan masih menjadi bagian Internet Explorer 11. Microsoft Edge mulai diperkenalkan ke publik ketika Konferensi Build di tanggal 29 April 2015.

Secara resmi, Microsoft memperkenalkan Spartan sebagai Microsoft Edge. Sementara untuk logo serta merek memang dibuat serupa seperti Internet Explorer. Tujuannya adalah supaya pengguna mengetahui jika Microsoft Edge adalah peramban web.

Baca Juga : Download Google Chrome 32 / 64-bit

Pengembangan Microsoft Edge

Do bulan Desember 2014, penulis teknologi yakni Mary Jo Foley menulis untuk ZDNet. Ia melaporkan jika Microsoft sedang mengembangkan peramban web baru dengan kode “Spartan” untuk Windows 10.

Di awal Januari 2015, The Verge mendapatkan rincian lebih lanjut tentang Spartan dari sumber terdekat Microsoft. Ini termasuk laporan jika Spartan akan menggantikan Internet Exploer di kedua versi desktop serta seluler Windows 10.

Microsoft secara resmi memperkenalkan Spartan selama keynote terfokus Windows 10 di tanggal 21 Januari 2015. Spartan akan mulai dipasarkan sebagai produk terpisah dari Internet Explorer dan membawa merek baru.

Di tanggal 29 April 2015, selama keynote Konferensi Build diumumkan jika Spartan akan dirancang resmi yang dikenal dengan Microsoft Edge. Kemudian di bulan April 2019, Microsoft mulai mengembangkan edge berbasis chromium.

Ini merupakan versi preview yang tersedia untuk diunduh dengan saluran canary serta developer untuk Windows 10, saluran beta serta dukungan untuk platform lain seperti Windows 7, Windows 8.1 serta macOS.

Unduh Juga : Download Chromium untuk Windows

Fitur Microsoft Edge

Salah satu fitur unggulan dari Microsoft Edge adalah sudah terintegrasi dengan Cortana serta Bing. Dengan begitu, proses pencarian berdasarkan kata kunci yang diucapkan bisa lebih cepat.

Tampilan halaman depan dari Microsoft Edge juga lebih menarik dan bisa dikustom berdasarkan keinginan pengguna. Ini juga termasuk konten berita, ukuran font dan tema. Berikut adalah beberapa fitur menarik dari Microsoft Edge:

1. Terhubung Dengan Cortana

Cortana menjadi asisten pribadi cerdas berbasis AI [Artificial Intelligence] yang dibuat Microsoft untuk membantu pengguna Windows 10 ketika melakukan banak hal.

Integrasi Cortana di Microsoft Edge bisa membantu pengguna saat mencari sesuatu tanpa mengetik kata kunci. Cortana sudah terhubung dengan search engine Bing sehingga seluruh pencarian dilakukan memakai Bing dengan cepa serta instan.

Untuk memakainya, maka pengguna harus mengaktifkan fitur Cortana systemwide serta mengubah pengaturan Advance Setting menjadi “Get Cortana to assist me in Microsoft Edge”.

2. Kostum Tampilan Serta Tema

Selain konfigurasi dengan fitur Cortana, pengguna juga bisa melakukan kustom tampilan serta tema Microsoft Edge. Pengguna dapat merubah tampilan lewat halaman depan “Pengaturan Halaman” Microsoft Edge.

Untuk sekarang, Microsoft Edge sudah menyediakan tampilan Dark serta Light. Microsoft kemungkinan besar juga akan menambah style lain sehingga ada lebih banyak pilihan tema.

Di halaman depan serta tab baru, pengguna bisa menyesuaikan tampilan dengan pilihan Fokus, Informasional, Inspirasional dan juga kustom di beberapa bagian yang sesuai keinginan dan minat.

3. Menambah Koleksi Serta Catatan

Dengan menggunakan Microsoft Edge, pengguna juga bisa menambah koleksi di halaman web. Untuk melakukan ini, pengguna bisa klik tombol Collections di bagian atas.

Selain itu, pengguna juga bisa menambah note atau catatan kecil, membagikan halaman di Microsoft 365 dan sebagainya. Pengguna juga dapat menambah catatan di halaman yang dipilih, melakukan editing, di Paint, membuka pada tab baru, InPrivate dan lainnya.

4. Mode Baca

Microsoft Edge juga memberikan fitur mode baca yang bisa mempermudah pengguna ketika membaca artikel. Pengguna bisa memakai fitur ini dengan klik tombol Immersive Reader atau F9 di samping URL.

Pengguna juga bisa memanfaatkan fitur Read Aloud [Audio]. Ini adalah fitur membaca artikel dengan mode audio sehingga tidak harus membaca namun mendengarkan saja.

Pengguna juga bisa mengatur ukuran teks, warna latar belakang dan spasi lewat fitur Text Preferences. Ini adalah fitur untuk mempermudah pengguna menyesuaikan mode baca sesuai kenyamanan dan keinginan.

Baca Juga : Download Brave 32 / 64-bit

Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Edge

Salah satu kelebihan dari Microsoft Edge adalah kecepatan serta hemat baterai dibandingkan Google Chrome serta Firefox.

Ini sudah terbukti dan sudah melewati uji tes. Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari Microsoft Edge:

Kelebihan Microsoft Edge

1. Lebih Ringan

Microsoft Edge dikembangkan dengan tujuan untuk dijadikan browser yang lebih ringan serta fungsional dibandingkan browser lainnya.

Microsoft Edge yang dibangun berbasis Chromium sekarang ini menjadi browser teringan dengan pemakaian memori lebih sedikit serta hemat baterai dibandingkan Firecox dan Google Chrome.

2. Terintegrasi Dengan Produk Microsoft

Microsoft berusaha supaya seluruh produknya terintegrasi antara yang satu dengan yang lain. Dengan Microsoft Edge, pengguna bisa memakai produk Microsoft berbasis cloud seperti Cortana, Microsoft 365 dan ekstensi dari pihak ketiga.

3. Tampilan Lebih Menarik

Jika dilihat, Microsoft Edge terlihat seperti Google Chrome. Akan tetapi, Microsoft Edge sudah menambahkan beberapa fiur untuk kustom tampilan serta tema yang sesuai keinginan.

4. Memiliki Fungsionalitas yang Baik

Pada saat memakai Microsoft Edge, fungsionalitas serta produktivitas akan terasa maksimal. Pengguna bisa memanfaatkan beberapa fitur unggulan yang tidak ada di browser lain seperti Notes, Reading List, Cortana, Immersive Reader dan sebagainya.

5. Dukungan Untuk Developer

Microsoft Edge dibangun untuk mempermudah developer untuk mengembangkan aplikasi atau web yang dibuat. Developer tools memiliki beberapa fitur yang lebih lengkap dibandingkan browser lain.

Contohnya seperti 3D View yang bisa dipakai untuk melihat tampilan halaman web di mode 3D.

Baca Juga : Download Mozilla Firefox 32 / 64-bit

Kekurangan Microsoft Edge

1. Tidak Mendukung Windows 10 ke Bawah

Salah satu kekurangan dari Microsoft Edge adalah tidak mendukung secara penuh untuk versi Windows 10 ke bawah. Contohnya seperti Windows 8.1, 8 serta 7.

Pengguna Windows 7 serta 8 dapat memakai Microsoft Edge meski dari segi fungsionalitasnya tidak semaksimal Windows 10.

2. Akses ke Produk Kalah Dengan Google Chrome

Kekurangan berikutnya dari Microsoft Edge adalah akses produk Google bisa dikatakan lebih maksimal memakai Google Chrome dibandingkan Microsoft Edge.

Apabila pengguna ingin mengakses produk Google seperti Google Meet, Google Docs, Google Drive serta lainnya, maka Google Chrome bisa dikatakan masih menjadi pilihan terbaik.

3. Ekstensi yang Masih Beta

Hingga sekarang ini, Add ons Microsoft Edge masih dalam status beta. Akan tetapi untuk ke depan, ekstensi Microsoft Edge bisa menjadi yang terbaik sebab terintegrasi dengan ekstensi di browser lain seperti Google Chrome dan Firefox.

Baca Juga : Download Opera 32/64bit Update Terbaru

Download Microsoft Edge Gratis

Microsoft Edge Versi Terbaru 99.0.1150.39

Microsoft Edge 64 bit / (117 MB)Google Drive
Microsoft Edge 32 bit / (108 MB)Google Drive

Microsoft Edge Versi Lama 96.0.1054.53

Microsoft Edge v96.0.x 64bit (Offline Installer) / 52.7MBGoogle Drive
Microsoft Edge v96.0.x 32bit (Offline Installer) / 50.9MBGoogle Drive
Microsoft Edge Linux (Offline Installer) / 50.9MBGoogle Drive
Microsoft Edge MacOS (Offline Installer) / 50.9MBGoogle Drive
Microsoft Edge Setup (Online Installer – Last Version)Google Drive
Microsoft Edge All Version – CompleteOfficial Link Microsoft
Sumber Referensi

https://dianisa.com/pengertian-microsoft-edge/
https://id.wikipedia.org/wiki/Microsoft_Edge
https://www.jelajahandroid.com/2021/01/kelebihan-dan-kekurangan-browser-microsoft-edge.html
https://www.centerklik.com/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending

Artikel Serupa

Download Gratis