26 C
Semarang
Wednesday, November 30, 2022

Windows 10 Pro 64 Bit Download Gratis

Artikel Pilihan

Windows 10 dirilis di tanggal 29 Juli tahun 2015 yang lalu  dan dilakukan serentak di 190 negara. Sedangkan di Indonesia, Microsoft sudah dirilis dan diperkenalkan karena menjadi perangkat yang memakai sistem OS untuk banyak perangkat baik laptop atau komputer.

Pengertian Windows 10

Windows 10 adalah sistem operasi pribadi dari Microsoft dan menjadi bagian dari sistem operasi Windows NT. Windows 10 mulai diperkenalkan di bulan November tahun 2015 yang lalu.

Namun untuk pertama kalinya, Windows 10 diperkenalkan di bulan April tahun 2014 di Konferensi Build. Tujuannya adalah untuk mengatasi kekurangan antarmuka pengguna yang baru pertama kali diperkenalkan dengan Windows 8.

Dikatakan jika Windows 10 mengambil langkah menuju ke pemulihan mekanik antarmuka pengguna Windows 7. Tujuannya adalah untuk meningkatkan pengalaman pengguna ke perangkat non sentuh, mouse atau tetikus pengguna dan mencatat kritik antarmuka sentuh berorientasi Windows 8 dengan papan tombol

Baca Juga :  Cara Upgrade Windows 11 Gratis Online Resmi

Varian Windows 10

Windows 10 sudah diuji di lebih dari 200 ribu perangkat berbeda. Selain itu, Windows 10 juga tersedia dalam beberapa varian, yakni:

1. Windows 10 Home

Windows 10 Home adalah bersi paling dasar Windows 10. Ini adalah versi yang dilengkapi semua fitur dasar Windows 10 dan cocok untuk pengguna rumahan. Jika membeli laptop yang belum terinstal Windows 10, maka umumnya cocok dengan Windows 10 Home.

Windows 10 Home dilengkapi dengan Cortana yakni virtual assisten dari Microsoft. Jika perangkatnya juga cukup mendukung, maka Windows 10 Home terkadang juga dilengkapi dengan fitur Hello.

Guna dari fitur Hello adalah untuk masuk ke Windows memakai face recognition serta beberapa sistem pengenalan biometrik yang lainnya. Selain itu, Windows 10 Home ini juga bisa diupgrade menjadi Windows 10 Pri namun berbayar.

2. Windows 10 Pro

Windows 10 adalah versi berikutnya sesudah Windows 10 Home. Varian ini juga punya semua fitur pada Windows 10 namun juga ada fitur tambahan seperti device dan app management, remote desktop connection dan Microsoft Store pada Windwos yang bisa langsung upgrade ke Windows 10 Pro jika punya laptop atau PC yang telah terinstall Windows 7 Proffesional atau Ultimate.

Selain itu, ada beberapa fitur pada Windows 10 Pro yang dapat menunjang kebutuhan para penggunanya, seperti:

  • Enterprise State Roaming with Azure Directory.
  • Mobile Device Management.
  • Group Policy.
  • Assigned Access.
  • Windows Store for Business.

3. Windows 10 Mobile

Windows 10 Mobile adalah versi ketiga dari Windows 10 Pro. Di Windows 10 Mobile, ada semua fitur yang terdapat di dalam Windows 10 Pro.

4. Windows 10 Enducation

Windows 10 Enducation juga punya semua fitur yang ada di Windows 10 Enterprise namun dirancang untuk pengguna yang bersekolah seperti mahasiswa, pelajar dan sebagainya.

Baca Juga : Free Download Windows 11 64 Bit Terbaru Original

Kelebihan Windows 10

Dilihat dari tampilannya, Windows 10 terlihat serupa dengan Windows 7 dan bisa menjalankan perangkat aplikasi yang ada di Windows 7. Tidak hanya OS yang memiliki performa lebih cepat, namun juga sudah ditanamkan OS yang lebih baik dibandingkan sebelumnya.

Sedangkan untuk menu keamanan Windows 10 juga lebih unggul dibandingkan Windows 7 dan 8. Aplikasi hanya pada satu layar sehingga penggunanya bisa berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain.

Kekurangan Windows 10

Walau Windows 10 diklaim lebih canggih dan komprehensif, namun tetap ada beberapa kekurangan yang bisa ditemui . Contohnya seperti performa Windows 10 yang masih belum maksimal.

Windows 10 Untuk Organisasi

1. Windows 10 Enterprise

Ini adalah versi tertinggi dari Windows 10. Windows 10 Enterprise punya semua fitur yang ada dalam Windows 10 Pro serta beberapa fitur tambahan lain seperti system deployment and comprehensive device and management. Varian ini sangat tepat dipakai untuk kalangan perusahaan menengah hingga besar.

Windows 10 ini hanya bisa diperoleh lewat Volume Licensing atau membeli linsensi Windows partai besar. Ada fitur berbeda dalam Windows 10 Enterprise yakni AppLocker yang berguna untuk membatasi beberapa aplikasi untuk admin.

Ada juga Direct Access yang membuat pengguna bisa mengakses memakai jaringan internal lewat VPN yang sudah terkoneksi pada saat terhubung dengan jaringan internet.

2. Windows 10 Education

Varian Windows 10 selanjutnya adalah Windows 10 Education yang dikhususnya untuk anak sekolah. Sama seperti Windows 10 Enterprise, pembelian Windows 10 ini harus dilakukan secara partai atau jumlah banyak.

Windows 10 Untuk Perangkat Tertentu

1. Windows 10 Mobile

Ada beberapa tablet dan smartphone yang memakai sistem operasi Windows 10 seperti Nokia Lumia. Namun sayangnya, Windows 10 Mobile tidak terlalu terkenal dan tidak banyak diminati pengguna smartphone. Sistem operasi ini kalah bersaing dengan sistem operasi Android dan iOS di Apple.

2. Windows 10 Pro Workstation

Seperti namanya, Windows 10 Workstation memang berguna untuk komputer server yang memakai prosesor seperti Intel Xeon atau AMD Epyc yang dipakai untuk komputasi intensif.

Windows 10 ini juga sering dipakai perusahaan pengembang game besar serta video editorberat yang umumnya bekerja pada perusahaan film besar di Hollywood.

3. Windows 10 Team

Windows 10 Teman adalah sistem operasi untuk surface hub sebuah komputer yang memakai layar besar berukuran 55 inci sampai 84 inci.

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Install Windows 10

1. Memastikan Baterai Laptop Memiliki Daya Listrik yang Cukup

Tips pertama yang harus diperhatikan sebelum instal Windows 10 adalah memastikan baterai memiliki daya yang cukup. Jika memang perlu stop kontak tambahan, maka bisa disediakan lebih dulu.

Ini disebabkan karena proses instalasi Windows 10 memerlukan waktu yang lama sekitar 30 menit bahkan lebih tergantung dari performa perangkat yang akan diinstall Windows 10.

2. Persiapkan File Aplikasi Software Windows 10

File aplikasi software Windows 10 berbentuk VCD atau ada yang sudah tersimpab di dalam flashdisk. Apabila file bebentuk VCD, maka pastikan PC atau laptop punya hardware yang mendukung untuk membaca file berbentuk VCD yakni ada DVD / VCD drive.

Selain itu, jika terpaksa maka bisa memakai driver portable. Akan tetapi untuk versi sekarang yang lebih slim sudah jarang menyediakan VCD / DVD drive. Dengan begitu, file bisa ditemukan dengan mudah lewat jejaring internet. Hanya perlu download dan menyimpannya pada drive atau flashdisk kemudian instal secara gratis.

Plus Minus Windows 10

Ada beberapa kelebihan dari Windows 10 sehingga banyak digunakan pengguna. Contohnya seperti fitur synchronize lebih dari 1 device. Ada juga fitur penyimpanan cloud lewat OneDrive. Dengan berbagai fitur tersebut, maka pengguna bisa lebih mudah akses data dan tidak perlu khawatir untuk menyimpan data skala besar.

Windows 10 juga memiliki performa bagus untuk gaming. Ini disebabkan karena Windows 10 sudah dilengkapi DirectX 12 serta mode game untuk meningkatkan performa ketika bermain game.

Sedangkan kekurangannya adalah lebih sering update jika dibandingkan dengan Windows 7 atau Windows Vista. Ini menyebabkan banyak pengguna yang kurang nyaman memakai Windows 10.

Download Windows 10

Windows 10 InstallerOfficial Link (Microsoft)
Windows 10 64Bit (Offline Installer) / 5GBAlt Link (Google Drive)

Baca Juga : Cara Instal Windows dengan Flash Disk atau CD – Tutorial

Sumber Referensi

https://rekreartive.com/pengertian-windows-10-dan-jenis-windows-10-yang-ada-pada-komputer/
https://www.liputan6.com/citizen6/read/3923254/jenis-windows-10-dan-fungsinya-yang-berbeda-beda
https://www.ruangservice.com/2021/06/pengertian-windows-10-.html
http://diyaurrahman.blogspot.com/2016/10/pengertian-sejarah-installasi-windows-10.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Windows_10

Salam kenal dari Adam Muiz !
Support mencapai 10K Subscriber yuk
😁 Terimakasih
Follow Adam Muiz on WordPress.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending

Artikel Serupa

Download Gratis