22.5 C
Semarang
Wednesday, January 19, 2022

Download Google Chrome – Sejarah, Fitur dan Kelebihan

Artikel Pilihan

Google Chrome merupakan peramban web lintas platform dari Google. Ini adalah peramban yang untuk pertama kalinya rilis tahun 2008 untuk Microsoft Windows lalu diporting ke macOS, Linux, iOS serta Android yang dijadikan peramban bawaan pada sistem operasi.

Google Chrome juga menjadi komponen utama Chrome OS yang berguna untuk platform aplikasi web. Sebagian besar source kode Chrome berasal dari proyek perangkat lunak gratis berpemilik.

Sedangkan Webkit menjadi mesin rendering asli meski akhirnya Google memfork untuk membuat mesin Blink, seluruh varian Chrome kecuali iOS yang sekarang memakai Blink.

Sejarah Google Chrome

Eric Schmidt yang merupakan CEO Google menentang pengembangan browser web independen selama 6 tahun. Ia berkata jika ketika itu, Google merupakan perusahaan kecil.

Sesudah pendiri bersama dengan Larry Page serta Sergey Brin menyewa pengembang Mozilla Firefox dan membuat demonstrasi Chrome, Schmidt berkata jika ini bagus sehingga pada dasarnya membuat dirinya berubah pikiran.

Di bulan September 2004, rumor mengenai Google membangun web browser pertama kali muncul. Jurnal online serta surat kabar AS mengatakan jika ketika itu Google memperkerjakan mantan pengembang web Microsoft.

Pengumuman Perilisan Google Chrome

Pengumuman perilisan awal Google Chrome dijadwalkan tanggal 3 September 2008. Komik Scott McCloud juga dikirim ke jurnalis serta blogger untuk menjelaskan berbagai fitur yang ada di dalam Google Chrome.

Sedangkan salinan untuk Eropa dikirim lebih awal. Blogger Jerman bernama Philipp Lenssen dari Google Blogoscoped menyediakan salinan pindaian komik 38 halaman itu ke situsnya sesudah diterima tanggal 1 September 2008.

Perilisan Google Chrome ke Publik

Versi awal Chromium untuk Linux menjelaskan tentang perbedaan antara Chrome dengan Chromium. Untuk pertama kalinya, peramban ini dirilis ke publik tanggal 2 September 2008 untuk Windows XP.

Kemudian dengan 43 bahasa yang didukung, secara resmi yang merupakan verrsi beta dirilis tanggal 11 Desember 2008. Di hari yang sama, berita CNET menarik perhatian ke bagian dalam pernyataan Persyaratan Layanan untuk rilis beta awal.

Pengembangan dan Versi Google Chrome

Sebagai salah satu web browser yang berkembang hingga sekarang, Google Chrome sudah mengalami beberapa perubahan versi. Berikut adalah pengembangan serta beberapa versi dari Google Chrome:

1. Versi 0.2 Hingga 1.0

Versi 0.2 sampai 1.0 dirilis tahun 2008. Ini adalah tahun awal perilisan Google Chrome yang hanya bisa dipakai untuk sistem operasi Windows.

Akan tetapi pada tahun yang sama juga sudah memperoleh versi stabil yang dipakai untuk beberapa sistem operasi. Selama tahun 2008, Google Chrome sudah melakukan pembaruan yakni peningkatan kinerja serta web proxy, pemblokiran pop up, kehandalan plugin dan lainnya.

2. Versi 2.0 Hingga 8.0

Versi ini dirilis tahun 2009 serta 2010. Pada tahun tersebut, Google Chrome sudah melakukan perkembangan berbentuk mode layar penuh, tag yang mendukung audio dan video, ekstensi dan sebagainya.

3. Vesi 24.0 Hingga 39.0

Versi ini dirilis tahun 2013 serta 2014. Dalam perkembangan versi ini, Google Chrome lebih condong ke sistem operasi Android. Contohnya seperti pembaruan Omnibox, optimasi baterai, fullscreen video dengan subtitles dan lainnya.

4. Versi 40.0 Hingga 55.0

Versi ini dilakukan tahun 2015 serta 2016. Dalam pembaruan versi ini, Google Chrome sudah melakukan beberapa perkembangan menarik. Contohnya seperti mengubah scrollbar, ada folder untuk seluruh bookmark, download page serta incognito.

5. Versi 56.0 Hingga 71.0

Versi ini dilakukan tahun 2017 hingga 2018. Google Chrome memperoleh beberapa perubahan serta pembaruan. Contohnya seperti pembaruan interface, desktop progressive dan ekstensi baru berbentuk UI.

6. Versi 72.0 Hingga 80.0

Versi ini dilakukan tahun 2019. Pembaruan Google Chrome pada tahun ini diantaranya adalah pengenalan content picker API, dark mode, bahasa baru di konfigurasi halaman dan sebagainya.

Kelebihan Google Chrome

1. Memiliki Nilai Pengguna Tertinggi

Kecepatan serta desain antarmuka yang user friendly menjadikan Google Chrome banyak diminati. Ditambah lagi, fitur bawaan Google Chrome juga banyak dan mendukung yang dicari pengguna, mengelola serta menyimpan informasi.

2. Fitur Bawaan yang Menarik

Setiap web browser tentu punya beberapa fitur berbeda didalamnya. Contohnya di Google Chrome punya fitur menarik seperti Omnibox, Task Mnager, Mode Incognito dan lainnya.

3. Bisa Ditambah Dengan Fitur Baru

Ekstensi merupakan fitur yang bisa diinstall di web browser Google Chrome. Dengan menambah ekstensi, maka Google Chrome bisa memperoleh fitur baru untuk membantu pengguna.

4. Terhubung Langsung Dengan Google Search Engine

Dengan memakai search engine Google, maka pengguna bisa memuat lebih banyak informasi didalamnya. Search engine Google ini adalah yang paling banyak dipakai dibandingkan Yandex dan Bing.

5. Hemat RAM dan Ukuran Memori Kecil

Karena Google Chrome memiliki ukuran memori yang kecil, maka bisa dipakai di perangkat dengan spesifikasi rendah. Google Chrome juga bisa melakukan proses awal yang lebih cepat dibandingkan dengan yang lain.

Kekurangan Google Chrome

1. Pemakaian Memori dan CPU yang Tinggi

Walau populer untuk kalangan web browser, akan tetapi Google Chrome memakai lebih banyak RAM serta CPU dibandingkan web browser yang lain.

Tentunya, ini aakan berpengaruh pada pemakaian aplikasi lain pada komputer pengguna secara pararel.

2. Pilihan Kustomisasi dan Opsi yang Terbatas

Apabila ingin memakai Google Chrome, maka pastikan sudah mengetahui semua kekurangannya. Contohnya Google Chrome tidak mengijinkan penyesuaian serta opsi tertentu seperti browser lainnya.

Fitur Google Chrome

Fitur yang ada di web browser termasuk Google Chrome akan sangat berpengaruh pada pengguna. Semua web browser memiliki beberapa fitur berbeda sebagai ciri khasnya. Berikut adalah beberapa fitur yang ada di Google Chrome:

  • Bisa menyimpan riwayat situs yang sudah dikunjungi.
  • Antarmuka Google Chrome tidak mengganggu serta nyaman ketika digunakan.
  • Google Chrome menyediakan Buat Pintasan Aplikasi sehingga sama seperti aplikasi lokal.
  • Setiap TAB yang dibuka pada Google Chrome punya proses terpisah sehingga saat terjadi kerusakan atau kesalahan di salah satunya, tidak mengakibatkan semua browser mengalami kesalahan.
  • Google Chrome memiliki fungsi sangat baik dalam pencarian. Contohnya Google Chrome bisa mendeteksi pada saat pengguna sudah mencari situs web serta memasukkan situs web tersebut ke dalam daftar penyedia pencarian.
  • Bisa menyimpan riwayat data yang sudah didownload pengguna.
  • Bisa mengelola Bookmark untuk menyimpan situs yang disukai.
  • Memiliki mode Incognito atau penelusuran situs tanpa meninggalkan jejak.
  • Ada Bandwidth Saving untuk menghemat data.
  • Ada Task Manager untuk mengelola program seperti memeriksa memori serta menghentikan pemasangan instalasi didalamnya.
  • Ada Omnibox atau pencarian memori.
  • Terjemahan di Google Chrome mendukung lebih dari 50 bahasa.
  • Multi Profil ketika pengguna memiliki beberapa akun Google.
  • Ada pin tab untuk menandai beberapa tab yang ingin diutamakan pengguna serta akan bergeser ke paling kiri.
  • Berfungsi penuh untuk jaringan baik internet atau intranet.

Download Google Chrome

Google Chrome Online Setup (Last Version) / 1.3MBGoogle Drive
Google Chrome 64bit v1.3.36.111 (Offline Installer) / 77MBGoogle Drive
Google Chrome Linux & MacOS (Last Version)Google Official Link
Sumber Referensi

https://id.wikipedia.org/wiki/Google_Chrome
https://sinaupedia.com/pengertian-google-chrome/
https://dianisa.com/pengertian-google-chrome/
https://ruangguru.co/pengertian-google-chrome/
https://appnesia.id/artikel/pengertian-google-chrome/

[Total: 1 Rata-rata: 5]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending

Artikel Serupa