32 C
Semarang
Wednesday, October 27, 2021
HomeSainsSosialPengertian Moral : Fungsi, Tujuan, Jenis, Wujud dan Contoh

Ternak Uang

Pengertian Moral : Fungsi, Tujuan, Jenis, Wujud dan Contoh

Jika dilihat secara umum, moral berarti hukum perilaku yang diterapkan untuk semua orang saat bersosialisasi dengan sesama.

Dengan begitu, akan terjalin rasa hormat dan saling menghormati di antara setiap orang.

Sedangkan pendapat lain mengatakan jika moral merupakan sesuatu yang berkaitan dengan prinsip tingkah laku.

Unsur tingkah laku tersebut termasuk mental, budi pekerti dan juga akhlak yang membentuk karakter dalam diri seseorang sehingga bisa menilai dengan tepat apa yang baik dan apa yang buruk.

Moral merupakan produk yang dihasilkan agama dan budaya yang mengatur cara berinteraksi seperti ucapan, perbuatan dan perilaku antar sesama.

Bisa dikatakan jika istilah moral merujuk ke tindakan dan perilaku seseorang yang punya nilai positif sesuai dengan norma dalam suatu masyarakat.

Pengertian Moral

Moral atau biasa disebut dengan susila, etika atau akhlak merupakan istilah untuk menyebut orang lain yang dalam tindakannya terkandung nilai positif.

Manusia yang tidak punya moral dinamakan dengan amoral yang artinya tidak bermoral atau tidak punya nilai positif pada pandangan manusia lainnya.

Dengan begitu, moral sudah sangat mutlak dimiliki oleh semua manusia.

Sedangkan moral secara eksplisit merupakan segala hal yang berkaitan dengan proses sosialisasi seseorang.

Tanpa adanya moral, maka manusia tidak akan bisa melakukukan proses sosialisasi.

Moral di zaman sekarang ini punya nilai implisit sebab banyak orang yang punya moral atau sikap amoral hanya dari sudut pandang yang sempit.

Moral merupakan sifat dasar yang diajarkan di sekolah dan manusia harus punya moral jika memang ingin dihormati.

Moral merupakan nilai kemutlakan di dalam kehidupan bermasyarakat secara utuh. Penilaian pada moral diukur dari kebudayaan masyarakat setempat.

Moral merupakan perbuatan, tingkah laku atau ucapan individu ketika sedang berinteraksi dengan yang lainnya.

Jika yang dilakukan seseorang sesuai dengan nilai rasa yang berlaku pada masyarakat, maka seseorang akan dinilai punya moral yang baik begitu pun sebaliknya.

Pengertian Moral Menurut Para Ahli

Menurut Maria Assumpta: Moral merupakan aturan tentang sikap dan perilaku manusia sebagai individu.

  • Menurut Russel Swanburg: Moral merupakan suatu pernyataan dari pemikiran yang berkaitan dengan atusias seseorang ketika bekerja yang bisa merangsang perilaku orang tersebut.
  • Menurut Elizabeth B. Hurlock: Moral merupakan tata cara, kebiasaan serta adat peraturan perilaku yang sudah menjadi kebiasaan untuk anggota budaya di dalam masyarakat.
  • Maria J. Wantah: Moral merupakan sesuau yang berkaitan dengan kemampuan untuk menentukan benar atau salah dan juga baik atau buruk perilaku seseorang.
  • Imam Sukardi: Moral merupakan karakter yang dicirikan sebagai sesuatu yang baik di dalam masyarakat lewat nilai yang diterapkan bersama.
  • Menurut Sonny Keraf: Moral merupakan sesuatu yang bisa digunakan sebagai dasar untuk menentukan tindakan seseorang yang dianggap baik atau buruk dalam masyarakat.

Fungsi dan Tujuan Moral

Jika dilihat secara umum, fungsi serta tujuan dari moral adalah untuk mewujudkan harkat serta martabat kepribadian manusia lewat pengalaman nilai serta norma. Berikut adalah beberapa fungsi dan tujuan dari moral tersebut:

  • Untuk menjamin harkat dan martabat pribadi serta kemanusiaan seseorang bisa terwujud.
  • Untuk memberikan motivasi supaya bisa bertindak serta bersikap penuh kebaikan serta kebajikan yang didasari kewajiban berlandaskan moral.
  • Untuk menjaga keharmonisan hubungan sosial antar manusia sebab moral merupakan landasan rasa percaya pada sesama.
  • Untuk membuat manusia bisa lebih bahagia secara jasmani dan rohani. Sebab dengan melakukan fungsi moral, maka tidak akan ada rasa menyesal, konflik batin serta perasaan kecewa atau berdosa.
  • Untuk memberikan wawasan masa depan pada manusia baik itu sanksi sosial atau konsekuensi pada kehidupan sehinggga manusia bisa lebih mempertimbangkan sebelum bertindak.
  • Moral pada diri manusia nantinya bisa memberi landasan kesabaran untuk bertahan pada setiap dorongan naluri serta keinginan atau nafsu yang mengancam harkat serta martabat pribadi.

Jenis Serta Wujud Moral

Wujud moral yang ada pada diri seseorang bisa terlihat dari perilaku dan penampilan secara menyeluruh. Berikut adalah beberapa jenis moral yang berlaku sampai sekarang ini:

1. Moral KeTuhanan

Moral keTuhanan merupakan segala hal yang berkaitan dengan religius atau keagamaan berdasarkan ajaran agama tertentu serta pengaruhnya pada diri seseorang.

Wujud dari moral keTuhanan contohnya adalah melakukan ajaran agama yang dianut dengan baik. Seperti menghargai sesama manusia, menghargai agama lain serta hidup rukun dengan agama yang berbeda.

2. Moral ideologi Serta Filsafat

Moral ideologi serta filsafat serta segala hal yang berkaitan dengan semangat kebangsaan serta loyalitas pada cita-cita bangsa serta negara.

Wujud moral ideologi serta filsafat contohnya seperti menjunjung tinggi dasar negara Indonesia yakni Pancasila. Contohnya menolak ideologi asing yang mau mengubah dasar negara Indonesia.

3. Moral Etika Serta Kesusilaan

Moral etika serta kesusilaan merupakan segala hal yag berhubungan dengan etika serta kesusilaan yang dijunjung suatu masyarakat, bangsa serta negara secara tradisi dan budaya.

4. Moral Disiplin Serta Hukum

Moral disiplin serta hukum merupakan semua hal yang berkaitan dengan kode etika profesional serta hukum yang berlaku di masyarakat dan negara.

Wujud dari moral disiplin dan hukum contohnya seperti aktivitas yang sesuai dengan aturan yang berlaku. Seperti selalu memakai perlengkapan yang wajib sekaligus mematuhi rambu lalu lintas pada saat berkendara di jalan raya.

Contoh Sikap Moral Dalam Keseharian Hidup

  • Saat bertemu dengan orang yang dikenal, Doni selalu menyapa. Hal tersebut ia lakukan untuk menjaga hubungan baik dengan seluruh temannya. Dengan begitu, Doni mempunyai moral yang baik.
  • Rita selalu memakai tangan kanan ketika makan. Rita juga tidak pernah makan atau minum ketika masih dalam kondisi berdiri. Ini adalah sikap yang digolongkan ke salah satu ciri moral yang mencerminkan kebaikan.
  • Anto tidak memotong pembicaraan antara Santi dan Gani meski ia memiliki keperluan dan mau berbicara dengan Gani. Ia menunggu sampai mereka berdua selesai berbicara. Pengalaman dari sikap tersebut juga mencerminkan moral.
  • Saat sedang duduk di angkutan umum, Ratna selalu mempersilahkan orang yang lebih tua untuk duduk di tempatnya jika tidak mendapatkan tempat duduk.

Contoh Macam Macam Tipe Moral

1. Moral Religius

Salah satu contoh moral yang memperlihatkan sikap serta perilaku patuh ketika melakukan ajaran agama yang dianut, terbentuknya sikap toleran pada keberadaan agama yang berlainan dan hidup berdampingan degnan rukun antar umat beragama yang berbeda keyakinan.

2. Jujur

Jujur adalah contoh moral berdasarkan upaya untuk menjadikan pribadi di diri seseorang sebagai orang yang bisa selalu dipercaya baik dalam aspek perkataan, lisan atau tindakan.

3. Toleransi

Arti dari toleransi memperlihatkan sikap serta tindakan yang menghargai keberagaman yakni adanya perbedaan suku, agama, etnis, pendapat, perilaku serta gagasan orang lain yang berbeda.

Bisa dikatakan jika moral menegaskan makna sebagai hal yang berhubungan dengan proses sosialisasi di diri seseorang.

Tanpa adanya moral, seseorang atau kelompok dalam kehidupan bermasyarakat tidak dapat melakukan proses sosialisasi.

Dalam perkembangan maknanya, moral punya nilai tersirat sebab dalam kehidupan sering ditemui orang yang punya moral dan amoral yang dilihat dari sudut pandang terbatas.

Sumber Referensi

https://id.wikipedia.org/wiki/Moral
https://www.maxmanroe.com/vid/sosial/pengertian-moral.html
https://dosensosiologi.com/pengertian-moral/
https://pendidikan.co.id/pengertian-moral/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Populer