29 C
Semarang
Wednesday, December 8, 2021

Pengertian Seni : Jenis, Fungsi, Manfaat, Tujuan dan Contoh Bidang Pekerjaan

Artikel Pilihan

Jika dilihat secara etimologis, seni merupakan kata yang diambil dari bahasa Sansekerta yakni Sani yang berarti persembahan, pemujaan serta pelayanan. Dengan kata lain, seni sangat erat kaitannya dengan upcara keagmaan yang dinamakan kesenian.

Pengertian Seni

Jika dilihat secara umum, seni memiliki arti ekspresi perasaan manusia yang mengandung unsur keindahan dan diungkapkan lewat media yang bersifat nyata baik itu rupa, gerak, nada dan syair yang bisa dirasakan panca indera manusia.

Sedangkan pendapat lain mengatakan jika seni merupakan segala hal yang diciptakan manusia yang didalamnya mengandung unsur keindahan serta bisa mempengaruhi perasaan manusia. Intinya, seni adalah hasil aktivitas batin seseorang yang dinyatakan pada bentuk karya yang bisa berpengaruh pada perasaan manusia.

Pengertian Seni Menurut Para Ahli

Selain pengertian umum, para ahli juga mengungkapkan pendapat tentang pengertian seni yang berbeda-beda. Berikut adalah beberapa pengertian seni yang diutarakan beberapa orang ahli:

  • Aristoteles: Aristoteles berpendapat jika seni merupakan bentuk ungkapan serta penampilan yang tidak pernah menyimpang dari kenyataan dan seni bersifat meniru alam.
  • Plato: Plato berpendapat jika seni merupakan hasil tiruan alam dan semua isinya.
  • Herbert Read: Ia berpendapat jika seni merupakan ekspresi penuangan hasil pengamatan serta pengalaman yang dihubungkan dengan aktivitas fisik, perasaan serta psikologis dalam bentuk karya.
  • Thomas Munro: Ia berpendapat jika seni merupakan alat buatan manusia yang bisa menghasilkan efek psikologis untuk manusia lain yang melihatnya.
  • Leo Tolstoy: Ia berpendapat jika seni merupakan ungkapan perasaan pencipta yang diungkapkan pada orang lain dengan harapan bisa merasakan apa yang dirasakan penciptanya.
  • Sudarmaji: Ia berpendapat jika seni merupakan manifestasi batin serta pengalaman estetis manusia dengan menggunakan media, warna, bidang, volume, tekstur serta gelap terang.
  • Ki Hajar Dewantara: Ia berpendapat jika seni merupakan hasil keindahan sehingga bisa mempengaruhi perasaan orang lain yang melihatnya. Seni juga adalah perbuatan manusia yang dapat mempengaruhi serta memberikan perasaan indah.
  • Alexander Baum Gartori: Ia berpendapat jika seni merupakan keindahan dan memiliki tujuan yang positif untuk membuat penikmatnya merasa bahagia.
  • Drs. Popo Iskandar: Ia berpendapat jika seni merupakan hasil ungkapan emosi yang mau disampaikan dari seseorang untuk orang lain dalam kesadaran hidup berkelompok atau bermasyarakat.
  • Immanuel Kant: Ia berpendapat jika seni merupakan impian sebab rumus tidak bisa mengikhtiarkan kenyataan.
  • Hilary Bel: Ia berpendapat jika seni merupakan istilah yang dipakai untuk semua karya yang bisa mengunggugah hati untuk mencari tahu penciptanya.
  • Eric Ariyanto: Ia berpendapat jika seni merupakan aktivitas rohani atau batin yang direfleksikan dalam bentuk karya serta bisa membangkitkan perasaan seseorang yang mendengar atau melihatnya.

Macam Jenis Seni

Seni bisa dinikmati lewat media pendengaran atau audio art, penglihatan atau visual art serta kombinasi dari keduanya atau audio visual art. Jika dilihat secara umum, seni bisa dibagi menjadi 4 kelompok, yakni:

1. Seni Musik

Seni musik merupakan karya seni memakai bunyi atau suara sebagai unsur utamanya. Di dalam seni musik juga ada beberapa unsur lain seperti melodi, harmonisasi serta notaso. Selain berasal dari alat musik, suara musik juga bisa dihasilkan manusia seperti beatbox atau akapela.

2. Seni Rupa

Jenis seni berikutnya adalah seni rupa yang bisa dinikmati lewat media penglihatan atau visual art. Seni rupa lebih fokus ke karya yang punya wujud serta rupa yang diekspresikan dalam bentuk gambar, lukisan, kerajinan tangan, patung, multimedia dan sebagainya.

3. Seni Tari

Seni tari adalah bentuk seni yang menggunakan gerakan tubuh sebagai keindahan. Pengarah tari atau koreografer bisa menyampaikan maksud atau pesan tertentu lewat gerakan tarian.

Biasanya, seni tari akan digabungkan dengan seni musik. Dengan menggabungkan seni tari dengan seni musik, maka konsistensi serta konsentrasi gerakan tari bisa semakin sempurna untuk menyampaikan perasaan atau pesan.

4. Seni Sastra

Seni sastra adalah bentuk seni yang dinikmati lewat media pendengaran serta penglihatan. Lewat seni sastra dalam kata, maka seseorang dapat menyampaikan pesan serta kesan dengan cara yang lebih indah. Contoh dari seni sastra adalah kaligrafi berupa tulisan serta puisi berupa suara.

5. Seni Teater

Seni teater merupakan seni yang memvisualisasikan imajinasi atau menggambarkan buah pikiran seseorang. Hasil dari imajinasi akan berkaitan dengan perilaku makhluk hidup baik individu atau kelompok.

Seni teater merupakan bentuk drama yang lebih fokus ke pementasan. Jika dilihat secara umum, teater menggambarkan sebuah peristiwa atau legenda serta imajinasi duniawi yang ditampilkan kembali ke atas panggung sehingga bisa dihargai publik. Keindahan dari drama ada pada ketepatan skenario dan dimainkan pemain di panggung.

Dalam buku berjudul “Peristiwa Theater”, Saini KM menulis jika seni teater merupakan seni dri dunia ambang yaitu untuk melihat sensor pengalaman sehari-hari serta beralih ke dunia yang lain.

Baca Juga :  Pengertian Bahasa : Sejarah, Fungsi, Konsep, Manfaat, Karakteristik dan Struktur

Fungsi Seni Secara Umum

Fungsi seni secara umum adalah sebagai cara menyampaikan ekspresi untuk lingkungan atau orang lain. Fungsi dari seni sendiri bisa dibedakan kembali menjadi 2 kelompok yakni fungsi seni untuk individu dan fungsi seni untuk sosial:

1. Fungsi Seni Untuk Individu

Untuk fungsi seni individu berguna untuk alat pemenuhan kebutuhan. Beberapa bentuk kebutuhan tersebut diantaranya adalah:

  • Seni Untuk Alat Pemenuhan Kebutuhan Fisik

Manusia merupakan makhluk yang memiliki kebisaan untuk memberi apresiasi pada keindahan serta pemakaian banyak benda. Pada proses pemenuhan kebutuhan fisik tersebut, seniman memiliki peran penting untuk menciptakan banyak benda bernilai seni untuk memuaskan kebutuhan fisik serta memberi kenyamanan untuk orang lain.

  • Seni Untuk Alat Pemenuhan Kebutuhan Emosional

Emosi merupakan perasaan yang ada pada diri manusia baik itu marah, senang, haru, sedih, benci, cinta dan sebagainya. Semua orang butuh meluapkan perasaannya supaya kondisi kejiwaan bisa tetap normal.

Agar bisa memenuhi kebutuhan emosional, maka manusia perlu dorongan yang berasal dari luar dirinya. Contohnya seseorang yang memilki jiwa seni serta estetika, maka akan mengungkapkan emosi yang dimiliki lewat lukisan dan musik. Ketika seseorang sedang stress, maka butuh waktu supaya bisa berekreasi, menonton film dan sebagainya untuk meredakan tekanan jiwa.

2. Fungsi Seni Untuk Sosial

Manusia merupakan makhluk sosial yang butuh interaksi dengan orang lain serta lingkungan. Dalam hal ini, seni berguna untuk media pemenuhan kebutuhan sosial manusia.

Manfaat Seni

Sebuah seni bisa dihargai dan berguna untuk satu atau lebih dari satu orang. Manusia sebagai individu terdiri dari unsur fisik dan juga psikologis. Seni bermanfaat untuk memenuhi dua unsur pada diri manusia tersebut.

1. Manfaat Seni Untuk Psikologis

  • Secara fisik, ada banyak manfaat yang terpenuhi lewat pemakaian seni fisik. Contohnya seperti rumah, barang, pakaian, musik dan sebagainya.
  • Psikologis atau emosional: Manfaat akan dipenuhi oleh seni baik itu dalam hal pencipta atau komposer dan konsumen. Contohnya seperti musik, melukis, desain, tari, film dan sebagainya.

2. Manfaat Seni Untuk Sosial

Manfaat seni untuk sosial merupakan seni yang bisa dihargai dan berguna untuk kepentingan orang banyak dalam waktu yang hampir sama. Manfaat seni untuk kebutuhan sosial dibagi menjadi beberapa area, yakni:

  • Hiburan: Seni bisa dipakai untuk menghilangkan rasa bosan serta mengurangi kesedihan. Ini terjadi ketika sedang mendengarkan musik, menonton film, melihat film, tarian dan juga lelucon.
  • Komunikasi: Seni juga bisa dipakai untuk menyampaikan sesuatu atau berkomunikasi seperti ulasan, pesan, ide, kebijakan serta produk untuk orang banyak. Contohnya seperti poster, lagu balada, baliho, komedi dan sebagainya.
  • Pendidikan: Di dunia pendidikan, seni juga dipakai untuk alat pengenalan. Contohnya seperti ilustrasi buku teks, dokumenter atau film ilmiah, lagu, poster ilmiah dan foto anak anak.

3. Manfaat Seni Untuk Kesehatan

Seni juga berguna untuk kesehatan seperti pengobatan untuk penderita gangguan fisik atau medis distimulasi dengan cara terapi fisik yang disesuaikan dengan latar belakang pasien.

Musik sudah terbukti bisa menyembuhkan penyandang autisme dan gangguan psikologis trauma kejadian tertentu. Ini terbukti ketika Siegel menyatakan jika musik klasik menghasilkan gelombang alfa. Gelombang alfa ini bisa menenangkan dengan cara merangsang sistem limbic jaringan neuron otak.

Tujuan Seni

1. Untuk Media Kepercayaan atau Agama

Seni memiliki peran penting untuk menyampaikan pesan agama atau religi pada manusia. Ini bisa terlihat dari pakaian atau busana, upacara pernikahan, lagu rohani, upacara kematian, kaligrafi dan sebagainya.

Contoh dari tujuan seni untuk kepercayaan atau agama bisa terlihat dari Candi Borobudur serta Candi Prambanan. Relief yang ada di dinding Candi adalah ilustrasi kitab suci agama Hindu dan Budha.

2. Untuk Media Pendidikan

Seni juga memiliki peran penting untuk dunia pendidikan. Pendidikan sendiri bisa dikelompokkn menjadi 3 kategori, yakni:

  • Pendidikan formal yakni pendidikan di lingkungan sekolah.
  • Pendidikan non formal yakni pendidikan di lingkungan masyarakat.
  • Pendidikan informal yakni pendidikan di lingkungan keluarga.

Lewat seni, maka seseorang bisa belajar tentang nilai serta ilmu pengetahuan dengan cara menyenangkan. Contohnya siswa bisa belajar drama atau musik. Kegiatan tersebut akan membantu anak untuk berekspresi pada orang lain.

3. Untuk Media Informasi

Dengan seni, manusia juga bisa belajar sesuatu pada orang lain dengan cara yang lebih mudah. Contohnya pemakaian poster bernilai seni yang didalamnya mengandung informasi bahaya narkoba, penyampaian program pemerintah dan pentingnya imunisasi.

4. Untuk Media Hiburan

Sebagian besar hal yang berhubungan dengan hiburan mengandung unsur seni. Dengan begitu, pelaku seni bisa mengekspresikan dirinya dengan cara aktif atau pasif. Seorang seniman bisa merasa terharu, senang atau marah ketika hasil karyanya disukai atau tidak disukai orang lain.

Hal ini juga terjadi untuk orang yang mendengar, melihat atau merasakan suatu karya seni. Manusia bisa terhibur ketika melihat lukisan, menonton konser musik atau menonton film.

Baca Juga :  Cara Menghadapi Kritikan Orang Lain Menggunakan Ilmu Filsafat Stoisisme

Pekerjaan di Bidang Seni

Di bidang seni sendiri, ada cukup banyak pekerjaan yang bisa dilakukan dan menghasilkan yang beberapa diantaranya sudah umum diketahui. Berikut adalah beberapa pekerjaan di bidang seni yang bisa anda jadikan sebagai referensi:

1. Seniman

Pekerjaan di bidang seni yang pertama dan paling umum adalah seniman. Biasanya, banyak orang yang meneruskan sekolah ke sekolah seni dengan tujuan untuk menjadi seniman paruh waktu sekaligus memamerkan karya di museum, galeri dan tempat lainnya.

Seniman umumnya bekerja sendiri atau juga bisa diwakili galeri untuk promosi sekaligus menjual hasil karya. Kebanyakan, penghasilan didapat dari penjualan pekerjaan atau komisi pekerjaan umum, berskala besar dan permanen.

Secara umum, seniman bisa mendapatkan banyak otonomi kreatif dan bisa bekerja di banyak media. Untuk menjadi seniman yang baik, sebenarnya tidak ada persyaratan pendidkan. Meski begitu, menghadiri sekolah seni tetap bisa dijadikan cara yang bagus untuk mengembangkan keterampilan sekaligus membangun koneksi yang penting sebelum masuk ke dunia seni. Ini juga sangat baik dilakukan untuk membuka jalan ke karir lainnya.

2. Pofesor Seni

Ada sebagian lulusan seni yang mengejar karirnya di pendidikan tinggi seperti menjadi profesor seni. Profesor seni biasanya akan menghabiskan sebagian besar waktunya untuk mengajar atau bekerja dengan siswa di kelas.

Selan itu, profesor seni biasanya juga akan diberikan studio yang bisa dipakai untuk mengerjakan karya seni sekaligus memajukan karir. Universitas umumnya akan mempekerjakan profesor seni dengan gelar master di bidang seni. Selain itu, portfolio kerja yang baik juga bisa meningkatkan peluang mendapatkan pekerjaan sebagai profesor seni.

3. Desainer Grafis

Pekerjaan di bidang seni berikutnya yang bisa dipertimbangkan adalah desainer grafis. Banyak seniman yang bekerja sebagai desainer grafis untuk menerapkan kemampuan artistik serta pengetahuan desain di produk komersial, buku, iklan dan lainnya.

Desainer grafis bisa bekerja sebagai pekerja lepas wiraswata atau di perusahaan desain. Sedangkan sebagian lagi bisa bekerja di agen periklanan atau perusahaan departemen desain in house.

Untuk menjadi seorang desainer grafis, maka dibutuhkan keterampilan ilustrasi yang baik. Selain itu, dibutuhkan juga beberapa keterampilan lain seperti pintar mengedit foto, ilustrasi digital dan juga perangkat lunak tata letak. Desainer grafis umumnya butuh gelar seni atau desain grafis dan juga portfolio yang baik untuk menunjukkan kemampuan yang dimiliki.

4. Kurator

Kurator bertugas untuk mengelola koleksi serta mengatur pameran pada museum atau galeri. Kurator bisa bekerja independen sebagai kurator kontrak atau lepas, melakukan pameran berdasarkan kasus per kasus dan menjadi bagian permanen dari staf lembaga.

Biasanya, museum akan mempekerjakan kurator untuk mengawasi departemen dari koleksi. Sedangkan galeri mempekerjakan kurator untuk staf. Saat sedang mengatur pameran serta mengelola koleksi, kurator memiliki tanggung jawab untuk mengawasi karya dan mempunyai hak juga untuk memamerkan karya pribadi.

Sementara di lembaga yang lebih kecil, kurator juga bisa menangani kasus administrasi, penggalangan dana hingga mengelola keuangan organisasi. Umumnya, untuk menjadi kurator dibutuhkan gelas master sejarah seni atau studi museum.

5. Art Director

Jenis pekerjaan di bidang seni berikutnya adalah art director. Art director merupakan eksekutif tingkat atas yang bertugas merancang serta mengarahkan tata letak, grafik, karya seni, ilustrasi serta gaya visual untuk produksi. Art director bertugas mengawasi tata letak konseptual, perencanaan, desain foto, elemen visual majalah, iklan, kemasan, surat kabar, set film atau produksi televisi.

Seorang direktur seni harus punya setidaknya gelar sarjana bidang seni, fotografi, desain atau disiplin. Peluang diterima dalam pekerjaan juga semakin besar jika sudah berpengalaman sebelumnya sehingga bisa memenuhi syarat bekerja.

6. Commercial Artist

Commercial artist memiliki tanggung jawab untuk mengembangkan serta membuat gambar yang akan dipakai untuk majalah cetak dan online, kampanye iklan dan materi pengemasan. Pekerjaan ini akan menafsirkan ide konseptual dasar berdasarkan dari deskripsi pemberi kerja atau klien. Selain itu, commercial art juga bertugas menghasilkan draf untuk memenuhi kebutuhan klien memakai sketsa tangan beas atau dari program desain terkomputerisasi.

Seniman komersial akan bekerja bersama supervisor, klien serta staf lain untuk saling bertukar pikiran, menyempurnakan hasil desain serta meningkatkan pemahaman pasar sasaran, tujuan penjadwalan, masalah anggaran dan tujuan proyek. Commercial art bisa bekerja independen sebagai freelancer atau pada perusahaan penerbitan, periklanan, firma desain grafis serta organisasi lainnya.

Sebenarnya, ada begitu banyak pekerjaan yang bisa dilakukan di bidang seni selain beberapa pekerjaan yang sudah disebutkan di atas. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Animator.
  • Interior designer.
  • Creative dessert chef.
  • Realistic cake maker.
  • Stop motion animator.
  • Art conservator dan masih banyak lagi.
Sumber Referensi

https://www.maxmanroe.com/vid/umum/pengertian-seni.html
https://dosenpintar.com/pengertian-seni/
https://saintif.com/seni-adalah/
https://www.yuksinau.id/pengertian-seni/
https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-seni/
https://www.temukanpengertian.com/2015/04/pengertian-seni.html

[Total: Rata-rata: ]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending

Artikel Serupa