Pengertian Disiplin – Tujuan, Jenis, Macam dan Manfaat

Salam Kenal

Artikel Pilihan

Jika dilihat secara umum, pengertian disiplin adalah bentuk tindakan mematuhi serta melakukan sesuatu sesuai nilai serta aturan sebagai tanggung jawabnya.

Sedangkan pendapat lainnya mengatakan jika disiplin merupakan sifat atau kemampuan seseorang untuk mengendalikan diri serta mematuhi aturan atau nilai yang sudah disepakati.

Dalam hal ini, sikap disiplin sangat berkaitan dengan norma, aturan, prosedur serta lainnya yang berlaku di masyarakat.

Pengertian Disiplin

Disiplin diambil dari bahasa Latin yakni Discipline yang berarti latihan atau pendidikan kesopanan serta kerohanian dan pengembangan tabit.

Disiplin muncul sebagai usaha untuk memperbaiki perilaku individu sehingga bisa taat akan azas serta patuh pada norma atau aturan yang berlaku.

Sebenarnya, disiplin bisa dilatih dan diharapkan bisa menumbuhkan kendali diri, keteraturan atau karakter serta efisiensi. Bisa disimpulkan jika disiplin sangat berhubungan dengan pengendalian diri agar bisa membedakan yang benar dan salah sehingga bisa menumbuhkan perilaku bertanggung jawab.

Pengertian Disiplin Menurut Para Ahli

1. Menurut Gary Dessler

Ia berpendapat jika disiplin merupakan prosedur yang menghukum atau mengoreksi seseorang bawahan sebab melanggar aturan atau prosedur.

2. Menurut James Drever

Ia berpendapat jika disiplin merupakan kemampuan seseorang dalam mengendalikan perilaku dari dalam diri seseorang yang sesuai dengan hal yang sudah diatur dari norma yang sudah ada.

Bisa dikatakan jika disiplin dari segi psikologis adalah perilaku seseorang yang muncul dan bisa menyesuaikan diri dengan aturan yang sudah ditetapkan.

3. Menurut Suharsimi Arikunto

Ia bependapat jika disiplin merupakan kepatuhan seseorang untuk mengikuti tata tertib atau peraturan sebab didorong dengan kesadaran yang tercetus dari kata hati tanpa paksaaan dari pihak luar.

4. Menurut Bejo Siswanto

Ia berpendapat jika disiplin merupakan sikap menghargai, menghormati, patuh serta taat pada peraturan yang berlaku baik tertulis atau tidak.

Selain itu, seseorang yang disiplin juga bisa menjalankannya dan tidak mengelak untuk menerima sanksi jika melanggar tugas serta wewenang yang sudah diberikan.

5. Menurut Malayu S.P. Hasibuan

Ia berpendapat jika disiplin merupakan kesadaran serta kesediaan seseorang untuk mentaati seluruh peraturan perusahaan serta normal sosial yang berlaku.

6. Menurut Siswanto

Menurutnya, disiplin merupakan sikap menghormati, menghargai, patuh serta taat pada peraturan yang berlaku baik tertulis atau tidak dan sangguh dijalankan serta tidak mengelak untuk menerima sanksi ketika melanggar wewenang serta tugas yang diberikan.

7. Menurut Flippo

Menurutnya, disiplin merupakan usaha untuk mengkoordinasikan perilaku seseorang di masa yang akan datang dengan memakai hukum serta ganjaran.

8. Menurut Atmosudirjo

Ia berpendapat jika disiplin merupakan bentuk ketaatan serta pengendalian diri yang sangat berhubungan dengan rasionalisme, sadar dan tidak emosional.

Pendapat tersebut mengilustrasikan jika disiplin sebagai bentuk kepatuhan pada aturan lewat pengendalian diri yang dilakukan lewat pertimbangan rasional.

9. Menurut Pratt Fairshilf

Ia berpendapat jika disiplin terdiri dari 2 bagian yakni disiplin dalam diri serta disiplin sosial. Keduanya saling berkaitan antara satu dengan yang lain sehingga seseorang dengan sikap disiplin adalah orang yang bisa mengarahkan perilaku serta perbuatannya berdasarkan patokan atau batasan tingkah laku tertentu yang diterima dalam lingkup sosial masing-masing.

10. Menurut John Macquarrie

Disiplin adalah kemauan serta perbuatan seseorang dalam mematuhi semua peraturan yang sudah terangkai dengan tujuan tertentu.

Tujuan Disiplin

Sikap disiplin mempunyai tujuan yang mau dicapai baik untuk diri sendiri atau masyarakat. Menurut Emile Durkheim dan Ellen G. White, ada beberapa tujuan dari disiplin, yakni:

  • Untuk menaklukkan kuasa kemauan dari dalam diri sendiri.
  • Supaya seseorang bisa menjadi pemerintah untuk dirinya sendiri.
  • Untuk memperbaiki banyak kebiasaan yang dimiliki seseorang.
  • Untuk memberi pengajaran cara menghormati orang tua dan Ilahi.
  • Untuk mengembangkan dan menciptakan suatu keteraturan dalam banyak tindakan manusia.
  • Untuk memberikan sasaran tertentu yang mau dicapai dan membatasi cakrawala.

Jenis Tindakan Disiplin

Pada dasarnya, tindakan disiplin bisa diterapkan di banyak bidang kehidupan manusia. Jika dilihat secara umum, maka ada beberapa jenis tindakan disiplin seperti berikut ini:

  • Disiplin pribadi: Sesuatu yang berkaitan dengan banyak unsur yang harus dipatuhi serta ditinggalkan seseorang yang ditandai dengan adanya proses sikap yang baik dari orang tersebbut.
  • Disiplin sosial: Sesuatu yang berkaitan dengan masyarakat atau hubungan seseorang dengan lingkungan.
  • Disiplin nasional: Sikap mental suatu bangsa secara menyeluruh yang tercermin dari tindakan dalam bentuk ketaatan dan keputusan.

Macam-macam Disiplin

1. Disiplin Memakai Waktu

Disiplin memakai waktu berarti dapat memakai serta membagi waktu secara baik. Karena waktu sangat berharga dan salah satu kunci sukses adalah dengan bisa memakai waktu secara baik.

2. Disiplin Dalam Beribadah

Disiplin dalam beribadah adalah selalu beribadah dengan peraturan yang ada didalamnya. Kedisiplinan dalam beribadah sangat penting karena Tuhan juga memerintahkan manusia untuk disiplin.

3. Disiplin Dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

Disiplin menjadi hal yang menentukan dalam proses pencapaian tujuan pendidikan. Berikut adalah beberapa faktor yang bisa mempengaruhi:

  • Faktor tuntutan materi yang lebih banyak sehingga apa pun jalannya akan tetap ditempuh untuk menutupi tuntutan hidup.
  • Muncul selera beberapa manusia yang mau terlepas dari ikatan serta aturan dan ingin sebebas mungkin.
  • Pola serta sistem pendidikan yang selalu berubah.
  • Motivasi belajar para peserta didik dan para pendidik yang menurun.
  • Peraturan yang ada terbilang longgar.

4. Disiplin Diri Pribadi

Jika dianalisis, maka disiplin mengandung beberapa unsur yakni sesuatu yang harus ditaati atau ditinggalkan serta proses sikap seseorang pada hal tersebut.

Disiplin diri adalah kunci untuk kedisiplinan pada lingkungan yang jauh lebih luas. Contoh disiplin pribadi tidak akan pernah meninggalkan ibadah pada Tuhan Yang Maha Kuasa.

5. Disiplin Sosial

Pada hakekatnya, disiplin sosial merupakan disiplin yang berkaitan dengan masyarakat. Contoh perilaku disiplin sosial adalah melakukan siskamling dan kerja bakti serta selalu menjaga nama baik masyarakat.

Manfaat Disiplin

Sikap disiplin bisa memberikan banyak manfaat tidak hanya untuk diri sendiri namun juga untuk seluruh pihak. Berikut adalah beberapa manfaat dari disiplin:

  • Menumbuhkan kepekaan: Seseorang yang diajarkan disiplin sejak dini bisa mempunyai pribadi yang peduli dan peka pada perasaan orang lain.
  • Menumbuhkan kepedulian: Disiplin yang diajarkan pada anak akan membuat anak bisa memiliki kepedulian, integritas, tanggung jawab dan dapat memecahkan masalah.
  • Mengajarkan tentang keteraturan: Anak yang diajarkan disiplin bisa memiliki pola hidup yang teratur dan bisa mengelola waktu secara baik.
  • Memberikan ketenangan: Dari penelitian disebutkan jika bayi yang jarang menangis akan lebih banyak memberikan perhatian pada lingkungan sekitar serta mudah berinteraksi dengan orang lain.
  • Menumbuhkan rasa percaya diri: Sikap disiplin bisa membuat seseorang jadi lebih percaya diri ketika melakukan banyak kegiatan.
  • Menumbuhkan kemandirian: Disiplin bisa membentuk seseorang menjadi pribadi yang lebih mandiri dan bisa menjelajahi lingkungan dengan lebih baik.
  • Membantu perkembangan otak: Untuk anak usia 3 tahun, maka akan menjadi manusia peniru yang handal. Dengan mengajarkan disiplin, maka bisa membantu perkembangan otak anak dan membentuk kebiasaan serta sikap positif.
  • Menumbuhkan sikap patuh: Disiplin yang diajarkan sejak dini bisa membuat anak mau menuruti aturan yang diberikan orang tua.
Sumber Referensi

https://www.maxmanroe.com/vid/sosial/pengertian-disiplin.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Disiplin
https://www.dosenpendidikan.co.id/disiplin-adalah/
https://www.seputarpengetahuan.co.id/2021/06/disiplin.html
https://pendidikan.co.id/disiplin-pengertiantujuan-manfaat-macam-dan-contohnya/

Salam kenal dari Adam Muiz !
Support mencapai 10K Subscriber yuk
😁 Terimakasih
Follow Adam Muiz on WordPress.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending

Artikel Serupa

Download Gratis