32 C
Semarang
Wednesday, June 29, 2022

Download Windows 11 Gratis Ori Terbaru

Artikel Pilihan

Teknologi besar Amerika Serikat yakni Microsoft secara resmi merilis sistem operasi komputer terbaru miliknya yakni Windows 11. Ini juga sekaligus menjawab pertanyaan tentang masa depan dari sistem operasi Windows.

Meski dikatakan jika Windows 10 merupakan versi terakhir dari sistem operasi Microsoft, namun pada kenyataannya Windows 11 menjadi suksesor dari Windows 10.

Perbedaan dari kedua sistem operasi ini salah satunya bisa dilihat dari logonya. Jika pada Windows 10 menggunakan 4 kotak yang disorot dari sudut miring, maka pada Windows 11 menyorot lurus ke arah depan sehingga lebih flat.

Tidak hanya logo, namun Windows 11 terlihat jauh lebih segar dibandingkan versi sebelumnya. Ditambah lagi, fitur yang ada pada Windows 11 juga memiliki beberapa perubahan.

Baca Juga : Upgrade Windows 11 Gratis Online Resmi

Tampilan Windows 11

Dari segi desain, tampilan Windows 11 kini lebih disederhanakan oleh Microsoft. Ini bertujuan supaya Windows 11 bisa dipakai oleh semua kalangan seperti kemampuan aplikasi secara berdampingan.

Microsoft juga memperkenalkan Snap Layouts dan Snap Groups and Desktop untuk menunjang aktivitas multitasking tanpa kehilangan fokus di salah satu aplikasi yang sedang dibuka. Nantinya, pengguna dapat membagi layar dengan 3 ukuran besar dan 2 ukuran kecil dan lainnya.

Snap Group and Desktop membuat pengguna dapat membuat beberapa desktop. Contohnya desktop khusus untuk bekerja, untuk bermain game dan untuk kuliah.

Pengguna juga akan disuguhi dengan font, suara, ikon, tombol start serta taskbar baru. Perubahan yang terlihat adalah dari bentuk tombol serta posisi pada taskbar yakni digeser ke tengah yang sebelumnya adalah flat.

Microsoft beranggapan jika tombol start di tengah taskbar membuatnya jauh lebih mudah serta cepat ketika diakses. Desain panel yang keluar sesudah tombol start ditekan juga kini berbeda dengan Windows 10.

Untuk Windows 10 menampilkan panel turunan dari Windows 95 berbentuk persegi panjang. Sedangkan untuk Windows 11 terlihat modern yakni berbentuk kotak kecil di tengah permukaan desktop.

Baca Juga : Pengertian Windows : Sejarah, Fungsi, Versi, Kelebihan dan Kekurangan

Chat dan Microsoft Team

Di platform Android 11, pengguna sudah mengenal fitur bubble yang mempermudah pengguna untuk membalas pesan tanpa membuka aplikasi. Jika di Windows 11, maka ada fitur Chat yang terintegrasi dengan Microsoft Team dn Taskbar.

Meski Chat tampilannya tidak seperti bubble, akan tetapi tetap memiliki tujuan yang sama yakni mempermudah mengirim pesan tanpa membuka aplikasi Microsoft Team.

Fitur tersebut akan membantu pengguna untuk mengirim suara, teks dan video ke kontak personal apapun perangkat yang dipakai. Baik dari Android, Windows atau iOS meski tidak memasang aplikasi Microsoft Teams namun pesan tetap dapat diterima lewat SMS.

Teknologi seperti DirectX 12 Ultimate berguna untuk mendorong hardware agar bisa menghasilkan gambar dengan fram rate yang tinggi. Tujuannya adalah untuk memberi pengalaman lebih dalam sehingga pengguna tidak perlu khawatir jika frame rate tinggi akan membuat baterai laptop jadi boros.

Ini disebabkan karena Windows 11 sudah dibekali fitur Dynamic Refresh yan secara otomatis akan menyesuaikan laju penyegaran di mode rendah ketika tidak diperlukan.

Ada juga DirectStorage yang berguna untuk mempersingkat waktu loading. Fitur tersebut akan mengizinkan memori kartu grafis untuk memuat file gim langsung tanpa lewat CPU.

Katalog gim pada Xbox Game Pass juga akan selalu diperbarui. Pengguna yang ingin bermain game nantinya akan lebih mudah menemukan teman untuk bermain bersama baik pada konsol atau PC.

Widgets Windows 11

Di Windows Vista, pengguna sudah tidak asing dengan Windows Desktop Gadget atau widget yang dulunya disebut dengan Windows Sidebar. Dengan Windows Sidebar, maka pengguna dapat memantau banyak jenis gadget penampil informasi.

Akan tetapi sejak Windows 8 dirilis, fitur tersebut tidak terlalu populer meski dukungannya masih belum hilang. Pada Windows 11, Widget kembali diangkat untuk mendekatkan pengguna dengan kabar terkini.

Panel Widget yang disematkan pada taskbar dan dapat diakses dengan menekan Windows + W berguna untuk mencari berita terkini berdasarkan algoritma AI. Tidak hanya berita, namun pengguna juga bisa melihat jam, tanggal, cuaca serta banyak informasi lainnya.

Dukungan WiFi 6E

Windows 11 merupakan sistem operasi Microsoft pertama yang mendukung WiFi 6E. Dalam urusan kecepatan, WiFi 6E ini tidak berbeda dengan WiFi 6. Untuk transfer data adalah sekitar 9.6 Gpbs akan tetapi tingkat latensinya lebih rendah.

Perangkat tidak hanya dapat menjalin koneksi dengan pita frekuensi 2.4 Ghz dan 5 Ghz namun juga 6 Ghz. Ini tentunya sangat penting terutama jika pengguna ada di area padat pengguna jaringan yang banyak.

Fitur yang Dihilangkan di Windows 11

Windows 11 memiliki tampilan yang lebih sederhana dibandingkan Windows 10. Dengan begitu, fitur bawaan Windows 10 juga dihilangkan. Inilah yang menjadi faktor utama dari perbedaan pada Windows 11. Berikut adalah beberapa fitur yang dihilangkan di Windows 11:

1. Internet Explorer

Fitur pertama yang dihilangkan pada Windows 11 adalah Internet Explorer. Pada Windows 10, Internet Explorer dihilangkan pada tanggal 15 Juni 2022. Dengan begitu tugas dari peramban Microsoft ini juga akan terhenti.

2. Cortana

Tidak ingin kalah dengan Apple yang punya Siri dan Google yang mempunyai Google Assistant, Windows memperkenalkan asisten pribadi yakni Cortana.

Fitur ini tersedia untuk komputer Windows 10. Akan tetapi, nyatanya Cortana kalah bersaing dengan Google Assistant sehingga pengguna komputer tidak terlalu tertarik dengan fungsinya.

Akhirnya, Cortana tersebut dimatikan pada tahun 2021 dan di Windows 11 tidak lagi ada pada taskbar yang menyatu dengan fungsi pencarian. Jika mau dipakai, maka pengguna Windows 11 harus mengunduh pada Microsoft Store.

3. Titles

Windows 10 merupakan usaha Microsoft untuk mengembalikan selera konsumen yang sudah nyaman dengan Windows 7. Akan tetapi, Microsoft juga mengkombinasikan dengan desain kotak live tiles seperti Windows 8. Fitur ini akan ditampilkan ketika pengguna menekan tombol start.

Live tiles dapat berisi aplikasi yang sering dibuka pengguna atau aplikasi lain yang disematkan. Akan tetapi, desain ini tidak ditemukan pada Windows 11 karena sudah lebih disederhanakan. Panel ini hanya akan ditemukan di kolom pencarian, aplikasi yang disematkan serta aplikasi yang direkomendasikan.

4. Quick Status

Untuk pengguna Windows 10, maka saat komputer terkunci ada tulisan di sudut kiri bawah di bawah kalender yakni fitur quick status.

Fitur tersebut juga dihilangkan di Windows 11 dan diganti dengan akses melihat informasi yang mau diketahui pengguna dengan cepat memakai Widget.

5. Kustomisasi Taskbar

Apabila tidak diukunci, taskbar dan tombol start di Windows 10 dapat digeser sesuai keinginan. Tidak harus dibawah namun juga bisa pindah ke kanan, kiri dan atas.

Sedangkan di Windows 11, kini tombol start dipasang pada bagiang tengah dan masih dapat diletakkan di bagian samping seperti Windows 10.

Akan tetapi, taskbar dan tombol start serta aplikasi lainnya yang disematkan tidak dapat dipindahkan posisinya dan hanya bisa di bawah. Perlu diketahui jika pada Windows 11, yang diuji PC World adalah versi beta.

Download Windows 11

Windows 11 InstallerOfficial Link (Microsoft)
Windows 11 64Bit ISO (Offline Installer) / 5.12GBAlt Link (Google Drive)

Baca Juga : Cara Instal Windows dengan Flash Disk atau CD – Tutorial

Sumber Referensi

https://glints.com/id/lowongan/windows-11-adalah/
https://id.wikipedia.org/wiki/Windows_11
https://carisinyal.com/windows-11/
https://rifqimulyawan.com/blog/windows-11/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending

Artikel Serupa

Download Gratis