25 C
Semarang
Saturday, August 20, 2022

Pengertian Komunitas – Jenis, Struktur, Manfaat dan Contoh

Salam Kenal

Artikel Pilihan

Komunitas adalah sebuah kelompok sosial yang ada di masyarakat yang terdiri dari beberapa individu yang saling berinteraksi dengan ketertarikan dan habitat yang sama.

Pengertian Komunitas

Komunitas adalah kelompok di tengah masyarakat yang anggotanya punya kesamaan kriteria sosial yang menjadi ciri khasnya. Contohnya seperti kesamaan profesi, kesamaan minat, kesamaan agama, kesamaan tempat tinggal dan sebagainya.

Sebuah komunitas bisa terbentuk karena keinginan anggotanya untuk mendapatkan tujuan tertentu yang sudah disepakati bersama. Komunitas juga punya tujuan untuk saling memberi bantuan antar sesama anggota sehingga bisa berkembang bersama.

Pengertian Komunitas Menurut Para Ahli

1. Menurut Hendro Puspito

Komunitas adalah kelompok nyata atau kelompok sosial yang teratur serta tetap dari beberapa individu yang melakukan perannya berhubungan dengan tujuan bersama.

2. Menurut Soenarno

Komunitas adalah sebuah identifikasi serta interaksi sosial yang dibentuk dengan banyak dimensi kebutuhan fungsional.

3. Menurut Kertajaya Hermawan

Komunitas adalah kelompok orang yang saling berinteraksi serta peduli dengan yang lain. Dalam komunitas akan terjadi relasi pribadi yang punya hubungan erat antar anggota komunitas sebab kesamaan values atau interest.

4. Menurut Etienne Wenger

Komunitas adalah kelompok sosial yang punya habitat lingkungan serta ketertarikan sama pada ruang lingkup keyakinan atau kepercayaan atau ruang lingkup lain.

5. Menurut Paul B. Horton dan Chaster L. Hunt

Komunitas adalah sebuah kelompok sosial atau kumpulan individu yang punya kesadaran akan keanggotaannya serta saling berinteraksi antar yang satu dengan yang lain.

6. Pengertian Komunitas Menurut KBBI

Komunitas menurut KBBI merupakan kelompok organisme seperti manusia dan lainnya yang hidup serta saling berinteraksi pada area tertentu.

Selain itu, dalam KBBI, komunitas juga diartikan sebagai kelompok masyarakat atau paguyuban.

7. Menurut McMillan dan Chavis

Komunitas adalah kumpulan yang anggotanya saling memiliki, terikat antara satu dengan yang lain dan percaya jika kebutuhan para anggota bisa terpenuhi ketika anggota terus berkomitmen untuk terus bersama.

8. Menurut Koentjaningrat

Komunitas menurutnya adalah sebuah kesatuan hidup manusia yang ada di sebuah wilayah nyata serta berinteraksi menurut sebuah sistem adat istiadat dan terikat dengan identitas dalam komunitas.

9. Menurut Hillary, George Jr.

Ia berpendapat jika komunitas merupakan hal yang dibangun memakai fisik atau lokasi geografi serta memiliki kesamaan dasar dari interset atau kesukaan serta kebutuhan atau needs.

10. Menurut Christensson dan Robinson

Mereka berpendapat jika komunitas merupakan beberapa orang yang ada pada area terbatas secara geografis. Mereka nantinya akan saling berkomunikasi antar yang satu dengan yang lain serta mempunyai ikatan antar orang yang tinggal di area tersebut.

11. Menurut Vanina Delobelle

Ia berpendapat jika komunitas adalah sarana untuk berkumpul beberapa orang yang punya kepentingan bersama. Ini bisa terbentuk karena beberapa faktor seperti keinginan saling berbagi serta berkomunitasi antar anggota sesuai dengan kepentingan bersama.

12. Menurut Wahit

Ia berpendapat jika komunitas adalah kelompok orang yang tinggal di wilayah tertentu, punya nilai keyakinan serta minat sama dan ada interaksi yang terjadi antara yang satu dengan yang lain untuk mencapai tujuan.

13. Menurut Zakapedia

Komunitas merupakan kumpulan dari beberapa populasi yang hidup di satu waktu serta daerah tertentu untuk berinteraksi serta saling mempengaruhi.

Komunitas punya tingkat integrasi lebih kompleks dibandingkan populasi serta individu. Di dalam masyarakat, seluruh organisme adalah bagian masyarakat dan antar komponennya akan saling berhubungan lewat keragaman interaksi.

Komunitas juga merupakan tempat tumbuhan atau hewan yang dinamakan dengan habitat. Aktivitas organisme untuk memanfaatkan sumber daya alam serta bagaimana sumber daya serta organisme alami akan mempengaruhi organisme lainnya.

14. Menurut WHO

Komunitas adalah kelompok sosial yang akan ditentukan dengan beberapa batas wilayah, nilai keyakinan serta minat yang sama. Selain itu, mereka juga akan saling mengenal serta berinteraksi antar anggota masyarakat.

15. Menurut Fairi

Ia berpendapat jika komunitas merupakan hasil pertemuan masyarakat dalam jumlah kecil serta terlibat di area yang ditunjuk.

Jenis-jenis Komunitas

Jika dilihat secara umum, maka komunitas bisa dikelompokkan ke dalam 3 jenis, yakni:

1. Komunitas Berdasarkan Minat

Yang dimaksud dengan komunitas berdasarkan minat adalah jenis komunitas yang terbentuk karena ada kesamaan minat atau ketertarikan yang sama di antara anggotanya.

2. Komunitas Berdasarkan Lokasi

Komunitas berdasarkan lokasi bisa terbentuk karena ada kesamaan tempat tinggal atau lokasi secara geografis. Umumnya, komunitas berdasarkan lokasi akan terbentuk karena keinginan saling mengenal antar satu dengan yang lain. Ini nantinya bisa menciptakan interaksi yang membantu perkembangan lingkungan.

3. Komunitas Berdasarkan Komuni

Komunitas berdasarkan komuni bisa terbentuk karena ada keinginan serta kepentingan bersama. Komunitas jenis ini bisa terbentuk karena kepentingan dalam sebuah organisasi sosial di masyarakat.

Struktur Komunitas

  • Kualitatif: Seperti bentuk hidup, komposisi, vitalitas serta fenologi.
  • Vitalitas: Menggambakan kapasitas pertumbuhan serta perkembangbiakkan organisme.
  • Kuantitatif: Densitas, frekuensi serta densitas relatif.

Manfaat Komunitas

Dengan dibentuknya komunitas, maka akan ada banyak manfaat yang bisa diperoleh para anggotanya. Berikut adalah beberapa manfaat dari komunitas:

  • Untuk sarana informasi: Penyebaran informasi bisa dilakukan dengan lebih cepat di komunitas. Contohnya komunitas pencinta anjing, maka seluruh informasi yang berhubungan dengan anjing akan dengan cepat menyebar dalam komunitas.
  • Untuk menjalin hubungan antar sesama: Manusia adalah makhluk sosial yang butuh individu lain di dalam hidupnya. Dengan adanya komunitas, maka antar sesama anggota dapat menjalin relasi lebih baik.
  • Untuk saling memberikan dukungan: Karena dengan ketertarikan atau minat yang sama di bidang tertentu, maka anggota komunitas bisa saling memberi dukungan. Tidak hanya sesama anggota namun juga untuk membantu orang di luar komunitas.

Contoh Komunitas

Sebetulnya, ada begitu banyak contoh dari komunitas yang ada di sekitar. Baik itu komunitas di dunia nyata atau dunia maya. Berikut adalah beberapa contohnya:

1. Komunitas Seni

Komunitas seni bisa terbentuk karena ketertarikan yang sama di dalam bidang seni. Baik itu seni tari, seni lukis, seni musik dan jenis seni yang lainnya. Komunitas seni ini nantinya bisa dipakai untuk menyalurkan kemampuan atau bakat dalam bidang seni.

2. Komunitas Blogger

Komunitas blogger bisa tercipta karena ketertarikan dan kebutuhan di dunia blogging. Umumnya, anggota yang tergabung di dalamnya merupakan orang yang aktif di dunia maya serta saling memberi dukungan antara yang satu dengan yang lain dalam bidang teknis dan non teknis.

3. Komunitas Ternak atau Petani

Komunitas ternak atau petani bisa muncul akibat kebutuhan serta ketertarikan yang sama yakni di dunia peternakan dan pertanian.

Lewat komunitas, maka peternak atau petani nantinya bisa saling berbagi informasi serta dukungan antara yang satu dengan yang lain. Dengan begitu, hasil peternakan atau pertanian bisa ditingkatkan atau dikembangkan.

4. Komunitas Photograhy

Komunitas photography bisa terbentuk karena ketertarikan anggotanya dalam bidang photography. Komunitas tersebut bisa digunakan sebagaimedia belajar, berbagi tips serta bertukar informasi dalam bidang photography.

Sumber Referensi

https://materibelajar.co.id/pengertian-komunitas/
https://moondoggiesmusic.com/pengertian-komunitas/
https://pendidikan.co.id/pengertian-komunitas-jenis-manfaat-contoh-menurut-para-ahli/
https://www.zonareferensi.com/pengertian-komunitas/
https://www.dosenpendidikan.co.id/pengertian-komunitas-menurut-para-ahli/
https://id.wikipedia.org/wiki/Komunitas

Salam kenal dari Adam Muiz !
Support mencapai 1000 Subscriber yuk
😁 Terimakasih
Follow Adam Muiz on WordPress.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending

Artikel Serupa

Download Gratis