Penghasilan Penulis Artikel 3 Juta Dalam Satu Minggu – Begini Caranya

Adam Muiz
Adam Muizhttps://adammuiz.com/
The only thing I know is that on the other side of a decision, I'm there. And if I'm there, no matter what path I go, there'll always be something to love.

Artikel Pilihan

Perkembangan zaman yang cepat terutama pada bidang teknologi komunikasi membuat internet semakin banyak digunakan oleh semua orang di penjuru dunia.

Internet menjadi sarana komunikasi utama yang dapat diakses secara mudah, cepat, efektif dan efisien.

Atas dasar tersebut banyak bisnis juga beradaptasi dengan perkembangan ini sehingga menghadirkan diri secara online di internet.

Saat ini kebutuhan akan content creator sangat banyak dicari, terutama untuk membuat konten tulisan, desain gambar dan editing video.

Ini menjadi peluang bagi siapa saja untuk memanfaatkan kesempatan ini agar bisa mendapatkan pekerjaan atau job dari internet.

Berapa sih Gaji Penulis Artikel ?

Sama seperti jenis pekerjaan lainnya, pekerjaan menjadi seorang content writer memiliki gaji yang beragam.

Pendapatan yang didapatkan oleh seorang penulis tergantung dari bagaimana dia mendapatkan client dan juga bagaimana dia menggunakan keahliannya untuk menghasilkan uang.

Untuk rate harga penulisan artikel di Indonesia sendiri memiliki harga yang juga bervariasi, paling tidak seorang penulis bisa mendapatkan penghasilan ratusan ribu rupiah dalam satu hari jika mendapatkan job yang tepat.

Dari pengalaman saya sendiri sebagai seorang penulis saya menawarkan jasa pembuatan artikel bahasa Indonesia dengan harga Rp. 300.000. Untuk ketentuan artikelnya dengan harga tersebut saya beri 1000 kata artikel dan bonus gambar yang di desain menggunakan canva pro.

Dalam 1 hari saya bisa menyelesaikan 2 artikel yang dalam arti bisa memperoleh penghasilan Rp. 600.000. Pengalaman ini saya dapatkan saat bekerjasama dengan client luar negeri melalui situs fiverr.

Namun sebagaimana pekerjaan kreatif lainnya, kekurangannya pendapatan itu tidak selalu ada setiap minggu, karena tergantung pada client apakah memesannya atau tidak. Sehingga jika memutuskan bekerja dalam dunia kreatif kita juga harus kreatif pula, yaitu tidak hanya mendapatkan penghasilan dari satu sumber pekerjaan saja.

Sebagai contoh selain menawarkan jasa sebagai seorang penulis lepas saya juga memiliki pekerjaan lainnya sebagai editor video, membuka kelas kursus editing video, menjadi youtuber dengan membuat konten di youtube, menjadi blogger dan publisher adsense dan lain sebagainya.

Bagaimana Cara Mendapatkan Penghasilan dari Menulis ?

Terdapat banyak cara untuk mendapatkan penghasilan dari pekerjaan menulis. Kita bisa menawarkan jasa penulisan kita kepada orang lain atau membuat konten untuk diri kita sendiri yang nantinya dapat dimonetisasi.

1. Menjadi Blogger

Memonetisasi konten tulisan dapat dilakukan dengan cara mempublikasikannya ke ruang internet. Kita bisa membuat blog atau website untuk mempublikasikan karya yang kita tulis secara online. Adapun pendapat seorang blogger dapat melalui beberapa point dibawah ini :

a). Publisher Google Adsense

Jika tulisan kita yang dipublikasikan pada blog menghadirkan banyak traffic maka kita bisa memanfaatkan layanan pengiklan seperti Google Adsense. Dengan menampilkan iklan di web kita bisa memperoleh penghasilan yang lumayan banyak.

Dari pengalaman saya sendiri sebagai publisher google adsense bisa memperoleh sekitar 15 juta dalam 1 bulan. Penghasilan ini juga bervariasi tergantung pada bagaimana kemampuan kita dalam mengelola blog. Teman saya sendiri bisa mendapatkan sekitar 50 juta dari menampilkan iklan dengan adsense melalui blog. Beberapa blogger lain ada yang mendapatkan penghasilan bahkan sampai ratusan juta dalam satu bulan.

b). Tawaran Kerjasama

Jika tulisan yang kamu buat berkualitas dan dijadikan referensi web lain sehingga domain yang kamu miliki mendapat backlink, ini juga bisa jadi sumber penghasilan nantinya. Website atau blog dengan kualitas yang baik entah itu karena traffic yang banyak atau branding yang bagus akan membuat uang yang datang.

Beberapa pebisnis mungkin akan menawarkan kerjasama dengan website yang kredibel dan berkualitas baik. Sebagai blogger mungkin kamu akan menerima berbagai macam tawaran seperti content placement dimana orang ingin menempatkan artikel iklannya di situs kita untuk mendapatkan backlink, atau mungkin kita diajak kerjasama untuk mereview atau menjadi brand ambasador jika reputasi blog yang dibangun bagus.

2. Menawarkan Jasa Penulisan

Seorang penulis bisa menawarkan keahliannya dengan membuatkan konten tulisan kepada orang lain. Untuk bisa bekerjasama dengan menjadi seorang penulis kita bisa menawarkan secara langsung kepada client atau juga kita bisa menempatkan jasa penulisan artikel kita pada situs freelance contohnya seperti fiverr atau projects.co.id. Pekerjaan ini umumnya part time dan kamu bisa menyelesaikan pekerjaan dimana saja dan bekerja kapan saja selama target terpenuhi.

3. Menjadi Penulis Tetap

Jika kamu ragu untuk berkelana menjadi penulis lepas maka bisa bekerja sebagai penulis tetap dengan bergabung pada sebuah perusahaan. Bagaimanapun juga untuk opsi ini tantangannya yaitu pada ketersediaan job yang ada serta apakah kamu bisa berkomitmen untuk mengikuti standart yang ada pada perusahaan nantinya.

Saya rasa cukup sekian dulu tulisan saya mengenai penghasilan seorang penulis ini. Semoga artikel ini bermanfaat dan semoga kamu bisa mendapakan pekerjaan dari memberikan jasa penulisan artikel. Terimakasih sudah membaca sampai selesai karena perlu waktu juga untuk menulis artikel yang singkat ini, jangan lupa komen yak.

Salam kenal dari Adam Muiz !
Support mencapai 10K Subscriber yuk
😁 Terimakasih
Follow Adam Muiz on WordPress.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending

Artikel Serupa

Download Gratis