Pengertian Driver – Fungsi, Macam Jenis dan Cara Kerja

Driver dalam dunia komputer mengacu pada driver perangkat atau driver perangkat keras. Secara umum definisi driver adalah sekumpulan file yang memungkinkan satu atau lebih hardware (perangkat keras) untuk bisa berkomunikasi dengan sistem operasi komputer. Tanpa driver, perangkat keras komputer tidak dapat berfungsi dengan baik.

Apa Itu Driver Perangkat?

Driver perangkat adalah jenis program perangkat lunak khusus yang mengontrol perangkat keras tertentu yang terpasang pada komputer. Driver perangkat sangat penting agar komputer berfungsi dengan baik.

Program-program ini mungkin kompleks, tetapi mereka menyediakan sarana yang sangat penting bagi komputer untuk berinteraksi dengan perangkat keras, mulai dari mouse, keyboard, dan tampilan (input/output pengguna) hingga bekerja dengan jaringan, penyimpanan, dan grafik.

Pengertian Driver Perangkat

Driver Perangkat dalam komputasi mengacu pada jenis program perangkat lunak khusus atau jenis aplikasi perangkat lunak tertentu yang mengontrol perangkat keras tertentu yang memungkinkan perangkat keras yang berbeda untuk berkomunikasi dengan Sistem Operasi komputer.

Driver perangkat berkomunikasi dengan perangkat keras komputer melalui subsistem komputer atau bus komputer yang terhubung ke perangkat keras.

Driver Perangkat sangat penting agar sistem komputer berfungsi dengan baik karena tanpa driver perangkat, perangkat keras tertentu gagal berfungsi dengan benar berarti gagal dalam melakukan fungsi/tindakan tertentu yang telah dibuat.

Dengan cara yang sangat umum, sebagian besar menyebutnya hanya sebagai Driver juga ketika seseorang mengatakan Driver Perangkat Keras yang juga mengacu pada Driver Perangkat.

Fungsi Driver Perangkat

Driver perangkat diperlukan untuk mengizinkan komputer berinteraksi dan berinteraksi dengan perangkat tertentu. Driver memiliki peran dalam mendefinisikan pesan dan mekanisme di mana komputer (OS dan aplikasi) dapat mengakses perangkat atau membuat permintaan agar perangkat dipenuhi. Driver juga menangani tanggapan perangkat dan pesan untuk pengiriman ke komputer.

Jenis Driver Perangkat

Untuk hampir setiap perangkat yang terkait dengan sistem komputer terdapat Driver Perangkat untuk perangkat keras tertentu. Tetapi secara garis besar dapat diklasifikasikan menjadi dua jenis yaitu,

1. Driver Perangkat mode kernel

Driver perangkat mode Kernel ini mencakup beberapa perangkat keras generik yang dimuat dengan Sistem operasi sebagai bagian dari OS ini adalah BIOS, motherboard, prosesor dan beberapa perangkat keras lain yang merupakan bagian dari perangkat lunak kernel. Ini termasuk driver perangkat persyaratan sistem minimum untuk setiap sistem operasi.

2. Driver Perangkat mode pengguna

Selain perangkat yang dibawa oleh kernel untuk menjalankan sistem, pengguna juga membawa beberapa perangkat untuk digunakan selama penggunaan sistem yang memerlukan driver perangkat untuk berfungsi, driver tersebut berada di bawah driver perangkat mode Pengguna.

Cara Kerja Driver Perangkat

Sistem kerja driver perangkat dapat diumpamakan seperti penerjemah antara program (software) yang digunakan dan perangkat keras (hardware) yang ingin digunakan oleh program tersebut.

Driver perangkat biasanya berkomunikasi dengan perangkat keras melalui subsistem komunikasi (bus komputer) yang terhubung dengan perangkat keras.

Sangat penting bahwa komputer memiliki driver perangkat yang benar untuk semua bagiannya agar sistem tetap berjalan secara efisien.

Pada saat komputer dinyalakan, Sisitem Operasi bekerja dengan driver perangkat dan sistem input/output dasar (BIOS) untuk menjalankan tugas perangkat keras. Tanpa driver perangkat, Sistem Operasi tidak akan dapat berkomunikasi dengan perangkat I/O.

Terdapat berbagai jenis driver perangkat untuk perangkat I/O contohnya seperti keyboard, mouse, kartu grafis, printer, dan port. Ketika driver sudah disertakan dalam OS, maka biasanya disebut sebagai driver perangkat mode kernel.

Namun, jika pengguna harus mengunduh dan menginstal driver perangkat secara manual, maka tipe ini dapat dicirikan sebagai driver perangkat mode pengguna.

Tujuan Driver Perangkat

Driver perangkat umumnya berjalan pada tingkat hak istimewa yang tinggi dalam lingkungan runtime sistem operasi. Beberapa driver perangkat, pada kenyataannya, dapat ditautkan langsung ke kernel sistem operasi, sebagian dari OS seperti Windows, Linux atau Mac OS, yang tetap tinggal di memori dan menangani eksekusi untuk semua kode lainnya, termasuk driver perangkat.

Driver perangkat menyampaikan permintaan untuk akses dan tindakan perangkat dari sistem operasi dan aplikasi aktifnya ke perangkat perangkat kerasnya masing-masing. Mereka juga mengirimkan output atau status/pesan dari perangkat keras ke sistem operasi (dan kemudian, ke aplikasi).

Kenalan dengan Adam yuk !
Mohon bantu saya mencapai 1000 Subscriber
😁 Terimakasih
Adam Muiz
Adam Muizhttps://adammuiz.com/
The only thing I know is that on the other side of a decision, I'm there. And if I'm there, no matter what path I go, there'll always be something to love.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Rekomendasi

Mending Deposito atau Reksadana, Pilih Mana

Mending Deposito atau Reksadana, Pilih Mana ?

0
Tingginya minat masyarakat terhadap investasi dalam kurun beberapa tahun terakhir, secara tidak langsung menempatkan investasi sebagai komoditas yang sangat penting. Terbukanya akses terhadap informasi,...
Cara Menabung yang Benar Untuk Pelajar

Cara Menabung yang Benar Untuk Pelajar

2
Ungkapan “menabung pangkal kaya” sudah sangat akrab dikenal oleh berbagai lapisan masyarakat. Ungkapan tersebut memang sangat masuk akal dan terdengar mudah. Tapi cukup sulit...
1 Pengertian Tips Reksadana Untuk Pemula Biar Untung

Tips Reksadana Untuk Pemula Biar Untung

0
Bagi sebagian orang yang awam, investasi acap kali dianggap menjadi suatu hal yang rumit untuk dilakukan dan memerlukan modal besar. Padahal belum tentu demikian. Reksadana...
Pentingnya Investasi di Usia Muda

Pentingnya Investasi di Usia Muda dan Tips Invest Bagi Pemula

0
Kata investasi kini semakin akrab terdengar di telinga berbagai kalangan termasuk anak muda seperti kamu. Pada saat ini juga banyak orang membicarakan tentang investasi...
Penghasilan Penulis Artikel 3 Juta 1 Minggu

Penghasilan Penulis Artikel 3 Juta Dalam Satu Minggu – Begini Caranya

0
Perkembangan zaman yang cepat terutama pada bidang teknologi komunikasi membuat internet semakin banyak digunakan oleh semua orang di penjuru dunia. Internet menjadi sarana komunikasi utama...

Artikel Terkait

Logo Icon Download Avira Security Antivirus & VPN APK Transparent Background PNG

Download Avira Security Antivirus & VPN APK

0
Avira Security Antivirus & VPN APK DeveloperAVIRAJenis AppAntivirus AndroidVersi7.16.2 (221123010)Ukuran36 MBSistem OperasiAndroid DOWNLOAD APK (Google Drive) PLAY STORE (Official Link) Riwayat : Versi Lama(Old Version) About Avira Security Antivirus &...