26 C
Semarang
Wednesday, November 30, 2022

Perangkat I/O (Input Output) – Macam Jenis dan Contoh

Fungsi sistem komputer didasarkan pada penggunaan gabungan dari perangkat input dan output.

Menggunakan perangkat input, kita dapat memberikan instruksi ke komputer untuk melakukan suatu tindakan dan perangkat output menghasilkan keluaran dari pemrosesan.

Komputer sebagai mesin serbaguna dapat memproses berbagai jenis data. jadi untuk bekerja dengan tipe data ini kita memerlukan berbagai jenis perangkat yang dapat membantu memasukkan tipe data tersebut di komputer dan untuk menerima outputnya.

Baca Juga : Perangkat Komputer – Periferal, Macam Jenis, Fungsi dan Contoh

Apa itu Komputer?

Secara umum definisi Komputer adalah perangkat yang menerima informasi (dalam bentuk data digital) dan memanipulasinya untuk beberapa hasil berdasarkan program, perangkat lunak, atau urutan instruksi tentang bagaimana data diproses.

Perangkat Input (Masukan) : Sebuah peralatan/perangkat keras yang membantu kita memasukkan data ke dalam komputer. Contoh : keyboard, mouse, dll.

Baca Juga : Perangkat Input Komputer – Pengertian, Fungsi dan Macam Contoh

Perangkat Output (Keluaran) : Sebuah peralatan/perangkat keras yang memberikan hasil dari perangkat masukkan, setelah diproses (yaitu mengubah data dari bahasa mesin ke bahasa yang dapat dimengerti manusia), disebut perangkat keluaran. Contoh : printer, monitor, dll.

Baca Juga : Perangkat Output Komputer – Pengertian, Fungsi dan Macam Contoh

Pengertian Perangkat I/O

Perangkat I/O atau yang merupakan singkatan dari Input Output dalah perangkat keras apa pun yang digunakan oleh operator manusia atau sistem lain untuk berkomunikasi dengan komputer.

Sebagaimana namanya, perangkat input/output mampu mengirim data (output) dari komputer dan menerima data dari komputer (input).

Semua komputer memiliki hard drive yang digunakan untuk menyimpan OS, perangkat lunak lain serta data pengguna.

Saat ini, kebanyakan komputer juga dilengkapi drive CD-RW atau DVD-RW, kartu jaringan, dan kartu suara (atau Soundcard onboard pada motherboard), yang semuanya merupakan perangkat input/output.

Beberapa orang menganggap SoundCard (kartu suara) lebih sebagai perangkat output, tetapi sebenarnya perangkat ini memiliki kemampuan input juga.

Mikrofon dapat terhubung ke komputer melalui Sound Card, memungkinkan kartu suara menerima suara (input) dan mengirimkannya ke komputer.

Jika menyimpan file untuk diakses di komputer lain atau ingin menyalin file dari satu komputer ke komputer lain, kita sering menggunakan flash drive USB yang juga merupakan perangkat I/O.

Baca Juga : 50+ Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya

Cara Kerja Perangkat I/O

Perangkat input memungkinkan pengguna untuk mengirim sinyal ke komputer guna melakukan tugas tertentu. Penerima di ujung ini adalah Central Processing Unit (CPU) yang kemudian mengirimkan sinyal ke perangkat output.

Perlu diperhatikan, Perangkat input mengklasifikasikan lebih lanjut menurut modalitas seperti visual atau audio, diskrit atau kontinu, dan apakah langsung atau tidak langsung.

Baca Juga : Pengertian Perangkat Keras – Cara Kerja, Macam Jenis dan Contoh

Macam Contoh Perangkat I/O

Perangkat I/O (perangkat input output) adalah perangkat yang memiliki kedua fungsi tersebut secara bersamaan. Singkatnya, perangkat I/O dapat digunakan baik untuk memasukkan data dan memberikan hasil keluaran pada saat yang sama.

1. Virtual Reality (VR)

Virtual Reality (VR)

Virtual Reality (VR) adalah gabungan dari dua kata ‘Virtual’ dan ‘Reality’. Dimana ‘virtual’ berarti digital (tidak nyata) dan realitas berarti pengalaman nyata.

VR merupakan jenis perangkat khusus dari emulasi realitas yang dirancang untuk menikmati game 3D VR agar terasa seperti kenyataan dengan fungsi, grafik, dan kualitas gambar maksimal.

Perangkat ini mengenali gerakan kepala manusia (sebagai input) dan menyinkronkannya di layar (sebagai hasil output) yang diatur langsung di depan mata pengguna, sebagai hasil dari tindakan tersebut.

VR termasuk kedalam perangkat campuran, yaitu perangkat I/O yang banyak digunakan dalam simulasi khusus. VR merupakan I/O dua arah dimana gerakan pengguna menjadi input dan mengkontrol informasi yang masuk ke komputer (output) serta data visual komputer diterima oleh VR dan ditampilkan secara langsung di depan kedua mata pengguna.

2. Flash Drive USB

Flash Drive - Memori Non-Volatile - Contoh Perangkat Penyimpanan

Evolusi terbaru dalam unit portabel seperti Flashdisk yang digunakan untuk mentransfer data kapasitas penyimpanan seperti audio, video, dan file data lainnya dari satu perangkat ke perangkat lainnya.

Karena bentuknya yang kecil dan portabilitas serta keserbagunaannya yang efektif, hanya dengan mencolokkannya ke port USB, pengguna dapat mengirim dan menerima informasi pada saat yang bersamaan. Flash Drive merupakan contoh perangkat penyimpanan eksternal serta termasuk dalam kategori perangkat I/O.

3. Touch Screen

Touch Screen

Touch Screen (Layar sentuh) adalah tampilan visual elektronik yang dapat dikontrol hanya dengan menyentuhkan jari pada layar. Pengguna berinteraksi secara langsung dengan perangkat layar sentuh tersebut.

Perangkat ini memasukkan instruksi dengan jari kita dan menampilkan data keluaran di layar secara bersamaan. Ya, kita semua tahu bahwa hampir semua gadget seperti smartphone, tablet, iPad adalah perangkat layar sentuh yang juga termasuk perangkat I/O.

Baca Juga : Perangkat Penyimpanan – Pengertian, Tipe dan Macam Jenis Contoh

4. Scanner (Pemindai)

Printer dan Scanner - Contoh Perangkat Input Output

Scanner adalah perangkat input digital yang digunakan untuk memindai gambar hard copy, teks yang dicetak di atas kertas, dan kemudian mengubahnya menjadi file format digital seperti PDF, jpg, dll.

Dokumen diubah menjadi bentuk digital sehingga dapat disimpan di komputer atau dapat diedit, kemungkinan kesalahan dalam pengambilan oleh pemindai juga berkurang.

5. Mesin Faks

Mesin Faks

Mesin Fax telah merevolusi dunia telekomunikasi dengan memungkinkan pengambilan (input) dan transmisi (output) gambar dokumen, dengan menerima dari sisi lain dari saluran telepon.

Ketika dokumen diterima dari komputer lain, mesin faks mengubah data yang diterima dan mencetak gambar lagi. Dengan demikian berfungsi baik sebagai perangkat input dan perangkat output pada saat yang sama.

Perangkat input dan output lainnya adalah drive CD dan DVD, printer multifungsi, modem, kamera digital, dll.

Baca Juga : Perangkat Pemrosesan Komputer – Pengertian, Fungsi dan Macam Contoh

Sumber Referensi

https://byjus.com/govt-exams/input-output-devices/
https://www.techtarget.com/searchwindowsserver/definition/computer
https://informationq.com/computer-input-and-output-devices/
https://digitalworld839.com/input-and-output-devices/

Kenalan dengan Adam yuk !
Mohon bantu saya mencapai 1000 Subscriber
😁 Terimakasih
Adam Muiz
Adam Muizhttps://adammuiz.com/
The only thing I know is that on the other side of a decision, I'm there. And if I'm there, no matter what path I go, there'll always be something to love.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Rekomendasi

Pentingnya Investasi di Usia Muda

Pentingnya Investasi di Usia Muda dan Tips Invest Bagi Pemula

0
Kata investasi kini semakin akrab terdengar di telinga berbagai kalangan termasuk anak muda seperti kamu. Pada saat ini juga banyak orang membicarakan tentang investasi...
Cara Memilih Investasi Saham di Indonesia Keuntungan dan Resiko

Cara Memilih Investasi Saham di Indonesia : Keuntungan dan Resiko

0
Begitu kata kunci “investasi saham” terbesit dalam benakmu, lantas kemudian menelusurinya di mesin pencari dan tertuju ke halaman di website ini, apakah itu berarti...
Cara Menabung yang Benar Untuk Pelajar

Cara Menabung yang Benar Untuk Pelajar

2
Ungkapan “menabung pangkal kaya” sudah sangat akrab dikenal oleh berbagai lapisan masyarakat. Ungkapan tersebut memang sangat masuk akal dan terdengar mudah. Tapi cukup sulit...
1 Pengertian Tips Reksadana Untuk Pemula Biar Untung

Tips Reksadana Untuk Pemula Biar Untung

0
Bagi sebagian orang yang awam, investasi acap kali dianggap menjadi suatu hal yang rumit untuk dilakukan dan memerlukan modal besar. Padahal belum tentu demikian. Reksadana...
Mending Deposito atau Reksadana, Pilih Mana

Mending Deposito atau Reksadana, Pilih Mana ?

0
Tingginya minat masyarakat terhadap investasi dalam kurun beberapa tahun terakhir, secara tidak langsung menempatkan investasi sebagai komoditas yang sangat penting. Terbukanya akses terhadap informasi,...

Artikel Terkait

Brave

Download Brave 32 / 64-bit (Terbaru 2022)

0
Brave merupakan peramban web gratis, memiliki sumber terbuka dan berbasis Chromium dari Brave Software Inc. Brave adalah peramban yang fokus ke privasi tidak seperti...