28 C
Semarang
Wednesday, December 8, 2021

Kabel HDMI : Pengertian, Tipe, Macam Jenis dan Contoh Penggunaan Tepat

Adam Muizhttps://adammuiz.com/
The only thing I know is that on the other side of a decision, I'm there. And if I'm there, no matter what path I go, there'll always be something to love.

Artikel Pilihan

Saat kita ingin menampilkan output tampilan Komputer atau laptop ke TV ataupun proyektor LCD kita memerlukan sebuah kabel penghubung. Kabel tersebut dapat berupa kabel VGA ataupun HDMI.

Mengikuti perkembangan teknologi, saat ini sudah banyak perangkat komputer beralih memberikan output dari VGA berganti menjadi HDMI. Jika kamu bingung apakah akan menggunakan kabel VGA atau HDMI, maka saran pertama yaitu untuk menggunakan kabel HDMI. Hal ini disarankan karena HDMI memiliki kualitas dan efektifitas yang lebih baik daripada kabel VGA. VGA hanya digunakan sebagai pilihan terakhir, misalnya jika monitor atau output video hanya memiliki satu port VGA.

Pengertian HDMI

HDMI adalah singkatan dari High Definition Multimedia Interface. Pada kabel HDMI, audio dan video secara bersamaan ditransmisikan melalui kabel. HDMI merupakan standar untuk mentransmisikan video dan audio digital secara bersamaan dari sumber, seperti komputer atau TV, ke monitor komputer, TV, dan proyektor.

Secara umum definisi HDMI adalah konektor dan kabel yang mampu mentransmisikan aliran audio video berkualitas tinggi dan bandwidth tinggi antar perangkat. Teknologi HDMI digunakan oleh perangkat seperti HDTV, Proyektor, pemutar DVD, atau pemutar Blu-ray.

High Definition Multimedia Interface

Informasi kabel HDMI

Standar HDMI dikembangkan oleh beberapa perusahaan, termasuk Philips, Sony, Hitachi, dan Toshiba. Satu kabel HDMI menggantikan tiga kabel audio/video komposit, membuatnya lebih mudah untuk menghubungkan dua perangkat bersama-sama dalam mentransmisikan sinyal audio dan video. HDMI mampu mentransmisikan sinyal video standar, ditingkatkan, dan definisi tinggi, hingga 8 saluran sinyal audio digital.

Berapa panjang kabel HDMI ?

Panjang kabel HDMI sangat bervariasi. Untuk resolusi mendekati 4K, disarankan menggunakan kabel HDMI yang panjangnya tidak lebih dari 3 meter (10 kaki), jarak panjang kabel lebih dari itu sinyal bisa mulai menurun. Untuk resolusi yang lebih rendah, mampu menggunakan kabel dengan panjang maksimal 15 meter (50 kaki).

Perlu diperhatikan bahwa semakin tinggi resolusi yang digunakan maka memerlukan tipe kabel HDMI yang lebih baik. Adapun macam macam tipe kabel HDMI akan dijelaskan dibagian bawah artikel ini.

Di mana letak port HDMI ?

Port HDMI dapat ditemukan di kartu video (VGA) atau motherboard di bagian belakang komputer. Penting untuk dicatat bahwa tidak semua komputer dan kartu video memiliki konektor HDMI; komputer jadul mungkin menggunakan teknologi Display Port, DVI, atau VGA.

Sejarah HDMI

HDMI sebenarnya sudah ada sejak tahun 2002, ketika para pendiri teknologi pertama kali mulai mengerjakan iterasi pertama – HDMI 1.0. Pada saat itu, idenya adalah untuk membuat standar baru yang kompatibel dengan DVI, merupakan standar video yang dapat ditemukan di banyak monitor.

Para pendiri HDMI merupakan sekelompok perusahaan internasional yang ingin mengembangkan standar baru untuk transfer video dan audio untuk beberapa dekade mendatang. Termasuk dalam pendiri asli yaitu seperti Sony, Toshiba, Panasonic, Philips, RCA, dan banyak lagi, tetapi teknologi ini juga mendapat dukungan dari penyedia konten seperti Disney, Warner Bros. Universal, dan banyak lagi.

Ada tujuan lain untuk HDMI. Misalnya, para pendiri menginginkan teknologi yang relatif kecil dan menambahkan kompatibilitas audio – membuatnya lebih mudah digunakan oleh konsumen. Segera setelah mengembangkan standar, Pusat Pengujian Resmi HDMI pertama dibuka pada tahun 2003, segera diikuti oleh pusat lainnya di Jepang pada tahun 2004. Berbicara tentang tahun 2004, pada tahun itu, hanya beberapa tahun setelah standar pertama kali dikembangkan, 5 juta Perangkat HDMI berhasil dijual.

Baca Juga :  Protokol (Komputer) - Pengertian, Fungsi, Macam Jenis, Susunan, Tipe dan Contoh

Jenis HDMI

Interface HDMI memungkinkan port untuk mengirim video digital resolusi tinggi, suara berkualitas teater melalui konektor dan satu kabel. Konektor HDMI tersedia dalam tiga ukuran : standar, mini, dan mikro.

Macam Macam Kabel HDMI Tipe A Standar C Mini dan D Mikro

Mayoritas konektor HDMI yang digunakan saat ini adalah Tipe A (Standar), Tipe C (Mini) dan Tipe D (Mikro) yang akan dijelaskan secara detail dibawah ini. HDMI Tipe B (Tautan Ganda) dikembangkan untuk tampilan resolusi sangat tinggi tetapi tidak pernah digunakan. Juga detail berikut tidak dijelaskan konektor HDMI Tipe E yang ditujukan untuk aplikasi otomotif dan industri.

  • Konektor HDMI Standar (Tipe A) adalah yang paling banyak digunakan dari lima jenis konektor HDMI. Konektor 19-pin ini dapat ditemukan di hampir semua merek TV, monitor komputer, konsol game, perangkat streaming, dan komputer desktop.
  • Konektor Mini HDMI (Tipe C) juga memiliki 19-pin dan mendukung fitur yang sama seperti konektor Tipe A berukuran penuh dalam faktor bentuk yang lebih kecil dan lebih ringkas. Karena ukurannya yang lebih kecil, biasanya digunakan pada perangkat portabel seperti kamera DSLR dan tablet.
  • Konektor HDMI terkecil, Micro HDMI (Tipe D), berukuran sekitar setengah lebar konektor Mini HDMI namun tetap mempertahankan fungsionalitas penuh dari saudaranya yang lebih besar. Konektor Micro HDMI digunakan pada perangkat portabel kecil seperti telepon.

Apakah ada perbedaan fungsi antara konektor Standar, Mini, dan Mikro HDMI?

Ketiga konektor memiliki 19 pin yang sama, tetapi beberapa mungkin memiliki tugas pin yang berbeda. Secara fungsional, semuanya mendukung resolusi dan fitur HDMI 1.4 dan seterusnya.

Perkembangan Versi HDMI

Berikut ini merupakan perkembangan versi HDMI dilengkapi penjelasan detail update fitur terbarunya.

Versi HDMI 1.0
(9 Desember 2002)

  • Versi Pertama Rilis yaitu HDMI Standar
  • Interface audio dan video untuk transfer video dan audio melalui satu kabel
  • Transfer data hingga 4,95 Gbps
  • 1080p pada 60 frame per detik (UXGA)
  • 8-channel 192kHz/24-bit uncompressed audio (PCM)
  • Pemutaran video dan audio Blu-ray standar

Versi HDMI 1.1/1.2
(Mei 2004 & Agustus 2005)

  • Consumer Electronic Control (CEC)
  • DVD Audio
  • Dukungan untuk ruang warna YCbCr
  • Dukungan untuk sumber tegangan rendah, seperti kartu video PC menggunakan PCI Express
  • Konektor HDMI Standard (Tipe A) untuk aplikasi PC

Versi HDMI 1.3/1.3a
(Juni 2006)

  • Peningkatan bandwidth menjadi 10,2 Gb/s
  • Peningkatan kedalaman warna menjadi 10-bit, 12-bit, atau 16-bit per saluran (“Deep Color”)
  • dukungan ruang warna xvYCC
  • Konektor HDMI Mini (Tipe C) untuk digunakan dengan perangkat portabel seperti camcorder
  • Dukungan untuk format Dolby TrueHD dan DTS-HD Master Audio

HDMI 1.4/1.4a
(Mei 2009)

  • Dukungan untuk Saluran Ethernet HDMI (HEC)
  • Dukungan untuk 3840 x 2160 pada 30Hz dan 4096 x 2160 pada 24Hz
  • Audio Return Channel (ARC)
  • Konektor Mikro HDMI (Tipe D) untuk digunakan pada ponsel

HDMI 2.0
(September 2013)

  • Peningkatan bandwidth menjadi 18 Gb/s
  • 4K pada 60 Hz
  • Pengkodean sinyal 8b/10b
  • Dukungan untuk 32 saluran audio
  • Dukungan untuk rasio aspek bioskop 21:9 ultra lebar

HDMI 2.1
(November 2017)

  • Peningkatan bandwidth menjadi 48 Gb/s
  • Resolusi hingga 10K pada 120 frame per detik
  • HDR dinamis
  • Audio Return Channel yang Disempurnakan (eARC)
  • Display Stream Compression (DSC) 1.2a

Tipe HDMI

Ada beberapa jenis kabel HDMI, masing-masing dirancang untuk mendukung resolusi video dan fitur dalam spesifikasi HDMI. Tidak semua kabel menggunakan logo, tetapi spesifikasi kabel harus menunjukkan apakah itu Standar, Kecepatan Tinggi, Kecepatan Tinggi Premium atau Kecepatan Ultra Tinggi. Jika jenisnya tidak ditunjukkan, maka mungkin saja itu jenis kabel HDMI Standar.

Baca Juga :  Pengertian Script : Macam Jenis dan Contoh Terlengkap
Tipe KabelLogoResolusiBandwidth
Standard
(Kategori 1)
1080i or 720p
30Hz refresh rate
4.95 Gb/s
Standard dengan  Ethernet1080i atau 720p, 30Hz
ditambah Saluran Ethernet HDMI khusus
4.95 Gb/s
High Speed (Kategori 2)1080p
4K @ 30 Hz
10.2 Gb/s
High Speed dengan Ethernet1080p or 4K @ 30 Hz, ditambah Saluran Ethernet HDMI khusus10.2 Gb/s
Kategori 3 (4K)4K @ 60 Hz18 Gb/s
Kategori 3 (10K)Versi Lama :
8K @ 60 Hz
4K @ 120 Hz

Updated September 7, 2020
Resolusi Up to 10K dengan HDR pada refresh rate 120Hz (video 4K refresh rate hingga 240Hz)
48 Gb/s
Kategori KhususFullHD up to 1080pToleransi Suhu : -40 ° C hingga +80 ° C

tipe HDMI yang paling dasar dari HDMI lainnya. Hal ini terutama diproduksi untuk tujuan melayani aplikasi berbasis rumah. Produk ini telah diuji dan terbukti dapat mentransmisikan resolusi video definisi tinggi (HD) dengan andal terutama pada resolusi 720p dan 1080i. Resolusi video ini cocok digunakan untuk TV Kabel dan Satelit, Siaran Digital HD, dan pemutar DVD. Contoh penggunaan yang umum yaitu menghubungkan kartu grafis (VGA Card) komputer dengan monitor LED.

HDMI Standar dengan Ethernet

Tipe kabel HDMI ini menawarkan performa video yang serupa dengan Kabel HDMI Standar, termasuk resolusi video 720p atau 1080i. Fitur khusus yang dikenal sebagai HDMI Ethernet Channel (HEC) tersedia untuk tipe kabel HDMI ini.

High Speed HDMI

Tipe lebih canggih dapat ditemukan pada Kabel HDMI dengan Kecepatan Tinggi. Memungkinkan menangani video resolusi lebih tinggi di atas 1080p dan seterusnya. Selain itu, Kabel HDMI High Speed dapat mendukung teknologi tampilan seperti 4K, 3D, dan Deep Color. Jenis kabel HDMI ini terutama ditujukan untuk teknologi yang lebih tinggi dan juga sebagai penghubung periferal pada perangkat yang kompatibel dengan 1080p seperti pemutar BluRay.

High Speed HDMI dengan Ethernet

Sama seperti tipe High Speed, HDMI dengan ethernet memungkinkan kita terhubung ke jaringan antar perangkat, tentunya untuk bisa komunikasi data perangkat yang lain juga perlu didukung dengan fitur yang sama.

Saluran Ethernet HDMI memungkinkan perangkat HDMI yang mendukung internet berbagi koneksi internet melalui tautan HDMI, tanpa perlu kabel Ethernet khusus.
Selain itu fitur ini juga menyediakan tahap koneksi yang memungkinkan komponen berkemampuan HDMI untuk berbagi konten di antara perangkat terhubung.

Premium dan Ultra HDMI

Kabel berlabel “Premium Certified” dinilai mampu menangani resolusi dan frame rate tertinggi. Jika berencana membeli kabel tipe ini pastikan tingkat kompatibilitas tertentu perangkat yang terhubung. Contoh jika kamu berniat menggunakan untuk bermain game di TV layar lebar, pastikan resolusi dan refresh rate video pada perangkat PS5 atau Xbox Series X dan TV UHD yang terhubung sesuai dengan spesifikasi ini.

HDMI Untuk Otomotif

Jenis kabel HDMI ini hanya dimaksudkan untuk penggunaan di luar ruangan terutama pada transportasi. Kabel HDMI Otomotif digunakan untuk mendukung kabel internal mobil dan otomotif yang menggunakan perangkat audio dan video definisi tinggi. Kabel HDMI ini dapat menahan tekanan unik (getaran dan suhu ekstrem) yang ada di lingkungan otomotif.

Alternatif Kabel – HDMI Wireless

Alternatif Kabel - HDMI Wireless

Sambungan HDMI kabel merupakan opsi yang relatif murah dan memberikan sinyal yang kuat dan andal, tetapi dengan adanya kabel mungkin kurang rapi, terbatas pada satu lokasi dan jarak 25-50 kaki, tergantung pada resolusinya. Jarak yang lebih jauh memerlukan kabel aktif atau ekstensi HDMI. HDMI nirkabel jauh lebih mudah dipasang, dapat dengan mudah dipindahkan dan dapat menyiarkan sinyal video resolusi tinggi ke beberapa penerima.

Contoh Penggunaan Tepat

Jika kamu sudah memutuskan untuk menggunakan kabel HDMI untuk menampilkan layar monitor komputer di LCD ataupun TV Ultra HD pastikan kamu memilih tipe kabel HDMI yang tepat.

[Total: Rata-rata: ]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending

Artikel Serupa