Pengertian Passion – Manfaat dan Contoh

Salam Kenal

Artikel Pilihan

Passion merupakan gairah besar untuk melakukan sesuatu yang disukai atau dianggap penting. Professor J. Vallerand berpendapat jika passion dibagi menjadi 2 tipe yakni passion obsesi dan passion harmoni.

Kedua tipe passion ini akan memberikan efek berbeda yang berdampak pada seseorang. Berikut penjelasan selengkapnya:

1. Passion Harmoni

Passion harmoni adalah tipe passion positif dimana seseorang akan melakukan sesuatu karena cinta, senang serta seirama dengan hal tersebut.

Contohnya seperti mejadikan hobi sebagai sumber pendapatan atau pekerejaan. Passion harmoni bisa membuat seseorang bahagia sebab dalam kegiatan harian tidak ada konflik antara aktivitas dengan nilai pribadi yang dianut.

Dengan begitu, langkah yang diambul juga akan terorganisir dan punya tujuan yang jelas.

2. Passion Obsesi

Passion obsesi merupakan faktor eksternal yang dijadikan dorongan serta landasan dari aktivitas. Contohnya seperti memperoleh gaji untuk memberi nafkah keluarga.

Berbeda dengan passion harmoni yang membuat bahagia, passion obsesi adalah passion yang membuat seseorang terpaksa untuk melakukan sesuatu meski tidak sesuai dengan nilai pribadi.

Efeknya akan membuat seseorang seperti robot dan kaku karena tidak punya kuasa untuk mengontrol hasil akhir yang mungkin tidak akan sesuai dengan keinginan.

Pengertian Passion Menurut Para Ahli

1. Menurut Vallerand dan Houlfard

Mereka berpendapat jika passion adalah kecenderungan kuat pada suatu aktivitas yang disukai seseorang.

2. Menurut Covey

Passion merupakan keinginan menggebu, keyakinan kuat dan dorongan yang bisa membuat seseorang jadi disiplin untuk mendapatkan visinya.

3. Menurut Pertula

Ia berpendapat jika passion adalah kondisi psikologis yang bisa dicirikan dengan menghadirkan emosi positif serta kuat, dorongan internal dan keterlibatan dengan aktivitas yang dianggap bermakna.

4. Menurut Gani dan Priambodo

Mereka berpendapat jika passion adalah gairah atau hasrat yang timbul dengan kuat jika seseorang percaya jika akan memperoleh hasil akhir yang menyenangkan.

Passion juga diartikan ketika seseorang tidak puna harapan, maka akan kehilangan gairah. Passion atau gaurah sesuai dengan pendapat mereka ini juga dihubungkan dengan state of mind.

5. Menurut Agustinus

Ia berpendapat jika passion adalah semangat dan gairah menggebu untuk menderita supaya tujuan bisa tercapai. Ia berpendapat jika passion didorong dengan rasa cinta dan menimbulkan gairah, maka bisa mencapai tujuan dan keinginan.

6. Menurut Riana

Passion adalah ketakutan yang bisa membuat seseorang bergerak maju dan tidak peduli dengan halangan yang merintang. Hasrat ini yang menjadi pembeda antara orang yang hanya bekerja keras dengan orang yang punya passion.

7. Menurut Thesman dan Ardianti

Menurut mereka, ada 3 hal yang menjadi pembeda antara orang yang punya passion dengan orang yang tidak punya passion. Berikut penjelasannya:

  • Punya ambisi untuk menciptakan sesuatu yang berarti dan penting dalam hidup seseorang.
  • Individu yang mempunyai passion punya kecintaan pada beberapa bidang usaha yang digeluti.
  • Punya energi atau daya untuk mewujudkan ide yang dimiliki.

Manfaat Passion

Kedua jenis passion yakni harmoni dan obsesi sangat penting dimiliki setiap orang. Dengan memiliki passion, maka seseorang bisa lebih bersemangat ketika beraktivitas sehari-hari. Berikut adalah beberapa manfaat dari passion:

1. Membuat Hidup Bersemangat

Manfaat passion yang pertama adalah membuat hidup jadi lebih bersemangat. Seperti yang dikatakan J. Vaallerand, passion adalah percikan yang bisa membuat hidup seseorang semakin layak diperjuangkan.

2. Membuat Seseorang Pantang Menyerah

Memiliki passion bisa membuat seseorang jadi pantang menyerah. Semangat serta rasa bahagia bisa timbul ketika memiliki passion. Dengan begitu, seseorang bisa terus mencari cara untuk bisa mengatasi masalah dan rintangan yang menghalangi passion tersebut.

3. Meningkatkan Kesuksesan

Seseorang yang bekerja sesuai passion umumnya akan lebih sukses. Jika passion dijadikan sebagai pekerjaan, maka bisa membuat hidup jadi lebih bahagia karena menjadi aktivitas yang disukai.

4. Membentuk Karakter Semakin Kuat

Passion juga bisa membantu membentuk karakter semakin kuat. Ini disebabkan karena seseorang akan terus berusaha untuk mencapai tujuan dan tidak meremehkan serta tidak peduli dengan kesulitan yang ada. Dengan begitu, seseorang akan lebih teguh dengan pendiriannya.

5. Mengurangi Stress

Dengan menyadari passion, maka bisa membuat stress semakin berkurang. Ini sudah dibuktikan lewat penelitian yang dipublikasikan di The Annals of Behavioral Medicine.

Dalam penelitian tersebut dibuktikan jika passion bisa mengurangi stres sekaligus meningkatkan gairah dan rasa bahagia. Dengan memiliki passion, maka membuat hidup seseorang semakin bermakna.

6. Mengajarkan Lebih Menghargai Waktu

Seseorang yang mengerti akan passion, maka secara otomatis juga akan mengerti arah tujuan hidupnya. Untuk itu, seseorang bisa memprioritaskan kegiatan mana yang harus dilakukan lebih dulu. Tidak akan ada waktu yang terbuang untuk hal yang tidak sejalan dengan tujuan yang dimiliki.

7. Agar Lebih Menikmati Hidup

Seseorang yang mengenali passionnya sendiri bisa mengetahui dengan pasti apa yang diinginkan. Ini berbeda dengan seseorang tanpa passion ang akan melakukan sesuatu karena perintah dari orang lain.

Akibatnya, orang yang tidak memiliki passion tidak bisa menjalani hidup dengan puas karena selalu bertindak atas perintah atau kehendak orang lain.

Sedangkan untuk orang yang memiliki passion akan merasa puas dengan yang sedang dilakukan. Orang tersebbut akan menikmati semua prosesnya.

Meski akan ada rintangan, namun orang dengan passion bisa selalu berusaha untuk mencari jalan keluarnya. Bisa dikatakan jika seseorang yang memiliki passion akan lebih menikmati pekerjaan dan hidupnya.

Perbedaan Passion dan Hobi

Paassion adalah aktivitas yang disenangi dan biasanya membuat pelakunyamerasa antusias serta fokus. Tidak hanya memberi rasa bahagia dan antusiasme, passion juga berguna untuk orang lain sekaligus memberi dampak untuk orang lain.

Contohnya ketika penulis menyebutkan jika aktivitas yang berhubungan dengan otomotif bisa menjadi passion. Lewat kegiatan tersebut, maka sekaligus bisa menambah informasi untuk orang awam yang belum mengerti pengetahuan tentang otomotif.

Kegiatan menyenangi otomotif ini bisa berdampak dan bermanfaat untuk orang lain. Hal ini berbeda dengan hobi. Hobi adalah aktivitas yang disukai akan tetapi tidak selalu memberi dampak dan manfaat untuk orang lain.

Contoh Passion

1. Punya Perasaan yang Sangat Kuat

Passion adalah perasaan semangat luar biasa yang timbul ketika seseorang sedang melakukan sesuatu. Contohnya perasaan semangat pada saat mengikuti lomba atau semangat ketika melakukan sesuatu seperti hobi.

2. Emosi Mendalam atau Intense Emotion

Passion adalah kondisi seseorang yang ada di tingkat serius dan punya fokus berpikir yang tinggi. Jika diibaratkan sama seperti komputer ketika penggunaan memorinya maksimum.

3. Terpicunya Antusiasme dan Hasrat

Ketika seseorang melakukan aktivitas dan memicu antusias tinggi serta harapan besar, maka menandakan kegiatan atau aktivitas tersebut adalah passion.

Jika sebuah kegiatan menimbulkan antusias bahkan sampai lupa waktu dan terjadi terus menerus, maka bisa disebut dengan passion.

Contohnya jika senang berbicara dan merawat mobil dari brand A sampai Z. Maka orang tersebut bisa paham dengan perbedaan, kekurangan dan kelebihannya sehingga terus dibahas.

Kemungkinan, orang tersebut punya passion dalam bidang otomotif atau mobil. Jika punya antusiasme tinggi pada otomotif, maka passion yang dimiliki berhubungan dengan otomotif.

Sumber Referensi

https://www.gramedia.com/best-seller/passion/
https://www.finansialku.com/passion-adalah/
https://www.sehatq.com/artikel/apa-itu-passion-ini-penjelasan-dan-cara-menemukannya
https://penerbitbukudeepublish.com/pengertian-passion/
https://www.hidupcu.com/2018/08/arti-passion.html
https://sukagitu.com/apa-itu-passion/

Sumber Referensi

  • https://www.gramedia.com/best-seller/passion/
  • https://www.finansialku.com/passion-adalah/
  • https://www.sehatq.com/artikel/apa-itu-passion-ini-penjelasan-dan-cara-menemukannya
  • https://penerbitbukudeepublish.com/pengertian-passion/
  • https://www.hidupcu.com/2018/08/arti-passion.html
  • https://sukagitu.com/apa-itu-passion/
Salam kenal dari Adam Muiz !
Support mencapai 1000 Subscriber yuk
😁 Terimakasih
Follow Adam Muiz on WordPress.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending

Artikel Serupa

Download Gratis