Pengertian Kritis – Manfaat, Ciri Ciri dan Cara Berpikir

Salam Kenal

Artikel Pilihan

Kritis sering dihubungkan dengan reflektif serta analitis. Pengertian dari kritis adalah suatu proses berpikir yang memiliki tujuan untuk membuat keputusan rasional saat memutuskan masalah atau perkara.

Sekarang ini, pola berpikir kritis sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Cara berpikir kritis dapat membantu manusia untuk menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi.

Pengertian Kritis

Kritis merupakan proses berpikir yang membangun atau konstruktif untuk mencari solusi. Berpikir kritis adalah proses di mana seseorang harus membuat penilaian logis, masuk akal dan sudah dipikirkan dengan baik.

Pada saat sedang berpikir kritis, maka seseorang tidak hanya akan menerima seluruh argumen serta kesimpulan begitu saja, namun juga mempertanyakan validitas dari argumen serta kesimpulannya.

Pengertian Kritis Menurut Para Ahli

1. Menurut Gunawan

Ia berpendapat jika kritis adalah kemampuan berpikir dengan kompleks memakai proses evaluasi dan analisis. Berpikir kritis juga melibatkan keahlian berpikir induktif yakni mengenali masalah dengan sifat terbuka, mengenali hubungan, bisa menemukan sebab akibat dan membuat kesimpulan memakai data relevan.

Selain keahlian berpikir induktif, ada juga berpikir deduktif yakni kemampuan dalam memecahkan masalah spasial dan bisa membedakan antara fakta dengan opini.

2. Menurut Ennis

Ia berpendapat jika kritis adalah pemikiran masuk akal dan reflektif yang fokus dalam memutuskan apa yang harus dipercaya atau yang harus dilakukan. Di dalam penalaran tersebut diperlukan kemampuan berpikir kritis karena menjadi bagian dari penalaran.

3. Menurut Scriven & Paul

Mereka berpendapat jika kritis adalah proses intelektual yang dengan aktif serta terampil mengkonseptualisasi, menganalisis, menerapkan, mensintesis serta mengevaluasi informasi yang dikumpulkan atau dihasilkan dari pengalaman, pengamatan, penalaran, refleksi atau komunikasi untuk memandu tindakan serta keyakinan.

4. Menurut Jensen

Ia berpendapat jika berpikir kritis merupakan proses mental yang handal dan efektif yang dipakai untuk mengejar pengetahuan relevan serta benar tentang dunia.

5. Menurut Mertes

Ia berpendapat jika berpikir kritis adalah proses yang sadar serta disengaja yang dipakai untuk bisa menafsirkan dan mengevaluasi informasi dan pengalaman dengan beberapa sikap reflektif serta kemampuan yang memandu keyakinan dan tindakan.

Manfaat Berpikir Kritis

Keterampilan berpikir kritis tidak hanya dibutuhkan orang yang bekerja pada bidang tertentu, namun juga bisa memberikan banyak manfaat untuk semua orang. Berikut adalah beberapa manfaat dari berpikir kritis:

1. Bisa Berpikir Dengan Jernih dan Rasional

Kemampuan berpikir kritis serta rasional menjadi tanda jika seseorang bisa berpikir dengan baik serta menyelesaikan masalah secara sistematis. Kemampuan ini adalah aset yang penting untuk menjalani karier di segala bidang.

2. Untuk Meningkatkan Kemampuan Adaptasi

Di jaman sekarang ini yang terus berubah dengan cepat terutama dalam bidang teknologi dan pengetahuan, maka membuat orang yang berpikir kritis bisa beradaptasi dengan baik sekaligus cepat.

Orang yang berpikir kritis bisa meningkatkan keterampilan intelektual yang fleksibel, punya kemampuan menganalisis informasi serta mengintegrasikan banyak sumber pengetahuan dengan tujuan untuk memecahkan masalah.

3. Untuk Meningkatkan Keterampilan Presentasi dan Bahasa

Berpikir kritis berarti juga berpikir sistematis dan jernih. Pola pikir seperti ini bisa membantu meningkatkan kemampuan memahami struktur logika teks ketika menganalisa serta mempelajari sesuatu. Ini nantinya bisa membantu meningkatkan kemampuan mengekspresikan ide.

4. Untuk Meningkatkan Kreativitas

Kemampuan berpikir kritis membuat seseorang bisa mengevaluasi sampai ke dasar masalah serta menghasikan solusi kreatif yang juga relevan.

Selain itu, masih ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari berpikir kritis, seperti:

  • Berpikir kritis bisa membantu untuk menyelesaikan masalah.
  • Berpikir kritis bisa membantu ketika akan mengambil suatu keputusan.
  • Berpikir kritis bisa membantu membedakan antara fakta serta opini.

Ciri-ciri Berpikir Kritis

1. Konseptualisasi

Ini artinya proses intelektual yang membentuk sebuah konsep. Sedangkan konsep sendiri merupakan pandangan atau fenomena mental mengenai realitas, berpikir tentang kejadian, atribut, objek dan sebagainya.

Dengan begitu, konseptualisasi adalah pikiran abstrak yang digeneralisasi secara otomatis menjadi simbol serta disimpan di dalam otak.

2. Rasional Serta Beralasan

Rasional dan beralasan berarti argumen yang diberikan akan selalu berdasarkan analisis serta memiliki dasar kuat yang berasal dari fakta fenomena nyata.

3. Reflektif

Reflektif berarti seorang pemikir kritis tidak akan memakai persepsi atau asumsi saat berpikir atau mengambil keputusan, namun akan meluangkan waktu untuk mengumpulkan data serta menganalisis berdasarkan fakta, disiplin ilmu serta keadian.

4. Merupakan Bagian Dari Sikap

Ini artinya pemahaman dari suatu sikap yang harus diambil seorang pemikir kritis akan selalu menguji apakah yang dihadapi lebih baik atau lebih buruk dibandingkan yang lainnya.

5. Kemandirian Berpikir

Seorang pemikir kritis akan selalu berpikir dalam diri dan tidak pasif menerima pemikiran serta keyakinan orang lain. Ia akan menganalisis seluruh isu, memutuskan dengan baik serta bisa dipercaya.

6. Berpikir Adil Serta Terbuka

Ciri berikutnya dari seseorang yang berpikir kritis adalah selalu adil dan juga terbuka. Ia akan mencoba untuk berubah dari pemikiran yang salah serta kurang menguntungkan menjadi pemikiran yang benar dan lebih baik.

7. Mengambil Keputusan Atas Dasar Keyakinan

Ciri berikutnya dari pemikir kritis adalah selalu mengevaluasi argumentasi serta kesimpulan. Ia akan menciptakan suatu pemikiran yang baru serta alternatif solusi tindakan yang nantinya akan diambil.

  • Mengenal dengan terperinci tentang bagian-bagian secara keseluruhan.
  • Pintar dalam mendeteksi masalah.
  • Bisa membedakan antara fakta dengan pendapat atau diksi.
  • Bisa mengembangkan kriteria atau standar penilaian data.
  • Senang mengumpulkan data untuk pembuktian faktual.
  • Bisa membedakan antara kritik membangun dan kritik yang merusak.
  • Bisa mengidentifikasi pandangan perspektif yang bersifat ganda yang berhubungan dengan data.
  • Bisa memeriksa asumsi dengan baik.
  • Bisa mengkaji ide yang bertentangan dengan peristiwa pada lingkungan.
  • Bisa mengidentifikasi atribut manusia, tempat dan benda seperti bentuk, sifat, wujud dan lainnya.
  • Bisa mendaftar semua akibat yang mungkin akan terjadi atau alternatif pemecahan masalah, kondisi serta ide.
  • Bisa membuat hubungan berurutan antara satu masalah dengan masalah yang lain.
  • Bisa menarik kesimpulan generalisasi dari data yang telah tersedia dengan data yang didapat dari lapangan.
  • Bisa menggambarkan konklusi dengan baik dari data yang sudah tersedia.
  • Bisa membuat prediksi dari informasi yang tersedia.
  • Bisa membedakan konklusi yang benar dan yang salah dari informasi yang diterima.
  • Bisa menarik kesimpulan dari data yang ada dan telah terseleksi.

Cara Berpikir Kritis

Sebenarnya, cara berpikir kritis datang dari dalam diri masing-masing. Dengan mengembangkan cara berpikir kritis, maka nantinya bisa membantu untuk menjadi pribadi yang tidak gegabah ketika mengambil keputusan atau mencari jalan keluar dari sebuah masalah. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk bisa berpikir kritis:

  • Selalu berpikir memakai kepala dingin.
  • Tidak mengedepankan emosi dibandingkan dengan logika.
  • Selalu berpikir mengenai semua kemungkinan yang bisa terjadi.
  • Selalu siap dengan yang akan dihadapi dan juga menanggung risikonya.
  • Mengambil keputusan atas dasar data faktual dan bersifat fakta.
Sumber Referensi

https://pendidikan.co.id/pengertian-kritis-manfaat-ciri-tujuan-cara-berpikir-menurut-para-ahli/
https://www.sehatq.com/artikel/cara-belajar-berpikir-kritis-dan-manfaat-yang-bisa-didapat
https://www.dosenpendidikan.co.id/berpikir-kritis/
https://edumasterprivat.com/berpikir-kritis-pengertian-cara-dan-contohnya/
https://id.wikipedia.org/wiki/Berpikir_kritis

Salam kenal dari Adam Muiz !
Support mencapai 10K Subscriber yuk
😁 Terimakasih
Follow Adam Muiz on WordPress.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending

Artikel Serupa

Download Gratis