Apa Itu Email Client ? Pengertian, Fungsi dan Contoh

Baik pemilik bisnis atau karyawan, email diakui merupakan cara paling profesional untuk berkomunikasi di dunia korporat. Penting untuk memiliki aplikasi email yang andal, aman, dan dikemas dengan fitur unik yang meningkatkan produktivitas.[1]

Saat ini email tidak lagi hanya tentang mengirim dan mengelola pesan, tetapi sekarang lebih banyak lagi tentang mengintegrasikan perangkat lunak dan aplikasi tambahan.

Email tetap menjadi metode komunikasi utama antar bisnis, tetapi ada sejumlah cara berbeda di mana email dapat digunakan dan disimpan.

Cara utama yaitu dengan menggunakan Email Client yang dalam bahasa Indonesia dikenal dengan klien email, yang sering menggunakan protokol POP3, SMTP, atau IMAP untuk mengumpulkan email langsung dari server ke PC atau perangkat komputasi lainnya.

Untuk melakukan konfigurasi tersebut kita dapat mengunduh dan menginstal perangkat lunak Email Client untuk menerima email dan server tempat menyimpan dan mengumpulkan email.

Cara alternatif menggunakan Webmail layanan cloud melalui aplikasi web, yang berarti tidak perlu mengunduh perangkat lunak apa pun atau bahkan memiliki server untuk mengumpulkan email, karena semuanya disimpan secara online oleh aplikasi web penyedia layanan email.

Kelebihan webmail karena seiring meluasnya komunikasi online, beberapa penyedia email menyertakan alat kolaborasi tambahan seperti konferensi video videocall sebagai bagian dari layanan.[2]

Apa Itu Email Client

Email Client adalah aplikasi perangkat lunak yang memungkinkan mengonfigurasi satu atau lebih alamat email untuk menerima, membaca, menulis, dan mengirim pesan dari alamat email tersebut. Email Client juga menyediakan antarmuka pusat untuk menerima, menulis, dan mengirim alamat email yang dikonfigurasi.[5]

Webmail dan klien email merupakan dua cara dimana pengguna dapat mengirim dan menerima email. Saat ini kita mungkin lebih akrab dengan webmail, penyedia email yang dapat digunakan di browser web standar. Beberapa penyedia email web yang mungkin kita kenali adalah Gmail, Yahoo, dan Hotmail, dll.

Tetapi ada juga klien email, Klien email berperan sebagai program perangkat lunak yang memungkinkan pengguna mengakses, membaca, dan mengirim email dari perangkat.[6]

Pengertian Email Client

Pengertian Email Client

Secara umum definisi Email Client adalah program komputer yang digunakan untuk membaca dan mengirim pesan elektronik. Namun, klien email tidak sama dengan server email; perangkat keras yang mengangkut dan menyimpan email secara terpusat untuk banyak pengguna pada penyedia email.

Email Client, sebaliknya, adalah apa yang berinteraksi dengan satu pengguna seperti kita. Biasanya, klien mengunduh pesan dari server untuk penggunaan lokal (atau untuk digunakan dalam browser) dan mengunggah pesan ke server untuk dikirim ke penerimanya.[4]

Apakah Web Browser merupakan Email Client?

Dengan aplikasi berbasis web yang mengakses email di server, browser berubah menjadi Email Client.

Jika mengakses Gmail di Mozilla Firefox, misalnya, halaman Gmail di Mozilla Firefox bertindak sebagai Email Client; itu memungkinkan pengguna membaca, mengirim, dan mengatur pesan. Protokol yang digunakan untuk mengakses email dalam hal ini adalah HTTP.[4]

Cara Kerja Email Client

Untuk mulai menggunakan Email Client pengguna memerlukan alamat email untuk diatur dan dikonfigurasikan sebelum dapat mulai menggunakan layanan email. Konfigurasi dan pengaturan ini umumnya mencakup alamat email, kata sandi, alamat POP3/IMAP dan SMTP, nomor port, alias email, dan preferensi terkait lainnya.

Pada waktu yang ditentukan sebelumnya atau saat dipanggil secara manual oleh pengguna, klien email mengambil email baru dari kotak surat yang dihosting dan dikelola oleh penyedia layanan email.

Email ini dikirimkan menggunakan mail transfer agent (MTA) dari penyedia layanan email. Demikian pula saat mengirim email, klien email menggunakan mail submission agent (MSA) untuk mengirimkan pesan ke server email dan selanjutnya ke alamat email tujuan. Selain itu, klien email dapat digunakan untuk mengonfigurasi beberapa alamat email dari berbagai penyedia layanan email.[5]

Fungsi Email Client

Fungsi Email Client

Secara keseluruhan, Email Client memberikan manfaat paling banyak bagi orang yang mengelola banyak akun, membutuhkan fitur dan alat tambahan. Jika kamu mencoba untuk memutuskan apakah harus menggunakan Email Client, berikut adalah beberapa alasan mengapa pengguna email harus mempertimbangkannya:

Mengelola Banyak Email dengan Mudah (pada Domain Berbeda)

Sebagian besar Email Client memungkinkan menambahkan dan mengelola berbagai akun email dalam kotak masuk terpadu. Pengguna dapat menambahkan lebih banyak email dengan domain berbeda atau dari aplikasi email lain ke Email Client. Ini memungkinkan pengguna untuk menangani semua email, baik itu dari Google Mail, Yahoo Mail, Yandex Mail atau Outlook Mail, dan sebagian besar akun email IMAP, tanpa berpindah dari platform ke platform.

Akses Email Anda Offline

Email Client desktop memungkinkan pengguna mengakses kotak masuk baik online maupun offline. Setelah klien e-mail mengunduh pesan ke perangkat pengguna, maka nantinya pengguna dapat mengaksesnya kapan saja, sehingga ini memberi pengguna lebih banyak fleksibilitas untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain tanpa khawatir terputus dari akses informasi e-mail.

Fitur Keamanan dan Enkripsi

Memiliki fitur keamanan dan enkripsi yang lebih canggih dengan penyedia Email Client menjadi opsi tambahan dalam perangkat lunak email atau aplikasi atau email web yang digunakan. Enkripsi adalah cara menjaga keamanan data di email karena email tidak dapat diakses tanpa kunci enkripsi unik untuk akun Anda. Sebagian besar klien email memungkinkan untuk mengenkripsi dan mengamankan email secara manual atau otomatis.

Terintegrasi Secara Mulus Dengan Aplikasi Desktop

Sebagian besar, tetapi tidak semua, Email Client versi dekstop menawarkan lebih banyak fitur integrasi aplikasi desktop untuk membuat alur kerja yang lebih mudah dikelola untuk menyelesaikan tugas tanpa meninggalkan aplikasi Email Client. Fitur ini dapat mencakup integrasi dengan aplikasi atau alat berbasis web seperti Facebook, Asana, atau Slack atau aplikasi serbaguna seperti Google Docs, Excel, dan G-Drive.[7]

Tujuan Email Client

Tujuan Email Client

Meskipun Email Client mungkin memerlukan lebih banyak pekerjaan untuk dijalankan, mereka juga memungkinkan kontrol lebih besar atas data pengguna. Dengan kata lain, hanya pengguna yang mengontrol email mereka, dan pihak ketiga tidak memiliki akses ke sana kecuali pengguna sengaja – atau tidak sengaja – mengizinkannya.

Alasan ini bisa menjadi pertimbangan penting untuk tujuan bisnis, karena membiarkan email berjalan melalui aplikasi web berarti bahwa meskipun akan dicadangkan dengan aman, itu juga berarti penyedia memiliki kendali atas data email, dan beberapa perusahaan secara terbuka mengakui bahwa mereka akan memindai data pribadi.

Email setidaknya untuk tujuan pemasaran, jika ingin menggunakan email server dan client sendiri karena perlu merahasiakan data dari pihak lain ingatlah untuk memastikan memiliki solusi cadangan atau backup sehingga tidak kehilangan data email yang penting.

Oleh karena itu, sementara konsumen cenderung ke arah kemudahan penggunaan yang dimungkinkan oleh email aplikasi web, banyak bisnis masih memilih untuk mengontrol email mereka sendiri melalui server email dan klien email, untuk melindungi data bisnis yang sensitif.[2]

Manfaat Email Client

Email Client memainkan peran utama dalam komunikasi dan fitur-fitur tertentu membuatnya ampuh dan mudah digunakan.

1) Pengelola yang Efektif : Bagian penting dari bisnis apa pun adalah komunikasi dan klien email membuatnya lebih mudah dengan menyediakan platform bagi perusahaan dan pengguna untuk berinteraksi. Email Client juga menyediakan fitur khusus untuk komunikasi internal di dalam organisasi.

2) Aman: Email Client ini menggunakan algoritme kompleks dan kunci enkripsi kuat yang membuat transmisi aman dan terlindungi.

3) Efisien: Dengan berbagai fitur khusus yang disediakan oleh berbagai Email Client, pengguna dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi pekerjaan.[3]

Contoh Email Client Populer

Infographic: The World's Most Popular Email Clients | Statista You will find more infographics at Statista

Email Client populer termasuk Microsoft Outlook, Mozilla Thunderbird, macOS Mail, IncrediMail, Mailbox, dan iOS Mail. Email Client berbasis web yang paling populer adalah Gmail; lainnya termasuk Yahoo! Mail dan Outlook.com.

Klien email penting secara historis telah menyertakan Eudora, Pine, Lotus (dan IBM) Notes, nmh, dan Outlook Express.[4] Sebelum kita melihat detail list, ada beberapa hal yang dalam catatan : Pada musim gugur 2021, kategori “Apple” mencakup Apple iPhone (iOS Mail), Apple Mail (macOS Mail), Apple iPad (iPadOS Mail), dan Perlindungan Privasi Apple Mail (bukaan yang berdampak pada privasi Apple).[8] Apple sendiri memiliki jumlah pengguna yang sangat banyak untuk semua produk perangkat yang dimilikinya, sehingga tidak heran jika banyak orang yang menggunakan Email Client ini.

Microsoft’s Outlook

Microsoft Outlook adalah Email Client de facto untuk sebagian besar bisnis dan perusahaan dan telah ada selama beberapa dekade, dengan asal-usulnya sejak MS-DOS. Jelas, itu memiliki integrasi yang erat dengan layanan Microsoft lainnya.

Outlook memiliki keunggulan terintegrasi penuh dengan Kalender Outlook, menjadikannya mudah untuk berbagi kalender guna mengoordinasikan rapat. Integrasi ini juga diperluas ke Kontak Outlook. Outlook tidak hanya didukung untuk platform Windows, tetapi juga di seluruh platform seluler iOS dan Android.

Thunderbird

Thunderbird adalah Email Client lintas platform dan open source yang dikembangkan oleh Mozilla Foundation serta dapat digunakan secara gratis, berasal dari pengembang yang sama untuk peramban web Mozilla Firefox. Aplikasi ini pertama kali dirilis pada tahun 2004 dan hampir pada tahun 2015, ketika Ketua Eksekutif Mozilla Mitchell Baker mengumumkan dalam memo di seluruh perusahaan bahwa pengembangan Thunderbird perlu dipisahkan dari Firefox. Tapi sampai saat ini Thunderbird masih ada, sarat dengan fitur hebat dan tersedia dalam 59 bahasa.

Mailbird

Sama seperti Email Client populer lainnya, Mailbird juga merupakan platform komunikasi yang hebat dan dapat diintegrasikan dengan beberapa platform sosial populer seperti Facebook dan WhatsApp. Pengguna juga dapat menautkannya dengan kalender Google untuk penjadwalan acara dan aplikasi pengelola tugas yang lebih baik seperti Asana dan Todoist.

Proses penyiapannya cukup sederhana dan Mailbird memiliki salah satu UI yang mudah digunakan yang sempurna bahkan untuk pemula. Email Client ini juga memberi pengguna cara mudah untuk mengakses semua email dan lampiran dengan mencarinya menggunakan kata kunci tertentu.

Sumber Referensi

[1] https://www.makeuseof.com/windows-11-best-email-clients/
[2] https://www.techradar.com/best/best-email-clients
[3] https://www.softwaretestinghelp.com/best-email-client-for-windows-10/
[4] https://www.lifewire.com/what-is-an-email-client-1171116
[5] https://www.techopedia.com/definition/1656/email-client
[6] https://www.one.com/en/email/what-is-an-email-client
[7] https://www.getmailbird.com/what-is-an-email-client/
[8] https://www.litmus.com/blog/email-client-market-share-february-2022/

Kenalan dengan Adam yuk !
Mohon bantu saya mencapai 1000 Subscriber
😁 Terimakasih
Adam Muiz
Adam Muizhttps://adammuiz.com/
The only thing I know is that on the other side of a decision, I'm there. And if I'm there, no matter what path I go, there'll always be something to love.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Rekomendasi

Pentingnya Investasi di Usia Muda

Pentingnya Investasi di Usia Muda dan Tips Invest Bagi Pemula

0
Kata investasi kini semakin akrab terdengar di telinga berbagai kalangan termasuk anak muda seperti kamu. Pada saat ini juga banyak orang membicarakan tentang investasi...
Mending Deposito atau Reksadana, Pilih Mana

Mending Deposito atau Reksadana, Pilih Mana ?

0
Tingginya minat masyarakat terhadap investasi dalam kurun beberapa tahun terakhir, secara tidak langsung menempatkan investasi sebagai komoditas yang sangat penting. Terbukanya akses terhadap informasi,...
Penghasilan Penulis Artikel 3 Juta 1 Minggu

Penghasilan Penulis Artikel 3 Juta Dalam Satu Minggu – Begini Caranya

0
Perkembangan zaman yang cepat terutama pada bidang teknologi komunikasi membuat internet semakin banyak digunakan oleh semua orang di penjuru dunia. Internet menjadi sarana komunikasi utama...
Cara Memilih Investasi Saham di Indonesia Keuntungan dan Resiko

Cara Memilih Investasi Saham di Indonesia : Keuntungan dan Resiko

0
Begitu kata kunci “investasi saham” terbesit dalam benakmu, lantas kemudian menelusurinya di mesin pencari dan tertuju ke halaman di website ini, apakah itu berarti...
Cara Menabung yang Benar Untuk Pelajar

Cara Menabung yang Benar Untuk Pelajar

2
Ungkapan “menabung pangkal kaya” sudah sangat akrab dikenal oleh berbagai lapisan masyarakat. Ungkapan tersebut memang sangat masuk akal dan terdengar mudah. Tapi cukup sulit...

Artikel Terkait

Free Download Driver Printer Versi Terbaru Gratis Unduh Last Version Untuk Komputer PC Laptop Windows Vista XP 7 8 10 11 32 64 Bit

Download Driver Canon MP220 [Terbaru 2022]

0
Unduh Juga : Download Office 2021 Gratis Model printer Canon PIXMA MP220 memiliki lebar 451mm, kedalaman 353mm, dan tinggi 169mm. Berat alat berat hingga 6,1...