31 C
Semarang
Monday, September 20, 2021

Media Sosial : Pengertian, Sejarah, Fungsi, Kelebihan, Macam Jenis, Ciri Ciri dan Dampak

Artikel Pilihan

Media sosial merupakan media online dimana pengguna bisa dengan mudah berbagi, berpartisipasi serta menciptakan isi. Beberapa hal yang meliputi media sosial adalah jejaring sosial, blog, wiki, forum serta dunia virtual. Untuk jejaring sosial, blog serta wiki adalah bentuk media sosial yang biasa dipakai orang di seluruh dunia.

Pengertian Media Sosial

Media sosial merupakan teknologi berbasis website, iOS atau aplikasi android yang bisa mengubah komunikasi menjadi bentuk dialog interaktif. Media sosial merupakan sebuah media online yang dipakai untuk sarana interaksi sosial online pada internet. Pada media sosial pengguna bisa saling berkomunikasi, berinteraksi, saling berbagi, berkegiatan dan sebagainya.

Sejarah Media Sosial

Sejak komputer sudah mulai bisa dihubungkan antara satu dengan yang lain memakai internet, maka sudah banyak upaya yang dilakukan untuk mendukung media sosial lewat komunikasi antar komputer.

Situs media sosial diawali Classmates.com di tahun 1995 yang fokus ke hubungan antar manan teman sekolah serta SixDegrees.com di tahun 1997 yang membentuk ikatan tidak langsung.

Dua model berbeda dari media sosial tercipta sekitar tahun 1999 yang berbasis kepercayaan yang dikembangkan Epinions.com. Yang kedua adalah berbasis pertemanan yang dikembangkan Uskup Jonathan dan kemudian dipakai di beberapa situs UK regional antara tahun 1999 sampai 2001.

Inovasi yang dilakukan tidak hanya memperlihatkan siapa berteman dengan siapa, namun juga memberikan kontrol yang lebih pada isi serta hubungan untuk pengguna. Di tahun 2005, sebuah layanan media sosial yakni MySpace lebih banyak diases jika dibandingkan dengan Facebook serta Google sehingga menjadi pesaing yang tumbuh dengan cepat.

Sosial media kemudian mulai menjadi bagian strategi internet bisnis sekitar tahun 2005 saat Yahoo merilis Yahoo 360o. Di bulan Juli tahun 2005, News Corporation membeli MySpace yang dilanjutkan dengan ITV yang membeli Friends Reunited di bulan Desember tahun 2005. Diperkirakan ada lebih dari 200 situs sosial media yang memakai model jejaring sosial seperti ini.

  • Sistem Papan Buletin Tahun 1978

Awal seseorang dapat berkomunikasi memakai surat elektronik atau mengunduh dan mengunggaj perangkat lunak yang harus memakai saluran telepon yang sudah terhubung dengan modem.

  • GeoCities Tahun 1995

Ini merupakan situs web hosting. Web hosting merupakan layanan penyewaan untuk menyimpan data situs web supaya bisa diakses dimana saja. Dengan berdirinya situs ini, maka sekaligus juga menjadi tonggak kemunculan situs web yang lainnya.

  • Classmates.com Tahun 1995

Classmates.com didirikan seorang lulusan teknik industri yakni Randy Conrads. Ini diciptakan untuk membantu pengguna menemukan teman lama baik itu teman TK sampai teman kuliah.

  • Sixdegree Tahun 1997

Dimulai dari tahun 1997 hingga 2001, Sixdegree sebagai jejaring sosial pertama mengaku telah mempunyai 1 juta pengguna. Didalamnya ada fitur daftar teman serta memungkinkan pengguna untuk melakukan update status.

  • Blogger Tahun 1999

Blogger merupakan situs yang membuat pengguna dapat membuat halaman situs sendiri dan memuat segala hal yang dikehendaki.

  • Friendster Tahun 2002

Friendster dibuat Peter Chin, David Lee serta Jonathan Abrams di tahun 2002. Ini merupakan situs yang membuat para pengguna bisa melihat semua orang secara manual atau hanya orang yang memang dikenal saja.

  • LinkedIn Tahun 2003

Disini, pengguna bisa mengunggah berbagai hal yang berhubungan dengan pekerjaan atau bisnis. Ini membuat LinkedIn semakin populer untuk kalangan pebisnis serta orang yang sedang mencari pekerjaan.

  • MySpace Tahun 2003

MySpace secara resmi dirilis pada tahun 2003 dan sangat populer di Amerika tahun 2006.

  • Gmail Tahun 2004

Gmail merupakan layanan email yang dibuat Google. Gunanya adalah untuk mengirim pesan serta file untuk pengguna lainnya.

  • Facebook Tahun 2004

Facebook dibuat Mark Zuckerberg bersama teman kampusnya. Pada awalnya, Facebook hanya dipakai untuk internal mahasiswa Harvard. Sesudah beberapa bulan berikutnya, jumlah pengguna Facebook semakin meningkat sehingga akhirnya dibuat untuk umum.

  • YouTube Tahun 2005

YouTube merupakan salah satu situs atau aplikasi yang dipakai supaya pengguna bisa saling berbagi informasi memakai media video. Saat ini para pembuat konten di youtube disebut dengan youtuber.

  • Twitter Tahun 2006

Twitter dibuat Jack Dorsey yang kemudian dirilis untuk publik di tanggal 15 Juli 2006. Dengan menggunakan Twitter, maka pengguna bisa mengirim serta membaca text hingga 140 karakter.

  • Wiser Tahun 2007

Untuk pertamakalinya, Wiser dirilis di tanggal 22 April tahun 2007 bersamaan dengan Hari Bumi.

  • Instagram Tahun 2010

Instagram merupakan salah satu situs jejaring sosial yang membuat pengguna bisa saling berbagi foto, video dan informasi lain dengan cara yang lebih mudah.

  • Path Tahun 2010

Path merupakan salah satu layanan jejaring sosial yang membuat para penggunanya bisa berbagi pesan dan foto. Path hampir sama dengan Facebook dan Twitter, akan tetapi untuk konsepnya jauh lebih minimalis.

  • LINE Tahun 2011
Baca Juga :  Bahasa Pemrograman : Pengertian, Sejarah, Fungsi, Tingkatan, Generasi dan Contoh
Baca Juga :  Pengertian LinkedIn : Karier, Cara Daftar, Istilah, Fitur dan Contoh Manfaat

LINE adalah situs jejaring sosial yang membuat penggunanya bisa saling berbagi video, foto dan bisa dipakai untuk melakukan percakapan antar sesama penggunanya.

  • Google+ Tahun 2011

Google+ merupakan situs jejaring sosial buatan Google. Awalnya, ini hanya dupakai untuk orang yang sudah diundang Google dan sesudah itu baru diluncurkan untuk umum.

  • Snapchat Tahun 2011

Snapchat adalah aplikasi pesan foto buatan Evan Spiegel, Reggie Brown dan Bobby Murphy ketika mereka kuliah di Universitas Standford.

  • Vine Tahun 2012

Vine merupakan layanan yang bisa dipakai supaya bisa saling berbagi video berdurasi pendek yang dibuat Colin Kroll, Dom Hofmann serta Rus Yusupov.

Pengertian Media Sosial Menurut Para Ahli

1. Menurut Pendapat Chris Garrett

Menurutnya, media sosial merupakan jasa, alat serta komunikasi yang memberikan fasilitas hubungan antara satu individu dengan individu lain serta punya kepentingan yang sama.

2. Menurut Pendapat Sam Decker

Ia berpendapat jika media sosial merupakan konten digital serta interaksi yang dibuat antara satu dengan yang lainnya.

3. Menurut Pendapat Marjorie Clayman

Menurutnya, media sosial merupakan slah satu alat pemasaran baru yang membuat seseorang bisa mengetahui pelanggan serta calon pelanggan dengan cara lain yang sebelumnya tidak memungkinkan.

4. Menurut Pendapat Lisa Buyer

Ia berpendapat jika media sosial merupakan bentuk hubungan masyarakat atau PR yang paling transparan, interaktif sekaligus menarik untuk sekarang ini.

5. Menurut Pendapat Antonny Mayfiled

Menurutnya, media sosial adalah semua tentang manusia. Media sosial merupakan tempat untuk saling bekerjasama, berbagi ide serta berkreasi. Tujuannya adalah untuk menciptakan kreasi, berdebat, pemikiran, menemukan pasangan, menemukan orang untuk dijadikan teman baik dan sebagainya.

6. Menurut Pendapat Andreas Kaplan dan Michael Haenlein

Menurut mereka, media sosial didefinisikan sebagai kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun teknologi serta Web 2.0. Media sosial akan memungkinkan penciptaan serta pertukaran user generated content.

7. Menurut Pendapat Michael Cross

Ia berpendapat jika media sosial adalah sebutan untuk menggambarkan banyak kecanggihan teknologi yang digunakan untuk memandu orang ke sebuah kolaborasi. Tujuannya adalah agar bisa saling bertukar data dan berhubungan lewat isi pesan berbasis website.

8. Menurut Pendapat Muhammad Yusup, Hendri dan Yuliana Isma Graba

Mereka berpendapat jika media sosial merupakan situs jaringan sosial seperti layanan berbasis web yang memungkinkan semua orang untuk membangun profil publik dan bahkan semi publik pada sistem terbatas.

Media sosial juga bisa dipakai untuk mengetahui daftar pengguna yang sedang terhubung serta menjelajahi daftar koneksi yang dibuat orang lain memakai sebuah sistem.

Fungsi Media Sosial

Media sosial adalah salah satu sistem komunikasi. Untuk itu, ada beberapa fungsi dari media sosial untuk manusia ketika dihubungkan dengan sistem komunikasi. Berikut adalah beberapa fungsi dari media sosial:

1. Untuk Administrasi

Fungsi pertama dari media sosial adalah untuk media administrasi. Media sosial bisa dipakai untuk mengorganisasi profil karyawan perusahaan di dalam jaringan sosial relevan serta relatif. Dengan membentuk media sosial, maka masyarakat bisa lebih mudah menemukan perusahaan serta semua jenis bentuk administratifnya.

2. Untuk Belajar dan Mendengarkan

Dengan adanya media sosial, maka perusahaan bisa mendengarkan sekaligus belajar dari yang terkandung dalam media tersebut. Informasi yang diperoleh dari media sosial akan membantu perusahaan untuk mengenal pasar yang diinginkan serta cara memuaskan mereka. Informasi yang relevan nantinya bisa membantu perusahaan untuk mencapai visi dan misi yang dimiliki.

3. Untuk Perencanaan dan Berpikir

Dengan belajar, mendengarkan dan juga administrasi untuk memuaskan pasar, maka organisasi dapat berpikir sekaligus menetapkan perencanaan komunikasi pada pasar. Teknologi yang ada dalam media sosial nantinya bisa meningkatkan efisiensi operasional hubungan pasar.

4. Untuk Mengukur

Dengan adanya media sosial, maka perusahaan bisa memiliki pengetahuan serta data yang relevan dengan pasar. Dari data itu, maka perusahaan bisa mengukur serta menetapkan langkah efektif yang bisa dipakai untuk mengukur apakah metode yang dipakai merupakan metode terbaik.

5. Untuk Berinteraksi Sosial

Interaksi sosial merupakan berbagai hubungan sosial yang berkaitan dengan hubungan antar individu, individu dengan kelompok dan kelompok dengan kelompok. Pengguna media sosial bisa berinteraksi sosial secara onlilne dengan lebih mudah.

6. Untuk Personal Branding

Personal branding merupakan cara untuk memasarkan diri secara individu. Personal branding tidak sama dengan memasarkan diri serta karier akan tetapi lebih menekankan kesuksesan lewat self packaging.

Kelebihan Media Sosial Dibandingkan Media Konvensional

Beberapa media sosial seperti Facebook, Twitter, blog, YouTube dan lainnya punya banyak manfaat untuk perusahaan dan terbilang lebih cepat dibandingkan dengan media konvensional seperti iklan, media cetak, brosur dan TV. Ada beberapa kelebihan dari media sosial jika dibandingkan dengan media konvensional seperti berikut ini:

1. Lebih Sederhana

Yang dimaksudh dengan lebih sederhana disini adalah mudah digunakan dan simple. Apabila dibandingkan dengan media konvensional, seseorang tanpa memiliki latar belakang IT jug bisa memakai media sosial. Ini disebabkan karena hal yang dibutuhkan untuk mengakses media sosial hanya berupa koneksi internet dan perangkat seperti komputer atau smartphone.

Baca Juga :  Pengertian Pinterest : Sejarah, Fitur, Manfaat, Cara Menggunakan, Contoh Kelebihan dan Kekurangan

2. Bisa Membangun Hubungan

Media konvensional seperti radio dan TV hanya dapat menjalin komunikasi satu arah. Akan tetapi ketika memakai media sosial, maka komunikasi dua arah bisa dilakukan. Perusahaan bisa secara langsung mendapatkan feedback atau umpan balik sehingga hubungan juga terlihat lebih interaktif.

Baca Juga :  Pengertian VK : Sejarah, Fitur, Bahasa, Cara Daftar, Kelebihan dan Kekurangan

3. Jangkauannya Lebih Global

Media sosial membuat sebuah konten untuk setiap segmen pasar jadi memungkinkan. Selain itu, media sosial juga memberi kesempatan bisnis untuk mengirim pesan ke pengguna yang lebih banyak lagi. Pengiriman pesan yang dilakukan lewat media sosial tidak terbatas dengan lokasi geografis dan juga waktu.

4. Lebih Terukur

Dengan sistem tracking yang mudah dari media sosial, maka pengiriman pesan bisa diukur. Ini membuat perusahaan bisa langsung mengetahui tingkat efektifitas dari promosi. Hal ini tidak akan terjadi ketika memakai media konvensional yang butuh waktu cukup lama.

Jenis Media Sosial

Teknologi media sosial menggunakan beberapa bentuk seperti forum internet, blog sosial, weblog, majalah, microblogging, foto, podcast, wiki, rating, video serta bookmark sosial.

Dengan menerapkan satu paket teori dalam bidang riset media serta proses sosial, maka Kaplan dan Haenlein menciptakan skema klasifikasi untuk banyak jenis media sosial dalam artikel mereka yang berjudul Bisnis Horizons yang terbit di tahun 2010 lalu. Menurut mereka, terdapat 6 jenis media sosial, yakni:

  • Proyek kolaborasi: Ini merupakan situs yang memungkinkan pengguna untuk mengubah, menambahkan dan menghapus konten yang tersedia di dalam web ini contohnya seperti Wikipedia.
  • Blog dan microblog: Pengguna bisa dengan bebas berekspresi akan sesuatu di dalam blog seperti mengkritik kebijakan pemerintah. Contoh media sosial yang bisa dipakai adalah Twitter.
  • Konten: Pengguna situs bisa mengklik setiap konten saham dan konten media seperti Ebook, video, gambar dan sebagainya. Contoh media sosial yang bisa dipakai adalah YouTube.
  • Situs jejaring sosial: Ini merupakan aplikasi yang membuat pengguna bisa terhubung dengan cara membuat informasi pribadi sehingga nantinya bisa terhubung dengan orang lain seperti contohnya Facebook.
  • Virtual game world: Ini merupakan dunia maya dengan lingkungan 3D untuk mereplikasikan. Pengguna bisa datang dalam bentuk yang dikehendaki serta berinteraksi dengan orang lain baik di dunia nyata atau di dunia online. Contohnya seperti game online.
  • Virtual soscial world: Ini merupakan virtual dunia yang membuat pengguna serasa hidup di dalam dunia maya seperti game virtual dan berinteraksi dengan orang lain. Akan tetapi pada virtual social world jauh lebih bebas dan mengarah ke kehidupan. Contohnya seperti Second Life.

Ciri-Ciri Media Sosial

  • Pesan yang disampaikan tidak hanya untuk satu orang namun juga untuk banyak orang. Contohnya seperti pesan lewat internet atau SMS.
  • Pesan yang disampaikan bebas tanpa harus melewati sebuah Gatekeeper.
  • Pesan yang disampaikan cenderung lebih cepat jika dibandingkan dengan media lain.
  • Penerima pesan yang akan menentukan waktu interaksi.

Dampak Positif Media Sosial

  • Untuk mempercepat silaturahim: Dalam urusan silaturahim, pemakaian media sosial sangat tepat dipakai untuk berinteraksi dengan orang yang lokasinya berjauhan.
  • Untuk menambah pengetahuan dan wawasan: Sekarang ini, ada banyak akun media sosial yang selalu berbagi pengetahuan dan wawasan. Dengan begitu, anda sebagai pengguna media sosial juga bisa menambah pengetahuan dan wawasan dengan lebih praktis.
  • Menyediakan informasi yang akurat dan tepat: Informasi yang didapat dari media sosial baik tentang lowong kerja, perguruan tinggi atau beasiswa umumnya adalah informasi yang akurat.
  • Memberikan ruang untuk mengirim pesan positif: Pemakaian media sosial sekarang ini juga sudah banyak dipakai para ulama, tokoh agama serta motivator sehingga bisa memberi ruang untuk mengirim pesan yang positif.
  • Mendekatkan hubungan pertemanan: Dengan adanya media sosial, maka pertemanan juga bisa semakin akrab ketika seseorang malu untuk bertanya di media sosial.

Dampak Negatif Media Sosial

  • Anak serta remaja semakin malas belajar untuk berkomunikasi di dunia nyata.
  • Membuat anak tidak memiliki aturan ejaan serta tata bahasa di media sosial.
  • Banyaknya konten p*rn*grafi yang tidak terfilter karena informasi yang disediakan internet luas dan banyak pengguna yang tidak bertanggungjawab.
  • Memperbesar peluang penipuan di berbagai bidang.
  • Spam: Kegiatan mengirim pesan ke orang lain secara terus menerus serta jumlahnya tidak dapat dikehendaki penerima. Spammer akan mengirimkan pesan untuk memasarkan jasa atau produk agar penerima bisa tertarik.
  • Bullying: Jika pengguna media sosial tidak berhati-hati, maka kemungkinan besar bisa mengalami cyber bullying baik pada anak-anak atau orang dewasa. Cyber bullying merupakan kekerasan yang terjadi di internet seperti intimidasi, mengejek, menghina dan mempermalukan orang lain.
Sumber Referensi

https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-media-sosial/
https://dosenpintar.com/pengertian-media-sosial/
https://kids.grid.id/read/472618025/pengertian-media-sosial-fungsi-ciri-ciri-dan-perkembangannya?page=all
https://tekno.foresteract.com/media-sosial/
https://www.kozio.com/term/sosial-media/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending

Artikel Serupa