Home Teknologi Komputer Program Komputer : Definisi, Manfaat, dan Contohnya

Program Komputer : Definisi, Manfaat, dan Contohnya

0

Saat beraktivitas melalui komputer atau PC, Anda tentu sudah tidak asing dengan berbagai aplikasi sebagai tools canggih sesuai kebutuhan. Apakah Anda menyadari bahwa aplikasi tersebut merupakan bentuk program komputer yang terus dikembangkan seiring kemajuan teknologi informasi?

Ya, saat ini program komputer menjadi produk yang tidak terlepas dari kehidupan kita. Selain dapat mendorong produktivitas, beragam program komputer telah hadir untuk memenuhi berbagai jenis kebutuhan. Supaya dapat mengenal dan memanfaatkannya, Anda dapat mempelajari penjelasan program komputer: definisi, manfaat, dan contoh terlengkap sebagai berikut.

Definisi Program Komputer

Program komputer merupakan produk yang dibuat dari algoritma pengkodean yang memiliki tujuan spesifik. Sesuai namanya, program ini terpasang pada personal computer (PC). Program komputer tidak hanya mencakup aplikasi bawaan yang dipasang saat Anda membeli PC baru. Produk ini juga mencakup aplikasi desktop yang bisa diunduh lewat internet.

Adapun pengkodean atau pembuatan program akan dilakukan oleh perusahaan pembuat software. Contoh perusahaan produsen software ternama adalah Microsoft, Apple, dan masih banyak lagi. Berbagai perusahaan tentu memiliki tim programmer handal untuk membuat berbagai fitur dalam sebuah program yang bermanfaat.

Manfaat Program Komputer

Maraknya program yang dapat diakses dari komputer ialah bentuk kemajuan teknologi dalam berbagai aspek kehidupan. Artinya, program komputer dibuat untuk menghasilkan berbagai manfaat sebagai berikut.

  • Sebagai sumber pendapatan. Sebagian besar program komputer dapat digunakan untuk menunjang produktivitas sesuai jenis pekerjaan atau passion. Sebagai contoh, program pengolah kata akan menjadi tools menulis yang mampu membuat dan menyimpan karya seorang penulis. Program desain grafis pun menjadi satu-satunya tools untuk menghasilkan karya digital dua dimensi dengan nilai jual tertentu sesuai keindahannya.
  • Sebagai sarana hiburan. Sudah menjadi rahasia umum bahwa produsen software pasti memasang program hiburan bawaan. Hal ini dapat berbentuk aplikasi penyetel musik, aplikasi game, aplikasi melukis digital, dan masih banyak lagi. Pentingnya aplikasi hiburan kian
  • Sebagai sarana komunikasi. Karena kehadiran dunia digital, orang-orang dari seluruh dunia dapat saling terhubung melalui aplikasi komunikasi berupa email maupun video conference.
  • Sebagai bentuk loyalitas. Berbagai produsen software telah memiliki komunitas atau penggemar yang selalu menjadi yang terdepan untuk memiliki program terbaru. Bahkan para perusahaan ini telah memiliki berbagai versi program yang dirilis secara berkala untuk tujuan pengujian berskala besar.

Jenis Program Komputer

Pada umumnya, setiap program akan tergolong dalam kategori aplikasi tertentu berdasarkan manfaatnya. Adapun jenis umum program pada komputer terdapat dalam penjelasan sebagai berikut.

Program atau Aplikasi Pengolah Kata dan Angka

Jenis aplikasi untuk pengolahan kata dan angka menjadi salah satu produk fundamental atau yang paling mudah digunakan. Program ini biasa digunakan untuk menulis catatan, laporan atau jenis teks, mengolah data angka atau keuangan, serta berbagai bentuk file lainnya. Berbagai program telah mampu melakukan konversi untuk format file yang berbeda, seperti dari Doc menjadi PDF, TXT, dan belasan format lain.

Contoh aplikasi dalam komputer untuk pengolah kata ialah Microsoft Word, Notepad, Amipro Wordstar, Open Office, Lotus Wordpro, dan masih banyak lagi. Sementara contoh aplikasi komputer untuk pengolah angka adalah Microsoft Excel, Kalkulator, Quattro Pro, Lotus 123, dan lain-lain.

Program atau Aplikasi Multimedia

Sebagian besar karya digital yang ada dibuat dari aplikasi multimedia. Adapun karya yang dimaksud dapat mencakup desain grafis, hasil pengeditan video, audio, dan beragam karya lainnya. Perkembangan aplikasi multimedia sangatlah pesat dimana pengguna bebas memilih sesuai kelengkapan fitur, efek estetika, kemudahan penggunaan, dan aspek lainnya.

Berbagai contoh aplikasi multimedia dalam bidang desain grafis yang terkenal antara lain adalah Adobe Photoshop, Corel Draw, Adobe Ilustrator, dan Photo Editor. Sementara contoh aplikasi pengolah maupun pemutar audio dan video ialah Audacity, Windows Media Player, GOM Player, Adobe Premiere Pro, Apple iMovie, dan lain-lain. Aplikasi kategori ini biasanya memiliki ukuran file yang besar dan program berbayar yang dapat dipilih sesuai kebutuhan dan selera Anda.

Program atau Aplikasi Internet

Aplikasi internet merupakan salah satu jenis program yang paling sering digunakan oleh banyak orang. Bagaimana tidak, program ini akan menghubungkan pengguna dengan dunia digital untuk akses terhadap apapun yang mereka inginkan melalui situs pencarian.

Keragaman aplikasi internet dapat terlihat melalui Google Chrome, Mozilla Firefox, Internet Explorer, dan masih banyak lagi. Pembeda paling umum atas berbagai jenis program ini adalah performa serta tampilan.

Program atau Aplikasi Pengelolaan Bisnis

Aplikasi untuk pengelolaan bisnis hadir dalam menggerakkan perekonomian berskala nasional hingga internasional. Hal ini karena setiap bisnis memiliki kebutuhan spesifik yang dipenuhi melalui solusi IT yang semakin canggih. Para pelaku bisnis juga menyukai aplikasi yang terpasang pada PC supaya lebih terjamin ketersediaannya dan mudah digunakan oleh para karyawan.

Berdasarkan fungsi spesifiknya, program kategori ini dapat berupa aplikasi PoS (Point of Sale) untuk transaksi operasional, ERP (Enterprise Resource Planning) untuk pengelolaan divisi bisnis secara all-in-one, aplikasi pengelolaan karyawan, dan masih banyak lagi.

Program atau Aplikasi Penunjang Aplikasi Lain

Selain aplikasi yang berinteraksi langsung dengan pengguna, terdapat pula program yang dibuat untuk mendukung aplikasi lain. Hal ini terkait dengan aspek keamanan, performa, dan ketersediaan suatu program. Dalam menunjang performa, Anda perlu memiliki program pembersihan cache seperti CCleaner. Sementara untuk melakukan instalasi program dari internet, Anda harus memiliki program pengunduhan seperti Internet Download Manager.

Penggunaan program atau aplikasi apapun selalu tidak terlepas dari ancaman keamanan. Artinya, tidak sedikit pula orang yang melakukan instalasi program untuk keamanan. Contohnya adalah Avast, Smadav, dan 360 Total Security.

Kemajuan aplikasi telah tertuang dalam penjelasan program komputer: definisi, manfaat, dan contoh terlengkap di atas. Seiring dengan perkembangan teknologi, program ini juga akan kian meningkat kualitasnya melalui fitur dan experience kekinian. Selamat memilih sesuai selera dan kebutuhan, ya!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version